P. 1
MAKALAH MEMORY CACHE Dan Perkembangannya Saat Ini

MAKALAH MEMORY CACHE Dan Perkembangannya Saat Ini

|Views: 2,430|Likes:
Tentang Memory Cache dan Perkembangannya saat ini.
Tentang Memory Cache dan Perkembangannya saat ini.

More info:

Published by: Hardika Dwi Hermawan STabillo on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2014

pdf

text

original

MAKALAH MEMORY CACHE & PERKEMBANGANNYA SAAT INI

ORGANISASI SISTEM KOMPUTER
Dosen : Muhammad Izzudin M, S.Pd.T

Oleh Kelompok 3 : 1. 2. 3. 4. Hardika Dwi Hermawan Anjar Rokhmi Epi Khoiruningsih Ulfia Nurhalimah Ramadiati 11520241004 11520241014 11520241024 11520241034

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

MAKALAH MEMORY CACHE

BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Tahun 2012 ini semakin terlihat perkembangan teknologi yang sangat cepat, dari produsen operasi system seperti windows tahun ini akan meluncurkan seri windows 8-nya. Perkembangan teknologi memoripun tidak turut kalah pesat untuk mendukung kinerja komputer. Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori kadang kita kenal dengan komputer storage, komputer memory atau memory, yang merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). Kemampuan kinerja komputer sangat didukung oleh kinerja memorinya, dalam hal ini memory cache merupakan memori utama yang sangat mempengaruhi kecepatan akses data. 2. Tujuan Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui dan lebih memahami tentang memory cache serta perkembangannya dalam processor yang ada saat ini.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 1

MAKALAH MEMORY CACHE

BAB II PEMBAHASAN 1. Pengertian Memory Cache

Gambar 1 : Cache System

Cache berasal dari kata cash yakni sebuah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut Cache Memory adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak antara register dan memory utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama. Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanan sementara untuk beberapa file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network). 2. Jenis-Jenis Memory Cache Cache umumnya terbagi menjadi beberapa jenis, seperti L1 cache, L2 cache dan L3 cache. Cache yang dibangun ke dalam CPU itu sendiri disebut sebagai Level 1

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 2

MAKALAH MEMORY CACHE

(L1) cache. Cache yang berada dalam sebuah chip yang terpisah di sebelah CPU disebut Level 2 (L2) cache. Beberapa CPU memiliki keduanya, L1 cache dan L2 builtin dan menugaskan chip terpisah sebagai cache Level 3 (L3) cache. Cache yang dibangun dalam CPU lebih cepat daripada cache yang terpisah. Namun, cache terpisah masih sekitar dua kali lebih cepat dari Random Access Memory (RAM). Cache lebih mahal daripada RAM tetapi motherboard dengan built-in cache sangat baik untuk memaksimalkan kinerja sistem. 3. Fungsi dan Manfaat Cache Memory Cache berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau instruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Manfaat lain dari cache memory adalah bahwa CPU tidak harus menggunakan sistem bus motherboard untuk mentransfer data. Setiap kali data harus melewati bus sistem, kecepatan transfer data memperlambat kemampuan motherboard. CPU dapat memproses data lebih cepat dengan menghindari hambatan yang diciptakan oleh sistem bus. Funsgi Cache L1: o Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 3

MAKALAH MEMORY CACHE

Fungsi Cache L2: o Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor 4. Proses Baca Tulis Pada Memory Cache Dalam mekanisme kerjanya, data yang akan diproses oleh prosesor, pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache, kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidak ada. Lebih jelasnya proses baca tulis data yang dilakukan oleh prosesor ke memori utama dapat dijelaskan sebagai berikut: Ketika data dibaca/ditulis di memori utama (RAM) oleh prosesor, salinan data beserta address-nya (yang diambil/ditulis di memori utama) disimpan juga di cache. Sewaktu prosesor memerlukan kembali data tersebut, prosesor akan mencari ke cache, tidak perlu lagi mencari di memori utama. Jika isi cache penuh, data yang paling lama akan dibuang dan digantikan oleh data yang baru diproses oleh prosesor. Proses ini dapat menghemat waktu dalam proses mengakses data yang sama, dibandingkan jika prosesor berulangulang harus mencari data ke memori utama. Secara logika, kapasitas cache memory yang lebih besar dapat membantu memperbaiki kinerja prosesor, setidak-tidaknya mempersingkat waktu yang diperlukan dalam proses mengakses data. Operasi Cache • • CPU meminta isi suatu lokasi memori Memeriksa apakah data terdapat di cache

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 4

MAKALAH MEMORY CACHE

• •

Jika ada di cache, ambil data dari cache (cepat) Jika tidak ada di cache, copy isi memori ke cache dan kirimkan data yang diminta ke CPU (lambat).

Cara kerja Cache adalah : • • • Ketika CPU mengakses memori maka system penyimpanan akan mengirim alamat fisik cache Membandingkan alamat fisik tersebut dengan semua tag alamat untuk mengetahui apakah ia menyimpan kopi dari sebuah data. Cache HIT adalah situasi yang terjadi ketika peralatan meminta akses memori ke word yang telah ada didalam memori cache tersebut secara cepat megembalikan item data yang diminta. • Cache MISS adalah situasi yang terjadi ketika peralatan meminta akses ke data yang tidak berada dalam cache, cache akan menjemput item tersebut dari memori, dimana hal ini mebutuhkan waktu yang lebih lama dari cache hit. • • Jika cache tidak menyimpan data, maka akan terjadi cache miss dan cache akan menyampaikan alamat ke system memori utama untuk membaca. Jika data yang dating dari memori utama, maka CPU atau cache akan menyimpan kopinya dengan diberi tag alamat yang tepat 5. Perkembangan Memory Cache pada Proccessor Perkembangan prosesor saat ini sudah terintegrasi L3, setelah dual core Pentium 4 L3 mulai digunakan hingga ke processor intel i3,i5,i7 sudah support L3 yaitu para processor yang mempunyai inti (core) lebih dari satu. Pada tahun 2008, intel mengeluarkan Intel Atom Processor 230 yang masih menggunakan memory cache L1 dan L2 yang memiliki kapasitas 512 KB.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 5

MAKALAH MEMORY CACHE

Selanjutnya, pada Tahun 2011 Intel mengeluarkan Proseccor intel i7 yang sudah terintegrasi L3 dengan kapasitas hingga 6MB yang dikenal dengan Intel Smart Cache.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 6

MAKALAH MEMORY CACHE

Di tahun 2012 ini, intel kembali mengeluarkan Intel Core i7-3920XM Processor Extreme Edition yang memiliki Cache memory hinngga 8MB.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 7

MAKALAH MEMORY CACHE

BAB III PENUTUP 1. KESIMPULAN Cache memori adalah memori kecepatan tinggi, tetapi berukuran kecil, yang digunakan untuk menyimpan salinan data / instruksi yang sering diakses oleh CPU. Cache memory merupakan memori sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer, yaitu meningkatkan efisiensi kerja CPU dan mengurangi waktu yang terbuang. Proccessor saat ini telah dilengkapi memory cache yang kapasistasnya lebih besar dan jelas memiliki kinerja lebih baik, processor saat ini seperti intel i3,i5, dan i7 telah mendukung cache hingga L3.

MEMORY CACHE/OSK./E/PTI./FT/UNY

Halaman 8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->