Manajemen Strategik

Farida Indriani
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Manajemen Strategik Perencanaan Strategik .

STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Manajemen Strategik       Terminologi Mapping Dibagian apa perusahaan bersaing dengan perusahaan lain Derevasi strategi yang tepat untuk diterapkan Strategi yang diterapkan tujuannya apa Ancaman dari luar ? .

Menilai keunggulan kompetitif dan posisi pesaing dalam pasar bersangkutan Mengukur peluang pasar dan menilai dampak rencana peningkatan kepuasan pelanggan atau keunggulan kompetitif pada profitabilitas.STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Proses Perencanaan      Memutuskan peluang bisnis yang dapat memberikan kesempatan terbaik bagi perusahaan untuk menciptakan pelanggan yang puas Menganalisis proses keputusan pelanggan dan mengidentifikasi berbagai pola preferensi di pasar spesifik. Menerapkan pengetahuan yang didapat dari intelejensi pemasaran pada perancangan penawaran pasar .

STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Proses Perencanaan    Apa yang ingin dicapai organisasi (tujuan) Bagaimana mencapainya (strategi dan program) Kapan mewujudkannya (Schedule) .

STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Manfaat Penyusunan Rencana       Mendorong pemikiran sistematik mengenai masa depan Meningkatkan koordinasi organisasi Menetapkan standar kinerja untuk mengukur tren Memberikan dasar logis bagi pembuatan keputusan Meningkatkan kemampuan untuk menangani perubahan Meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang pasar .

peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh tren dan situasi pembeli .pesaing .regulasi  Menetapkan tujuan/sasaran .Langkah-langkah Pokok dalam Perencanaan  STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Melakukan analisis situasi. .mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang .biaya .

Tujuannya untuk memastikan bahwa strategi dan program tersebut diterapkan secara efektif.Langkah-langkah Pokok dalam Perencanaan  STRATEGIK ▪Farida Indriani▪  Menyusun strategi dan program berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. kemudian pengambil keputusan merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program (tindakan jangka pendek spesifik untukmengimplementasikan strategi). Melakukan koordinasi dan pengendalian. .

Situasi pemasaran terkini (saat ini): memberikan data latar belakang relevan menyangkut pasar. serta isu-isu berkenaan dengan lini produk dan persaingan Tujuan : merumuskan sasaran finansial dan pemasaran dalam hal volume penjualan. pangsa pasar dan laba Strategi: menyajikan ancangan strategi secara garis besar yang akan digunakan dalam rangka mewujudkan tujuan rancangan strategi Program pemasaran: menyajikan program pemasaran spesifik yang dirancang guna mewujudkan tujuan bisnis Proyeksi laporan laba/rugi: memprediksi hasil finansial yang diharapkan dari rencana strategi bersangkutan       . ancaman. distribusi dan lingkungan makro Analisis SWOT: mengidentifikasi peluang. persaingan. kekuatan. kelemahan pokok. produk.STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Elemen-elemen Pokok  Rangkuman eksekutif dan daftar isi : memberikan gambaran singkat tentang rencana strategi yang diusulkan.

 acting globally yang menjelaskan posisi wikinomic sebagai media pemasaran yang tak terbatas oleh ruang dan waktu  Wikinomic membuat semua orang dapat berperan dalam mengatasi permasalah bisnis tanpa adanya batasan segmentasi. Williams :  Opening adalah keterbukaan informasi talent global kepada semua pengakses situs  Peering adalah pembentukan kelompok sesuai kebutuhan atas dasar informasi yang diberikan.  Sharing adalah pembagian informasi yang lebih detail lagi kepada anggota yang telah diajak kerjasama dalam peering tadi.STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ Prosumer : pull strategy Don Tapscott dan Anthony D. . Salah satu isu yang diangkat dalam wikinomic adalah mengenai permasalahan penyebaran informasi. Pembentukan ini selanjutnya diharapkan para pengakses dapat bekerja dalam kelompok.

STRATEGIK ▪Farida Indriani▪ SELAMAT BELAJAR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful