Faktor-faktor yang Memengaruhi dalam Menyimak

Makalah ini Disusun untuk Memenuhi tugas Matakuliah

“MENYIMAK KRITIS ANALITIS”

Oleh kelompok: 3 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Rino Indrawati Ramiasih Maria Monika Maria Uchi Marsella Meta Hepi Pratiwi Merlin Mawar Mediyanto

IKIP BUDI UTOMO MALANG FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MARET 2012

khususnya mahasiswa yang menempuh Mata-kuliah Menyimak Kritis Analitis Bahasa Indonesia. M. oleh karena itu untuk kritik dan sarannya sangat diharapkan. S. Malang. karena atas Rahmat dan kehadiran_NYA. Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. i . Penulis bisa membuat dan menyusun makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Pd. Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Matakuliah Menyimak Kritis Analitis Bapak Susandi. Pd. Penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi mahasisiwa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. yang berjudul “Faktor-faktor yang Memengaruhi dalam Menyimak”. 10 April 2012 Penulis.

. DAFTAR ISI…………………………………………………………… BAB I PENDAHULUAN 1.2 Saran.…………………………………………………………………...1 Kesimpulan………………………………………………………………… 3.3 Manfaat Masalah……………………………………………………………… i ii 1 1 1 BAB II PEMBAHASAN 2..DAFTAR ISI KATA PENGANTAR………………………………………………….1 Faktor yang memengaruhi kegiatan menyimak…………………………… 2 BAB III PENUTUP 3.. 1. .1 latar Belakang………………………………………………………………. 6 ii . . 1. .2 Rumusan Masalah…………………………………………………………. 5 5 DAFTAR RUJUKAN………………………………………………….

Kegiatan menyimak sering dianggap sulit oleh beberapa orang (khususnya pelajar).3 Manfaat masalah 1. Apa faktor yang memengaruhi kegiatan menyimak? 1. Kegiatan menyimak merupakan proses menangkap atau menerima bunyi dengan sengaja dan direncanakan dengan perhatian dan pemahaman sehingga dapat memproduksi kembali apa yang telah disimak. 1. Kita dapat mengetahui beberapa faktor yang memengaruhi dalam kegiatan menyimak.2 Rumusan masalah 1.1 Latar belakang Menyimak merupakan salah satu komponen keterampilan berbahasa. padahal kegiatan menyimak merupakan hal penting yang dapat membantu proses belajar dan proses komunikasi sehari-hari.BAB I PENDAHULUAN 1. 1 .

keaktifan atau kegiatan menyimak itu. menyimak pada sesuatu apabila kita sedang melamun. Begitu pula halnya dengan menyimak. mengantuk. Kalau kita – sebagai penyimak – tidak yakin bahwa kita akan memperoleh sesuatu yang berharga dan berguna dari suatu penyimakan. Kalau seseorang memiliki motivasi kuat untuk mengerjakan sesuatu. Begitu pula kebiasaan-kebiasaan menyimak kita dapat berbeda satu sama lain. dan cara mereka memusatkan perhatian pada sesuatu pun berbeda pula. Kebanyakan kegiatan menyimak melibatkan sistem penilaian kita sendiri. sedikit sekali kemungkinan bahwa kita akan mau.1 Faktor Motivasi Motivasi merupakan salah satu butir penentu keberhasilan seseorang. para guru dapat lebih bijaksana menghadapi para siswa putra dan siswa putri dalam kegiatan menyimak dalam kelas. apalagi bergairah. misalnya dalam pemilihan bahan dan cara mengevaluasi keberhasilan. 2.1. orang itu diharapkan akan berhasil mencapai tujuan. beberapa pakar menarik kesimpulan bahwa pria dan wanita pada umumnya mempunyai perhatian yang berbeda.1 Faktor-faktor yang Memengaruhi dalam Menyimak 2. Dengan pengetahuan sekadarnya mengenai perbedaan gaya menyimak pria dan wanita ini. Kalau kita dapat memperoleh sesuatu yang berharga dari pembicaraan itu. Dari beberapa penelitian. Perbedaan ini turut pula ditentukan oleh perbedaan jenis kelamin. 2 .1. kita pun akan bersemangat menyimaknya dengan tekun dan seksama.2 Faktor Jenis Kelamin Masing-masing orang mempunyai tingkat perhatian yang berbeda.BAB II PEMBAHASAN 2. atau tidurtiduran. Motivasi ini erat juga berkaitan dengan pribadi atau personalitas seseorang.

2.1.1. Sarana-sarana kerja juga harus ditempatkan berdekatan satu dan lainnya sehingga para siswa dapat berkomunikasi dengan baik bahkan harus dapat meningkatkan penyimakan yang baik.3. Anak-anak yang mempunyai kesempatan untuk didengarkan akan lebih sigap lagi mendengarkan apabila seseorang mempunyai kesempatan berbicara. Hal ini penting untuk menaruh perhatian pada masalah-masalah dan sarana-sarana akustik. memberikan pengarahanpengarahan yang jelas dan tepat lagi tegas. Kalau jarak terlalu jauh antara pembicara dan menyimak. serta mengevaluasi ide-ide memang penting . Guru harus menampilkan kegiatan-kegiatan yang dapat memotivasi atau mendorong anak-anak untuk dapat dengan mudah menggantiganti peranan mereka sebagai penyimak dan pembicara.3.2 Lingkungan Sosial Anak-anak cepat sekali merasakan suatu suasana. mengekspresikan. baik yang menyangkut lingkungan fisik.1 Lingkungan Fisik Dalam mempertimbangkan lingkungan fisik. Suasana yang mendorong anak-anak untuk mengalami. agar para siswa dapat mendengar dan menyimak dengan baik tanpa ketegangan dan gangguan. dan dia sendiri harus berusaha menjadi penyimak yang baik.1.3 Faktor Lingkungan Para guru harus menyadari benar betapa besarnya pengaruh lingkungan terhadap keberhasilan menyimak khususnya terhadap keberhasilan belajar para siswa pada umumya. 2. maupun yang berkaitan dengan suasana sosial kelas. ruangan kelas. tentu akan menghalangi atau mengganggu komunikasi. ruangan kelas merupakan suatu faktor penting dalam memotivasi kegiatan menyimak.3 2. mereka didorong untuk mengekspresikan ide-ide mereka. juga mengetahui dengan cepat bahwa sumbangan-sumbangan mereka akan dihargai. Guru harus berbicara dengan suara yang menyenangkan.

dan bupati tentu saja ingin menyimak dari media cetak dan televisi mengenai hal-hal. Begitu pula halnya para spesialis.1. Sebagai guru dan pendidik. psikolog. Pak lurah. kuliah. kita diharapkan dapat menyimak lebih saksama dan penuh perhatian daripada kalau seandainya kita merupakan karyawan harian pada sebuah perusahaan. pendidik. jelaslah kepada kita betapa pentingnya faktor peranan dalam masyarakat bagi peningkatan kegiatan menyimak. Jadi. Pasti akan haus menyimak hal-hal yang ada kaitannya dengan mereka. dan aktor/aktris. yang dapat memperluas cakrawala pengetahuan mereka. Hal ini merupakan dasar bagi pengalamanpengalaman dan kegiatan-kegiatan informal yang terencana yang membutuhkan atau menuntut komunikasi. dan pakar dari sebagai profesi.4 Faktor Peranan dalam Masyarakat Kemauan menyimak dapat juga dipengaruhi oleh peranan kita dalam masyarakat. Perkembangan pesat yang terdapat dalam bidang keahlian mereka menuntut mereka untuk mengembangkan suatu teknik menyimak yang baik. linguis. . Tanpa memperoleh informasi-informasi mutakhir mengenai bidang mereka itu. 2. antropolog. sosiolog. Sebagai seorang berpendidikan (mahasiswa). Guru hendaknya menetapkan suatu contoh model bagi kegiatan menyimak seperti juga halnya memberi kesempatan bagi pengajaran menyimak serta merencanakan kegiatan-kegiatan khusus untuk mengembangkan serta memajukannya. masalah-masalah. atau siaransiaran radio dan televisi yang berhubungan dengan masalah pendidikan dan pengajaran baik di tanah air kita maupun luar negeri. apoteker.4 sekali diterapkan kalau keterampilan berkomunikasi dan seni berbahasa dikembangkan dan berkembang. seniman/seniwati. seperti hakim. dan materi-materi baru yang berkaitan dengan tugas dan jabatan mereka sebagai pamong dan abdi masyarakat. kita ingin sekali menyimak ceramah. dengan profesi dan keahlian mereka. jelas mereka merasa ketinggalan zaman. camat.

dan faktor peranan dalam masyarakat. lingkungan sosial. kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan makalah kami.BAB III PENUTUP 3. faktor lingkungan yang meliputi lingkungan fisik. 5 . 3.1 Kesimpulan Menyimak merupakan proses menangkap atau menerima bunyi dengan sengaja dan direncanakan dengan perhatian dan pemahaman sehingga dapat memproduksi kembali hal yang disimaknya. faktor jenis kelamin.2 Saran Kami menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan. semoga makalah ini dapat berguna dan memberikan manfaat untuk kami dan khususnya dunia pendidikan tentunya. Oleh karena itu. Kami mengaharap. Faktor yang dapat memengaruhi proses menyimak adalah faktor motivasi.

Angkasa Bandung: Bandung. Henry Guntur. 6 . 1986. Menyimak.DAFTAR PUSTAKA Tarigan.