LAPORAN PRAKTIK KERJA BISNIS KOPERASI SIMPAN PINJAM BATRA MANDIRI BANJARNEGARA (Tanggal 06 Februari - 03 Maret 2012

)

Laporan ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Praktek Kerja Bisnis Dosen Pengampu : Drs. H. Nur Chusni, SE, M.Ag.

Disusun Oleh : Maretafish Fellah Nuraini A 210 090 105

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2012

261 Ahmad Isroil .Ag. Nur Chusni. NIK.PERSETUJUAN LAPORAN PRAKTIK KERJA BISNIS KOPERASI SIMPAN PINJAM BATRA MANDIRI BANJARNEGARA Diajukan oleh : Maretafish Fellah Nuraini A 210 090 105 Telah disetujui oleh : Dosen Pembimbing Ketua Koperasi Drs. SE. M. H.

NIK.PENGESAHAN LAPORAN PRAKTIK KERJA BISNIS KOPERASI BATRA MANDIRI BANJARNEGARA (Tanggal 06 Februari – 03 Maret 2012) Disusun oleh : Maretafish Fellah Nuraini A 210 090 105 Telah disahkan oleh : Dosen Pembimbing. M. Ketua Koperasi Drs. SE. H. 276 . Djalal Fuadi.Ag. Nur Chusni. 261 AHMAD ISROIL Kaprogdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Drs. NIK. MM. H.

bimbingan. Djalal Fuadi. 3. M. saran serta dorongan yang sangat berarti kepada penulis dalam menyusun laporan ini. Bapak Drs H. 2. . Karyawan dan karyawati Koperasi Batra Mandiri Banjarnegara memberikan bimbingan dan pengarahan selama kegiatan Praktek Kerja Bisnis. Laporan Praktik Kerja Bisnis mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi pada Koperasi Batra Mandiri Banjarnegara. Dan tak lupa sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Uswah Khasanah Rasulullah SAW .Penulis dapat menyusun laporan Praktik Kerja Bisnis yang dilaksanakan di Koperasi Batra Mandiri Banjarnegara. Dengan selesainya penulisan laporan Praktik Kerja Bisnis ini. penulis menyampaikan terimakasih kepada : 1. Laporan ini disusun guna melengkapi persyaratan mengikuti mata kuliah Praktik Kerja Bisnis pada semester genap. MM. Nur Chusni. selaku Ketua FKIP AKUNTANSI UMS yang telah berkenan memberikan izin dalam penyusunan laporan ini. Bapak Ahmad Isroil selaku Ketua Koperasi Simpan Pinjam Batra Mandiri Banjarnegara. selaku dosen pembimbing yang telah memberikan pengarahan. Bapak Drs.Ag.KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. dibuat dengan tujuan agar mahasiswa dapat melaporkan segala sesuatu yang bekaitan dengan dunia kerja . 4.

tidak luput dari kesalahan dan kekurangan.2012 Penulis . Surakarta. Akhir kata semoga laporan Praktik Kerja Bisnis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.Karena kebaikan dan kebijakan beliau-beliau ini maka penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Bisnis ini semoga kebaikan dan jasa-jasa beliau mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. ……………….

.......... Profil Perusahaan………………………………... Struktur Organisasi Bagian Administrasi dan Keuangan B...... C.. BAB II TINJAUAN UMUM A.................. B.. D...... D... C. vi BAB I PENDAHULUAN A... B. Pengawasan……………………………………… . Manfaat…………………………………………... Jenis Kegiatan……………………………………. HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………………....iv DAFTAR ISI………………………………………………………. E........ KATA PENGANTAR…………………………………………….... Dokumen Informasi yang Digunakan…………… F...... Jumlah Tenaga Kerja……………………………... Latar Belakang………………………………….. Tujuan……………………………………………...... Tempat dan Waktu Pelaksanaan…………………...... BAB III TINJAUAN KHUSUS A....7 7 7 7 7 7 4 5 1 2 2 3 iii ii i .. Struktur Organisasi………………………………. Sistem dan Prosedur Kerja………………………......DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………… HALAMAN PERSETUJUAN……………………………………………………………........

.. B. LAMPIRAN 8 8 . Saran…………………………………………….BAB IV PENUTUP A.. Kesimpulan……………………………………..

. mampu berkomunokasi memiliki jejaring yang luas . Fakta yang terjadi menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kualifikasi tersebut sulit ditemukan untuk hal tersebut maka dibutuhkan sebuah program Praktik Kerja Bisnis (magang) sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk memperoleh berbagai kompetensi holistic yang dibutuhkan setelah menyelesaikan pendidikan.peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar.mampu mengambil keputusan . Dalam masa ini seorang mahasiswa bukan hanya dituntut berkompeten dalam bidang kajian ilmunya tetapi juga dituntut untuk memiliki kompetensi yang holistic seperti mandiri. Latar Belakang Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa agar peran yang strategis dan besar tersebut dapat dijalankan dengan baik maka lulusan perguruan tinggi haruslah memiliki kualitas yang unggul.BAB I PENDAHULUAN A.

Manfaat Praktik Kerja Bisnis a. memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam bekerja. c. mampu bersikap. C. b. . Menumbuhkan kemampuan berinteraksi social dengan orang lain di dalam dunia kerja. mampu bersikap. memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam bekerja. Mahasiswa dapat menumbuhkan kemampuan berinteraksi social dengan orang lain di dalam dunia kerja. Mahasiswa dapat melatih kemampuan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang mandiri . b. Tujuan Praktik Kerja Bisnis Program Praktik Kerja Bisnis bertujuan agar mahasiswa mampu : a. Menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam dunia praktik sehingga mampu menumbuhkan pengetahuan kerja sesuai dengan latar belakang bidang ilmu mahasiswa. Melatih kemampuan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang mandiri . Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam dunia praktik sehingga mampu menumbuhkan pengetahuan kerja sesuai dengan latar belakang bidang ilmu.B. c.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis Progdi Pendidikan Akuntansi dilaksanakan setelah mahasiswa menduduki semester VI selama kurang lebih 1 bulan yaitu pada tanggal 06 Februari.00 – 16.00 WIB. .03 Maret. Adapun mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Bisnis di Koperasi Simpan Pinjam Batra Mandiri Banjarnegara.D. Kegiatan dilaksanakan dengan ketentuan masuk jam 08.

11.18/IX/2004 tentang pengesahan pendirian koperasi memiliki nomor pendirian: 001/01/KSPBTM/VIII/2004.BAB II TINJAUAN UMUM KOPERASI SIMPAN PINJAM BATRA MANDIRI A. dua mingguan. . bulanan maupun tempo. Profil Perusahaan (Sejarah Singkat Perusahaan) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bangun Patra Mandiri dengan menggunakan nama dagang Batra Mandiri berdiri dengan sah pada tanggal 09 September 2004. Tujuan dari pendirian KSP Batra Mandiri adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pinjaman modal dari kredit kecil.menengah maupun besar yang bisa di angsur bisa dengan periode harian. mingguan.jadi hanya memberikan pelayanan perputaran uang. Manfaat dari berdirinya KSP Batra Mandiri masyarakat yang belum berani menabung atau meminjam uang di bank besar dikarenakan persayaratan ataupun banyak pertimbangan yang lain mereka bergabung dengan KSP Batra Mandiri supaya mereka dapat berkembang dengan usaha mereka untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka dalam hidup bermasyarakat. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Batra Mandiri ini tidak beroperasi pada pendirian toko namanya saja sudah koperasi simpan pinjam. yang mana sesuai dengan Keputusan Menteri negara kperasi dan usaha kecil menengah Republik Indonesia nomor:157/BH/KDK.

20/05/11.2.3 tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan No.00195 B.IDENTITAS PERUSAHAAN  Nama Perusahaan/ Name of Company Koperasi Simpan Pinjam Bangun Patra Mandiri Dengan merek dagang Batra Mandiri  Akte Pendirian/ Legal Aspect Akte No 001/01/KSPBTM/VII/2004 Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha kecil menengah Republik Indonesia. S.E : Sabarudin .503. Kepengurusan  Ketua Koperasi  Bendahara  Sekretaris  Pengawas : Ahmad Isroil : Saikun Widodo : Eni Budiastti.09/PB/VII/2008 Tanda Daftar Koperasi Perusahaan Berdasarkan UU No. TDP : 11.65. (Terlampir)  Izin Usaha/ Company’s License SIUP Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Banjarnegara No. Struktur Organisasi a.09.KEP .

E) BENDAHARA (SAIKUN WIDODO) KEPALA BAGIAN KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI UMUM ADMINISTRASI KEUANGAN ADMINISTRASI UMUM ADMINISTRASI KEUANGAN MARKETING MARKETING MARKETING MARKETING MARKETING PENGAWAS .b. Struktur Organisasi KSP Batra Mandiri KETUA (AHMAD ISROIL) SEKRETARIS (ENI BUDIATI S.

BAB III TINJAUAN KHUSUS BIDANG MANAJEMEN A. Pengawasan Peninjauan laporan keuangan . Administrasi umum 3 5. Administrasi Keuangan 3 6. Jumlah Tenaga Kerja 1. Kepala Cabang 2 4. Ketua 2. Struktur Organisasi Bagi KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI UMUM ADMINISTRASI KEUANGAN MARKETING MARKETING MARKETING MARKETING B. Sistem dan Prosedur Kerja Keanggotaan C. Jenis Kegiatan Kerja Simpan pinjam D. Karyawan 30 E. Pengawas 3.

tidak hanya pengalaman skill saja namun pengalaman bagaimana bersosialisasi dengan orangorang yang memiliki berbagai perbedaan. sasaranya adalah masyarakat kecil hingga masyarakat menengah yang menginginkan kemudahan dalam menabung dengan ketentuan yang ada dalam KSP ini. jadi menurut saya Praktek Kerja Bisnis untuk selalu dilaksanakan dan ditingkatkan. KSP ini bergerak dalam simpan pinjam uang. . B. Kesimpulan Dari kegiatan praktek kerja bisnis yang saya laksanakan di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Batra Mandiri. Saran Praktek Kerja Bisnis memberikan banyak pengalaman serta wawasan untuk mahasiswa yang nantinya akan terjun dalam dunia kerja yang nyata. serta masyarakat mencari kemudahan dalam mengajukan kredit dengan ketentuan koperasi supaya mereka dapat meningkatkan taraf hidupnya.BAB IV PENUTUP A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful