P. 1
Produk

Produk

|Views: 126|Likes:
Published by Sofi Christiana

More info:

Published by: Sofi Christiana on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2015

pdf

text

original

MANAJEMEN PEMASARAN

Nori Rahma Windini Sofi Christiana Hezar Nurdianti

120110090065 120110090121 120110090127

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN 2012

termasuk di dalamnya kemasan.p. produk dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. diantaranya pendapat yang dikemukakan oleh Kotler.451).I. yaitu : . Potential product (namely all of the argumentations and transformations that this product that ultimately undergo in the future) yaitu semua argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk dimasa datang. Menurut Stanton. harga. Lima Tingkatan Produk Menurut Kotler (2003:408): a. d. sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli. suatu produk adalah kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata. c. Core benefit (namely the fundamental service of benefit that costumer really buying) yaitu manfaat dasar dari suatu produk yag ditawarkan kepada konsumen. dibeli. II. warna. (1996:222). e. Pengertian produk Produk menurut Kotler dan Amstrong (1996:274) adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian. Klasifikasi Produk Banyak klasifikasi suatu produk yang dikemukakan ahli pemasaran. Berdasarkan wujudnya. yaitu: 1. Basic product (namely a basic version of the product) yaitu bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh panca indra. b. Augmented product (namely that one includes additional service and benefit that distinguish the company’s offer from competitor’s offer) yaitu sesuatu yang membedakan antara produk yang ditawarkan oleh badan usaha dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing. Expected product (namely a set of attributes and conditions that the buyers normally expect and agree to when they purchase this product) yaitu serangkaian atribut-atribut produk dan kondisi-kondisi yang diharapkan oleh pembeli pada saat membeli suatu produk. Menurut Kotler (2002. Menurut Tjiptono (1999:95) secara konseptual produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas “sesuatu” yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen. produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama. kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.

Produknya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik. Dengan kata lain. yaitu : a. Contohnya lemari es. dirasa. Berdasarkan tujuan konsumsi yaitu didasarkan pada siapa konsumennya dan untuk apa produk itu dikonsumsi. . surat kabar. dibutuhkan dalam waktu segera.486) juga mendefinisikan jasa sebagai berikut : “ Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain. pakaian dan lain-lain. disimpan.Convenience goods Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli). diraba atau disentuh. yaitu: a) Barang konsumsi (consumer’s goods) Barang konsumsi merupakan suatu produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut. Berdasarkan aspek daya tahannya produk dapat dikelompokkan menjadi dua. dan perlakuan fisik lainnya. maka produk diklasifikasikan menjadi dua. dan sebagainya. dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. mesin cuci. hotel dan sebagainya. b) Jasa Jasa merupakan aktivitas. dipegang. umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun.451). Contohnya antara lain produk tembakau. Barang tahan lama (durable goods) Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun lebih).a) Barang Barang merupakan produk yang berwujud fisik. sehingga bisa dilihat. bukan untuk tujuan bisnis”. 2. yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apa pun. dipindahkan. salon kecantikan. Barang tidak tahan lama (nondurable goods) Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Seperti halnya bengkel reparasi. Contohnya: sabun. ”barang konsumsi adalah barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen akhir sendiri (individu dan rumah tangga). p. manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual (dikonsumsi pihak lain). sabun. minuman kaleng dan sebagainya. Kotler (2002. pasta gigi. Pada umumnya barang konsumsi dibedakan menjadi empat jenis : . b. 3. p. Menurut Kotler (2002.

kemudahan dipergunakan dan diperbaiki. tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. sedangkan atribut yang tidak berwujud diantaranya: harga. jasa atau layanan dan kualitas. pakaian. serta atribut bernilai yang lain Menurut American Society for Quality Control. III. ketepatan. . tanah kuburan dan sebagainya.Specialty goods Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. mobil bekas dan lainnya. ukuran. furniture. kehandalan. warna. Menurut Tjiptono (2001 : 103) memberikan definisi atau pengertian atribut produk sebagai unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk meliputi: merek. termasuk keawetan. b) Barang industri (industrial’s goods) Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. kamera Nikon dan sebagainya. Contohnya alat-alat rumah tangga. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali. . jaminan. Unsur-unsur atribut produk: (1) Mutu/ kualitas produk adalah kemampuan produk untuk melaksanakan fungsinya.- Shopping goods Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Atribut berwujud meliputi: desain. artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari sebuah produk atau jasa . kualitas adalah “the totality of features and characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy given needs”. pakaian rancangan orang terkenal. ensiklopedia. kemasan dan sebagainya. Contohnya asuransi jiwa. Atribut produk Kotler (2003 : 127) memberikan definisi atau pengertian atribut produk sebagai unsurunsur yang melekat pada sebuah produk berwujud maupun produk tidak berwujud. Misalnya mobil Lamborghini. kemasan.Unsought goods Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui. pelayanan dan sebagainya.

Conformance to specifications (kesesuaian dengan spesifikasi). Dimensi kualitas produk tersebut terdiri dari : 1. yang berarti berapa lama atau umur produk yang bersangkutan bertahan sebelum produk tersebut harus diganti. 3. perusahaan harus mengerti aspek dimensi apa saja yang digunakan oleh konsumen untuk membedakan produk yang dijual perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Performance (kinerja). precision. Dimensi Kualitas Produk Menurut Mullins. Larreche. 4. . Durability (daya tahan). it includes the product’s overall durability. reliabilitas. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. suatu produk dengan penampilan terbaik atau bahkan dengan tampilan lebih baik bukanlah merupakan produk dengan kualitas tertinggi jika tampilannya bukanlah yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar. p. reliability. Definisi ini merupakan pengertian kualitas yang berpusat pada konsumen sehingga dapat dikatakan bahwa seorang penjual telah memberikan kualitas bila produk atau pelayanan penjual telah memenuhi atau melebihi harapan konsumen. ketepatan. hal itu termasuk keseluruhan durabilitas. ease of operation and repair.422) apabila perusahaan ingin mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam pasar. Akan tetapi. Menurut Kotler and Armstrong (2004. yaitu sejauh mana karakteristik operasi dasar dari sebuah produk memenuhi spesifikasi tertentu dari konsumen atau tidak ditemukannya cacat pada produk. Semakin besar frekuensi pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin besar pula daya tahan produk. and other valued attributes” yang artinya kemampuan sebuah produk dalam memperagakan fungsinya. Oleh karena itu perusahaan berusaha memfokuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing. dan Boyd (2005. Orville.yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat.283) arti dari kualitas produk adalah “the ability of a product to perform its functions. adalah karakteristik produk yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi produk atau menambah ketertarikan konsumen terhadap produk. berhubungan dengan karakteristik operasi dasar dari sebuah produk 2. kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainnya. p. Features (fitur).

(c) Untuk membina citra. Bila produk bisa dengan mudah ditiru pesaing. . yaitu: . Reliabilty (reliabilitas). Produk hanyalah sesuatu yang dihasilkan pabrik. Aesthetics (estetika).Merek harus menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk dan pemakainya. jaminan kualitas. Perceived quality (kesan kualitas). Agar suatu merek dapat mencerminkan makna-makna yang ingin disampaikan. Ada perbedaan yang cukup besar antara produk dan merek. 7. . sehingga sesungguhnya persaingan yang terjadi antar perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan sekedar pertarungan produk. Sebagai daya tarik produk. sering dibilang merupakan hasil dari penggunaan pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena terdapat kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kekurangan informasi atas produk yang bersangkutan. simbol/lambang. Semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan maka produk tersebut dapat diandalkan. istilah. reputasi. Merek berkaitan erat dengan persepsi. (2) Merek merupakan nama. maka merek selalu memiliki keunikan yang relatif sukar dijiplak. Merek sendiri digunakan untuk beberapa tujuan. Merek memegang peranan penting dalam pemasaran. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat berbelanja dan saat melakukan pembelian ulang. Yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu perusahaan dengan produk pesaingnya. persepsi konsumen terhadap produk didapat dari harga. Merek yang baik juga menyampaikan jaminan tambahan berupa jaminan kualitas. yaitu: (a) Sebagai identitas. (b) Alat promosi. manfaat. (d) Untuk mengendalikan pasar. berhubungan dengan bagaimana penampilan produk bisa dilihat dari tampak. warna. sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli konsumen. Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciri-ciri. adalah probabilitas bahwa produk akan bekerja dengan memuaskan atau tidak dalam periode waktu tertentu.5. serta prestise tertentu kepada konsumen. periklanan.Merek harus khas atau unik. bau. dan bentuk dari produk. maka ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan. atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing. dan Negara asal. merek. desain. Memberikan keyakinan. rasa. dan jasa tertentu kepada para pembeli. gerak. tanda. 6. Jadi.

frekuensi pemakaian yang optimal.Merek harus mudah diucapkan.(3) . Karena banyak orang menerima pesan . membujuk. Pengemasan (packaging) merupakan proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah (container) atau pembungkus (wrapper) untuk suatu produk. dan sebagainya). . Kemasan seringkali pula memastikan peranan fungsional yang penting. dan diingat.Merek harus dapat menyesuaikan diri (adaptable) dengan produk-produk baru yang mungkin ditambahkan ke dalam lini produk. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Informasi tersebut meliputi cara menggunakan produk. seperti memberikan kemudahan. IV. komposisi produk.Merek tidak boleh mengandung arti yang buruk di negara dan dalam bahasa lain. yaitu: (a) Manfaat Komunikasi. Air mineral seperti Aqua diberi kemasan yang berwarna biru muda untuk memberikan persepsi bahwa produknya segar dan sehat (Berkowitz et al. Promotion Tools Alat komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan. Advertising (Iklan) memiliki beberapa sifat :  Presentasi umum: Periklanan yang bersifat umum itu memberikan semacam keabsahan pada produk dan menyarankan tawaran yang terstandardisasi. 1992). (c) Manfaat Perseptual. dikenali. barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.Merek harus menggambarkan kualitas produk. perlindungan. Lima jenis Promotion tools : 1. Manfaat utama kemasan adalah sebagai media pengungkapan informasi produk kepada konsumen. Kemasan juga bermanfaat dalam menanamkan persepsi tertentu dalam benak konsumen. dan penyimpanan. . dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Pemberian kemasan pada suatu produk bisa memberikan tiga manfaat utama. Informasi lainnya berupa segel atau simbol bahwa produk tersebut halal dan telah lulus pengujian/disahkan oleh instansi pemerintah yang berwenang. .. (b) Manfaat Fungsional. dan informasi khusus (efek sampingan. Advertising (Periklanan) Advertising (Iklan) adalah setiap bentuk alat penyajian komunikasi promosi nonpersonal atas ide.

 Tersebar luas: Periklanan adalah medium yang berdaya sebar luas yang memungkinkan penjual mengulang pesan berkali-kali. dan keberhasilan penjual. menciptakan dan memelihara citra perusahaan. Iklan hanya mampu melakukan monolog. pembeli mengetahui bahwa motif mereka untuk membeli produk tersebut akan dimaklumi oleh umum. dorongan.yang sama. Tidak bersifat pribadi: Audiens tidak merasa wajib untuk memperhatikan atau menanggapi. Periklanan berskala besar oleh seorang penjual menyiratkan hal yang positif tentang ukuran. Hal seperti ini dilakukan oleh bagian humas. kekuatan. Promosi diarahkan kepada konsumen atau perdagangan. Sales Promotion memiliki beberapa manfaat :    Komunikasi: Promosi penjualan menarik perhatian dan biasanya meinberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen ke produk bersangkutan. atau kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen. . suara. 2. dengan audiens. Insentif Promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan. memandu manajemen sehubungan dengan isu-isu publik.   Ekspresi yang lebih kuat: Periklanan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan. dukungan publisitas produk. karyawan dan stakeholder yang berbeda. Perusahaan tidak dapat bertahan tanpa berinteraksi denganmemiliki pelanggan. Sales Promotion Promosi merupakan alat yang digunakan untuk menaikkan penjualan jangka pendek. 3.. menangani masalah dengan anggota parlemen. Ajakan: Promosi penjualan merupakan ajakan untuk melakukan transaksi pembelian sekarang. Fungsi utama dari humas adalah untuk menangani siaran pers. Public Relation Merupakan berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya. dan warna yang penuh seni. Tujuannya untuk dapat menciptakan insentif untuk membeli bagi para konsumen. Perusahaan menggunakan alat-alat promosi penjualan untuk menciptakan tanggapan yang lebih kuat dan lebih cepat. Promosi penjualan dapat digunakan untuk mendapatkan akibat jangka pendek seperti mendramatisir tawaran produk dan mendorong penjualan yang lentur. bukan dialog. iklan juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari berbagai pesaing.

4. Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya: Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan. menjawab pertanyaan. keyakinan.Perusahaan-perusahaan mencari cara untuk bertemu dengan fungsi pemasaran dan hubungan masyarakat dalam pemasaran hubungan masyarakat. Pemasar cenderung kurang menggunakan hubungan masyarakat. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan lebih dekat. Tanggung jawab langsung dari hubungan pemasaran publik adalah untuk mendukung kegiatan branding perusahaan dan produk. Dramatisasi: Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk. Penjualan personal memiliki tiga ciri khusus:  Konfrontasi personal: Penjualan personal mencakup hubungan yang hidup. Penjualan personal adalah alat yang paling efektif-biaya pada tahap proses pembeliar lebih l anjut. terutama dalam membangun preferensi. langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih.  Tanggapan: Penjualan personal membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga. Pemasaran langsung dapat digunakan untuk .  Mempererat: Penjualan personal memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungar mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan. Publik relation memiliki beberapa kelebihan antara lain :    Kredibilitas yang tinggi: Ceritera dan gambar mengenai beritanya lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan. dan tindakan pembeli. Direct Marketing Merupakan bentuk alat komunikasi pemasaran secara langsung tanpa menggunakan perantara (disebut sebagai pemasaran langsung). dan menerima pesanan. tetapi program hubungan masyarakat yang direncanakan dengan baik dan dikoordinasikan dengar elemen bauran promosi yang lain dapat menjadi sangat efektif. 5. Personal Selling Merupakan bentuk komunikasi pemasaran dengan cara berinteraksi langsung dengan satu calon pembeli atau melakukan presentasi. Wiraniaga biasanya sudah benar-benar mengetahui_ minat pelanggan yang terbaik.

Pemasaran langsung mengurangi biaya bagi perusahaan. Interaktif: Pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut . dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung untuk mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu. e-mail. telepon. Pemasaran langsung lebih menghemat waktu. Pemasaran langsung bersifat:     Nonpublik: Pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu. Disesuaikan: Pesan dapat disiapkan untuk menarik orang yang dituju.menyampaikan pesan atau jasa. Terbaru: Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat. fakximil. serta membuat kesan secara personal. pemasaran catalog. Pemasaran langsung ini dapat dilakukan dengan tatap muka langsung. Pemasaran langsung telah menunjukkan pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu. Honda jazz dapat diklasifikasikan menjadi barang tahan lama (durable goods) karena pemakaiannya bias lebih dari satu tahun. Dengan kecepatan yang dapat dicapai mobil tipe ini. Berdasarkan tujuan konsumsi. . Konsumen bisa menempuh jarak jauh dalam waktu yang singkat sehingga ini akan sangat menghemat waktu konsumen dan ini juga bisa mendukung urusan konsumen sehari-hari. Kualitasnya tidak diragukan lagi karena sudah banyak konsumen yang membuktikan ketangguhan mesinnya. tentu saja konsumen bisa memperoleh efisiensi dalam mobilitas.200 cc. Kualitas Mesin Honda Jazz merupakan pilihan yang tepat karena mobil tersebut memiliki kualitas yang baik serta menjadi salah satu opsi dalam perburuan kendaraan jenis city car. namun konsumen tetap harus memperhatikan peraturan lalu lintas yang ada sehingga keselamatan diri konsumen dan orang lain bisa tetap terjaga.300 cc. karena memiliki wujud fisik. konsumen bisa melakukan perjalanan jarak jauh nonstop dan dalam perjalanan seperti itu. Mobil ini bisa menemani konsumen melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi dan konsumen tetap akan mendapatkan kestabilan dalam berkendara. Honda jazz termasuk ke dalam Shopping goods. Atribut Produk 1. konsumen akan tetap mendapat kenyamanan karena mesinnya bekerja dengan sangat lembut dan tidak membuat goncangan. karena dalam proses pemilihan pembeliannya. Secara spesifik. Walaupun. atau i-DSI/VTEC 1500 cc yang sangat berkualitas dan irit bahan bakar. Dengan mobil ini. Mesin yang digunakan adalah mesin i-DSI 1. mobil ini bisa mencapai kecepatan tinggi. Honda jazz dapat diklasifikasikan menjadi consumer’s goods (barang konsumsi).ANALISIS PRODUK. produk Honda jazz dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok barang. karena mobil adalah barang yang langsung dapat digunakan oleh konsumen secara langsung tanpa mlalui proses lebih lanjut untuk mendapatkan manfaatnya.HONDA JAZZ I. II. Klasifikasi produk: Berdasarkan wujudnya. konsumen bisa mebuktikan sendiri bahwa banyak pengguna Honda Jazz puas dengan kecepatan yang dicapai oleh city car ini. Berdasarkan aspek daya tahannya. untuk kecepatannya. konsumen membandingkannya dengan berbagai alternatif yang tersedia. i-DSI 1.

konsumen bisa mendapatkan banyak varian warna dan seri untuk mobil jenis ini. . Harga Harga Honda Jazz jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan jenis SUV seperti Honda CRV. Ada dua bagian untuk desain mobil ini yang bisa konsumen tinjau disini. Berikut daftar harga Honda Jazz tahun 2012 versi salah satu dealer mobil Honda di Jakarta 4. 3. Selain itu. merah muda. mobil ini dirancang dengan sangat nyaman dengan kursi yang memberi kenyamanan untuk pengendara dan juga penumpangnya. pelayanan juga jangan sampai terputus sampai disitu. untuk desain exteriornya. tetapi mobil ini juga dirancang sedemikian rupa untuk mencapai kemewahan dalam berkendara. karena keduanya memiliki desain serta spesifikasi yang berbeda pula. silver. konsumen bisa mendapatkan perangkat audio sehingga konsumen bisa menikmati musik saat berkendara dan menjadikan suasana yang lebih yaman di dalam mobil. Selain itu. Desain interior dan exterior Honda Jazz tidak hanya didesain untuk memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen saja. Kemudian. Pelayanan Kemudian. tiap-tiap bengkel resmi harus disediakan sarana dan prasarana yang mampu menunjang kebutuhan perawatan mobil pelanggan. kata Jonfis. Saat ini varian yang beredar pada bursa otomotif Indonesia adalah New Jazz S (MT/AT) dan New Jazz RS (MT) dan dengan harga yang berbeda pula. Honda Jazz dapat dilihat memiliki nilai prestos yang tinggi. Keindahan desain luarnya akan bisa menarik perhatian banyak orang. paparnya. dan lain sebagainya. Misalnya saja. Untu desain interiornya. pada bagian muka. Warna yang bisa dipapatkan misalnya putih. Desain yang elegan dan mewsah di bagian luar dan dalam akan meberikan kepuasan tersendiri untuk para penggunanya. Pihak pemegang merek (ATPM) harus bisa memberikan jasa layanan after sales service dengan menyediakan perawatan dan ketersediaan suku cadang yang baik bagi pelanggan tersebut.2. Semua tools yang dalam kondisi baik dan ketersediaan suku cadang tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan ketika melakukan servis berkala. biru.

Fitur a. Fitur EDB (Electronic Brake Force Distribution). Sensasi F1 di ujung jari mu (Tipe RS . Advertising Dalam melakukan advertising Honda Jazz telah melakukan beberapa hal :  Membuat iklan di tv dengan memperlihatkan fitur mesin yang dimilikinya serta keragaman warna yang disukai banyak kalangan. Warna Honda jazz tersedia dalam berbagai warna. dengan kemudahan melakukan perpindahan gigi tanpa harus memindahkan tangan dari kemudi. Crulean Blue Metallic. Teffeta White. Crystal Black Pearl.201 botol air mineral ukuran 600ml atau mencapai 1321 liter.AT) Paddle-shift memberikan sentuhan F1. Powerfull Yet Efficient Mesin 1. Torque Boost Resonator Teknologi asli Honda yang meningkatkan torsi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas. Mengoptimalkan daya cengkram roda. 6. Merek Mobil Honda jazz berasal dari merek mobil Honda asal jepang. . Promotion tools 1. III. Polished Metal metallic.Dengan melipat semua kursi belakang. diantaranya: Helios Yellow Pearl.5. sehingga menghasilkan tenaga hebat namun hemat bahan bakar. d. Alabaster Silver Metallic. 7. c.5 liter i-VTEC All New Honda Jazz menggabungkan efesiensi bahan bakar mesin DSI dengan performa menakjubkan mesin V-TEC Kolaborasi sempurna tersebut di lengkapi juga oleh kadar emisi berstandar EURO 4 b. kargo bisa menampung 10 Golf Bag Profesional atau 2. e. World class safety Honda ABS ( anti_lock Breaking System) meningkatkan stabilitas kontrol kemudi saat pengereman darurat atau dikondisi jalan yang licin. Big Cargo Nikmati kapasitas kargo yang menakjubkan (384 liter*). Sementara fitur BA (brake assist) membantu pengereman agar lebih efektif.

Personal Selling Mendatangi komunitas-komunitas penyuka mobil dengan mempromosikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki . Sales Promotion Memberikan bunga dengan cicilan yang rendah kepada pelanggan Menawarkan penawaran asesoris tambahan dengan harga spesial setiap pembelian Menawarkan asuransi Mengadakan test drive 3.             Memasang iklan di billboard dengan menampilkan fitur/kelebihan yang dimilikinya Menyebarkan flyer/brosur ke masyarakat Memasang iklan (poster) di tempat-tempat umum (contoh : bengkel. Public Relation Membuat acara launching untuk produk yang baru Menyediakan pelayanan dengan ramah Memudahkan pelanggan dalam proses penjualan (mendatangi rumah pelanggan untuk dapat menjelaskan secara langsung) Mengadakan pameran 4. pusat perbelanjaan) Iklan di majalah 2.

html http://insidewinme.belihondamobil.com/2007/12/atribut-produk-iklan-konsumen.com/business-management/marketing/2190360-pengertian-atribut-produkdan-jenis/#ixzz3qDx2J9Pu http://www.DAFTAR PUSTAKA http://bonteng.html http://id.com/2009/07/produk-definisi-klasifikasi-dimensi_30.wordpress.blogspot.shvoong.com/2009/11/16/atribut-produk/ http://jurnal-sdm.blogspot.com/produk/honda-jazz/pilihan-warna-jazz/ .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->