PASAR DAN TRANSAKSI INVESTASI A.

PASAR EFEK / SECURITIES MARKET Merupakan mekanisme yang memungkinkan penawar dan peminta dana melakukan transaksi penjualan dan pembelian sekuritas. Pasar Efek dibedakan : Pasar Uang ( money market ) dimana efek jangka pendek dibeli dan dijual dalam perbankan Pasar Modal ( capital market ) dimana transaksi dilakukan untuk efek jangka panjang seperti obligasi dan saham. PASAR MODAL dapat di golongkan : 1. PASAR PERDANA / PRIMARY MARKET Pasar dimana emisi baru ( new issue ) effek ditawarkan pada publik. Perusahaan yang mengeluarkan efek ( emiten ) menggunakan bank investasi ( investment banker ) sebagai underwriter / penjamin bahwa emiten akan menerima setidak-tidaknya jumlah minimum tertentu untuk emisinya. Bank Investasi mengajak bank lain sebagai partner untuk membentuk sindikat underwriting dengan maksud untuk membagi risiko yang berhubungan dengan penjualan efek baru. Masing-masing anggota sindikat membentuk kelompok pemasar ( selling group ) yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan bagian tertentu dari emisi baru kepada investor publik. Kelompok pemasar _--> perusahaan pialang ( brokerage firm ) bertanggung jawab untuk memasarkan bagian tertentu dari emisi. Balas jasa untuk underwriter dan penjual biasanya berupa diskon atas harga jual efek. Contoh : Bank investasi membayar emiten Rp 1.000 per saham yang akan dijual pada pembeli Rp 2.000 per saham. Bank investasi menjual ke anggota kelompok pemasar. Rp 1.750 per saham. Jadi bank investasi memperoleh Rp 1.750 – Rp 1.000 = Rp 750 per saham. Anggota kelompok pemasaran mendapat Rp 2.000 – Rp 1.750 = Rp 250 per saham. 2. PASAR SEKUNDER / SECONDARY MARKET Pasar dimana efek diperdagangkan setelah dijual perdana ( emisi ) Terutama terdiri dari Bursa efek / Organized securities exchange dan pasar melalui kaunter ( over the counter market )
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma 2

B. BURSA EFEK Lembaga sentral dimana kekuatan penawaran dan permintaan untuk efek tertentu dipertemukan . Seluruh perdagangan dilakukan disatu tempat, dan dibawah sejumlah peraturan tertentu. Di Indonesia : Bursa Efek Jakarta ( BEJ ), Bursa

Semua transaksi dilakukan dilantai bursa atas dasar proses lelang ( auction process ).Efek Surabaya ( BES ). atau instrumen finansial dengan harga tertentu pada suatu tanggal tertentu. valuta asing. PASAR OVER THE COUNTER Over the counter ( OTC ) market bukan suatu lembaga khusus. Futures merupakan kontrak yang menjanjikan penyerahan mendatang dari komoditi. sehingga baik pembeli maupun penjual mendapat hasil sebaik mungkin. individu atau perusahaan pialang harus terdaftar ( listed ) menjadi anggota ( member ) bursa. D. Tujuannya adalah memenuhi semua pesanan pembelian pada harga terendah dan memenuhi semua pesanan penjualan pada harga tertinggi. diperdagangkan pada berbagai bursa. Apabila OTC dilakukan langsung antara pembeli dan penjual institusional besar. tetapi merupakan car lain memperdagangkan efek. Untuk dapat melakukan perdagangan efek. Di Amerika Serikat : bursa efek utama adalah New York Stock Exchange ( NYSE ) dan American Stock Exchane ( AMEX ). Pasar OTC berupa jaringan telekomunikasi yang tersebar diberbagai tempat dimana pembelidan penjual dari efek tertentu dapat dipertemukan antara kekuatan penawaran dan permintaan oleh dealer. BURSA OPTIONS DAN BURSA FUTURES Options yang membolehkan pemegangnya untuk membeli atau menjual asset finansial pada suatu harga tertentu selama periode tertentu didaftar dan diperdagangkan dibursa tertentu. C. Transaksi OTC yang dilakukan atas surat efek yang terdaftar ( listed ) dibursa efek disebut pasar tersier ( third market ). Transaksi ini biasanya ditangani oleh perusahaan pialang / dealer yang bukan anggota bursa efek. maka transaksi itu dinamakan pasar .

Membentuk lembaga. TRANSAKSI EFEK Kondisi pasar efek bisa dibedakan antara keadaan dimana tingkat harga secara umum meningkat ( disebut bull market ) atau menurun ( disebut bear market ). kelesuan ekonomi dan pengendalian Pemerintah. Bull market adalah pasar yang menguntugkan ( favorable ) umumnya berhubungan dengan optimisme investor. E. sehingga menjadi perantara bagi investor untuk membeli dan menjual efek. memberikan berbagai informasi baik mengenai data pribadi . Pembukaan Account Hubungan legal antara klien dan broker dibentuk dengan pembukaan account dimana klien. kegairahan ekonomi dan pemacuan pemerintah. bursa (BEJ<BES ) yang ditrugasi untuk penegakan hukum ( enforcement ) dan penyelenggara transaksi. umumnya berhubungan dengan pesimisme investor. Bear market adalah pasar yang tidak menguntungkan ( unfavorable ). aktivitas perekonomian. dan tindakan / kebijaksanaan pemerintah untuk memacu atau menurunkan tingkat kegiatan ekonomi.kuarter ( fourth market ). Pialang saham / Stock broker Mereka yang mendapat lisensi dari bursa untuk melakukan perdagangan efek dan terikat pada etika bursa. kondisi pasar sulit diperkirakan. PENGATURAN PASAR EFEK Peraturan perundang. Perubahan keadaan pasar umumnya disebabkan karena perubahan dalam sikap investor. 3. Agar dapat melakukan investasi . Mencegah serta menghukum penyalahgunaan dan misrepresentasi.undangan tentang efek dikeluarkan terutama untuk : 1. investor harus memahami prosedur untuk melakukan transaksi serta pelaku-pelaku yang terlibat dalam pasar efek : 1. Menjamin keterbukaan yang cukup dan akurat mengenai informasi bagi investor yang ada dan yang potensial Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma 3 2. 2. F. yaitu komisi ( seperti BAPEPAM ).

Transaksi Odd Lot & Round-Lot Odd Lot : transaksi efek kurang dari 1 lot. Jenis Pesanan Dasar Tiga jenis pesanan dasar digunakan dalam transaksi efek : a. dimana investor membeli efek dengan harapan nilainya akan naik & dapat dijual dikemudian hari dengan harapan nilainya akan naik. 4.istri atau orang tua dan anak. Berbagai jenis account : a. sedangkan transaksi odd lot memerlukan bantuan spesialis yang emnangani efek tertentu dengan tambahan fee. & dapat dijual dikemudian hari dengan keuntungan. Mis 100surat efek. Account diskresioner ( discretionary account ) dimana broker dapat menggunakan pertimbangannya sendiri untuk melakukan tranaksi pembelian atau penjualan atas nama kliennya. Round Lot : transaksi efek 100 surat efek atau kelipatannyua. Account margin ( margin account ) dimana klen diberikan hak meminjam oleh brokerage firm ( dengan meninggalkan surat-surat efek sebagi kolateral ). . Accountu tunggal ( single account ) untuk individual. Account ini sangat dibatasi oleh bursa dan hanya digunakan untuk efek-efek tertentu saja. Accountu tunai ( cash account ) dimana klien hanya dapat melakukan transaksi tunai. Jenis Transaksi Dasar a. 3. Pesanan terbatas ( limit order ) : pesanan untuk membeli pada harga tertentu atau dibawahnya / menjual pada atau diatas harga tertentu. b. Seluruh transaksi dilantai bursa dilakukan dalan round lot. Pesanan Pasar ( market order ) : pesanan untuk membeli dan menjual saham pada harga yang terbaik saat pesanan diberikan. c. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma 4 d.maupun keadaan finansialnya sehingga stock broker dapat menilai tujuan investasi kliennya serta kemampuannya untuk membayar pesananpesanannya. Mis : 200 saham. Transaksi 225 saham akan menyangkut kombinasi odd dan round lot. Pembelian panjang / long purchase. Pesanan stop kerugian ( stop-loss order ) : pesanan untuk menjual suatu saham bila harga pasarnya mencapai atau turun dibawah tingkat tertentu 5. c. & account bersama ( joint account ) untuk suami. b.

Pembelian margin/ margin purchase. serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek. Pasar modal memberikan peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal memberikan dua fungsi sekaligus. waran. menjual efek yang dipinjam dari pihak lain untuk kemudian dibeli kembali dengan harga yang diharapkan telah turun. Instrumen-instrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar modal seperti saham. Penjualan pendek/ short sale dimana investor. c. karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi ekonomi karena pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer).b. salah satu produk yang diperjualbelikan di pasar modal. Biaya transaksi Broker diperkenankan untuk mengenakan komisi sebagai balas jasa dalam melaksanakan transaksi. • Memberikan wahana investasi yang beragam bagi investor sehingga memungkinkan untuk melakukan diversifikasi. obligasi. membeli 6. Komisi yang dirundingkan. manfaat dari keberadaan pasar modal adalah: • Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi dana secara optimal. Di dalam Undang-Undang Pasar Modal No. yaitu : a. pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. pengertian pasar modal dijelaskan lebih spesifik sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek. Apa Itu Saham? Setelah kita mengikuti sedikit perihal pasar modal. Jadi diharapkan dengan adanya pasar modal aktivitas perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan pada akhirnya memberikan kemakmuran bagi masyarakat yang lebih luas. Tarif komisi tetap. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan. sekarang kita akan membahas perihal saham. sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Pada dasarnya terdapat 2 jenis komisi. • Menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu negara. • Penyebaran kepemilikan. dan berbagai produk turunan (derivatif) seperti opsi (put atau call). baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri. melalui broker. untuk transaksi-transaksi besar Apa Itu Pasar Modal dan Manfaatnya Pada dasarnya. dengan modal sendiri & uang pinjaman dari perusahaan pialang. perusahaan publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya. right. • Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah. b. manfaatnya bagi masyarakat dan perusahaan khususnya serta negara pada umumnya. fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. 8 Tahun 1995. dimana investor. Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan . Secara umum. keterbukaan dan profesionalisme menciptakan iklim berusaha yang sehat serta mendorong pemanfaatan manajemen profesional. obligasi konvertibel. Alternatif investasi memberikan potensi keuntungan dengan tingkat risiko yang dapat diperhitungkan. yang berlaku untuk transaksi-transaksi kecil yang sering dilakukan oleh investor individual. Dengan adanya pasar modal maka perusahaan publik dapat memperoleh dana segar masyarakat melalui penjualan Efek saham melalui prosedur IPO atau efek utang (obligasi).

tanah dan bangunan. pengaturan dan pengawasan sehari-hari pasar modal dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur. Setiap pemilik saham memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham (one share one vote). Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).[1] Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya. seperti : menabung di bank. Saham biasa. Biasanya dividen dibagikan setelah adanya persetujuan pemegang saham dan dilakukan setahun sekali. perusahaan public yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi. saham preferen sulit untuk diperjualbelikan seperti saham biasa. karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga obligasi). merupakan saham yang menempatkan pemiliknya paling yunior atau akhir terhadap pembagian dividen dan hak atas harta kekayaan perusahaan apabila perusahaan tersebut dilikuidasi (tidak memiliki hak-hak istimewa). Berlangsungnya fungsi pasar modal (Bruce Lliyd. Jadi penyelesaian transaksi akan semakin cepat dan mudah. 1976). efisien serta melindungi kepentingan masyarakat pemodal. Akan tetapi. adalah meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan "kriteria pasarnya" secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan. Saham atau ekuitas merupakan surat berharga yang sudah banyak dikenal masyarakat. dividen tetap selama masa berlaku dari saham dan memiliki hak tebus dan dapat dipertukarkan dengan saham biasa. yaitu dividen dan capital gain. Umumnya jenis saham yang dikenal adalah saham biasa (common stock). dan sebagainya. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung. Pemegang saham biasa memiliki tanggung jawab terbatas terhadap klaim pihak lain sebesar proporsi sahamnya dan memiliki hak untuk mengalihkan kepemilikan sahamnya kepada orang lain. Daya tarik dari investasi saham adalah dua keuntungan yang dapat diperoleh pemodal dengan membeli saham atau memiliki saham. sekarang ini sistem tanpa warkat sudah mulai dilakukan di pasar modal Jakarta dimana bentuk kepemilikan tidak lagi berupa lembaran saham yang diberi nama pemiliknya tapi sudah berupa account atas nama pemilik atau saham tanpa warkat. asuransi. merupakan saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa. membeli emas.[3] . Saham sendiri dibagi menjadi dua jenis saham. Saham preferen lebih aman dibandingkan dengan saham biasa karena memiliki hak klaim terhadap kekayaan perusahaan dan pembagian dividen terlebih dahulu. karena jumlahnya yang sedikit. saham.[2 Struktur Pasar Modal Struktur Pasar Modal di Indonesia tertinggi berada pada menteri Keuangan menunjuk Bapepam merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk melakukan pembinaan. Sedangkan untuk saham preferen.atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perusahaan terbatas. wajar. Wujud saham berupa selembar kertas yang menerangkan siapa pemiliknya. serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dividen merupakan keuntungan yang diberikan perusahaan penerbit saham atas keuntungan yang dihasilkan perusahaan. dan lainnya. Persamaan saham preferen dengan obligasi terletak pada 3 (tiga) hal: ada klaim atas laba dan aktiva sebelumnya. Karakterisktik lain dari saham biasa adalah dividen dibayarkan selama perusahaan memperoleh laba.

tidak ada "convenant" sehingga manajemen dapat lebih bebas dalam pengelolaan dana/perusahaan d. [sunting] b. perusahaan dapat memperoleh dana yang dibutuhkan dengan menawarkan instrumen keuangan jangka panjang melalui Pasar Modal tersebut. yang sekanjutnya akan menciptakan kesempatan kerja yang luas.[sunting] Peran Pasar Modal [sunting] a. perusahaan . Pasar Modal Pasar Modal merupakan wahana pengalokasian dana secara efisien. jumlah dana yang dapat dihimpun berjumlah besar b. Pasar Modal bagi emiten yaitu : [4] a.perusahaan akan lebih mudah memperoleh dana. Sebaliknya. Pasar Modal sebagai alternatif investasi Pasar Modal memudahkan alternatif berinvestasi dengan memberikan keuntungan dengan sejumlah resiko tertentu [sunting] c. sehingga akan mendorong perekonomian nasional menjadi lebih maju. solvabilitas perusahaan tinggi sehingga memperbaiki citra perusahaan e. Peningkatan aktivitas ekonomi nasional Dengan keberadaan Pasar Modal. Investor dapat melakukan investasi pada beberapa perusahaan melalui pembelian efek-efek yang baru ditawarkan ataupun yang diperdagangkan di Pasar Modal. dana tersebut dapat diterima sekaligus pada saat pasar perdana selesai c. serta meningkatan pajak bagi pemerintah [sunting] Manfaat Pasar Modal [sunting] 1. ketergantungan emiten terhadap bank menjadi lebih kecil [sunting] 2. . Pasar Modal bagi investor yaitu : [5] .

KSEI) . saat ini dilakukan oleh PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (PT. saat ini dilakukan oleh PT. Peningkatan tersebut tercermin pada meningkatnya harga saham yang mencapai kapital gain b. dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi resiko [sunting] Lembaga dan Struktur Pasar Modal Indonesia Pasar Modal di Indonesia terdiri atas lembaga-lembaga sebagai berikut: • • • • • Badan Pengawas Pasar Modal Bursa efek.a. memperoleh dividen bagi mereka yang memiliki/memegang saham dan bunga yang mengambang bagi pemenang obligasi c. Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT. KPEI) Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. saat ini ada dua: Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya namun sejak akhir 2007 Bursa Efek Surabaya melebur ke Bursa Efek Jakarta sehingga menjadi Bursa Efek Indonesia Perusahaan efek Lembaga Kliring dan Penjaminan. nilai investasi perkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi.