MAKALAH

TEKNOLOGI BAHAN KONSTRUKSI

AS B E S

DISUSUN OLEH : CLARA OLIVIA ALVIONTINA IRUL TIWI AYU TRISNA 7011006 7011011

UNIVERSITAS SAINS AL – QUR’AN JAWA TENGAH TEKNIK SIPIL 2011
DAFTAR ISI

1

........................... 2 ...... Tata Cara Pemasangan Asbes 9 Keuntungan Asbes ........................................................................................................................................................ 7 ........................................................................................................................................................... 10 Efek Samping Asbes ............................... 4 ............... 8 .............................................................. 14 ..... 1 ....... ..........COVER ........................................ DAFTAR ISI BAB I 3 BAB II ISI PENDAHULUAN Bahan Baku Asbes Sifat Asbes ............................................................................................................................................................. ........................................................................................................................ Ciri – Ciri Asbes Pembagian Asbes Berdasarkan Panjang Serat 7 Tempat Terdapatnya Asbes 8 Pengolahan Asbes ..................................................................................... 10 Uandang – Undang mengenai Asbes 12 Bahan Bangunan Pengganti Asbes 13 Cara mengurangi efek negatif dari Asbes ................................................. 7 ..................................................... 2 .......................................................................................................................................................................................

.......... grunnerite)................ anthophyllite..................................... Pertama golongan serpentine yaitu krisotil yang merupakan hidroksida magnesium silikat dan golongan kedua amphibole dari mineral-mineral pembentuk batuan.............Harga Asbes BAB III 16 DAFTAR PUSTAKA PENUTUP ............... ........... Khususnya digunakan pada bangunan agar bangunan tidak mudah terbakar. amosite (asbes coklat............... cummingtonite.......... Asbes banyak digunakan karena sifatnya yang tahan panas.... 18 BAB I PENDAHULUAN Sekitar tahun 80-an bahan asbes biasanya sangat akrab digunakan sebagai penutup atap dan plafon rumah... Asbes merupakan bijih mineral alami............................. termasuk : actinolite.... Asbes dapat digolongkan menjadi dua bagian........................ Asbes digunakan sebagai bahan pelindung rangka besi...... 15 ................ Selain harga dan pemasangannya mudah karena asbes memiliki bobot yang ringan.............. Bahan yang terbuat dari asbes untuk 3 ...... dicampur dengan bahan bangunan lain untuk atap atau tembok............ crocidolite (asbes biru) dan tremolit.............................. chrysotile (asbes putih)............

atap rumah. 4 . Asbes memiliki sifat tahan asam. tidak mudah dihancurkan di alam. Amerika Serikat. pelapis dan kabel listrik panas. asbes plat (digunakan untuk plafon atau partisi). plafon. (Abraham JL.bangunan sering kita jumpai yaitu asbes gelombang (digunakan untuk atap). Bahan asbes ini di beberapa negara sudah dilarang penggunaannya seperti di China. Serat-serat asbes mudah sekali terlepas dari ikatannya dan membentuk seratserat mikroskopis jika terhisap. 1995). Hal ini disebabkan karena bahan ini dapat menyebabkan resiko penyakit kanker bagi para pekerja dan pemakainya (Jacko. fleksibel. relatif sukar larut. Biasanya asbes digunakan untuk mobil. mampu meredam suara. serat asbes bersifat tahan panas dapat mencapai 800 ºC. asbes mengandung debu yang dapat dihirup oleh manusia dan debu-debu asbes ini merupakan partikel yang beterbangan di udara dan debu asbes ini dengan ukuran diameter kurang dari 3 μm dengan panjang 3 kali diameter akan dapat mudah terhirup. Debu asbes akan merusak DNA dari sel lubang paru (mesothelium) serat asbes mengendap atau menusuk sel paru-paru tidak bisa diurai dan dikeluarkan lagi oleh tubuh akibatnya kontrol pertumbuhan sel terganggu sehingga menyebabkan penebalan atau pembengkakan pleura (selaput yang melapisi paru-paru) dan dikenal dengan penyakit Asbestosis (Roggli VL. Asbes sering juga digunakan pada isolating pipa pemanas dan juga untuk panel akustik karena sifatnya yang kedap air dan kedap suara. 2003). WHO. kompor. 1994. tidak menguap. Columbia dan negara-negara maju lainnya. daya regang tinggi. 1994).

Akan tetapi berdasarkan hasil 5 . dan Golongan amfibol. Bahan Baku Asbes adalah istilah pasar untuk bermacam-macam mineral yang dapat dipisah-pisahkan hingga menjadi serabut yang fleksibel. aktinolit dan tremolit. amosit. Walaupun sudah jelas mineral asbes terdiri dari silikat-silikat kompleks. Berdasarkan komposisi mineralnya. tetapi dalam menulis komposisi mineral asbes terdapat perbedaan.BAB II ISI 1. antofilit. yaitu mineral krosidolit. asbes dapat digolongkan menjadi dua bagian. Semula dianggap bahwa silikatnya terdiri dari molekul Si11O12. yaitu mineral krisotil yang merupakan hidroksida magnesium silikat dengan komposisi Mg6(OH)6(Si4O11) H2O. Golongan serpentin.

Fe)5((OH)Si4O11)2 ditemukan dalam batuan beku tipe epimagnetik dapat juga dalam batu gamping kristalin dan dolomit 6 . macam-macam isolasi. Tremolite (Ca2(Mg. 2. pelapis ketel uap. ketel. Fe) (OH) Si4O11)2 yang terbentuk karena proses metamorfosa kontak dari sedimen silika besi. sebenarnya silikat-silikat itu terdiri dari molekul-molekul Si4O11. Satu jenis serat asbes pada umumnya dapat dimanfaatkan untuk beberapa penggunaan yaitu dari serat yang berukuran panjang hingga yang halus. gasket. gasket keperluan laboratorium.penyelidikan sinar-X. alat kimia. Anthophylite (MgFe)7 ((OH)Si4O11)2 yang terbentuk dalam proses lensa amphobole dan berasal dari mineral serpentine ultrabasa dengan komposisi dunite. alat penyambung pipa uap. Serabut yang tidak dapat dipintal terdiri atas: → → → → Semen asbes untuk pelapis tanur dan ketel serta pipanya. dinding. penutup pipa isolator-isolator panas dan listrik. Yang banyak digunakan dalam industri adalah asbes jenis krisotil. Amosite (Mg. Perbedaan dalam serat asbes selain karena panjang seratnya berlainan. juga karena sifatnya yang berbeda. pakaian pemadam kebakaran. dan tanur. pelapis dinding. lantai. Macam-macam bahan campuran lain yang menggunakan asbes sangat halus dan kebanyakan asbes sebagai bubur. pelapis rem. dan lain-lain. pita. gasket. Pembagian atas dasar dapat atau tidaknya serat asbes dipintal ialah : 1. Dinding-dinding asbes untuk rumah dan pabrik. benang asbes. tali. ban mobil. alat-alat kimia dan listrik. sarung tangan. Serat asbes yang dipintal. kantong-kantong asbes. digunakan untuk : → Kopling. alat listrik. dan pelilit kawat listrik. tirai dan layar. → Alat pemadam api. Asbes Amfibol mengandung mineral : Crocidolite (Na2Fe5((OH)Si4O11)2. bahan tekstil asbes. Kertas asbes untuk lantai dan atap.

cara penambangan dan pengolahan. Diskripsi asbes . hijau . Sifat kimia :susunan serat dipengaruhi komponen kimia. B. dalam batuan beku karena metamorfisme. 4. kelabu.Gores : putih .Fe)5(OH)Si4O11)2 yang terbentuk dalam temperatur relatif rendah dalam kristal skist.Kemagnetan : non 7 . Sifat Asbes 1. dan Actinolite(Ca2(Mg. Asbes Serpentin mengandung mineral chrysotile dan antagonit yang merupakan hidroksida magnesium silikat dengan komposisi Mg6(OH)6(Si4O11) H2O atau (Mg6(OH)4Si3O8). Asbes jenis Amfibol yang biasa digunakan sebagai bahan serat tekstil adalah dari jenis varitas krosidolit. fibruos . permukaan serat tidak kasar kalau dipintal akan selip. Asbes dapat juga terjadi karena perubahan bentuk dan proses transformasi dari batu karang. Hanya sedikit yang terjadi karena pelapukan batu gamping magnesia (dolomit).Sistem kristal : monoklin. terbentuk sebagai Galian ubahan hydrothermal (alterasi) dr batuan ultrabasa yang kaya magnesia (peridotite. dunite). Asbes akan kehilangan berat bila air kristal dan karbondioksida menguap.Kekerasan : 6 . Batu ini termasuk olivin yang disebut peridotite. 2. Hal ini berhubungan dengan daya pintalnya yang sesuai dengan kebutuhan industri tekstil. Mikroskopi Dibawah mikroskop serat nampak bergelombang lurus.termetamorf. titik leleh 1180-15000C. 3. Sifat fisik Kekuatan serat asbes tergantung jenisnya. hidrothermal. tersusun dari besi magnesium dan silikat yang mengalami temperatur dan tekanan.Warna : putih. Asbes tahan panas pada suhu 10000C.

Belt conveyor . kain asbes . gresik. atap 3. fleksibel 4. Asbes Serabut pendek .Crude No2 : panjang serat = 3/8 – ¾ inch • Milled asbestos : serat dapat untuk tekstil 1. kuat. Asbes Serabut sedang: . Ciri – ciri Asbes 1. tuban 8 . Pembagian Asbes Berdasar Panjang Serat • Crude Asbetos : - Crude No 1: panjang serat = ¾ inch (19mm) atau lebih . Tempat Terdapatnya Asbes Penambangan : terbuka dan bwh tnh . sumbu. Asbes serabut panjang: . Berwarna putih.Dipintal untuk benang.Isolasi listrik dan tahan panas .C. kaos lampu 2. Tahan api dan tahan asam 2.Pelapis kampas rem kendaraan . Berbentuk serabut (panjang/pendek) 3.Kebumen. hijau D.Bahan campuran semen asbes .Untuk tirai tahan api. Mudah dipintal.Membuat pipa-pipa.Kaos tangan. tali. lembaran asbes.Bahan tuang tahan api E. baju tahan api . kelabu.

tanase F. lebar spasi 50 mm. sebagai berikut : 1.Diayak dengan vibrating grizzly.. Penggilingan secara kering: . Tata cara ini dimaksudkan sebagai acuan bagi pelaksana dalam melaksanakan pemasangan penutup atap.Halmahera . 249/M/3/1987. Tata Cara Pemasangan Asbes Standar ini merupakan revisi dari Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-28401992. kemudian dilakukan hand sorting.Gorontalo. (basah atau kering). ddengan tujuan untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif akibat debu yang ditimbulkan pada waktu pengerjaan pemasangan penutup atap. Tata Cara pengerjaan lembaran Asbes semen untuk penutup atap pada bangunan rumah dan gedung. Pemotongan lembaran asbes dapat dilakukan. 2. produknya digabung dengan undersize dan dikeringkan dengan suhu 90-540 C selama 1-10 mnt. Tumpukan lembaran ditempatkan jauh dari lalu lintas kendaraan atau kesibukan kerja dan terlindung dari kemungkinana kerusakan lainnya. G. Pengerjaan lembaran Asbes untuk penutup atap harus memenuhi ketentuan antara lain. 4. sbb: 9 .Diremuk dengan jaw crusher/hammer crusher sampai ukuran 150 mm. 2. Dipersiapkan tempat penerimaan yang terhindar dari kegiatan lain. Hindarkan adanya pemahatan / Pemotongan / pelubangan lembar asbes semen yang telah terpasang. . 3. Dilakukan penggilingan untuk memisahkan antara serat dengan gumpalan. Oversize diremuk lagi dengan setting 50 mm. Pengolahan Asbes 1. Bahan yang digunakan harus sesuai dengan SII No.

7. Cara menekan (Jepitlah lembaran dengan papan penggaris. Pemasangannya mudah. 10 . Rumah menjadi lebih terasa sejuk karena sifat asbes yang tidak menyerap panas (dari matahari). 5. Mudah diprbaiki jika terjadi kerusakan. Bahannya ringan sehingga tidak membutuhkan konstruksi gording yang khusus. Tentunya juga harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan bahan bangunan yang lain. letakkanlah penggaris diatas lembaran yang telah diberi tanda dan dibasahi air seperlunya. H. Keuntungan Asbes 1. Pisau (berilah tanda yang jelas dan tepat pada tepi lembaran yang akan dipotong. Dan pemotongan dengan geraji (beri tanda yang jelas bagian yang akan dipotong. Efek Samping Asbes Asbes dalam jangka pendek takkan terlihat secara nyata / signifikan efek samping terhadap kesehatan kepada penghuni rumah. G. 2. letakkan lembaran pada bidang yang datar. Tidak mudah rusak atau jebol. 2. 6. 3. 3. tariklah lembaran yang bebas ke atas atau ke bawah sampai patah. kemudian garislah dengan pisau dengan sedikit ditekan dan berulang – ulang sampai membekas sedalam ± ½ tebal. 4. gergaji dengan posisi tegak lurus setelah dibasahi air). kemudian tekanlah bagian yang bebas ke bawah setelah di basahi dengan air seperlunya). Mudah didapat.1.

jika terhirup oleh paru-paru akan menetap disana dan bisa menyebabkan berbagi macam penyakit. maupun semua yang pernah terlibat dalam proyek konstruksi. Dan itu akan terikut terhirup saat penghuni rumah bernafas. menghancurkan atau merenovasi bangunan. serat-serat ini tidak menguap diudara dan tidak terlarut didalam air. hujan dan perubahan lainnya yang tak disadari pada atap asbes itulah yang menguraikan partikel padat asbes itu terurai menjadi partikel yang jauh lebih kecil seperti debu. Di toko bahan bangunan. ketika Asbes dipotong atau diperbaiki. Ketika di potong akan mengeluarkan serpihan-serpihan yang berupa serbuk. asbes juga masih dijual dengan bebas. arsitek. ini menjadi bebrbahaya karena sulit untuk mendeteksi bagai manakah yang dikatakan rusak. kontraktor.Mengapa asbes termasuk dalam kategori bahan yang sangat berbahaya. Peringatan maupun regulasi tentang bahaya asbes umumnya sudah diketahui oleh para engineer. Asbes dapat membahayakan tubuh kita jika ada bagian yang rusak. Asbes terlihat padat karena proses penguapan. yang sangat berbahaya bagi paru-paru kita. Dan akhirnya menumpuk di bagian paru-paru kita. karena asbes yang kita kenal terdiri dari serat-serat yang berukuran sangat kecil. tidak sulit kalau kita ingin membeli asbes dan menggunakannya sebagai bahan bangunan. Kondis lain yang sangat beresiko adalah saat membangun. panas. dingin. Beberapa penyakit yang dapat muncul karena pengaruh asbes antara lain : 1. Asbestosis 11 . kira – kira lebih tipis dari 1/700 rambut kita. Sayangnya. sehingga serat – seratnya bisa lepas. banyak masyarakat awam yang belum mengenal betul (bahkan ada yang sama sekali tidak tahu) bahaya penggunaan asbes. Dengan kata lain. dan terkadang kita tidak sadar kalau asbes yang kita gunakan sudah rusak.

Keadaan ini akan menimbulkan berbagai macam gejala seperti sulit bernapas.Debu asbes juga dapat menyebabkan iritasi pada jaringan dan selubung paru-paru. napas pendek. jantung akan membesar. 12 . Mekanisme timbulnya kanker paru-paru akibat debu asbes hampir sama dengan kanker mesothelioma. debu asbes akan merusak DNA dari sel selubung paru (mesothelium). kemudian pada stadium lanjut dapat bermetastasis ke organ tubuh lainnya.paru. akibatnya kontrol pertumbuhan sel terganggu. 2. Awalnya kerusakan hanya terbatas pada paru-paru. Timbulnya jaringan parut di paru-paru akibat debu asbes disebut asbestosis. Mesothelioma Adalah sejenis kanker atau tumor ganas yang menyerang selaput pada perut dan membrane paru . 3. Sel yang telah menjadi abnormal akan membelah tak terkendali. Di sini. dan nyeri dada. Selain itu. memaksa jantung untuk bekerja lebih keras. Jaringan ini perlahan-lahan akan meluas dan menebal sehingga paru-paru tidak bisa lagi mengembang dan mengempis seperti layaknya paru-paru normal. Di Negara Negara maju. Kanker paru-paru Dapat muncul apabila seseorang terus menerus bekerja dalam lingkungan yang terkontaminasi asbes. akan bergerak hingga sampai pada selubung paru-paru. kemudian berekspansi dan merusak jaringan di sekitarnya. Asbes yang dihirup bisa menyebabkan "kanker" 20 hingga 30 tahun kemudian. Bedanya. Akibat iritasi. yang selain mengenai orang yang bekerja pada lingkungan dengan konsentrasi asbes tinggi bisa juga menyerang keluarga yang tinggal serumah dengan orang yang terkena atau yang tinggal di dekat sumber pencemaran asbes. yang terkena adalah dinding saluran napas (bronchiolus). akan terbentuk jaringan parut yang kaku. aliran darah paru-paru juga akan terhambat. Debu asbes yang telah masuk ke paru-paru. Para perokok cenderung lebih beresiko dibandingkan yang bukan perokok apabila menghisap debu asbes. asbes putih digolongkan sebagai karsinogen ( bahan penyebab kanker). batuk. Lama kelamaan.

termasuk ekstraksi.Karena bahayanya ini. dan menghancurkan bahan yang mengandung asbes dapat melepaskan partikel asbes ke udara. misalnya Australia. Negara-negara maju membuat undang-undang tentang penggunaan asbes. Brazil. Penelitian menunjukkan bahwa serbuk-serbuk asbestos jika dihirup oleh manusia bisa menyebabkan kanker paru-paru. resiko terjadinya kanker 13 . grunnerite). Bahkan. amosite (asbes coklat. menggergaji. The European Union melarang pemakaian semua jenis asbes. Hal seperti ini sering diabaikan dan kurang mendapat perhatian karena penyakit yang ditimbulkan oleh partikel asbes ini biasanya baru muncul dalam jangka waktu 10 – 30 tahun kemudian. tremolite. atau campuran yang sekurang-kurangnya mengandung salah satu dari mineral-mineral tersebut. Asbes mengandung debu yang dapat dihirup oleh manusia dan debu-debu asbes ini merupakan partikel yang beterbangan di udara seperti yang sering kita lihat di lingkungan kerja. Asbestos dijumpai pada atap gelombang dan juga eternit dari bahan asbes. cummingtonite. mematahkan. chrysotile (asbes putih). I. mengebor. hingga pengolahan produk asbes. Kegiatan memasang. anthophyllite. beberapa negara mengatur regulasi khusus tentang penggunaan asbes sebagai bahan bangunan. termasuk: actinolite. Hal ini sangat berbahaya jika sampai terhirup dan masuk paru-paru. Kerusakan fisik pada material yang mengandung asbestos akan menimbulkan debu asbes. Apabila sudah terlanjur menggunakan atap atau eternit berbahan asbes. pembuatan. dan debu asbes ini dengan ukuran diameter kurang dari 3µm (kira–kira lebih tipis dari 1/700 rambut kita) dengan panjang 3 kali diameter akan dapat dengan mudah terhirup. crocidolite (asbes biru). dan amphibole dari mineral-mineral pembentuk batuan. Undang – Undang mengenai Asbes Kenapa PNPM Mandiri Perdesaan melarang penggunaan bahan mengandung asbes? Apa sebenarnya asbes itu? Asbes merupakan jenis serat mineral silika dan termasuk dalam golongan serpentine (krisotil yang merupakan hidroksida magnesium silikat dengan komposisi Mg6(OH)6(Si4O11) H2O). Kanada dan banyak negara lainnya.

Cara mengecek bahan tersebut benar – benar sudah tidak menggunakan bahan asbes lagi ialah dengan cara mengecek permukaannya. Namun ada yang sudah dijamin 100% tanpa menggunakan bahan asbes. J. yaitu : atap dari PVC atau Polikarbonat. Di pasaran juga sudah terdapat material pengganti sebagai alternatif asbes yaitu : • Kalsiboard (serat selulosa. ialah Genteng tanah adalah pilihan bagus. kalsium dan serat. Sifat-sifat yang menguntungkan dari papan komposit jenis ini relatif ringan. Sejak saat itu diberlakukan "Undang-undang yang melarang pemakaian asbes saat mendirikan bangunan". Dewasa ini perkembangan komposit kayu mengarah pada produk . rayap dan jamur serta cuaca yang baik. alternatif lainnya yang bisa dipakai dan lebih baik untuk kesehatan.paru-paru dapat dikurangi dengan cara mengecat bagian dalam asbes.produk yang memanfaatkan bahan lignoselulosa. Saat ini pasaran telah menyediakan bahan serupa yang tidak mengandung asbestos dan aman digunakan. Bahan Bangunan Pengganti Asbes Jika belum terlanjur menggunakan asbes. jika terdapat bercak atau serat putih kemungkinan masih ada asbesnya. Produk inovasi baru juga bisa digunakan. misalnya : GRC dan kalsiboard yang tebuat dari campuran semen. seperti Atap Baja. semen. mudah dalam pengerjaan dan sifat ketahanannya terhadap api. Papan komposit jenis ini tidak menggunakan bahan asbes. Solusi pengganti plafon asbes adalah papan gipsum plafon. silika. zat aditif. dan air) 14 . Ada juga bahan bangunan yang tidak berbahaya dipakai sebagai pengganti asbes. seperti yang kita ketahui bahan asbes yang selama ini digunakan dapat membahayakan kesehatan. atau bisa menggunakan fiberglass yang relatif lebih murah dibanding genteng tanah.

Cara Mengurangi Efek Negatip Dari Asbes Kalau terlanjur menggunakan asbes.000 210×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 50.000 240×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 55.000 15 . serat selulosa. dan air) K. zat aditif.000 180×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 45. walaupun tidak ada tanda-tanda rusak. kita bisa meminimalkan dampak serat yang terlepas dari asbes dengan langkah-langkah: 1.500 270×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 65. ventilasi yang baik akan mengurangi efek gas radon yang terkandung didalam asbes. Mengecat asbes bukan solusi untuk mencegahnya asbes terhirup oleh kita. semen. zat additif. 5. gunakanlah plafon untuk mecegah debu dan serat asbes jatuh kedalam rumah. gunakan alat penutup hidung. dan air) Seng Eternit (serat sintetis. L. Saat mengerjakan asbes. Harga Asbes 150×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 40. Ganti asbes setiap 5 tahun sekali.• • Ardex (serat sintetis. semen. Jika atap menggunkan asbes. serat selulosa. asbes yang rusak walaupun dicat tetapakan menimbulkan dampak yang sama. 2. Buatlah ventilasi yang baik.000 300×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 75. 4. 3.

Asbes biasa digunakan sebagai atap rumah karena memiliki beberapa keuntungan. 4. Ada 2 macam jenis asbes. 5. tidak kalah dengan genteng tanah liat. Tahan terhadap panas. Asbes terdiri dari serat-serat yang sangat tipis. kedap air (cocok digunakan sebagai atap). asbes bisa digunakan juga sebagai isolator panas. bahkan lebih tipis dari rambut manusia. Karena sifatnya yang cukup “ampuh” menghadapi berbagai kondisi. 3. Serat-serat ini bila 16 . Rumah beratap asbes pun akan terasa sejuk karena asbes memiliki sifat tidak menyerap panas.BAB III PENUTUP Asbes merupakan gabungan enam mineral silikat alam. 2. Asbes tersusun dari fiber-fiber mineral alami. beberapa jenis fiber yang terkandung dalam asbes bisa membahayakan manusia. kedap suara. Harganya murah. Pengerjaannya lebih mudah. Namun kenyataannya. Bobotnya ringan. yaitu asbes gelombang (biasanya untuk atap) dan asbes flat (bisa digunakan untuk plafond). Mudah didapatkan. diantaranya: 1.

Negara-negara maju membuat undang-undang tentang penggunaan asbes. hingga pengolahan produk asbes. pembuatan. pilih yang tidak membahayakan kesehatan. utamakan kesehatan pengguna rumah. Karena bahayanya ini. The European Union melarang pemakaian semua jenis asbes.terhirup paru-paru tidak akan bisa dikeluarkan oleh tubuh. misalnya penyakit Asbestosis. pilih yang dipercaya banyak orang. misalnya Australia. kesehatan jauh lebih mahal daripada harga material bangunan… 17 . Biasanya material yang sering membahayakan bagi kesehatan pemilik rumah adalah cat dan atap. hingga Kanker. Karena. Brazil. pilihlah yang berkualitas. Tips bagi yang ingin membangun rumah. Oleh karena itu. termasuk ekstraksi. Berbagai penyakit bisa timbul karena adanya fiber di dalam paru-paru. Mesothelioma. Gunakan material yang tidak berbahaya. beberapa negara mengatur regulasi khusus tentang penggunaan asbes sebagai bahan bangunan. Bahkan. dan secara perlahan akan memunculkan berbagai penyakit bagi manusia. Kanada dan banyak negara lainnya. Serat ini akan menetap dengan tenang didalam paru-paru.

Rudy.  18 . Yogyakarta : Kanisus. 1978.  Gunawan. Rudy. 1994. Pengantar Ilmu Bangunan.DAFTAR PUSTAKA  Gunawan. Yogyakarta : Kanisus. Pengantar Ilmu Bangunan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful