BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Kebudayaan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beranekaragam. Nilai-nilai sejarah, moral, dan spiritual yang terdapat dalam budaya Indonesia dapat dijadikan penyaring atas budaya asing yang masuk ke Indonesia. Masih ada kebudayaan Indonesia yang banyak menyisakan peninggalan-peninggalan yang mengandung nilai sejarah dan memiliki nilai seni rupa yang dijadikan objek wisata di Indonesia, yang terkenal sampai ke mancanegara, salah satunya Candi Prambanan.

B. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Sejarah Seni Rupa Indonesia pada semester 2 tentang Candi Prambanan. Di samping itu, laporan ini dibuat untuk mengetahui lebih banyak tentang Candi Prambanan, baik dari sejarah, lokasi, maupun deskripsi candi-candi serta reliefnya. Tujuan lainnya adalah untuk menambah wawasan tentang sejarah kebudayaan bangsa Indonesia.

C. Rumusan Masalah 1. Bagaimana sejarah Candi Prambanan? 2. Apa candi-candi yang terdapat di dalam Candi Prambanan? 3. Bagaimana arsitektur pada Candi Prambanan? 4. Bagaimana relief pada Candi Prambanan?

1

masing-masing didekat pintu masuk utara dan selatan. Gambaran tentang gugusan candi seperti yang disebut dalam prasasti Siwargrarha dapat dibandingkan dengan kompleks candi Prambanan.Keterangan mengenai gugusan candi yang terletak didekat sungai mengingatkan pada gugusan candi Prambanan dengan sungai Opak di sebelah 2 .BAB II PEMBAHASAN A. Sejarah Candi Prambanan Candi Prambanan merupakan kelompok candi yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX.Prasasti Siwargrarha tahun 856 M yang dikeluarkan oleh Rakai Pikatan tidak diketahui asalnya. Konsolidasi keluarga raja Rakai Pikatan itu kemudian menjadi permulaan dari masa baru yang perlu diresmikan dengan pembangunan suatu gugusan candi besar. sesuatu yang unik dalam epigrafi Jawa kuna. Ditemukannya tulisan nama Pikatan pada candi menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka 856 M “Prasasti Siwargrarha” sebagai manifest politik untuk meneguhkan kedudukannya sebagai raja yang besar. Didalamnya terdapat uraian yang rinci tentang suatu “gugusan candi”. Prasasti ini mulai menarik perhatian setelah J. kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. gugusan candi yang dibangun pusatnya dipagari tembok keliling dan dikelilingi oleh deretan candi perwara yang disusun bersap hanya terdapat pada pula candi candi Prambanan.G. De Casparis berhasil menguraikan dan membahasnya. yaitu: Bahasanya merupakan contoh tertua prasasti yang berangka tahun yang ditulis dalam puisi Jawa kuna. Hal lain yang menarik adalah 2 buah candi Apit. Menurut Casparis ada 3 hal penting dalam prasati tersebut. Peristiwa sejarah yang dimaksud adalah peperangan antara Balaputeradewa dari keluarga Sailendra melawan Rakai Pikatan dari keluarga Sanjaya.Disebutkan Perwara sama dalam bentuk dan ukuran. Isinya memuat bahan-bahan atau peristiwa-peristiwa sejarah yang sangat penting dari pertengahan abas ke IX M. Balaputeradewa kalah dan melarikan diri ke Sumatera.Dari uraian diatas yang menarik adalah peristiwa sejarah dan uraian tentang pembangunan gugusan candi.

Dengan demikian. Kompleks candi Prambanan dibangun oleh Raja-raja Wamca (Dinasty) Sanjaya pada abad ke-9.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar. Pada tahun 1933 berhasil disusun percobaan Candi Brahma dan Wisnu. Setelah mengalami berbagai hambatan. Candi Wisnu mulai dipugar tahun 1982 dan selesai tahun 1991. Candi Prambanan atau candi Shiwa ini juga sering disebut sebagai candi Loro Jonggrang berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis yang jangkung. dengan bentuk secara keseluruhan menyerupai gunungan pada wayang kulit setinggi 47 meter. putri Prabu Boko. candi Wisnu dan candi Brahma. Terjadinya perpindahan pusat kerajaan Mataram ke Jawa Timur berakibat tidak terawatnya candi-candi di daerah Prambanan. yang membangun kerajaannya diatas bukit di sebelah selatan kompleks candi Prambanan. Pada tahun 1902 baru dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa. pada tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar.A. Candi Prambanan dikenal kembali saat seorang Belanda bernama C. Pada tahun 1902 dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa. Dewa Shiwa sebagai Sang Perusak. Candi Prambanan merupakan kompleks percandian dengan candi induk menghadap ke timur. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan Candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu.baratnya dan jika dari jarak antara sungai Opak dan gugusan candi Prambanan dan adanya pembelokan aliran sungai kemungkinan pembelokan tersebut terjadi diantara desa Klurak dan Bogem. Pada tahun 1933 berhasil 3 . tampaknya uraian yang terdapat dalam prasasti Siwargrarha tentang gugusan candi tersebut lebih cocok dengan keadaan candi Prambanan. Candi Prambanan dikenal kembai saat seorang Belanda bernama C.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang. Candi Brahma mulai dipugar tahun 1978 dan diresmikan 1987.A. Dewa Wisnu sebagai Sang Pemelihara. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang. Kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi perwara yang berada di depan candi Siwa. Wisnu dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut / patok. Bilik utama dari candi induk ditempati Dewa Shiwa sebagai Maha Dewa sehingga dapat disimpulkan candi Prambanan merupakan candi Shiwa. kondisi ini semakin parah dengan terjadinya gempa bumi dan beberapa kali meletusnya Gunung Merapi yang menjadikan candi Prambanan runtuh dan meninggalkan puing-puing batu yang berserakan. candi Wisnu dan candi Brahma. Agama Hindu mengenal Tri Murti yang terdiri dari Dewa Brahma sebagai Sang Pencipta.

Haryati Soebandio tanggal 23 Maret 1987. tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar dan secara resmi dinyatakan selasai oleh Presiden Dr. Salah satu tangannya memegang tasbih yang satunya memegang “KAMANDALU” tempat air. Kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi yang berada di depan candi Siwa.disusun percobaan candi Brahma dan Wisnu. Ruangannya kosong. 4. Sukarno. 3. Dasar kaki candi juga dikelilingi oleh selasar yang di batasi pagar langkan dimana pada dinding langkan sebelah dal. Tasbih menggambarkan waktu. Keempat wajahnya menggambarkan keempat kitab suci weda masing-masing menghadapi keempat arah mata angina. Mungkin ruangan ini hanya dipakai untuk kandang angsa hewan yang biasa dikendarai oleh Brahma. B. Nama Loro Jongrang berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jongrang atau gadis jangkung putri Prabu Boko. Karena keindahannya yang mungkin digunakan untuk menanamkan estetika dalam komplek percandian Prambanan. Di dalam satu satunya ruangan berdiri Arca Brahna berkepala empat dan berlengan empat. Candi Siwa 4 . Pemugaran candi Brahma dimulai pada tahun 1977 dan telah selesai dan diresmikan oleh Prof Dr. Luas dasarnya 13 meter persegi dan tingginya 22 meter.am terpahat relief lanjuutan cerita Ramayana dan relief serupa pada Candi Siwa hingga tamat. Candi Angsa Candi ini mempunyai satu ruangan yang tak berisi apapun. Candi-candi yang terdapat dalam Candi Prambanan Gugus candi ini dinamakan “Prambanan” karena terletak di daerah Prambanan. jadi Loro Jongrang dapat diartikan juga gadis cantik. Candi wisnu mulai dipugar pada tahun 1982 selesai dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 27 April 1991. diantaranya yaitu pemugaran candi Brahma dan candi Wisnu. 1. Wisnu dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut. Sebagai pencipta ia membawa air karena seluruh alam keluar dari air. Arca ini sebenarnya sangat indah tetapi sudah rusak. Pemugaran candi di wilayah Prambanan terus dilaksanakan. 2. Mungkin candi ini dipergunakan untuk bersemedi sebelum memasuki candi-candi induk. Loro berarti gadis dan Jongrang yang berarti cantik. Candi Apit Luas dasarnya 6 meter persegidengan tinggi 16 meter. Setelah mengalami berbagai hambatan pemugaran diselesaikan oleh bangsa Indonesia. Ir. Candi Brahma Luas dasarnya 20 meter persegi dan tingginya 30 meter.

Didalam satusatunya ruangan yang ada berdirilah Arca Wisnu bertangan empat yang memegang gada cakra. Sankha. tiran. diantaranya: Cakra. 5. Candi Wisnu Bentuk. a) Arca Siwa Mahadewa Arca ini mempunyai tinggi 3 m berdiri di atas landasan batu setinggi 1 m. bertangan empat berselempangan ular. Perisai. c) Arca Ganesha Arca ini berwujud manusia berkepala gajah bertangan empat yang sedang duduk dengan perut gendut. Semuanya adalah tanda-tanda seorang pertapa. Bangunan ini dibagi menjadi tiga bagian secara vertikal yaitu kaki. diantaranya: Siwa Mahadewa. Tanda. dan Durga. Anak Panah.tanda sebagai Siwa adalah tengkorak di atas bulan sabit di atas mahkotannya. ukuran relief dan hiasan dinding luasnya sama dengan candi brahma. Tangan kanannya memegang tasbih. Kaki candi menggambarkan Dunia Bawah (tempat manusia yang masih diliputi hawa nafsu). Arca ini menggambarkan Raja Balitung. Di dalam candi terdapat empat ruangan yang menghadap ke arah keempat mata angin. Pada dinding langkan sebelah dalam terdapat relief cerita kresna sebagai “AVATARA” atau penjelmaan wisnu dan balarama (baladewa) kiakaknya. Atap melukiskan Dunia Atas (tempat para Dewa). Candi dengan luas 34 m2 dan tinggi 47 m adalah candi terbesar dan terpenting. mata ketiga pada dahinya. Tubuh candi menggambarkan Dunia Tengah (tempat manusia yang telah meninggalkan keduniaan). dan Rambut berkepala Raksa Arsua. Busur. tangan kiri memegang kendi dan bahunya terdapat kipas. Ekor Banteng. tubuh dan kepala. sedangkan ketiga kamar lainnya masing-masing berisi Arca. kulit harimau di pinggangnya serta senjata Trisula pada sandaran arcanya. Tangan-tangan belakangnya memegang tasbih dan kampak sedangkan tangan-tangan depannya memegang patahan gadingnya sendiri dan sebuah mangkuk Ganesha menjadi lambang kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan. 5 .Candi Siwa adalah “replika Gunung Mahameru yang diyakini umat Hindu sebagai tempat bersemayam para dewa”. Kamar terdepan kosong. Gada. d) Arca Durga atau Loro Jonggrang Arca ini berwujud seorang wanita bertangan delapan yang memegang beranekaragam senjata. Diantara kaki arca dan landasannya terdapat batu bundar berbentuk bunga teratai. b) Arca Siwa Maha Guru Arca ini berwujud seorang tua berjanggut yang berdiri dengan perut gendut. penghalau segala kesulitan. Ganesha. Ia berdiri di atas bantang Nandi dalam sikap Tribangga (Tiga Gaya Gerak yang membentuk tiga lekukan tubuh).

Candi Prambanan ini dirancang untuk meniru Meru. Atap candi Prambanan dihiasi dan dimahkotai dengan Ratna (sansekerta : permata). Garuda adalah kendaraan wisnu. Candi ini sudah runtuh. Candi Nandi Luas dasarnya 15 m persegi dan tingginya 25 m. 7. alam suci tertinggi dewa. dan rumah Siwa. Candi Prambanan juga mengenal hirarki zona candi.55 m2 dengan tinggi 4. hewan juga setan. juga dikenal sebagai svargaloka .10 m. gunung suci tempat tinggal para dewa Hindu. Candi Kelir Luas dasarnya 1. Surya berrdiri di atas kereta yang di tarik oleh 7 ekor kuda. pertapa. Orang di sini mulai melihat cahaya kebenaran. Seluruh kompleks Candi merupakan model alam semesta menurut kosmologi Hindu dan lapisan-lapisan Loka. Candi ini tidak memiliki tangga masuk. Svarloka (dalam Buddhisme: Arupadhatu). Sama seperti Candi Borobudur. Halaman tengah dan tubuh setiap candi dilambangkan dunia bhuvarloka. Candi Garuda Bentuk ukuran serta hiasan dindingnya sama dengan candi angsa. Candi Prambanan awalnya bernama Shivagrha dan didedikasikan untuk dewa Siwa. Fungsinya sebagai penolak bala. C. membentang dari kurang suci ke alam suci. Arsitektur Candi Prambanan Arsitektur Candi Prambanan mengikuti arsitektur Hindu berdasarkan tradisi Vastu Shastra. 8. Resi . dan dewa-dewa yang lebih rendah. Setiap konsep Hindu dan Budha ini memiliki cara mereka sendiri. Candra yang bermata 3 bertiri di atas kereta yang di tarik 10 ekor kuda. alam terendah dari manusia biasa. didalam satu-satunya ruangan yang ada terbaring arca seekor lembu jantan dalam sikap merdeka dengan panjang kurang lebih 2 m. Baik itu rencana ruangan tertutup (horizontal) atau struktur candi (vertikal) yang terdiri dari tiga zona : Bhurloka (dalam Buddhisme: Kamadhatu). Dimana manusia masih diikat oleh keinginan. Bhuvarloka (dalam Buddhisme: Rupadhatu). Di dalam satu-satunya ruangan terdapat arca kecil yang berwujud seekor naga.6. Dalam arsitektur candi 6 . Halaman bagian dalam dan atap candi melambangkan dunia svarloka . tapi konsep utamanya serupa. disudut belakangnya terdapat Arca Dewa Candra. nafsu dan cara hidup yang tidak suci. manusia. Desain candi memasukkan mandala dalam pengaturan candi dan juga menara khas candi Hindu yang menjulang tinggi. Halaman luar dan kaki (dasar) masing-masing bagian dari candi yang melambangkan dunia bhurloka. alam tengah orang suci.

Jawa kuno. yang dikutuk oleh ksatria Bandung Bondowoso. kendaraan Dewa Shiwa. Cerita itu berlanjut pada pagar langkan candi Brahma yang terletak di sebelah kiri (sebelah selatan) candi induk. yang dihiasi dengan relief Ramayana yang dapat dinikmati bilamana kita berperadaksina (berjalan mengelilingi candi dengan pusat cansi selalu di sebelah kanan kita) melalui lorong itu. tetapi umumnya masyarakat menyebutnya sebagai patung Roro Jonggrang. Candi Brahma dan candi Wishnu masing-masing memiliki satu buah bilik yang ditempati oleh patung dewa-dewa yang bersangkutan. masuk candi Siwa dari arah timur belok ke kiri akan anda temukan relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam. dan terletak sebagai puncak candi tersebut. Sedang pada pagar langkan candi Wishnu yang terletak di sebelah kanan (sebelah utara) candi induk. patung batu itu sebelumnya adalah tubuh hidup dari putri cantik itu. Ratna dalam Hindu setara dengan stupa dalam Buddha. untuk melengkapi kesanggupannya menciptakan seribu buah patung dalam waktu satu malam. sedangkan pada pagar langkah candi Wisnu dipahatkan relief Krisnayana. Patung angsa sebagai kendaraan Brahma dan patung garuda sebagai kendaraan Wishnu yang diperkirakan dahulu mengisi bilik-bilik candi yang terletak di hadapan candi kedua dewa itu kini telah dipugar. Bilik candi induk yang menghadap ke arah utara berisi parung Durga. D. Ketiga candi itu kini sudah dipugar dan hanya candi yang ditengah ( di depan candi Shiwa) yang masih berisi patung seekor lembu yang bernama Nandi. relief cerita selanjutnya bersambung di candi Brahma. yang menurut legenda. Keenam candi itu merupakan 2 kelompok 7 . Bagian tepi candi dibatasi dengan pagar langkan. terpahat relief cerita Kresnadipayana yang menggambarkan kisah masa kecil Prabu Kresna sebagai penjelmaan Dewa Wishnu dalam membasmi keangkaramurkaan yang hendak melanda dunia. Relief Pada Candi Prambanan Pada dinding pagar langkan candi Siwa dan candi Brahma dipahatkan relief cerita Ramayana. Dihadapan ketiga candi dari Dewa Trimurti itu terdapat tiga buah candi yang berisi wahana (kendaraan) ketiga dewa tersebut. permaisuri Dewa Shiwa.

terletak di tengah halaman tengah yang mempunyai sisi 222 meter. 4 buah candi kelir dan 4 buah candi sedut Halaman dalam yang dianggap masyarakat Hindu sebagai halaman paling sacral ini. 8 . yang sebuah berdiri di sebelah utara dan yang lain berdiri di sebelah selatan. dan pada mulanya berisi candi-candi perwara sebanyak 224 buah berderet-deret mengelilingi halaman dalam 3 baris. terletak pada sebuah halaman berbentuk bujur sangkar. yaitu 2 buah candi pengapit dengan ketinggian 16 meter yang saling berhadapan.yang saling berhadapan. dengan sisi sepanjang 110 meter. Didalam halaman masih berdiri candi-candi lain.

Kesimpulan Candi prambanan adalah kelompok percandian hindu yang dibangun oleh raja-raja dinasti sanjaya pada abad IX tepatnya pada tahun 778 tahun saka. peninggalan sejarah tersebut perlu dirawat dan dijaga dengan baik agar terjaga keutuhannya dan keasliannya serta tetap terlihat nilai-nilai sejarahnya sehingga lebih baik bermanfaat di kemudian hari. 9 . Apit. Desain candi memasukkan mandala dalam pengaturan candi dan juga menara khas candi Hindu yang menjulang tinggi.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. Arsitektur Candi Prambanan mengikuti arsitektur Hindu berdasarkan tradisi Vastu Shastra. Di dalam kompleks Candi Prambanan terdapat beberapa candi seperti Candi Siwa. B. Wisnu. dan Nandi. Oleh karena itu. Brahma. Saran Dengan adanya objek wisata yang merupakan peninggalan sejarah ini . semoga bangsa Indonesia dapat memberikan keutungan.

com/2009/01/bab-i-pendahuluan-1_20.blogspot.html http://www.blogspot.com/tag/relief-candi-prambanan/ 10 .com/2012/02/contoh-makalah-jogja.com/ http://misticx.DAFTAR PUSTAKA http://mursalimlegok.blogspot.gonjangganjing.html http://yandisatyadwiputra.

LAMPIRAN FOTO 11 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful