P. 1
Mengenal diri sendiri

Mengenal diri sendiri

|Views: 464|Likes:
Published by Sanny Achdian

More info:

Published by: Sanny Achdian on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Alasan kami mengambil tema ini adalah untuk mengenal siapa diri kita dan apa saja yang ada di diri kita, serta untuk menambahkan rasa percaya diri kita untuk mengahadapi kehidupan masa kini dan yang akan datang karena yang kita ketahui di jaman sekarang banyak moral-moral bangsa yang hancur karena krisis kurang percaya diri seperti contohnya : saat anak kuliahan bergaul banyak yang meniru gaya-gaya metropolitan bahkan tatacara orang barat pun diikutinya. Dan karena alasan tadilah kami bermaksud untuk membawakan tema “be your self” yang artinya “jadi diri sendiri” dalam bahasa umumnya kkita mengenal siapa diri kita dan percaya akan kemampuan kita.

1.2 Rumusan Masalah Apakah mengenal diri sendiri itu penting? Mengapa kita harus mengenal diri kita sendiri? Dan bagaimana langkah-langkah dan manfaat mengenal diri sendiri?

1.3 Tujuan

1.4 Manfaat

Apapun ciri khas yang kita miliki. yang justru mengagalkan . Salah satunya adalah dengan mengisi kuisioner. Apa pun bentuk metode yang dipilih. banyak orang tidak jujur saat mengisi kuisioner mengenai dirinya. Orang pun akan lebih mengenal kita dengan ciri khas yang kita miliki. padahal mereka sedang membohongi diri mereka sendiri. Tidak perlu meniru orang lain karena belum tentu sesuai dengan diri kita. B. Mereka mengira dengan menulis jawaban yang ideal.BAB II BE YOUR SELF A. Ia menyadari kemampuan dan bakatbakatnya serta tahu bagaimana menggunakannya demi mencapai tujuan tersebut. apapun ciri khas kita asalkan itu tidak menimbulkan dampak yg negatif ya jalani saja. itu jangan membuat kita minder. percaya diri. tanpa harus mengikuti orang lain. mereka akan mendapatkan hasil penilaian yang baik. dan lebih nyaman untuk berekspresi dalam kehidupan tampil dengan ciri khas kita sendiri. seseorang mengetahui apa yang mesti jadi tujuan hidupnya. Maka syukuri saja apa yang kita punya. melainkan juga di berbagai bidang kehidupan lainnya. termasuk keluarga. dan spiritual. sosial masyarakat. Dengan demikian ia lebih mampu menemukan makna dan kepenuhan dari hidupnya. Ambil saja nilai positifnya. Dengan mengenal diri sendiri. Ambil contoh ringan. Dengan kita mengenal diri kita sendiri maka kita bisa menjadi seseorang yang tampil apa adanya. Mengapa harus menjadi diri sendiri Kunci proses pengembangan diri adalah mengenal diri sendiri. bahkan kita harus bangga karena kita bisa membangun kepribadian diri kita sendiri tanpa harus mengikuti orang lain. tuntutan dasarnya adalah seseorang harus jujur pada dirinya sendiri. Pastinya kita akan lebih enjoy. Mengenal diri sendiri Ada banyak metode mengenal diri. Ini tidak hanya berlaku bagi keberhasilan di bidang karier. terlebih lagi bila hasil kuisioner tersebut dinilai oleh pihak lain.

Mereka dianugerahi kemampuan. Selain itu. Mereka mengingkari bahwa penyebabnya justru berasal dari dalam diri mereka sendiri. Berjalan di atas potensi dan bakat diri selalu berkaitan erat dengan kebahagiaan dan gairah hidup. Apakah anda jujur pada diri anda sendiri? Seringkali menjadi jujur pada diri sendiri terasa menyakitkan. 1.proses pengembangan diri. Ketidakjujuran dan ketidakmampuan untuk bersikap apa adanya membuat mereka tidak menjadi diri mereka sendiri.Tugas manusia adalah menggunakan semua itu untuk kemajuan kehidupan ini. Yang perlu disadari adalah bahwa setiap orang itu berbeda dan unik. kemampuan dan ketrampilan yang ada pada diri agar bisa digunakan untuk kemajuan karir. Mereka mengembangkan kedua belah lengannya lebar-lebar dan menyangka akan berhasil di semua hal. Tak ada orang yang sama. potensi dan bakat yang berbeda-beda. seringkali pula orang tidak mampu jujur pada diri sendiri karena salah dalam memahami keberhasilan yang sedang diraihnya. Di lain pihak. suatu bentuk pengembangan emosi dan spiritual yang dibutuhkan untuk mengiringi langkah kemajuan karir. harapan. Selain itu. Tujuan mengenal diri untuk pengembangan karir adalah mengenal apa potensi-potensi. mengenal diri akan menumbuhkan kesadaran dan pengendalian diri. Penyebab utamanya adalah karena banyak orang bersikap untuk memenuhi harapan orang lain. Mengenali diri sendiri adalah belajar untuk menilai dan memahami diri sendiri dengan pikiran jernih tanpa dibebani dengan prasangka. ketakutan dan perasaan-perasaan lain. bakat-bakat. Bila anda benar-benar mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan potensi dan . Banyak orang berhasil lalu mengira mampu melakukan apa saja. 2. Mereka menganggap orang lain dan lingkungan sebagai sumber kegagalan. Mereka tak mau mengakui bahwa ada batas-batas yang tak mungkin dilalui. banyak orang menjadi apa yang dikatakan orang lain dan menganggapnya itu sesuai dengan dirinya. Apakah anda bersedia menjadi diri anda sendiri? Banyak orang mengaburkan arti menjadi “diri sendiri” dengan “semaunya sendiri”. Jujur pada diri sendiri adalah bersedia untuk menerima segala sesuatu apa adanya. Menjadi diri sendiri melalui proses mengenal diri adalah menumbuhkan pengendalian diri karena dalam mengembangkan dirinya seseorang harus senantiasa berjalan pada potensipotensi yang dianugerahkan padanya. Banyak orang merasa mandek dalam kariernya.

Orang yang suka meniru-niru orang lain adalah cerminan orang yang tidak memiliki kepribadian tinggi. Kita akan memilih dan memilah jalan hidup tanpa harus dihantui perasaan minder atau sebagainya terhadap apa yang datang dari luar.bakat.” Sebesar apa pun ikan hiu. berarti kita harus mem‟beo‟ akan apa saja yang dilakukan oleh si-ikan hiu tersebut. Kegiatan di atas hanya selembar kegiatan alternatif untuk mengenal titik-titik potensi yang memicu kebahagiaan dalam diri (bila sekarang anda masih bisa merasakan gairah atas kegiatan anda di masa lalu. Akibatnya. mereka selalu meniru apa saja yang datang dari luar diri mereka. Sayangnya pesona besarnya ikan hiu. maka setiap kali itu pula gaya . Dan. maka itu adalah gairah yang muncul dari potensi diri anda. Dia akan selalu terombang-ambing. Namun setidaknya. dengan sedikit demi sedikit menguak apa yang ada dalam diri. ternyata lebih menggiurkan sebagian masyarakat nigeri ini. anda akan menemukan kegembiraan dan energi yang luar biasa besar. ketimbang menjadi ekor ikan hiu. Kasus merebaknya gaya hidup hidonisme adalah buah yang harus kita terima saat ini karena mala-praktek gaya hidup yang kita terapkan.) Tentu takkan cukup lima point kegiatan di atas untuk benar-benar mengenal diri. anda akan menemukan sesuatu hal aturan sederhana: bahwa hanya dengan menjadi diri sendirilah seseorang menemukan kebahagiaan sejatinya. Sebaliknya. “Menjadi kepala ikan teri itu jauh lebih baik. antara yang pantas ditiru dan yang ditinggalkan atau antara perkara primer dan skunder. Padahal ada pepatah mengatakan. ketika kita menjadi kepala ikan teri. Setiap muncul mode terbaru. C. maka kita lah yang akan menentuka arah perjalanan hidup kita sendiri. karena mengenal diri adalah proses yang terus berjalan – bahkan hingga akhir hayat. tidak sedikit orang yang tidak percaya diri dengan identitas mereka sendiri. Dia mudah silau dengan apa yang dia temukan dari luar dirinya. tanpa harus berfikir panjang untuk menyaring terlebih dahulu. bukan yang lain. pengembangan diri semestinya bertujuan untuk menemukan kebahagiaan diri yang sejati. manakala kita harus menjadi ekor. Berbangga Menjadi Diri Sendiri Budaya tiru-miniru sepertinya telah menjadi tren hidup masa kini.

Demikian lah penegasan Rosulullah. Sebab. galau kalau-kalau dia akan dihina. Penjajahan terjadi dikarenakan dia tidak bebas mengekspresikan kepribadiannya. identitas-identitas itu hanya tiruan dan turunan dari budaya pop Barat untuk menanamkan gaya hidup bebas. Menyaksikan fenomena tersebut. terdapat lah dua ekor keledai yang tengah melakukan perjalanan. kebebasan sejati. “Man tasyabbaha biqaumin fahuwa minhu. sehingga semakin ringan lah beban yang ia pikul. Selain itu. Dia resah dengan gelar “jomblo”. . Kita mengaku Muslim. Ketakutan macam ini lah yang menyebabkan dia menjadi santapan empuk penjajahan dalam versi lain. Ceritanya.hidupnya berubah. Tidak tanggung-tanggung. di pertengahan jalan keduanya menjumpai telaga. dia harus menjaga kekonsistensiannya di dalam melakukan segala hal. Selanjutnya. Karena merasa haus. Padahal. Kita bangga berbahasa Inggris. Anak-anak remaja kita malu jika tidak memiki pacar. tetapi tidak tahu sumber-sumber ilmu pengetahuan asli dari kandungan al-Quran. ketenangan. Padahal. sebab kepuasan yang mereka rasakan hanya bersumber dari hawa nafsu yang menguasai mereka. salah satu rumus kesuksesan seseorang. dicemooh dikarenakan tidak mengikuti tren yang tengah berkembang.” (Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum tersebut). si-keledai yang memikul garam langsung masuk ke telaga guna minum. Singkat cerita. garam yang berada di punggungnya sedikit demi sedikit mencair. Seolah-olah sebutan itu adalah aib dan mencemarkan nama baik keluarga. dan satu yang lain membawa karang. tetapi membaca Kitab Suci saja hanya terjemahan. menetapkan diri sebagai objek penjajahan adalah beban lain yang harus ditanggung oleh orang yang „doyan‟ tiru-meniru ini. Ada sebuah cerita menarik yang terdapat dalam kitab “Qiraa‟atu Al-Rasyidah”. Tidak ada konsistensi dalam dirinya. Tentu lah pribadi macam ini akan sulit menggapai kesuksesan. Nabi sendiri telah menegaskan dengan keras. takut. agar kaum muslimin terhindar dari kebiasaan macam ini. Satu di antara keduanya membawa garam. kepuasaan sejati itu ada di hati. beliau mengecam umat Islam yang memiliki pola hidup macam ini. Dan ternyata bersamaan dengan itu. dan menetapkan mereka sebagai bagian dari kaum yang mereka ikuti. sudah tentu mereka yang mengalami hal ini tidak akan merasakan kesenangan. melalui sabdanya. si-keledai yang membwa karang tanpa pikir panjang juga langsung menyebur pula ke dalam telaga. kenyamanan. Dia selalu khawatir.

Anda dituntut untuk mengenali hal-hal yang bersifat non-fisik seperti bagaimana . Semoga kisah unik ini menjadi inspirator kita untuk menjadi diri sendiri. Jadilah menjadi diri yang berbeda Sadarilah bahwa Anda berbeda dengan orang lain. karena baik bagi orang lain. Anda tentu juga mengetahui secara pasti tempat dan tanggal lahir Anda. apa warna rambut dan kulit Anda. dan apa pekerjaan Anda. Kita memang banyak kekurangan. atau bagaimana bentuk mata Anda. Syukuri segala apa yang ada di tanggan kita dan berusaha memaksimalkannya untuk menghasilkkan sesuatu yang terbaik. Dan hal ini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Lalu apa kiatnya untuk menuju ke sana? Syukur Syukur menjadi kata kunci untuk menjadi diri sendiri. baik secara fisik maupun psikis (kejiwaan). Namun apa yang terjadi kemudian? Bukannya tambah ringan. Kenalilah diri sendiri Secara fisik anda tentu telah mengenali diri Anda dengan baik.Harapannya tentu untuk menghilangkan rasa haus yang tengah mengerogotinya. dimana tempat tinggal Anda. dan juga sebaliknya. Tetapi hal-hal fisik ini tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. dan meringankan beban yang sedang yang dipikulnya. Cara Menjadi Diri Sendiri 1. Kesadaran seperti ini akan membantu Anda merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi Anda yang sesungguhnya. Setiap orang memiliki ciri khas dan karakter masing-masing. Anda tidak merasa risau dengan keberadaan orang lain. namun tambah beratlah bebannya tersebut. tapi jangan sampai kekurangan tersebut menjadikan kita minder dalam menatap kehidupan. tapi justru penuh terisi air. Misalnya berapa tinggi dan berat tubuh Anda. Jangan pernah kita silau dengan apa yang datang dari luar. Hal ini menyiratkan bahwa di satu sisi Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain tetapi di sisi lain Anda juga mempunyai kekurangan dibanding orang lain. D. 2. sebab karang yang dia bawa bukannya mencair. belum tentu bagi kita.

Sekalipun Anda punya kekurangan. 4.sifat. Lebih baik gali kelebihan Anda untuk menutupi kekurangan Anda. 3. Mintalah bantuan orang lain yang mengenal Anda untuk mengevaluasi diri. bagaimana dengan orang lain? . Tak perlu repot membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain. Anda tidak boleh menilai buruk dan membenci diri sendiri. kebiasaan. Ini mencakup berbagai aspek baik fisik maupun non fisik. Evaluasi Diri Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri untuk mencapai apa yang Anda inginkan. watak. Jika Anda merasakan kekurangan di satu sisi maka Anda harus berusaha membenahinya. Jadi Anda akan mendapatkan penilaian obyektif tentang diri Anda dan hal ini bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan diri. Jika Anda selaludibayang-bayangi kelemahan Anda. Namun jangan sekalipun menyesalinya. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap berbagai hambatan maupun hal yang memperlancar kesuksesan Anda. 5. Maka Anda harus memulainya dari diri Anda. Jika Anda saja sudah tidak menghargai diri sendiri. Toh disamping kekurangan. Anda akan kesulitan menerima dan menghargai diri sendiri. Anda juga punya potensi lain dan kelebihan. Dari hal-hal seperti inilah kualitas diri Anda terbentuk. bagaimana sifat dan karakter Anda. Dan jangan sampai Anda menempuh 'jalan pintas' untuk merubah diri Anda. Hargai diri sendiri Berpikirlah positif tentang diri Anda. Misalnya bagaimana cara bicara dan berpakaian Anda. Jangan menyesali diri Setiap orang tak lepas dari kelemahan dan kekurangan. dan kepribadian Anda.

jangan dilakukan. jangan dilakukan. Tapi tentu saja Anda tidak bisa puas hanya dengan rasa pede. Anda harus didukung oleh sikap dan pemikiran yang realistis. Artinya Anda harus menyadari bahwa Anda tidak mungkin bisa menyamai orang lain. Jadilah diri sendiri dengan miliki cita-cita yang jelas dan berasal dari keinginan kita sendiri. Kepercayaan diri ini memudahkan Anda menjadi diri sendiri. Jika bertentangan dengan prinsip. hukum maupun norma. Bukan ikut-ikutan atau paksaan. Bergaul dengan orang-orang yang positif .6. Percaya diri Pede atau rasa percaya diri yang Anda miliki bisa menjadi modal dasar dalam menerima diri sendiri. Anda akan menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja. kepandaian. ataupun kesuksesannya. Anda juga harus terus menggali dan meningkatkan hal-hal meningkatkan rasa pede Anda. Anda yang dapat juga bisa mencapai sukses namun bukan kesuksesan seperti yang orang lain capai. Miliki cita-cita Orang yang punya cita-cita akan terarah hidupnya untuk mengejar apa yang dia impikan. Anda dapat menerima diri Anda sendiri dalam segala suasana dan kondisi apapun.! 7. Karena Anda memiliki kebanggaan yang bersifat pribadi terhadap diri. Terlepas dari hal-hal di atas. Punya prinsip hidup Keyakinan mendalam yang menjadi acuan dalam kehidupan itulah prinsip. Prinsip ini yang akan menjadi pedoman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anda harus menerima dan menghargai diri sebagai pribadi dapat yang memiliki segala kekurangan Anda dan kelebihan. tidak asal ikut-ikutan dan plin-plan dalam mengambil keputusan. tanpa Yang penting. Dan sukses pun siap Anda gapai. Jika sesuatu hal bertentangan atau tidak sejalan dengan cita-cita. Jadi kita punya pegangan. Ingatlah.. 9. Lebih jauh.. Anda menggali kelebihan sendiri mencontek kelebihan orang lain. baik fisik. Dengan demikian. apapun adanya diri Anda.. Nilai-nilai yang bisa diambil menjadi prinsip hidup bisa berasal dari agama. 8.

Karena setiap buah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. saya ingin punya semangat belajar tinggi seperti Habibie. badan sehat dan bugar seperti Ade Rai. Menyemangati kita untuk meraih cita. Ibarat buah. manfaat mengenal kepribadian diri sendiri diantaranya adalah sebagai berikut : * Mengetahui kelebihan yang anda miliki. Oleh sebab itu. atau sebaliknya. Jadikan mereka motivasi dan inspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik. Adapun. Setiap jenis karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. tulisan seindah Habiburahman El Shirazy. Temanteman yang baik akan mendorong kita untuk menjadi diri sendiri. Perbaiki kekurangan anda. Kita tidak bisa menilai bahwa semangka itu lebih baik daripada melon. Manfaat Penting Mengenal Kepribadian Diri Setiap orang memiliki jenis karakter kepribadian yang berbeda-beda. yang dapat anda lakukan adalah jadilah diri anda yang terbaik. . Dan tingkatkan terus kelebihan-kelebihan karakter yang anda miliki. Seharusnya kita adalah paduan dari kebaikan figur-figur teladan yang kita jadikan acuan. Ada figur yang diteladani Contohlah orang-orang terbaik di bidangnya. Misalnya.Siapa teman kita akan menjadi salah satu penentu keberhasilan hidup. Teman bisa membantu kita meraih cita tapi bisa juga merubah kita menjadi pribadi yang berbeda. Meniru kebaikan orang lain sangat dianjurkan tapi jangan menjadi “fotokopian” penampilan seseorang. dan meningkatkannya * Mendeteksi kelemahan yang anda miliki dan memperbaikinya * Mengetahui potensi-potensi diri yang ada pada diri anda dan mengoptimalkannya untuk kesuksesan anda dalam karir dan kehidupan * Menyadarkan diri sendiri bahwa anda masih memiliki banyak kekurangan sehingga pantang untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain. 10.

* Dapat menempatkan diri dalam menjalin relasi dengan orang lain sehingga dapat membantu kesuksesan anda * Mengenal diri sendiri dapat membantu anda untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi. adik. setiap kali kamu membantu orang lain. dengan demikian kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri. sekaligus menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain (suami/isteri. sehingga anda melakukan pekerjaan tersebut dengan bahagia. atasan. Kalau kamu tidak menghormati keputusanmu. kamu juga menolong dirimu sendiri. pasti kamu akan menemukan. rekan kerja.  Bersikaplah Tegas.  Hormatilah Pilihan dan Keputusan Dirimu Sendiri.  Teguhkan Dirimu Bahwa Kamu Sedang Menuju Kesuksesan. anak. atau siapapun juga). kakak. Bahagia karena pekerjaan tersebut cocok untuk anda. * Mengenal kepribadian (personality) diri dapat membantu anda menerima dengan ihlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri.  Bantulah Orang Lain. TIPS “Bangga Menjadi Dirimu Sendiri”  Datalah Kelebihan Dirimu. tetapkan sasaran yang sangat realistis untuk kamu wujudkan. sikap keras akan membantumu dalam mengekspresikan diri secara langsung dan jujur. .  Bertanggungjawablah Terhadap Perilakumu. ternyata kamu memiliki bakat dan keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dan bahagia karena mendapatkan imbalan sepadan terhadap apa yang anda kerjakan dengan sepenuh hati. berpegangteguhlah pada keyakinan yang kamu anggap benar. apalagi orang lain. dengan begitu kamu akan merasa percaya diri dalam bertindak.* Dapat mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling cocok dengan kepribadian karakter anda.  Belajarlah Mengatakan Hal-hal Yang Positif Pada Siri Sendiri.

dengan begitu kamu akan semakin bijak dalam menghadapi persoalan apapun dan tidak sampai terjadi prustasi segala. meskipun ada kemiripan. kita dapat melihat sejumlah potensi itu dalam diri kita maupun dalam diri orang lain. Belajarlah Menyelesaikan Persoalanmu Sendiri. ada juga seorang guru yang diberi kemampuan yang mampu mengelola kelas dan menyampaikan materi pelajarannya dengan baik. dsb. ada juga seorang siswa yang diberi kemampuan dalam memahami setiap pelajaran dengan baik. Tujuan Menjadi Diri Sendiri Setiap manusia diciptakan unik adanya dengan segala potensi atau talenta yang dimilikinya. Oleh karena itu. yaitu suatu kegiatan untuk melihat diri lebih dalam lagi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan (lebih banyak lebih baik) kepada diri sendiri tentang diri kita sendiri dan dari pertanyaan itu . Misalnya ada orang yang diberi kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang memiliki kharisma dan kecakapan memimpin yang baik. Potensi yang dimiliki ini adalah kemampuan-kemampuan yang sudah ia atau kita miliki sejak dalam kandungan. atau diri kita yang memiliki kemampuan untuk menenangkan dan membuat orang lain merasa nyaman manakala orang tersebut sedang sedih. E. ketenangan dan kesiapan mental yang baik diperlukan untuk dapat mengenali potensi diri kita dengan tepat. Tugas kita sebagai manusia adalah mengenali segala potensi yang diberikan Tuhan kepada kita dan menggunakannya dalam melaksanakan tugas hidup kita sehari-hari. Namun tak banyak yang dapat mengetahui dengan persis potensi apa yang dimilikinya. namun baru akan berkembang seiring proses belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari. Pada dasarnya potensi atau talenta tiap-tiap orang itu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan refleksi diri. Sebab seringkali penilaian kita terhadap diri kita sendiri meleset atau melenceng dari apa yang sebenarnya ada pada diri kita. Lalu potensi apa yang aku miliki? Pertanyaan ini nampaknya gampanggampang sulit untuk dijawab. Dalam kehidupan kita.

potensi yang kita miliki juga dapat diketahui melalui serangkaian tes psikologi (bakat) dan kita juga bisa menanyakannya kepada orang-orang terdekat kita. kepada orangtua atau teman dekat kita.diharapkan kita menjawabnya secara jujur dan terbuka. yang dapat menghantarkan kita pada ketenangan/keheningan dan keberfokusan pada diri. Selain dengan merefleksikan diri. misalnya. maka kita perlu mengupayakan tempat atau lingkungan yang kondusif. . Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan efektif.

3. Orang menganggap kita tidak berharga. ia dapat membantu kita meningkatkan kinerja (produktifitas) kita lebih baik lagi dari tugas-tugas atau dari apa yang kita lakukan sehari-hari dalam hidup. potensi itu pulalah yang akan mengarahkan dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan produktifitas hidup kita sehari-hari. 4.Dengan mengetahui potensi diri. Tidak tahu kebutuhan diri sendiri. kita akan merasa lebih percaya diri dalam melaksanakan setiap tugas dalam hidup kita. Tidak bisa bersaing dengan orang banyak di masyarakat. Jadi. Selain itu. 2. Selain itu. Kita juga dapat mengambil keputusan secara tepat menyangkut karier atau hidup kita. secara psikis pribadi kita juga akan merasa nyaman sebab kita mengerjakan sesuatu sesuai dengan potensi yang kita miliki. Tentunya ini akan berpengaruh dalam banyak hal dalam hidup kita. Tidak bisa mandiri. Jalan hidupnya hanya mengikuti alur hidup orang lain. Akibat Tidak Mengenal Diri Sendiri 1. 5. jelaslah bahwa memahami potensi diri itu sangatlah penting dan memang perlu diupayakan oleh setiap pribadi. Potensi atau talenta yang dapat meningkatkan kinerja (produktifitas) hidup kita adalah hasil atau produk dari pengalaman belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari yang sudah kita refleksikan. yang perlu dingat adalah potensi itu bukanlah sebuah produk atau barang yang sudah jadi. 6. terlebih akan nampak dalam kinerja (produktifitas) dari apa yang kita buat atau lakukan atau hasilkan dalam hidup kita sehari-hari. Namun. F. Sebab dengan memahami dan mengetahui potensi atau talenta yang kita miliki itu. Cenderung berdiri dan akhirnya menjadi tidak berani bergaul dengan lingkungan. .

Kesimpulan Setelah kami membahas tentang “be yourself” kami menyimpulkan bahwa jangan pernah minder ataupun kurang percaya diri banggalah pada diri kita sendiri dan percayalah kalau kita itu hebat. Saran Saran dari kami kepada para pembaca untuk jangan kurang percaya diri dan jangan pula terlalu percaya diri. .BAB III PENUTUP A. B. Karena ada pepatah mengatakan “di atas langit masih ada langit” dan “di bawah bumi masih ada bumi”.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->