Bani Israil

Oleh Drs. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag.

SECARA harfiah Bani Israil berarti anak-anak Israil. Sedangkan secara terminologis, yang termasuk Bani Israil tidak hanya terbatas pada anak-anak Israil tetapi juga mencakup cucu-cucu dan keturunan mereka selanjutnya. Istilah Bani Israil (dalam berbagai i’râbnya) disebutkan 41 kali di dalam Al-Qur’an, semuanya mengacu kepada keturunan Israil. Nama Israil itu sendiri (tanpa tambahan bani di depannya) disebut dua kali dalam Al-Qur’an, yaitu dalam Surat Ali Imran ayat 93 dan Surat Maryam ayat 58.

َ ّ َ ُ ْ َ ِ ْ َ ْ ِ ِ ِ ْ َ ََ ُ ِ َ ْ ِ َ ّ َ َ ّ ِ َ ِ َ ْ ِ ِ َ ِ ّ ِ َ َ ِ َ ّ ‫ُل‬ ‫ك ّ الطعام كان حل لبني إسرائيل إل ما حرم إسرائيل على نفسه من قبل أن تنزل‬ َ ِ ِ َ ْ ُ ْ ُ ْ ِ َ ُْ َ ِ َ ْ ّ ِ ُ ْ َ ْ ُ ُ َ ْ ّ ‫التوراة قل فأتوا بالتوراة فاتلوها إن كنتم صادقين‬
“Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar".(Q.S. Ali Imran 3:93)

ْ‫أولئك الذين أنعم ال عليهم من النبيين من ذرية ءادم وممن حملنا مع نوح ومن‬ ِ َ ٍ ُ َ َ َ ْ َ َ ْ ّ ِ َ َ َ َ ِ ّ ّ ُ ْ ِ َ ّ ِ ّ َ ِ ْ ِ ْ ََ ّ َ َ ْ َ َ ِ ّ َ ِ َ ُ ُ ‫ذرية إبراهيم وإسرائيل وممن هدينا واجتبينا إذا تتلى عليهم ءايات الرحمن خروا‬ ّ َ ِ َ ْ ّ ُ َ َ ْ ِ ْ ََ َْ ُ َ ِ َ ْ َ َ ْ َ َ ْ َ َ ْ ّ ِ َ َ ِ َ ْ َِ َ ِ َ ْ ِ ِ ّ ّ ُ ‫سجدا وبكيا‬ ِّ َُ ً ّ ُ

1

yaitu para nabi dari keturunan Adam.” (Q. dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Kedua-duanya diangkat jadi Nabi dan Rasul. Nabi bertanya kepada mereka: “Apakah kalian tahu bahwa Israil itu adalah Ya’qub?” Mereka menjawab: “Ya Allah. tapi ada juga yang mengatakan Israil bukanlah nama. Dari keturunan Isma’il tidak ada lagi yang diangkat jadi nabi kecuali Nabi Muhammad SAW.S.“Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi ni`mat oleh Allah. terdiri dari kata isr yang berarti ‘abdun dan Il yang berarti Allah. tapi gelar panggilan (laqab) beliau. maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. Ibnu ‘Abbas menyatakan. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka. dalil yang menunjukkan bahwa Israil itu adalah Nabi Ya’qub adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas. Nabi Ibrahim AS punya dua orang putera. para mufassir sepakat menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Israil adalah Ya’qub ibn Ishaq ibn Ibrahim. salah seorang rasul dari 25 orang Rasul yang disebutkan namanya di dalam Al-Qur’an. Lalu Nabi bersabda: “Ya Allah saksikanlah”. dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh. Isrâîl berarti abdullah. dan dari keturunan Ibrahim dan Israil. Maryam 19:58) Menurut Asy-Syaukani dalam Fath al-Qadîr (I:73). Nabi Muhammad SAW menurut Syaikh Muhammad ibn ‘Abdil Wahhab dalam 2 . Israil itu artinya ‘abdullah. bahwa sekelompok orang-orang Yahudi datang menemui Nabi Muhammad SAW. iya”. Menurut Ibnu Katsir dalam Tafsîr Al-Qur’an al-‘Azhîm (I:57). Ada yang menyebutkan Nabi Allah cucu Nabi Ibrahim itu punya dua nama yaitu Ya’qub dan Israil. yang pertama Isma’il dan yang kedua Ishaq-‘alaihima as-salâm.

Yahya dan ‘Isa-‘ alaihim as-salâm. umat yang terbaik adalah umat Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang dinyatakan oleh Allah dalam firman-Nya: 3 . Harun. merupakan salah satu keutamaan mereka sebagai kaum atau bangsa dibandingkan dengan kaum atau bangsa-bangsa yang lain. Zakariya. Keutamaan itu disebutkan oleh Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 47 dan 122 dengan redaksi yang persis sama. tapi terbatas dalam aspek tertentu. Zulkifli. Musa. Sedangkan dari keturunan Ishaq. di antaranya adalah di samping banyak rasul yang diutus dari kalangan mereka.S. Sedangkan secara mutlak. artinya dalam segala hal. Syu’aib. Ilyasa’. Al-Baqarah 2:47) Kelebihan Bani Israil dalam ayat di atas bukanlah bersifat mutlak. Zabur kepada Nabi Daud dan Injil kepada Nabi ‘Isa. ‫يللابني إس لرائيل اذك لروا نعمت لي التللي أنعم لت عليك لم وأنللي فض للتكم علللى‬ ََ ْ ُ ُ ْ ّ َ ّ ََ ْ ُ ْ ََ ُ ْ َ ْ َ ِ ّ َ ِ َ ْ ِ ُ ُ ْ َ ِ َ ْ ِ ِ َ َ َ ََِْ ‫العالمين‬ “Hai Bani Israil. 51) adalah generasi ke-22 dari Nabi Isma’il. Kita kutip salah satu di antaranya. Yusuf.” (Q. Daud. Yunus. Sulaiman. Ilyas. juga diturunkannya beberapa kitab suci kepada mereka seperti Taurat kepada Nabi Musa. putera kedua Ibrahim. Banyaknya para rasul yang diutus oleh Allah SWT dari kalangan bani Israil itu. yaitu Ya’qub. Luth. Ayyub.bukunya Mukhtashar Sîrah ar-Rasûl (hlm. tercatat ada 16 orang dari 25 orang Rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an. ingatlah akan ni`mat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat.

tetapi terbatas pada sekalian umat pada masa para Rasul diutus untuk Bani Israil. tentulah itu lebih baik bagi mereka. Sekiranya Ahli Kitab beriman. 47 dan 122. menyuruh kepada yang ma`ruf. Ali Imran 3:110) Menurut Abu al-‘Aliyah. dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. yaitu ayat 40. tiga kali Allah SWT memperingatkan kepada Bani Israil untuk mengingat nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepada mereka. sekalian umat yang dimaksud dalam Surat Al-Baqarah ayat 47 di atas. dan mencegah dari yang munkar. Akan kita lihat masing-masing ayat tersebut dan beberapa ayat sesudahnya. َ ّ َِ ْ ُ ِ ْ َ ِ ِ ُ ِ ْ َ ِ ُ ْ ََ ْ ُ ْ ََ ُ ْ َ ْ َ ِ ّ َ ِ َ ْ ِ ُ ُ ْ َ ِ َ ْ ِ ِ َ َ ‫يابني إسرائيل اذكروا نعمتي التي أنعمت عليكم وأوفوا بعهدي أوف بعهدكم وإياي‬ َ ‫َ َ ُِ ِ َ َ ْ َْ ُ ُ َ ّ ً ِ َ َ َ ُ ْ َ َ َ ُ ُ َ ّ َ َ ِ ٍ ِ ِ و‬ ‫فارهبون)04(وءامنوا بما أنزلت مصدقا لما معكم ول تكونوا أول كافر به َل‬ ِ َُ ْ َ 4 . maka yang terbaik—sebagaimana dinyatakan dalam Surat Ali Imran ayat 110 itu-. Setelah Nabi Muhammad diutus untuk sekalian umat manusia. dan beriman kepada Allah. dimulai dengan ayat 40-46.” (Q.S.ِ َ ْ ُ ْ ِ َ َ ْ َ ْ ََ ِ ُ ْ َ ْ ِ َ ُ ُ ْ َ ِ ّ ِ ْ َ ِ ْ ُ ٍ ّ ُ َ ْ َ ْ ُْ ُ ‫كنتم خير أمة أخرجت للناس تأمرون بالمعروف وتنهون عن المنكر‬ ُ ُ ُ َ ْ ََ َ ُ ِ ْ ُ ْ ُ ُ ْ ِ ْ ُ َ ً ْ َ َ َ َ ِ َ ِ ْ ُ ْ َ َ َ َ ْ ََ ّ ِ َ ُ ِ ْ ُ َ ‫وتؤمنون بال ولو ءامن أهل الكتاب لكان خيرا لهم منهم المؤمنون وأكثرهم‬ ِ َ ُِ َْ ‫الفاسقون‬ “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia. di antara mereka ada yang beriman. bukanlah sekalian umat sepanjang masa. Peringatan Allah terhadap Bani Israil Dalam Surat Al-Baqarah. sebagaimana yang dikutip Ibnu Katsir (I:62).adalah umat Nabi Muhammad SAW.

Dan janganlah kamu campuradukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu.(yaitu) orang-orang yang meyakini. padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir? Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat).‫تشتروا بآياتي ثمنللا قليل وإيللاي فللاتقون)14(ول تلبسوا الحق بالباطل وتكتموا‬ ُ ُْ ََ ِ ِ َْ ِ ّ َ ْ ُ َِْ َ َ ِ ُ ّ َ َ ّ َِ ً َِ ً َ َ ِ َ ِ ُ َ ْ َ )َ ‫الحق وأنتم تعلمون)24(وأقيموا الصلة وءاتوا الزكاة واركعوا مع الراكعي‬ ‫َّ َ َ َُْ َ َ ّ ِِ ن‬ ُ َ َ ََ ّ ُ ِ ََ َ ُ َْ َ ْ ُ ْ ََ ّ َ ْ )‫34( أتأمرون الناس بالبر وتنسون أنفسكم وأنتم تتلون الكتاب أفل تعقلون‬ َ ُِ ْ َ َ َ َ َ َ ِ ْ َ ُْ َ ْ ُ ْ ََ ْ ُ َ ُ ْ َ َ ْ َ ْ َ َ ّ ِ ْ ِ َ ّ َ ُ ُ ْ َ َ َ ِّ ‫44( واستعينوا بالصبر والصلة وإنها لكبيرة إل على الخاشعين)54( الذين‬ َ ِ ِ َ ْ ََ ّ ِ ٌ َ ِ َ َ َ ّ َِ ِ َ ّ َ ِ ْ ّ ِ ُ ِ َ ْ َ (46)‫يظنون أنهم ملقو ربهم وأنهم إليه راجعون‬ َ ُ ِ َ ِ ْ َِ ْ ُ ّ ََ ْ ِ ّ َ ُ َ ُ ْ ُ ّ َ َ ّ ُ َ “Hai Bani Israil. dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk). Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat. AlBaqarah 2:40-46) 5 . ingatlah akan ni`mat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu. dan penuhilah janjimu kepada-Ku niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu. bahwa mereka akan menemui Tuhannya. sedang kamu mengetahui. kecuali bagi orang-orang yang khusyu`. dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah. tunaikanlah zakat dan ruku`lah beserta orang-orang yang ruku’. dan hanya kepada Akulah kamu harus bertaqwa. sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri. Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan.” (Q.S. dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. Dan dirikanlah shalat.

Nabi terakhir yang dijanjikan dan mereka 6 . dakwah Islam mendapatkan tantangan dan hambatan dari Bani Israil. tetapi kenapa setelah utusan Allah itu muncul justru mereka langsung menolak dan paling gigih menentangnya? Sebab utama mereka menolak kerasulan Nabi Muhammad SAW adalah karena fanatisme buta kebangsaan dan kedengkian. termasuk berkonspirasi dengan orang-orang musyrikin di sekitar Madinah untuk menghentikan dakwah Islam. dakwah Islam ditentang dan dihambat secara habis-habisan oleh kaum musyrikin. di samping tetap mendapat hambatan dan tantangan dari kaum musyrikin. Begitu rincinya ciri-ciri yang disebutkan oleh Taurat. sementara priode Madinah.Allah SWT memperikan peringatan kepada Bani Israil dalam ayat-ayat di atas mengingat sikap mereka terhadap Nabi dan orang-orang yang beriman di Madinah. terutama bangsa Yahudi. sampai-sampai mereka— menurut ungkapan Al-Qur’an—lebih mengenal Nabi yang terakhir itu daripada anakanak mereka sendiri. Sejak awal kedatangan Nabi ke Madinah. Mereka sudah lama menunggu-nunggu kedatangan Nabi yang terakhir itu. dijelaskan secara rinci ciri-ciri Nabi yang terakhir itu. Apa yang menyebabkan Bani Israil membenci dan memusuhi Nabi dan orangorang yang beriman? Bukankah seharusnya mereka yang paling di depan beriman dan mendukung dakwah Nabi. Segala daya upaya mereka lakukan. Dalam Taurat misalnya. Waktu di Makkah. Mereka menghambat dakwah Islam baik secara diam-diam maupun dengan terang-terangan. sebab mereka sudah lama mengetahui dari kitab suci mereka bahwa akan diutus Nabi yang terakhir meneruskan risalah nabi-nabi yang terdahulu. mereka tidak pernah berhenti membenci dan memusuhi Nabi Muhammad SAW serta orang-orang yang beriman lainnya.

terutama Yahudi. terutama dalam bidang ekonomi dan politik. Sumber: Suara Muhammadiyah Edisi 08 2002 7 . Mereka meyakini hanya dari Bani Israil lah—seperti selama ini— pantas diutus seorang Nabi dan Rasul. Bani Israil. tidak hanya dapat mempersatukan suku Aus dan Khazraj. juga karena faktor Yahudi yang secara sadar selalu memelihara permusuhan antara dua suku besar ini. Sebelum kedatangan Islam.tunggu-tunggu bukan dari kalangan Bani Israil. tapi dari bangsa Arab. Bangsa Yahudi sadar. tetapi juga dapat mempersatukan antara Muhajirin dan Anshar.. dua suku ini tidak pernah akur dan selalu bermusuhan. yaitu suku Aus dan Khazraj. dominasi mereka atas Madinah (waktu itu bernama Yatsrib) akan berakhir. sangat membenci Nabi karena beliau berhasil menghentikan dominasi Yahudi di Madinah. Kedatangan Nabi. Nabi berhasil mempersatukan dua suku Madinah yang dulu saling berseteru. Mereka selama ini menganggap bangsa Arab adalah bangsa yang rendah nilainya dibandingkan dengan mereka. Alasan kedua lebih praktis. baik karena faktor dari diri mereka sendiri. jika suku Aus dan Khazraj dapat bersatu. bukan dari bangsa Arab yang menyembah berhala.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful