PENDAHULUAN

Olahraga renang memang baik untuk perkembangan tubuh, kesehatan jantung dan paruparu anak-anak. Dan saya yakin kalau kemampuan anak untuk berenang sejak usia dini banyak dipengaruhi faktor pemahaman orangtua akan pentingnya memperkenalkan olahraga renang dengan baik, benar, dan yang paling penting: aman! Meskipun sampai saat ini mereka berenang masih menggunakan pelampung yang dipasang di lengan, tapi saya perhatikan bahwa mereka sudah tidak takut-takut lagi dan mulai dapat menggerakkan tangan dankakinya untuk melaju di air. Olahraga air yang satu ini memang baik untuk perkembangan tubuh serta kesehatan jantung dan paru-paru. Dan saya yakin kalau kemampuan anak untuk berenang sejak usia dini banyak dipengaruhi oleh faktor pemahaman orangtua akan pentingnya memperkenalkan olahraga renang dengan baik, benar, dan yang paling penting_aman!

renang termasuk dalam tujuh kemahiran yang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata. renang indah. Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian besar menggunakan gaya dada. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas. gaya kupu-kupu. renang perairan terbuka. Sejarah mencatat. renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. Sejarah Renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah. Bersama-sama dengan loncat indah. peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). 1. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. 500 meter. Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athena. Masing-masing adalah nomor 100 meter. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.RENANG Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. gaya punggung. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal. Yunani. dan polo air.200 . hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi. Di abad pertengahan. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. Di Jepang. A. Pada Olimpiade ini. dan pemenang semifinal maju ke babak final. dan gaya dada. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir.

Perhatikan juga kualitas air misalnya: kejernihan. Dianjurkan dengan bantuan instruktur renang yang berpengalaman. Kalau hanya bermain-main dengan air memang menyenangkan. menggunakan sentakan mengibas. nomor bebas. 1. dan 200 m nomor beregu. Belanda. nomor bebas. Pemanasan akan membuat suhu tubuh dan detak jantung meningkat perlahan-lahan. diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen. Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. agar tubuh siap-gerak. 1. yang bisa saja dapat mengganggu kesehatan. dan 100 meter bagi para pelaut. 200 m gaya dada. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. lalu. sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter spesialis kesehatan olahraga (SpKO) atau spesialis rehabilitasi medik (SpRM) terlebih yang bermasalah kesehatan. asosiasi renang sedunia.000 m.000 m. derajat-keasaman (pH) bahkan polusi. Mulailah dengan melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu. Teknik Dasar Olahraga Renang Agar bisa menmemperoleh manfaat renang. yang kemudian disebut the trudgen. Gaya kupu-kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada. . Gaya bebas. regangkan sedikitnya 15 kali hitungan setiap otot. Pada tahun 1908. sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula menetapkan. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris. B. 4.meter. Perhatikan pula keamanan tempat renang (cthnya : water boom) demi kesehatan karena pada orang tertentu kejadian sakit akan lebih sering bila berenang. hendaklah berenang dengan benar. menirunya dari Orang Amerika asli. Peregangan salah satu upaya menghindari kram. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm. tetapi hal ini hanya melibatkan aktivitas fisik yang sangat rendah. Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m. Lakukan pemanasan dengan berjalan-jalan sekitar kolam renang selama 10 menit.

Jangan langsung berenang selama 30 menit tanpa jeda. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh. Kemudian akhiri dengan pendinginan. Mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam. Lakukan pemanasan dan peregangan selama 5-10 menit di water boom. Bila mengajak anak berenang ketika harus ditinggal mintalah guard mengawasinya atau ajak main bersama menikmati luncuran-air atau main bola bersama C. posisi wajah menghadap ke permukaan air. 3. latihan bisa ditingkatkan. Gaya Renang 1. 4. Lakukan hal ini setelah setengah jam usai berenang. Berenang selama 3-5 kali seminggu serupa manfaat olahraga aerobik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. Jika memulai berenang sebagai program kebugaran. misalnya. lalu istirahatlah selama 30 detik. lakukanlah bertahap. Sewaktu mengambil napas. energi dan vitalitas akan kembali. 5. Tutup latihan dengan minuman kesukaan. . misal segelas susu Bear Brand atau Milo.2. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Buatlah acara renang untuk bersenang-senang misalnya dengan bergabung dengan klub penggemar renang untuk memperoleh variasi latihan. Sewaktu berenang gaya bebas. yaitu renang perlahan-lahan selama 5 menit. berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih. Sebaiknya. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Dengan minum Bear Brand atau Milo. 6. lalu teruskan dengan berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu. Gaya Bebas Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

[2] Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Dibandingkan gaya berenang lainnya. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangankaki. baik yang sudah terlatih maupun para pemula. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Gaya Dada Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. namun berbeda dari gaya bebas. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama.perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. 2. .

Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. . Dalam gaya punggung. Sewaktu berlomba. perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam[3]. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900. Gaya Punggung Sewaktu berenang gaya punggung. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start.[2] Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan.[3] Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas.3. berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas. gaya dada. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Sewaktu berlomba.

Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Berbeda dari renang gaya lainnya. .[3] Udara dihembuskan kuatkuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air. perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar. perenang pemula yang belajar gaya kupukupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki. Gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933.[2] Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang.[3] Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Gaya Kupu-Kupu Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. dan merupakan gaya berenang paling baru. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas.4.

D. punggung. ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. . Olahraga Renang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus sangat efektif dan optimal untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. pantat dan paha. banyak manfaat yang akan dirasakan jika melakukannya dengan rutin. olahraga ini biasanya dilakukan hanya pada waktu berlibur atau waktu senggang saja. hamil. Saat bergerak di dalam air. Karena itu. Perkenalkan renang sejak awal pada anak-anak agar mereka menyukai karena sifatnya yang seperti “main air”. Kelompok otot-otot besar akan digunakan. leher. Apalagi renang. Namun sayangnya. dan telapak kaki. kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh. ketika berenang seluruh berat badan ditahan air (mengapung). mereka yang tidak aktif berolahraga (yang membakar tidak lebih dari 500 kalori per minggu dalam kegiatan olahraga) lebih cenderung mengidap penyakit jantung. dada. penelitian selama 16 tahun terhadap 17.000 alumnus Universitas Harvard menunjukkan. anggota gerak atas. Olah raga mesti dijadikan bagian dari gaya hidup. pinggul. sendi-sendi tubuh tak terlalu berat menopang badan. Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. orang lanjut usia atau mereka yang menderita arthritis. Karena. pinggang. Padahal. Membentuk otot Saat berenang. tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus „melawan‟ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. manfaat tersebut antara lain : 1. sehingga. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Hutapea dalam bukunya “Menuju Gaya Hidup Sehat” mengungkapkan. otot lengan. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin. Manfaat renang Bagi Kesehatan. seperti otot perut. olahraga adalah sebuah keharusan dalam hidup kita. Albert M. perut. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). hampir semua otot tubuh terlibat di saat melakukan renang. mulai dari kepala. 8-) Olahraga Renang juga baik untuk mereka yang kelebihan berat badan. anggota gerak bawah. Dengan renang akan terlatih menggunakan pernapasan secara efisien.

Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki. dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit. lancar. 5. mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Melatih pernafasan Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Sebelum berenang. Menambah tinggi badan Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya). 6. badan pun bebas gerah. ag tubuh tidak „kaget‟. berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh. pikiran lebih adem. Membakar kalori lebih banyak Saat berenang. berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi. Suasana hati jadi sejuk. dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang. 4. Tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Penapasan kita menjadi lebih sehat. dapat memacu aliran darah ke jantung. pembuluh darah. Artinya. Secara psikologis. . dan paruparu. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan. 7. Self safety Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami halhal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll). Menghilangkan stres.2. 3.

E PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS DINAS PENDIDIKAN SMPN 1 PANGANDARAN Jl. (0265) 639025 Pangandaran 46396 Kab.TUGAS PENJAS KLIPING TENTANG RENANG Disusun Oleh Nama : Desy Anjarwati Kelas : VII. Merdeka No. Ciamis . 321 Telp.