P. 1
4 Kompetensi Guru

4 Kompetensi Guru

|Views: 137|Likes:
Published by Dokma Gultom

More info:

Published by: Dokma Gultom on Jun 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2012

pdf

text

original

4 KOMPETENSI GURU

Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan keterampilan dan perilaku tugas yang harus dimiliki seorang guru. Seteah dimiliki, tentu harus dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan di dalam kelas yang disebut sebagai pengajaran. Kompetensi dapat diartikan sebagai pengetahuan,keterampilan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga ia dapat melakukan perilaku perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik, dengan sebaik baiknya. dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional, pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru sebagaimana tercantum dalam Penjelasan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yaitu : 1.kompetensi pedagogik 2.kompetensi kepribadian 3.kompetensi sosial 4.kompetensi profesional 1. KOMPETENSI PEDAGOGIK Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengolahan pembelajaran untuk kepentingan peserta didik. Paling tidak harus meliputi pemahaman wawasan atau landasan kepemimpinan dan pemahaman terhadap peserta didik. Selain itu, juga meliputi kemampuan dalam pengembangan kurikulum dan silabus. Termasuk perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi akhir belajar dan pengembangan peserta didik di dalamnya. Ini semua dimaksudkan demi mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki guru, sekali lagi untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran. pedagogik merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi:
      

pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; pemahaman terhadap peserta didik; pengembangan kurikulum/ silabus; perancangan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; evaluasi hasil belajar; dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

2. KOMPETENSI KEPRIBADIAN Kompetensi kepribadian mencakup kepribadian yang baik, stabil, dewasa, arif dan bijaksana. Tentu saja berakhlak mulia, serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Secara objektif mampu mengevaluasi kinerja sendiri dan mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. kemampuan kepribadian meliputi:  mantap;  stabil;  dewasa;

Ini berarti bahwa guru dalam konteks kompetensi sosial harus kompoten bergaul secara santun dengan masyarakat di sekitar tempat kerja dan di lingkungan tempat tinggalnya.  bergaul secara efektif dengan peserta didik. Kompetensi sosial merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk :  berkomunikasi lisan dan tulisan. KOMPETENSI SOSIAL Kompetensi sosial yaitu kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat yang sekurangkurangnya meliputi kompetensi agar mampu berkomunikasi lisan.  menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. kemampuan. Keempat standar kompetensi tersebut mencerminkan empat standar kompetensi guru yang masih bersifat umum. merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi: konsep. sesama pendidik. Pergaulan itu bisa dengan peserta didik. mengevaluasi kinerja sendiri. dan metoda keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar.      arif dan bijaksana. Pengembangan      . dan mengembangkan diri secara berkelanjutan. 4. Mampu mempresentasikan dan memperkaya dengan bacaan-bacaan bermutu. dan wali peserta didik. memilah dan memanfaatkan alat telekomunikasi yang sesuai secara fungsional dan bergaul ecara efektif dengan berbagai kalangan serta lapisan. tenaga kependidikan. tulisan atau secara isyarat. berwibawa. Selain poin-pon diatas. diperlukan juga manajemen pengembangan kompetensi guru yang dapat diartikan sebagai usaha yang dikerjakan untuk memajukan dan meningkatkan mutu. hubungan konsep antar mata pelajaran terkait. KOMPETENSI PROFESIONAL Kompetensi profesional merupakan wujud nyata kemampuan penguasaan atas materi pelajaran secra luas dan mendalam. berakhlak mulia. keahlian. perlu dijabarkan dalam perangkat kompetensi dan subkompetensi yang dikemas secara koheren dan sistematis dengan menempatkan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan bertkwa. dan  bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah. tenaga kependidikan. menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat. struktur. Jadi. dan kompetisi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional. Tentusaja selain sebagai warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab. Mengerti tujuan diajarkanya materi dan acuan hasil yang akan didapat setelah proses pengajaran. orangtua/wali peserta didik. 3. sesama pendidik. dan keterampilan guru demi kesempurnaan tugas pekerjaannya. penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari. Mampu pula memilih.

Tentang supervisi pendidikan akan dibahas kemudian.html 4 KOMPETENSI GURU 05 Okt 17 Votes Menurut penjelasa Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. http://rioardi. Secara teknis. konferensi. lokakarya. khususnya arus globalisasi dan informasi. mengembangkan sikap profesional. kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah: bimbingan dan tugas. dan pembinaan profesional guru (supervisi pengajaran). pendidikan dan pelatihan. penataran. dan menumbuhkan ikatan batin antara guru dan kepala sekolah. 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah : 1. Kompetensi Kepribadian. Kompetensi Pedagogik : Merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi:        Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan Pemahaman terhadap peserta didik Pengembangan kurikulum / silabus Perancangan pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis Evaluasi hasil belajar Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya 2. rotasi jabatan. Merupakan kemampuan kepribadian yang meliputi: . studi lanjut. kursus-kursus. seminar. latihan jabatan. menutupi kelemahan-kelemahan yang tak tampak pada waktu seleksi.com/2011/11/4-kompetensi-guru.kompetensi guru didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. mengembangkan kompetensi profesional.blogspot.

sesama pendidik. merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi:      Konsep. struktur.wordpress. merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk :     Berkomunikasi lisan dan tulisan Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional Bergaul secara efektif dengan peserta didik. metode keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar Materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah Hubungan konsep antar pelajaran terkait Penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional Sumber : Buku Sertifikasi Guru dalam Jabatan – Rayon 112 UNNES 2011 https://yuliaja.         Mantap Dewasa Stabil Arif dan bijaksana Berwibawa Berakhlak mulia Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat Mengevaluasi kinerj sendiri Mengembangkan diri secara berkelanjutan 3.com/2011/10/05/4-kompetensi-guru/ . Kompetensi Profesional. tenaga kependidikan. orang tua/wali peserta didik Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar 4. Kompetensi Sosial.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->