MAKALAH

POLIGAMI DAN KAWIN KONTRAK

Disusun Oleh : Iva Luqmawati XIIA3 20

SMA NEGERI 2 MRANGGEN 2008

i

MOTTO DAN PERSEMBAHAN MOTTO  Allah tidak akan memberikan ujian ataupun cobaan diluar kemampuan kita. berusaha. Al-Baqoroh : 286 )  Rintangan tidak akan mengalahkan semua hal. dan berdoa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan (Penulis)  Don’t Say No Before to Try (Penulis)  SEMANGAT!!! Ku persembahkan untuk :  Para Pembaca Makalah ini ii . tapi setiap rintangan akan tunduk pada sebuah ketetapan hati (Leonardo da Vinci)  Berikhtiar. (QS.

Hidayah. Semarang. Desember 2008 Penulis iii . Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan tenaga kesehatan pada khususnya. Penulis menyadari bahwa Karya Tulis Ilmiah ini jauh dari sempurna. dengan Rahmat. dan KaruniaNya penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul Poligami dan Kawin Kontrak ini. untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT.

................................................................................................................................................... Tujuan Penulisan.................................. i ii iii iv 1 1 1 4 A............................ DAFTAR ISI........... 5 DAFTAR PUSTAKA..................... B.................................... Latar Belakang................................ MOTTO DAN PERSEMBAHAN.................... BAB I PENDAHULUAN.................... 5 A........................................ KATA PENGANTAR..................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL............................................................................ SIMPULAN DAN SARAN....................................................... BAB II LANDASAN TEORI.......... BAB III PEMBAHASAN.............................................................................................................................................................................................................................................................................. 6 iv ......................................................................... 2-3 BAB IV PENUTUP..............

B. Tujuan Mengetahui dan memahami tentang isi dari Makalah Penulis yang berjudul ’’POLIGAMI DAN KAWI KONTRAK’’ v . Sebagaimana tuntutan dalam Standar Isi adalah mampu menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman.Agama sebagai pemandu dalam mewujudkan suatu kehidupan yang bermatabat.agama merupakan fondasi keimanan yang sangat penting.BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam kehidupan manusia. dan damai. taqwa dan akhlak yang mulia.

begitu juga halnya dengan poligami yang diperbolehkan karena hendak mencari jalan keluar dari kesulitan. Secara etimologi. Jadi sebagaimana talaq. Kawin kontrak adalah kawin yang didahului perjanjian jangka waktu perkawinan dan mas kawin. perselingkuhan. dan lain sebagainya. Tujuan kawin kontrak secara umum adalah memperoleh kenikmatan seksual. Dan bagi yang merasa mampu berbuat adil. Islam memperbolehkan poligami dengan nas-nas syariat serta realiti keadaan masyarakat. kawin siri atau kawin kontrak mempunyai pengertian ”keniknatan atau kesenangan”. POLIGAMI Diperbolehkan dengan maksud atau tujuan untuk menjauhi dari terjadinya seperti. perzinaan. KAWIN KONTRAK Dianggap pemerintah. demi untuk menjaga ketinggian budi pekerti dan nilai kaum muslimin. Ini berarti tidak boleh dilakukan dengan sewenangwenang demi untuk mencapai kesejahterahan masyarakat Islam. sah menurut agama tetapi melnnggar ketentuan vi . Secara Hukum Islam kawin kontrak adalah suatu kontrak-kontrak atau akad antara lelaki dan wanita tidak tidak bersuami serta ditentukan akhir periode perkawinan dan mas kawin yang harus diserahkan kepada keluarga wanita.BAB II LANDASAN TEORI A. B.

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa tidak diperbolehkan mempunyai isteri lebih dari 4 orang isteri. begitu juga halnya dengan poligami yang diperbolehkan karena hendak mencari jalan keluar dari kesulitan. Diperbolehkan dengan maksud atau tujuan untuk menjauhi dari terjadinya seperti. Dan bagi yang merasa mampu berbuat adil . POLIGAMI Seperti sama-sama diketahui bahwa poligami dalam Islam diperbolehkan tapi dengan syarat-syarat yang cukup berat. perselingkuhan. perzinaan. vii . demi untuk menjaga ketinggian budi pekerti dan nilai kaum muslimin. Membatasi jumlah isteri yang dikahwininnya Sebagaimana terter dalam Surat An-Nisak 13. dan lain sebagainya.BAB III PEMBAHASAN Pada bab ini penulis akan melakukan pembahasan mengenai “Poligami dan Kawin Kontrak”. Jadi sebagaimana talaq. A. Ini berarti tidak boleh dilakukan dengan sewenangwenang demi untuk mencapai kesejahterahan masyarakat Islam. hendaknya ia memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1. Oleh karena itu apabila seseorang laki-laki akan berpoligami.Misalnya maknan yang khalal bisa menja bisa menjadi haram untuk hal-hal tertentu. contoh : gula itu khalal tetapi untuk penderita diabetes mungkin dapat menjadi haram. Islam memperbolehkan poligami dengan nas-nas syariat serta realiti keadaan masyarakat. banyak orang yang berbeda pendapat karena dalam Islam bukan hanya halal tetapi harus toyib (baik). Hal ini bertujuan untuk membatasi kaum lelaki yang suka dengan perempuan agar tidak berbuat sesuka hatinya. Diharapkan jangan sampai ada lelaki yang tidak menemukan isteri dan begitu juga sebaliknya.

Ijab Kobul 2. Berlaku adil Para suami dituntut berlaku adijika akan berpoligami • • • Berlaku adil terhadap diri sendiri Adil diantara para isteri (nafkah. Secara etimologi.2. menyediakan tempat tinggal. Berkuasa menanggung nafkah B. kawin siri atau kawin kontrak mempunyai pengertian ”keniknatan atau kesenangan”. Secara Hukum Islam kawin kontrak adalah suatu kontrak-kontrak atau akad antara lelaki dan wanita tidak tidak bersuami serta ditentukan akhir periode perkawinan dan mas kawin yang harus diserahkan kepada keluarga wanita. Anak-anak juga mempunyai hak untuk mendapat perlindungan . Tujuan kawin kontrak secara umum adalah memperoleh kenikmatan seksual. Dianggap sah menurut agama tetapi melnnggar ketentuan pemerintah. Tidak menimbulkan huru hara di kalangan isteri dan anak-anak 5. giliran). KAWIN KONTRAK Kawin kontrak dalam bahasa Arab disebut ’’Mut’ah”. Terdapat mas kawn 3. Syarat-syarat kawin kontrak : 1. Terdapat masa waktu perkawinan yang telah ditentukan (hasil kesepakatan) viii . Kawin kontrak adalah kawin yang didahului perjanjian jangka waktu perkawinan dan mas kawin. pemeliharaan dan kasih sayang(An-Nisak 129) 4. 3. Haram bagi suami mengumpulkan wanita-wanita yang masih yang masih ada tali persaudaran menjadi isterinya Hal ini bertujuan untuk menjaga tali silaturrahmi keluarga.

B. SARAN • • Diharapkan pembaca mengerti dan memahami isi dari “Makalah Poligami dan Kawin Kontrak”. SIMPULAN • • Dalam Islam berpoligami diperbolehkan. ix . Kawin kontrak dianggap sah menurut agama tetapi dianggap melanggar ketentuan pemerintahan.BAB IV PENUTUP A. Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka penulis menginginkan saran atau kritik yang membangun bagi pembaca.

DAFTAR PUSTAKA www.google.com x .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful