OLAHRAGA karate menjadi kegiatan ekstrakurikuler sekolah, kenapa tidak?

Selain sebuah seni bela diri, olahraga ini juga membantu membangun sikap dan mental positif siswa. Contoh Rencana Program Kerja Ekstrakurikuler

Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatankegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Namun seperti kegiatan formal lainnya, ektrakurikuler yang berada di bawah naungan suatu badan dan instansi ataupun bentuk lainnya. Dalam hal ini adalah kegiatan ektarkurikuler yang berada dalam ruang lingkup Sekolah atau Perguruan Tinggi maka suatu kegiatan ektrakurikuler memerlukan Rencana Program Kerja yang akan di jadikan acuan para anggotanya untuk menjalankan kegiatan-kegiatan. Salah satu contoh Rencana Program Kerja Ektrakurikuler dalam bentuk kegiatan Karate yang berada di salah satu sekolah adalah… RENCANA PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER KARATE ”...............................” BAB I PENDAHULUAN 1. 1. Pengertian Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif. Para siswa SMA adalah anak yang sedang dalam masa perailihan dari pribadi seorang anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka tampak lebih emosional. Kecenderungan lain adalah mereka berkelompok dengan teman yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa dan jenis kegiatanpun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.

1. 2. Maksud dan Tujuan

Berkaitan dengan hal tersebut di atas kami dari pengurus Ekstrakurikuler Karate “………….” bermaksud untuk menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan bidang olah raga bela diri karate sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olah raga bela diri karate serta melatih mentalitas serta kedisiplinan diri. Tujuan dari rencana program kerja kegiatan ini adalah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang olah raga bela diri karate. BAB II NAMA, TARGET DAN JADWAL KEGIATAN 2. 1. Nama Kegiatan Nama kegiatan yang telah berjalan adalah Ranting ”........”. 2. 2. Target Kegiatan Target dari kegiatan ini adalah Siswa/siswi “…….” atau pelajar lainnya dan umum. 2.3. Jadwal Kegiatan Kegiatan latihan yang telah berjalan adalah dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari Selasa dan Sabtu jam 15.30 WIB berlokasi di “………”

BAB III RENCANA PROGRAM KERJA 3. 1. Rencana Program kerja Jangka Pendek dan Menengah Setelah berjalan sekian lama ekstrakurikuler karate ”........” hingga saat ini masih tetap berjalan, ini berkat adanya kerja sama antara sekolah, guru, pengurus ekstarkurikuler karate dan pelatih karate serta pihak-pihak terkait yang mendukung kegiatan ekstarkurikuler karate. Adapun rencana kegiatan jangka pendek dan menengah ini meliputi: 1. Memperkenalkan dan mempertunjukkan ekstrakurikuler karate ”........” kepada siswa/siswi ”........”. 2. Mengajak dan merekrut siswa/siswi ”.........” untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate. 3. Mampu menunjukkan sebagai ekstrakurikuler bela diri yang di minati oleh siswa/siswi ”.......”. 4. Sebagai wadah penyalur minat, bakat dan hobi bagi siswa/siswi ”........” 5. Melakukan latihan rutin sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. 6. Selain itu sebagai salah satu cabang olah raga prestasi di harapkan dapat memunculkan bibit-bibit Atlit baru dalam bidang olah raga bela diri karate. 3.2. Rencana Program Kerja Jangka Panjang Dalam program jangka panjang ini di rencanakan akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya dan yang akan di laksanakan pada periode saat ini, hal itu di susun dalam bentuk program sebagai berikut:

Melanjutkan program yang belum terselesaikan pada periode sebelumnya. Melanjutkan program-program yang berkesinambungan, di antaranya : a. Melaksanakan kegiatan gashuku atau latihan gabungan yang di laksanakan per tiga bulan (triwulan) atau per 6 bulan (semester) dengan jadwal dan waktu yang akan di tentukan kemudian. b. Melaksanakan kegiatan ujian kenaikan tingkat yang di laksanakan setiap akhir semester. c. Melaksanakan kegiatan demontrasi karate guna memperkenalkan kegiatan ektrakurikuler karate kepada para siswa/siswi baru. Melaksanakan kegiatan-kegiatan tambahan yang berguna untuk memperkokoh tali persaudaraan dan silatuhrahmi antara anggota karate atau dari anggota kegiatan ekstrakurikuler lain dan juga kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan diri. Bekerja sama dengan ranting-ranting karate lain dalam rangka studi banding untuk melihat sejauh mana perkembangan para siswa selama menjalani masa latihan. Mengikuti pertandingan-pertandingan antar perguruan, antar pelajar atau yang di selenggarakan oleh FORKI (Federasi Olah Raga Karate-Do Indonesia) dan juga yang di selenggarakan oleh badan-badan atau instansi-instansi terkait. Adapun anggaran dana yang akan di ajukan untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan program kerja tersebut terlampir pada halaman berikutnya.

BAB IV PENUTUP Demikianlah gambaran rencana program kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi acuan dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler karate, sehingga perkembangan kegiatan ini akan lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan Dengan di sertai bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung semoga rencana kegiatan ini akan dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil akhirnya akan mencapai tujuan yang telah di tentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Karate, ekskul favorit SMP PGRI Depok 2 Tengah
Oleh Ema Kusuma | 05 April 2012 18:18

SUKMAJAYA, MONDE: Prestasi SMP PGRI Depok 2 Tengah di cabang olah raga karate tak bisa dipandang sebelah mata. Tiga siswa mereka yakni Mutiara Yunidaniar, Lalita Fajar Wati, Mawaddatun Warahmah Lubis berhasil menjadi juara pertama dalam ajang kompetisi Walikota Cup 2011.

yakni futsal. Yudi Herawan guru komputer SMP PGRI Depok 2 Tengah menyebutkan.” kata Yudi. maka eksul dilakukan pada pagi hari.Kepala SMP PGRI Depok 2 Tengah Sukandi menyebutkan cabang olah raga karate bisa dikatakan sebagai salah satu cabang olahraga unggulan di sekolah ini. kegiatan ekskul dilakukan siang hari. Futsal dan Pramuka. “Ada juga ekskul yang dilakukan pada hari Minggu. untuk itu kami juga menyediakan ekstrakurikuler marawis. Untuk ekskul PMR. sekolah ini pernah meraih juara harapan I untuk kompetisi Jumpa Madya 7 dan Wira 6 PMR.” pungkas Yudi.” tutur Yudi. Yudi mengatakan. Paskibra. Sedangkan mereka yang masuk sekolah pagi hari. “Rata-rata siswa kami memang berminat dengan ekskul cabang olah raga karate. karate di sekolah ini juga merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Bagi siswa yang masuk sekolah siang hari. marawis. Lebih lanjut dikatakan dia. selain karate. proposal pindirian ranting karate indai PROPOSAL PENDIRIAN RANTING KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELADIRI PRESTASI KARATE . “Agama diutamakan di sekolah ini. SMP PGRI Depok 2 Tengah ini juga mengutamakan pendidikan karakter dan pembinaan agama Islam. ekstrakurikuler yang juga menjadi primadona adalah Palang Merah Remaja (PMR). dan paduan suara.

Karini no 1 Losarang. Indramayu Jawa Barat Telp.INK AI (Institut Karate-Do Indonesia) Sekretariat: Jl. (0234) 506908 LEMBAR PERSETUJUAN PROPOSAL PENDIRIAN RANTING INKAI .

. 27 September 2010 Pelatih. S. Pembina OSIS Sudiro (Qyu 1) Irma Yanti. Diketahui.(INSTITUT KARATE –DO INDONESIA) Indramayu. Kepala Sekolah. Ketua Komite Sekolah.Pd.

Seorang ahli ilmu beladiri lain yang sangat terkenal yang muncul pada zaman dinasti sung (9201279 M) adalah Chang Sang Feng (Thio Sam Haong). (0234) 506908 1. Sejarah Karate Sebuah teori mengatakan bahwa asal mula karate berasal dari ilmu beladiri Okinawa. dan kemudian banyak dipengaruhi oleh teknik perkelahian yang dibawa oleh para ahli seni beladiri dari China yang mengungsi ke Okinawa. Awalnya Chang belajar ilmu bela diri kepada Shaolin Tsu. maka aliran Wutang ini diperuntukan untuk orang awam yang tidak ada ikatan dengan aliran kuil manapun. kemudian mengasingkan diri ke gunung Wutang (Butong).Pd. Berdasarkan pengamatannya. burung bangau. dia menciptakan gaya perkelahian yang khas dengan pribadinya yang disebut aliran Wutang. Chang mengajarkan supaya menerima pukulan lawan dengan gaya lemah gemulai seperti air yang mangalir dan menyerang dengan satu kepastian untuk mengakhiri perlawanan dengan sekali pukul. Kalau Shaolin Chuan hanya dipratekan oleh orang pendeta budha. M. Indramayu Jawa Barat Telp. seperti kera.Karini no 1 Losarang. Badrun PROPOSAL PENDIRIAN RANTING INKAI (INSTITUT KARATE-DO INDONESIA) Sekretariat : Jl.Bahrudin. PENDAHULUAN a. dan ular. Ciptaannya didasari dengan gagasan . atau Okinawa-te adalah seni beladiri asli setempat yang telah mengalami perkembangan berabad-abad lamanya. Di tempat inilah dia mengamati macam-macam gerakan binatang.

sehingga mengalami perubahan-perubahan dan berkembang menjadi Karate seperti sekarang ini. Aliran ini sulanjutnya memiliki danpak yang luas di dalam perkembangan seni beladiri di China. JKA Shotokan. Sabeth Mukhsin dari aliran Shotokan. dan Gichin Funakoshi menanamkan alirannya Shotokan. dan Pakau-Chuan. Bp.tentang harus adanya gerak melingkar yang luwes gerakan ujung yang tajam. Gichi Funakochi yang lahir di Shuri. Melihat banyaknya peminat yang ingin belajar karate. karate telah berhasil diterima di seluruh jepang sebagai salah satu cabang olahraga modern. Choyun Miyagi menanamkan alirannya Gojuryu. Beliau adalah seorang Karateka yang mendapatkan sabuk hitam dari M. GICHIN FUNAKOCHI PENCIPTA KARATE ALIRAN SHOTOKAN b. . Sejarah Karate di Indonesia Pada tahun 1964. Kenwa Mabuni menanamkan alirannya Shitoryu. pendiri Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) dan Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI). sekali lagi berbaur dengan seni beladiri yang sudah ada di Jepang. Choyun Miyagi berdatangan dari Okinawa dan menyebarkan karate di Jepang. melatih. dan mengembangkan diri. ia mendirikan PORKI (Persatuan Olahraga Karate-Do Indonesia) yang merupakan cikal bakal FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia). kembalilah ke tanah air salah seorang mahasiswa Indonesia yang telah menyelesaikan kuliahnya bernama Drs. Berturut-turut kemudian pada tahun 1929 tokoh-tokoh seperti Kenwa Mabuni. Gaya aliran Wutang ini segera tersebar merata di seluruh wilayah China bagian utara yang pada masa kemudian akan berkembang menjadi Taichi-Chuan. Okinawa Te ini yang telah di pengaruhi oleh teknik-teknik seni beladiri dari China. Hsingi-Chuan. Nakayama. Karena keuletannya untuk meneliti. Pada tahun 1923. Okinawa pada tahun 1869 untuk pertama kalinya memperagakan Te atau Okinawa-Te di Jepang. Ia mulai mengajarkan karate.

Shotokan 2. Goju-Ryu 5. yang sekarang menjadi perwakilan WKF (World Karate Federation) untuk Indonesia. Pada tahun 1972. setuju untuk bergabung dengan FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia). Di bawah bimbingan FORKI. antara lain Drs. baik yang berasal dari Jepang maupun yang dikembangkan di Indonesia sendiri (Independen).Setelah beliau.D. tercatat nama putra-putri bangsa Indonesia yang ikut berjasa mengembangkan berbagai aliran Karate di Indonesia. Wodor-Ryu . dan juga aliran Shotokan adalah Anton Lesiangi pendiri lembaga Karate-Do Indonesia (LEMKARI). namun terdapat berbagai gaya atau aliran Karate. Dan beliau juga pendiri Indonesia Karate-DO (INKADO). Di antara aliran utama Karate adalah seperti berikut 1. Adikusumo (Alm). 25 perguruan Karate di Indonesia. KARATE Tendangan May Gery Codang (Salah satu jurus tendangan dalam karate) Asas Karate adalah sama. para Karate-Do Indonesia dapat berlaga di forum Internasional terutama yang di seponsori oleh WKF. yang pada dekade 2005 karena urusan internal banyak anggota Lemkari yang keluar dan dipecat yang kemudian mendirikan INKANAS (Insitut Karate-Do Nasiaonal). Baud A. Sholin-Ryu 4. Beliau tercatat sebagai pelopor seni beladiri Karate di Indonesia. Shito-Ryu 3.

Kata. COKLAT 1 (Qyu 3) (Qyu 2) (Qyu 1) g. Anggota wajib memakai DOGI/KARATEGI (Seragam Latihan) berwarna putih-putih di lengkapi dengan atribut perguruan karate yaitu logo INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) dan logo FORKI (Federasi Olahraga Karate Indonesia) serta di lengkapi dengan sabuk (BAN) sesuai dengan tingkatan masingmasing. Ia adalah latihan beladiri atau seni tempur. Aliran tradisional menumpukan aspek beladiri dan seni tempur manakala aliran moden lebih menumpukan kepada sukan atau pertandingan. Anggota wajib mengisi formulir pendaftaran sebagai persyaratan administrasi. Kumite. COKLAT 3 . 2. Ia adalah latihan teknik asas karate seperti menumbuk. c. BIRU 2 (Qyu 4) f. 2. dan mengelak b. menendang. COKLAT 2 h. KETENTUAN KEGIATAN EKSTRA BELADIRI KARATE INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) Ketentuan yang berlaku dalam kegiatan ekstra beladiri karate adalah sebagai berikut: 1. HIJAU (Qyu 8) (Qyu 6) d. Shorinji Kempo Karate juga boleh di kategorikan sebagai aliran Tradisional dan aliran moden (Sport Karate).6. menangkis. PUTIH (Qyu 10) b. Adapun tingkatan dalam sabuk karate sebagai berikut: a. KUNING c. Asas latihan Karate terbagi kepada tiga peringkat yaitu: a. Ia adalah latihan jurus atau bunga karate. BIRU 1 (Qyu 5) e. Kihon.

5. 5. Ajang pembinaan/regenerasi karate di sekolah/madrasah Bapak/Ibu. Menjaga nama baik perguruan dari hal-hal yang dapat merugikan perguruan. 2. Mentaati dan mematuhi SUMPAH KARATE sebagai mana tertera di bawah ini:  Sanggup memelihara kepribadian  Sanggup patuh kepada kejujuran  Sanggup mempertinggi prestasi  Sanggup memelihara sopan santun  Sanggup menguasai diri 6. 4. Melatih fisik. . dst) 3. berkualitas dan professional. kesatuan. sportifitas. 4. 6. HITAM 1 HITAM 2 (Dan 1) (Dan 2. Anggota berhak mendapatkan sertifikat (Ijazah) Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) berdasarkan hasil ujian sesuai dengan tingkatan sabuk.i. 3. 7. 3. Sebagai wadah minat dan bakat siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. dan kesatuan para karate INKAI di sekolah/madrasah bapak/ibu: Mengembangkan dan meningkatkan pragam kegiatan yang berkesinambungan dalam rangka mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Easa. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN EKSTRA BELADIRI KARATE Maksud dan tujuan kami menyampaikan proposal pendirian kegiatan ekstra beladiri ini adalah : 1. Anggota yang telah mengikuti latihan telah mengikuti latihan secara rutin dan dapat memenuhi syarat wajib mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) setiap 6 (enam) bulan sekali (satu semester) yang di selenggarakan di cabang INKAI terdekat. Untuk mencari bibit-bibit anggota karate khususnya dari sekolah/madrasah Bapak/Ibu. mental. kujujuran. Menciptakan prestasi siswa dan siswi dalam bidang olahraga karate. j. Anggota wajib mengikuti latihan 1 (satu) sampai 2 (dua) kali dalam satu minggu. Sebagai wahana aksi dan kreasi dibidang olahraga beladiri prestasi yang mengarahakan pserta didik manpu menyalurkan hobi sekaligus sehat dan berprestasi. disiplin. 7.

Tempat. untuk mewujudkan prestasi dan bakat menuju citi-cita dan kehidupan mendatang. ANGGARAN EKSTRA BELADIRI KARATE a.Rp 10. 6. PENUTUP Atas berkhat rahmat Allah S. Ranting INKAI SMP Negeri 1 Kandanghaur Kec. besar harapan kami agar proposal pengadaan kegiatan ekstra karate ini bias dipertimbangkan untuk diterima dan kerjasamanya kami banyak menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya.000.000.Rp 15.Kandanghaur Kab. 22 September 2010 . 04/02 Kec. Indramayu. Ranting INKAI SMA Negeri 1 Kandanghaur Kec.d sekarang. Atribut perguruan INKAI dan FORKI (dibayar satu kali) d.d sekarang. berdiri sejak tahun 2000 s.W. PESERTA KEGIATAN EKSTRA BELADIRI KARATE Peeserta kegiatan ekstra beladiri karate ini hanya bias diikuti oleh siswa-siswi SMA Unggulan Da’I AnNur. TENAGA PELATIHAN KEGIATAN EKSTRA BELADIRI KARATE 1.d sekarang. tanggal lahir : Kandanghaur. Indramayu. : Wiraswasta : 1. Kandanghaur Desa Wirapanjunan Rt.8.Rp 2. Nama Pelatih : SUDIRO 2.000. berdiri awal tahun 2009 s. Menciptakan ruang yang kondusif bagi siswa/siswi untuk berkopetensi secara sehat dengan menjunjung nilai-nilai kejujuran dan seportifitas.T.- 8. berdiri sejak tahun 2007 s. Merekatkan siswa/siswi sebagai identitas pemuda Indonesia. Kandanghaur Kab. Indramayu. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada pihak yang telah banyak membantudalam penyusunan proposal ini. 7. Iuran latihan (dibayar satu bulan sekali/perbulan) e. Indramayu0. NAMA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELADIRI KARATE Olah Bela Diri prestasi Karate INKAI (Instutut Karate-Do Indonesia) 5. Ranting INKAI BAPOR Bumi Patra Pertamina Indramayu.000. Seragam karate (dibayar satu kali) c. 2. kami dapat merampungkan penyusunan proposal pengadaan kegiatan ekstra beladiri karate ini walua kami sadari masih banyak kekurangan. Akhirnya kami kembali kepada Allah SWT. karena hanya kepada-Nya segala sesuatu akan kembali. 14 Oktober 1985 : Jln.000. Kandanghaur Kab. Tabungan UKT(Ujian Kenaikan Tingkat) (dibayar pelatih) Rp 3. 3.Rp 75. Pendaftaran (di bayar satu kali) b. 4. 9.

Berbeda dengan sekolah lainnya yang ada khususnya di Kecamatan Kayuagung. hingga saat ini kegiatan ekstrakurikluer ini di SMAN 4 Kayuagung ini telah menjuarai antar sekolah yang ada.” imbuhnya di sela-sela latihan ekstrakurikuler bela diri itu. AHMAD RIFA'I (Qyu 4) Ekskul Karate SMAN 4 Kayuagung Kurang Diminati KAYUAGUNG . “Kalau temanteman yang lain tidak mengikuti saya tidak tahu alasannya. kenapa tidak ikut. Namun para siswa yang ada tetap bersemangat dengan menggelar latihan sesama siswa itu. komite putrid juara II.” urainya. Dikatakannya.Karate merupakan salah satu ekstrakurikluer (Ekskul) yang ada di SMAN 4 Kayuagung. apa adanya.” terang siswi kelas X B itu. “Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler karate ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. ekstrakurikuler bela diri satunya ini sangat digemari para siswa yang ada di setiap sekolah yang ada. Indah mengungkapkan. bila siswa lainnya tidak mengikuti disebabkan mengikuti kegiatan persiapan Jamnas mendatang. karena hobi dan ingin latihan beladiri. Kendati pelatih karate yang ada di sekolah itu belum tiba di sekolah setempat. “Kami pernah menang pertandingan untuk karate komite dan katak. mengikuti kegiatan persiapan Jamnas nanti. Kami targetkan meriah juara I untuk tingkat kabupaten dan . II dan III antar sekolah. Kami pernah meriah juara I. Lalu pelatihnya ? “Pelatih kami belum datang ke sekolah. Namun alasan para siswa SMAN 4 Kayuagung kurang berminat pada kegiatan karate tersebut tidak begitu diketahui. mengatakan. namun berdasarkan pengamatan Koran ini. Saat ditanya kenapa jumlah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler itu sedikit. yang pasti saya suka. Kami saat ini mengikuti kegiatan ini sebanyak lima orang. Indah Trisnawai salah seorang siswi yang mengikuti kegiatan ekstra tersebut. kemarin (15/6) para siswa sekolah setempat yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler itu hanya lima orang siswa. Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). karate katak meriah juara I. tapi kami lebih dulu melakukan latihan.Pelatih. komite putri. dia bersama temannya yang lain mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate tersebut. Jadi dua orang siswa lainnya.

Karate. Pengembangan diri meliputi kegiatan terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan terprogram direncanakan secara khusus dan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pribadinya. Kegiatan tidak terprogram dilaksanakan secara langsung oleh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah yang diikuti oleh semua peserta didik.” akunya sembari berharap ekstrakurikluer karate di sekolah ini lebih banyak siswa yang mengikuti pada tahun ajaran baru nanti. Basket Ball. Futsal dll) .provinsi. persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya dan persoalan kebangsaan. meliputi pengembangan o o o o Kehidupan pribadi kemampuan sosial kemampuan belajar wawasan dan perencanaan karir 2. pelayanan bimbingan dan konseling. kelompok dan atau klasikan melelaui penyelenggaraan :    Layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling Kegiatan Ekstra Kurikuler Retret dan rekoleksi Kegiatan terprogram terdisi atas dua komponen 1. Taek Won Do. Sekolah SMA Santo Paulus memfasilitasi kegiatan pengembangan diri. Kegiatan Pengembangan Diri Kegiatan Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya. Ekstrakurikuler meliputi kegiatan : o o Karya Ilmiah Remaja Olahraga (Vollley Ball. Badminton. 1) Kegiatan pengembangan diri terprogram dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual.

Siswa bermain volley o Drum Band .

Penilaian kegiatan pengembangan diri bersifat kualitatif. Program pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinan karakter peserta didik yang dilakukan secar rutin.o o o o o o o Komputer Fotografi Kesenian . perilaku dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian. Keyboard. a. Band Majalah Varia Dance Koor dll 2) Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.Biola. Suling. Proposal Kegiatan PROPOSAL EXPO PERGURUAN TINGGI 2011 SMA NEGERI 5 BOGOR 24 Desember 2011 TEMA “ MEMBUKA WAWASAN MENGGAPAI MASA DEPAN” . RUTIN SPONTAN KETELADANN Upacara Bendera membiasakan antri berpakaian rapi Senam memberi salam memberikan pujian Retret memupuk keimanan percaya akan kekuatan Tuhan Doa Memupuk keimanan percaya akan kekuatan Tuhan Perayaan Misa Memupuk keimanan Percaya akan kekuatan Tuhan Kunjungan Pustaka musyawarah untuk mufakat hidup sederhana Kebersihan Kelas membuang sampah pada tempatnya tepat waktu Pembiasaan ini dilakukan sepanjang waktu belajar di sekolah. Potensi. ekspresi. spontan dan keteladanan.

bekerja sama. antisipatif.1 Memberikan informasi perkembangan dunia Perguruan Tinggi dan dinamika bentuk-bentuk pelayanan pembelajarannya. 3. Kondisi semacan ini akan memberikan peluang ke arah kesadaran jenis profesi yang semakin kompetitif antar generasi muda.2 Memberikan bimbingan kepada siswa untuk menentukan pilihan jurusan. maka di pandang perlu adanya informasi dan profil secara lengkap kepada para siswa dan masyarakat tentang gambaran masa depan yang akan dimasuki.3 Program Kerja Bimbingan Konseling SMAN 5 BOGOR. minat dan kemampuannya. prediktif.2 Program Kerja SMA NEGERI 5 BOGOR. Dalam rangka mengantisipasi dan menyikapi kondisi tersebut. Menyikapi kondisi semacam itu. tahun 2011 2. baik untuk jati diri secara perseorangan. khususnya di Kota Bogor yang semakin mengglobal perlu mendapat perhatian khusus secara positif. merangsang. dan multidimensional. TUJUAN KEGIATAN: Kegiatan Expo Perguruan Tinggi 2011 diadakan dengan tujuan: 3.I. fakultas. fakultas. edukatif.3 Membantu orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak-anaknya untuk menentukan\ jurusan. II. perlu diadakan kegiatan yang bersifat memaparkan kejelasan arah. preventif. khususnya siswa sekolah menengah kota Bogor untuk menambah cakrawala pengetahuan dan informasi tentang perguruan tinggi. SMA NEGERI 5 BOGOR. serta UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 12 ayat 1b yang menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat. LANDASAN KEGIATAN: 2. bermaksud mengadakan Expo Perguruan Tinggi 2011 yang ditujukan kepada para generasi muda. bersaing. bangsa. baik secara lokal. serta kondisi realistis perkembangan globalisasi yang terus berkembang secara kompetitif. 2. Oleh sebab itu. nasional. 3. dan memberikan peluang kepada generasi muda untuk lebih belajar berjuang. memicu. LATAR BELAKANG Perkembangan kemajuan pendidikan di Jawa Barat. dan bersikap sportif. dan Perguruan Tinggi yang tepat . berkaitan dengan program Pengembangan Diri Bimbingan Konseling. baik negeri maupun swasta nasional maupun internasional sehingga dapat membina hari depan dengan lebih baik. tahun 2011 III. maupun internasional. dan Perguruan Tinggi yang tepat demi pengembangan kompetensi masa depannya.1 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. maupun negara.

1 Waktu : 24 Desember 2011 8. PESERTA Perguruan tinggi. khususnya para guru Bimbingan Konseling V. VI. Susunan Panitia terlampir ( Lampiran 1 ).4 Pameran Buku oleh beberapa penerbit buku media pembelajaran. JENIS KEGIATAN: 5. Prosedur Kerja Sama dan Tata Tertib terlampir (Lampiran II) VIII.2 Praktisi pendidikan.2 Tempat : SMA NEGERI 5 BOGOR. PELAKSANA: Pelaksana kegiatan adalah Panitia Expo perguruan Tinggi 2011 SMA NEGERI 5 BOGOR.1 Exposisi Perguruan-Perguruan Tinggi.3 Informasi Tes Seleksi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta 5. 5. baik nasional maupun internasional. 5. fakultas dan prospeknya oleh perguruan-perguruan tinggi bersangkutan yang ditawarkan melalui program pelayanan pembelajaran. khususnya orang tua kelas XII 4. tempat.1 Siswa dan Para orang tua siswa. VII. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN: 8. kurang lebih sekitar 12 perguruan tinggi. SASARAN KEGIATAN: 4.IV.2 Penyuluhan tentang jurusan. Rancangan Kegiatan terlampir (Lampiran III) Rancangan Denah Ruang. waktu kegiatan terlampir ( Lampiran IV ) . baik negeri maupun swasta.

000. leaflet. PENUTUP Demikian proposal ini disusun dengan pertimbangan dapat dijadikan pedoman dan digunakan sebagaimana mestinya.700.1 Halaman dan Ruangan SMA NEGERI 5 BOGOR.2 Perangkat sound system utama 9.3 Video klip. 25. Bogor.IX. 9.00 10.. ANGGARAN: 10.700. 25. foto. Oktober 2011 Panitia Expo Perguruan Tinggi Pengembang diri Kempo SMA 2 PASLA PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI . serta media cetak (brosur.4 Video Player. SARANA KEGIATAN: 9. PC. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjalin kerja sama yang baik dengan SMA NEGERI 5 BOGOR saat kini maupun masa yang akan datang. dan LCD X.2 Rencana Pemasukan Rp.1 Rencana Pengeluaran Rp.000. buku mini profil perguruan tinggi) 9.00 Rincian anggaran terlampir (Lampiran V) XI.

TUJUAN 1. YULISMAN NIP. Menyalurkan bakat bagi siswa yang berprestasi menjadi atlet baik daerah maupun nasional.KEMPO SMA NEGERI 2 SUNGAI TARAB TAHUN Pelajaran 2008/2009s LEMBAR PERSETUJUAN KEPALA SEKOLAH Dengan ini menerangkan bahwa. baik dari kalangan anak-anak. II. Di Provinsi Sumatra Barat bahkan belakangan ini sangat gencar membina kader-kader muda. SMA Negeri 2 Sungai Tarab sebagai salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) telah membentuk berbagai jenis kegiatan pengembangan diri siswa salah satunya adalah olah raga beladiri Kempo. UMUM Olah raga merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari dan banyak peminatnya. Bela diri kempo salah satu cabang olah raga yang berkembang cukup pesat. Pasie Laweh. remaja maupun Dewasa. 2. 31 Juli 2008 Kepala SMA Negeri 2 Sungai Tarab Drs. setelah membaca dan mempelajari proposal kegiatan pengembangan diri kempo selanjutnya menyetujui kegiatan olah raga bela diri kempo sebagai salah satu jenis kegiatan dalam pengembangan diri siswa di SMA Negeri 2 Sungai Tarab. 131860085 KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI OLAHRAGA BELA DIRI KEMPO A. mengembangkan dan membina minat dan bakat siswa dalam bidang olah raga bela diri karate. baik melalui sekolah maupun klub. . Mencari.

kuncian  Waza (Jurus)  Landori (Tehnik perkelahian) 2. tendangan. 3. Bagi SMP dan SMA dalam lingkungan Pembinaan. DASAR PEMIKIRAN 1. Siswa atau peserta didik terlatih dalam disiplin. SASARAN 1. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui usaha meningkatkan ketahanan sekolah. tanggung jawab dan mempunyai kepercayaan diri serta tidak sombong. Membangun fondasi kesehatan mental spiritual jasmani maupun rohani. Keputusan Mentri Pendidikan No. Garis-garis Besar/Pokok-pokok Kebijakan Program Umum Pusat berdasarkan pada usaha Pemerintah (KONI) dalam usaha untuk meningkatkan mutu/kualitas olah raga di Indonesia. Keputusan Direktorat Jenderal Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Kesiswaan. keluarga. 2. 4. Mampu menjaga kehormatan diri. agama. 5. Siswa atau peserta didik mampu mengaplikasikan dan melaksanakan ajaran-ajaran maupun falsafah bela diri karate. III. 3. Siswa atau peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya dan meraih prestasi secara maksimal V. Latihan Rutin  Dasar-dasar pukulan. tanggal 28 Oktober 1978 tentang Pola dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi muda. 0323/U/1978. tangkisan dan hindaran. Latihan Gabungan .3. bangsa dan negara berdasarkan hukum dan Undang-Undang yang berlaku. Menumbuhkan sikap disiplin dan bertanggung jawab. IV. SUBSTANSI KEGIATAN 1. 2.

Pelatih Pembina dalam kegiatan pengembangan diri kempo adalah guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Sungai Tarab (Joko Sobrang. Bergabung latihan dengan sekolah-sekolah lain yang ada pengembagan diri kempo (SMA 1 Sungayang dan SMA 2 Batusangkar) 3. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN  Jadwal rutin latihan Hari : Jumat Pukul : 09. Ujian Kenaikan Tingkat VI. Pertandingan  Internal Sekolah  Pertandingan segi tiga 4.selesai Tempat : Lapangan SMA N 2 Sungai Tarab  Jadwal Pertandingan  Menyesuaikan VIII. Pd.00 . S. I) . PELAKSANA KEGIATAN DAN PIHAK-PIHAK TERKAIT  Siswa  Pembina  Pelatih  Kepala Sekolah  Kesiswaan  Orang tua VII.

semoga sekolah dapat memberikan perhatian demi kelancaran kegiatan. S. Penutup Demikianlah proposal kegiatan pengembangan diri kempo. 2 buah body protektor X. 1 target untuk tendangan 5. Pembiayaan Seluruhnya diharapkan bantuan dana dari sekolah XI. I Drs.IX. Pd. 2 pasang sarung tinju 4. 1 pasang sansak pegang 2. Kebutuhan Alat 1. Program Kegiatan XII. 2 buah skiping 3. YULISMAN NIP. Yulisman Joko Sobrang. Mengetahui Kepala SMA 2 PASLA Pembina Kegiatan Drs. 131860085 tehnik dasar tehnik dasar .

KUATKAN HATI. Namun demikian. tidak sedikit mereka para pelajar dalam menyampaikan kemampuannya melalui hal-hal yang tidak bermanfaat atau negatif. SATUKAN HATI. mereka cenderung lebih menyukai kegiatan yang seperti itu dari pada yang biasa saja. Dengan dukungan fasilitas pengetahuan dan teknologi tadi melalui sarana dan prasarana dari masing-masing sekolah tentunya lebih mempermudah bagi para pelajar dalam mengeksplorasikan kemampuannya itu. serta melibatkan masyarakat umum. Dalam kegiatan tersebut kami juga menjalin kerjasama dengan sekolah lain. Tema Kegiatan SATUKAN PIKIRAN. Kegiatan tersebut tentunya dapat berupa prestasi yang baik dalam bidang akademik dan non-akademik. Oleh karena itu. Tidak terkecuali dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan tanggung jawab besar. DAN RAIH PRESTASI BERSAMA SMA NEGERI 1 CIPARI. baik tingkat SMP. Diharapkan dari kerjasama tersebut adalah kami dapat berpartisipasi dengan baik dalam mensukseskan kegiatan tersebut.PRPOSAL KEGIATAN JOINT to ALASCA 2011 SMA NEGERI 1 CIPARI 1. Latar Belakang Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang ini. 2. DAN RAIH PRESTASI BERSAMA SMA NEGERI 1 CIPARI”. baik dalam bidang akademik dan non-akademik. untuk meminimalisir cara pengeksplorasian kemampuan para pelajar yang salah. Nama Kegiatan Nama Kegiatan ini adalah “ JOINT to ALASCA „ 11(JA) “ 3. . SMA N 1 Cipari akan mengadakan beberapa macam lomba dan kegiatan sosial. yang secara tidak langsung mempunyai dampak besar pada perkembangan kemampuan pola pikir dan segala aktivitas yang dilakukan oleh kebanyakan pelajar di Indonesia. Kegiatan yang tidak hanya diadakan untuk kalangan masyarakat SMA N 1 Cipari saja ini kami namakan “ JOINT to ALASCA ‟11 (JA). SMA dan SMK. yang terdiri dari beberapa rangkaian acara dalam menyambut Ulang Tahun SMA N 1 Cipari ke-19. dengan tema “ SATUKAN PIKIRAN. karena hal tersebut akan mengasah lebih dalam lagi mengenai kemamupua yang dimiliki oleh setiap individunya. selain itu kami juga bekerjasama dengan beberapa instansi atau perusahaan guna menjadi sponsorship.

4. Program Kerja Sekolah Kategori Mandiri (SKM) SMA N 1 Cipari. Manfaat Kegiatan Manfaat dari kegiatan JOINT to ALASCA ‟11 adalah sebagai berikut: 1. Peserta Kegiatan . 4. Landasan Kegiatan Dasar pemikiran yang melandasi JOINT to ALASCA ‟11 adalah: 1. 2. 5. 5. Undang-Undang nomor 12 tahun 2007 tentang sistem pendidikan. Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam JOINT to ALASCA ‟11 adalah sebagai berikut: 1. Memperingati hari jadi SMA NEGERI 1 CIPARI ke-19. 3. Program kerja ekstrakurikuler ALASKAPALA SMA N 1 CIPARI. 2. 2. 2. Program kerja ekstrakurikuler DEWAN KERJA AMBALAN SMA N 1 CIPARI. Mempererat tali persaudaraan antar pelajar SMA NEGERI 1 CIPARI. 6. SMA/SMK serta Instansi dan Umum. Lebih memperkenalkan SMA NEGERI 1 CIPARI kepada masyarakat. Program kerja ekstrakurikuler PMR SMA N 1 CIPARI. Lomba Lintas Alam (WIA) / Walking In Alasca Festival Band (SMA dan SMP) Bakti Sosial (Baksos) Turnamen Voli (SMP) 7. 4. 6.4. Maksud dan Tujuan Maksud dan tujuan dari kegiatan JOINT to ALASCA ‟11 adalah sebagai berikut: 1. Siswa dapat lebih berpartisipasi dalam mengikuti sebuah kegiatan yang diadakan di sekolah. 4. Meningkatkan rasa tanggung jawab antar panitia dalam melaksanakan kegiatan. 7. Program kerja ekstrakurikuler BARA AKSI SMA N 1 CIPARI. Meningkatkan kerjasama antar organisasi di SMA NEGERI 1 CIPARI. Mengembangkan kemampuan para pelajar dalam bidang akademik dan non-akademik. 8. Siswa dapat mengetahui proses-proses dalam menyusun sebuah kegiatan. 3. Program Kerja OSIS SMA N 1 Cipari. 3. 3. baik dengan pelajar tingkat SMP.

Anggaran Dana Terlampir 12. Dan Kami selalu berharap kritik dan saran demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan di tahun berikutnya. 24 Maret 2011 Ketua CARTU GUSTIAR NIS. Instansi dan Umum seKabupaten Cilacap. SMA/SMK.30 WIB s/d selesai jadwal Acara : Terlampir tempat : SMA NEGERI 1 CIPARI dan lingkungan sekitar 11. dan Tasikmalaya. Panitian Kegiatan Terlampir 13. 10. Cipari. NIS. Penutup Demikian proposal ini kamai susun sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan JOINT to ALASCA ‟11 SMA N 1 Cipari. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan JOINT to ALASCA ‟11 ini akan dilaksanakan pada: tanggal pukul : 1-3 Mei 2011 : 07.Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SMP. 3086 Sekretaris KAREN ELLY K. Purwokerto. Banjar. Pelaksana Kegiatan Pelaksana ini dilaksanakan oleh seluruh Organisasi SMA N 1 Cipari dibantu oleh beberapa dewan guru dan staf karyawan. Ciamis. Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari seluruh komponen SMA N 1 Cipari. 3139 . 9.

KUSWORO NIP. para karateka wajib mengikuti suatu kegiatan rutin setelah mengikuti ujian kenaikan sabuk yaitu pelantikan kenaikan sabuk karate. maka SMA Negeri 1 Cipari akan mengadakan Pelantikan Kenaikan Sabuk Karate. SMA Negeri 1 Cipari telah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate guna memberikan ilmu bela diri kepada para siswa yang berminat. ada beberapa tingkatan yang harus ditempuh mulai dari kyu 10 hingga tingkatan Dan. ujian kenaikan tingkat atau ujian penurunan kyu dilaksanakan setiap enam bulan guna memantapkan teknik yang telah didapat oleh karateka. Kepala SMA N 1 Cipari Drs. 19630427 108703 1 007 Waka Kesiswaan SUNARTI. Dalam karate. Berdasarkan pemaparan di atas.Pd NIP. S.Mengetahui. 19641226 20051 2 300 PROPOSAL KEGIATAN PELANTIKAN KENAIKAN TINGKAT SABUK KARATE DOJO SMA NEGERI 1 CIPARI CABANG CILACAP BARAT A. Dalam kenaikan tingkatan ini biasanya ditempuh melalui ujian kenaikan tingkat atau ujian turun kyu. . Di SMA Negeri 1 Cipari. Karate merupakan ilmu bela diri yang dibuat oleh Gijhin Funakoshi dan dibawa ke Indonesia oleh Sabeth Mukhsin. Salah stau syarat wajib untuk memakai sabuk baru di karate. LATAR BELAKANG Karate merupakan salah satu bentuk olah raga yang termasuk kategori bela diri.

Memberikan bekal dalam kejuaraan serta mempersiapkan karateka untuk mampu mengelola kegiatan karate di sekolah. Melatih mental dan fisik karateka dalam beradaptasi dengan lingkungan PESERTA KEGIATAN Terlampir E. Ferdi Putranto : Jihan Ahmad . Muhamad Ibnu M : 1. PANITIA KEGIATAN Penanggung Jawab : Drs. Memantapkan teknik yang diperoleh para karateka. 4.A : Cartu Gustiar : Wira Pamungkas : Alam Hari Setiawan : 1. NAMA KEGIATAN “Pelantikan Kenaikan Tingkat Sabuk Karate Dojo SMA Negeri 1 Cipari” C. Sukoya Ketua Panitia Bendahara Sekretaris Pendamping Sie Dokumentasi 2.B. Muhammad Iqbal KA . D. 3. Muhammad Agung W Sie Humas 2. TUJUAN KEGIATAN Membentuk jiwa dan kepribadian karateka yang santun serta bertanggung jawab. Agus Lusianto Sie Perlengkapan : 1. 2. 1.

000.00 x 35 siswa Sekolah Jumlah Total Pengeluaran Rincian Pengeluaran A.000. 1. ALOKASI DANA Pemasukan 1.00 : Rp. 695.000.00 : Rp .00 x 38 siswa Jumlah B. Rp .000.00 380.000.00 + Rp. 695.00+ 125.2. Siswa Rp.000.000. Siswa Kas Cabang Rp. : Rp.00 Rp. Rizki Firmansyah Sie P3K 2. 2. Sekolah P3K Transport Pendamping Lain – lain Jumlah : Rp.000.00 50. 190. 50.000. : Rp.000.00 + Rp.00 : Rp. Anggit Bagus S : 1. Lutfi Cahyadi Sie Konsumsi 2.000.00 25. 2.000. Nurdianto : 1. 15.000.00 x 38 siswa Konsumsi Rp. 5. Tanzil Syafi I’manan F.000. 10.00 : Rp 125. 1. 570. 3. 2. 570.

000.Pd NIP 19641226 200501 2 003 .Total Pengeluaran Rp.00 s/d selesai : Desa Tarisi. KUSWORO NIP. PENUTUP : Minggu. 13 September 2011 Pembina Ekstra Karate Drs. 19630427 198703 1 007 Waka Kesiswaan SUNARTI. Semoga dapat memenuhi harapan dan tujuan kita semua dan meningkatkan kedisiplinan serta motivasi bagi para karateka untuk berprestasi. Serta kami buat sebagai pedoman bagi pelaksana kegiatan dan sebagai gambaran bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Cipari. SUKOYA. Kec. Wanareja Demikian proposal kegitan ini. 18 September 2011 : 08.00 G. MOR NIP. 695. 19671012 199802 1 003 Ketua Panitia JIHAN AHMAD A NIS. WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN Pelantikan kenaikan tingkat sabuk dilaksanakan pada : hari. 3136 Mengetahui. S. tanggal waktu tempat H. Kepala SMA N I Cipari Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful