Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d. atau e pada jawaban berikut ! 1.

Pemerintah tidak menyelenggarakan kekuasaan secara sewenang-wenang. Hal ini merupakan … a. Batasan konstitusi d. penyelenggaraan konstitusi b. Peranan konstitusi e. penyelenggaraan pemerintah c. Ruang lingkup konstitusi Jawaban:B(LKS hal 9) 2. Semua peraturan hukum atau sistem ketatanegaraan yang bertentangan dengan Pancasila a. Dipertahankan d. disempurnakan b. Dicabut e. dipelihara c. Diperbarui Jawaban:B(LKS hal 9) 3. Cerminan dari cita-cita atau keinginan dan watak dari rakyat atu bangsa disebut … a. Falsafah d. Ideologi b. Cara pandang e. Kepribadian bangsa c. Idealism Jawaban:D 4. Setiap Negara yang memproklamasikan kemerdekaannya selalu diikuti oleh persyaratan … a. Konstitusi bagi negara tersebut b. Jumlah penduduk yang berdomisili c. Keadaan dan kekayaan alamnya d. Ketentuan system pemerintahan yang berlaku e. Banyaknya partai politik peserta pemilu Jawaban:A 5. Istilah Constitutional law dalam bahasa inggris berarti hokum tata Negara. Pernyataan tersebut merupakan pengertian konstitusi dalam arti … a. Sesungguhnya d. Sempit b. Luas e. Lebar c. Tengah Jawaban:D 6. Ideologi adalah consensus tentang nilai-nilai dasar suatu masyarakat yang bernegara. Hal itu menurut pendapat … a. Adolf Heuken d. Ir. Soekarno b. Moerdiono e. Frans Magnes Suseno c. Mr. Soepomo 7. Pancasila sebagai dasar Negara ditungkan dalam konstitusi Negara, yakni … a. Pancasila d. UUD 1945 b. Ketetapan MPR e. Keputusan MA c. Konstitusi Jawaban:D 8. Dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara istilah konstitusi (Constitution) sering disamakan dengan … a. Perundang-undangan d. Peraturan Pemerintah b. Undang-undang e. Undang-undang dasar c. Hukum Negara Jawaban:E 9. Dasar Negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga dan Negara, melainkan juga dasar bagi hubungan antar warga Negara. Ketentuan tersebut merupakan … a. Dasar berdiri dan tegaknya Negara b. Dasar kegiatan penyelenggaraan Negara c. Partisipasi warga Negara d. Dasar pergaulan antar warga Negara

Jaminan hokum Jawaban:D 17. Badan yudikatif di Indonesia terdiri dari … a. Konstitusi yang ditulis dalam bentuk c. Absolute e. Pemupukan kekuasaan eksekutif c. Kaku e.. Dasar dan suber hukum nasional 11. Dasar berdiri dan tegaknya Negara b. Partisipasi warga Negara d. Dasar dan suber hokum nasional 10. Dasar kegiatan penyelenggaraan Negara c. Tetap 18. Mahkamah agung dan mahkamah konstitusi d. Fleksibel d. otoritarian b. Liberal e. Keagamaan c. dinamika masyarakat b. Gagasan tentang konstitusionalisme yang berkembang pada abad ke-19 banyak ditolak terutama dinegara-negara yang berpaham … a. Mahkamah konstitusi dan Presiden Jawaban:C 12. Konstitusi yang timbul dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan Negara b. Disesuaikan dengan perkembangan zaman e. Kebebasan warga Negara e. keagamaan c. Cita-cita kerohanian yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya adalah … a. Perubahan konstitusi yang terjadi di Indonesia dilaksanakan dengan alasan … a.e. Tidak fleksibel d. peraturan pasar c. Agar dapat mewujudkan tujuan nasional. Mahkamah konstitusi dan DPD c. Mahkamah agung dan DPR b. Konstitusi yang ditulis dalam bentuk d. Jaminan HAM d. Kehendak MPR Jawaban:B 15. ketentuan tersebut merupakan … a. Ketuhanan Yang Maha Esa e. Otoritas b. Mahkamah agung dan BPK e. Pemerintahan konstitusional bercirikan bahwa konstitusi Negara menuat adanya … a. Pembatasan kekuasaan eksekutif b. Konstitusi relatif adalah … a. Dictator d. Feodal Jawaban:E 14. Masyarakat yang adil dan makmur secara spiritual maupun material c. Dasar pergaulan antar warga Negara e. Kekuasaan Belaka b. Pemerintah konstitusional merupakan kebalikan dari pemerintah … a. Demokratis d. Pancasila b. Pernyataan tersebut merupakan jenis konstitusi … a. Nasionalisme Indonesia d. para penyelenggara Negara harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar Negara. Komunis 16. Konstitusi yang dihubungkan dengan kepentingan suatu golongan tertentu e. Apabila konstitusi diperlukan perubahan maka tidak membutuhkan prosedur yang istimewa atau rumit. Mendcerdaskan kehidupan bangsa . Monarki c. Konstitusi yang berhubungan dengan keputusan politik dan UUD Jawaban:D 13.

Setiap warga negara menerima perlindungan dari negara.19. motif e. naturalisasi e. Negara berkedaulatan rakyat. ius soli d. seseorang memiliki kewarganegaraan tertentu karena ia mengngunakan hak untuk menolak suatu kewarganegaraan. normalisasi d. bipatride e. daerah atau negara mana orang tersebut lahir disebut …. negara d. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan ajang pembuktian kesetiaan pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan Jawaban:C 21.. Negara dimaksud menganut asas …… a. apatride b.. ius sanguis d. repudiasi c. Negara hendak mewujudkan persamaan dalam bidang ekonomi Jawaban:E 20. Seseorang yang menolak suatu kewarganegaraan disebut hak …. otomatis akan menjadi warga negara tersebut. a. Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai hasil perjuangan seluruh bangsa Indonesia d. Siapa pun dari warga negara dalam sebuah negara. bipatride 23. bukan warga negara d. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sarana pokok untukmewujudkan cita-cita bangsa e. Pewarganegaraan dimaksud sering disebut dengan istilah …. artinya berbagai hak yang dimilikinya akan dilindungi oleh … a. ius soli c. ius yulius e. emansipasi e. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia b. berdasar kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan d. massif c. Pedoman untuk menentukan kewarganegaraan seseorang berdasakan tempat. sanguinis c. Dalam pewarganegaraan. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan jembatan emas untuk mencapai cita-cita nasional. penegak hukm b.penguasa c. sanguis 25. . meskipun lahir di negara lain. Karena … a. Proklamasi kemerdekaan Indonesia diikrarkan oleh para proklamator c. yaitu … a.. ius sulis b. apatride b. Negara hendak mewujudkan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia c. ius sanguinis 26. a. pemerintah 22. a. netralisasi c. Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab e. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan pada 17 Agustus 1945 b. kreatif b. kristalisasi b. a. pejabat e. Yang bukan merupakan pokok pikiran yang terkandung di dalam Pembukaan UUD 1945. naturalisasi 24. Pewarganegaraan merupakan cara seseorang untuk memiliki kewarganegaraan karena ia tidak memenuhi asas ius soli dan ius sanguinis. pasif d. Ketentuan tersebut adalah dengan cara …. Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia berdasakan kepada …. aktif 27.

. b. asas persamaan hak dan kewajiban d. Dalam pewarganegaraan. ius sanguis d.. kecuali …. perbedaan yang harus dihilangkan demi keutuhan bangsa d. asas praduga tidak bersalah c. Magna Charta c. a. Kesatuan ikatan keluarga merupakan dasar terbentuknya masyarakat yang baik. kepentingan penduduk 28. ius soli c. Penentuan kewarganegaraan seseorang berdasarkan kelahiran dapat dibedakan menjadi dua asas. mendapatkan pendidikan seluas-luasnya d. ius yulius e. membela negaranya dimanapun saja berada b. memiliki penghidupan yang layak c. a. maju membela Negara apabila dalam keadaan perang. Salah satu contoh negara yang tidak menganut asas ius sanguinis adalah …. yang bersangkutan bisa mengajukan permintaan menjadi warga negara. asas berdasarkan tempat pemukiman e. Oleh sebab itu. negatif d.. seseorang bisa menggunakan hak pilih untuk menentukan kewarganegaraannya. Indonesia c. Piagam PBB b. China 30. kooperatif 29. Kemajemukan bangsa Indonesia harus diartikan dan dipahami oleh setiap warga negara Indonesia sebagai …. positif b. Inggris d. asas kesatuan hukum b. Contoh setiap warga negara yang memenuhi tanggung jawab personal kewarganegaraan di bidang politik adalah …… a. a. a. mengeluarkan pikiran secara tertulis 36. bebas memilih dan dipilih dalam Pemilu 33. potensi yang harus dibiarkan tumbuh sekehendaknya e. keanekaragaman yang harus dilestarikan b. Amerika e. tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berlaku c. kenyataan hidup yang ada dan harus dihormati c. asas tempat tinggal dan asas hubungan perkawinan c. asas persamaan hak e. Hak tersebut menganut ……. a. yaitu …. a. Setiap warga negara Indonesia memiliki derajat. dengan cara …. ius sulis b. ius sanguinis 35. isteri dan anak-anak tunduk pada suatu system hukum yang sama sehingga memiliki status kewarganegaraan yang sama. hak dan kewajiban yang sama dalam berbagai bidang. Asas hubungan darah atau keturunan disebut pula dengan asas …… a. Perancis b.a. ketentuan warisan d. asas tempat kelahiran dan asas hubungan darah (keturunan) b. sudah semestinya apabila suami. Contoh kewajiban yang mendasar dari setiap warga negara Indonesia maupun orang asing terhadap negara RI adalah …. Dalam hal ini. tidak peduli dengan kenyataan yang ada 34. menjalankan agama dengan benar e. asas persahabatan dan kekeluargaan d. pasif c. asas ketentuan hukum 31. bebas mencari nafkah di Indonesia d. a.. aktif e. budaya bangsa Indonesia e. mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika ada kekurangan . asas berdasarkan sejarah (historis) 32. harus memberikan sumbangan pada Negara e.

memelihara persatuan dan kesatuan bangsa 41. komunisme c. sukarela e. komunikasi politik c. sekelompok pengunjuk rasa dari sebuah parpol menolak hasil pemilu c. internalisasi e. pendidikan politik 43. Agar terwujud keselarasan dan keadilan deperlukan suatu bentuk peraturan yang … a. biaya yang mahal b. datang ke TPS untuk memilih partai tertentu d. mengasuh dan mendidik anak d. system politik d. dapat menyenangkan semua orang e. Menjadi anggota suatu partai merupakan salah satu bentuk partai politik. membayar pajak 37. partisipasi politik 44. a. (1) membentuk organisasi politik sebagai aspirasi masyarakat (2) membentuk organisasi yang bersifat kenegaraan (3) dengan segala cara memenangkan pemilu (4) membentuk lembaga swadaya masyarakat (5) membentuk kelompok-kelompok kontenporer untuk mogok. ditetapkan oleh pemerintah d. kapitalisme 40. bersikap demokratis b. kesepakatan untuk mencapai tujuan nasional e. sesuka hati 39. Makna consensus dalam pelaksanaan demokrasi pancasila adalah …. Sistem politik di Indonesia berusaha mewujudkan/ mengatur demokrasi dalam system/ struktur kekuasaan yang didasarkan pada system …… a.. sosialisasi politik c. rekrutmen politik b. kaderisasi d. Masalah berikut ini yang dapat menyebabkan system politik tidak akan berjalan dengan baik adalah … a. demontrasi dan protes (6) member kesempatan kepada warga negara masyarakat untuk memilih dan dipilih dalam pemilu . menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama c. sekitar lima puluhan orang bersepakat untuk mendirikan partai politik e. ikut dalam sosialisasi calon pemimpin kepala daerah tertentu b. menjalankan setiap keputusan yang telah dihasilkan b. Keanggotaan suatu partai politik biasanya bersifat ….b. pemaksaaan d. bersyarat c. Yang bukan merupakan contoh partisipasi masyarakat dalam kehidupan politik adalah …… a. demokrasi Pancasila d.. bersikap demokratis 42. Suatu cara yang digunakan oleh masyarakat dalam mentransfer kultur politik dalam generasi disebut … a. Dalam masyarakat politik semua orang memdalam mamsyarakat politik semua orang mempunyai hak untuk memenuhi kebutuhannya. tertutup b. liberalism e. akibatnya terjadi persaingan diantara mereka. sosialisme b. politik praktis e. mengikuti informasi tentang isu-isu public e. bersifat kuat dan kaku c. a. mempertahankan UUD 1945 dan Pancasila supaya tidak diubah d. memberi nafkah dan merawat keluarga c. anggota karang taruna mengembangkan program kerja di dalam organisasinya 38. Perhatikan pernyataan berikut ini.

(4).. (4). Merupakan alat untuk mencapai cita-cita bangs Indonesia b. alat pemersatu bangsa d. kelompok institusional b. maka mengandung konsekuensi bahwa …. erat sekali b. (4). kelompok konstitusional c. Tujuan bangsa Indonesia yang didam-idamka c. (5). kepribadian bangsa e. Kelompok yang bersifat formal dan memiliki fungsi politik dan social dalam suatu kepentingan politik disebut … a. Titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia d. Bangsa Indonesia memiliki lagu kebangsaan sendiri 47. dan (6) c. Hubungan antara semangat proklamasi 1945 dengan jiwa Pacasila adalah …. (1). Pancasila sebagai dasara negara secara yuridis konstitusional tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan …. UUD yang pernah berlaku di Indonesia pada peroode 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 juli 1959 adalah …. (2). Setiap orang yang melanggar hukum garus dihukum b. semua peraturan harus mengandung nilai-nilai dari Pancasila b. a. dan (6) b. (5). Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dicapai bangsa Indonesia adalah…. sejajar e. a. UUD Negara bagian 52. Pemerintah pemegang kekuasaan tertinggi di bidang hukum c. semua warga Negara harus tunduk dan patuh terhadap Pancasila 50. (1). Menurut UUD 1945 negara RI adakah Negara hukum. (3). sumber dari segala sumber hukum c. semua peraturan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila d. (1). (2). dan (6) c. Diantara makna Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah …. UUDS 1950 d. a. kelompok anomic d. a. a. (5). (1). Hal ini berarti …. Nasioalisme bangsa yanberlebihan dari bangsa Indonesia e. dan (6) d. cita-cita bangsa 49. UUD1945 periode ke I b. Tidak ada lagi perlawanan terhadap penjajah yang bersifat kedaerahan b. semua peraturan yang ada sebelu UUD 1945 tidak berlaku c. berbeda jauh 51.partisipasi politik yang boleh dilakukan oleh warga masyarakat adalah… a. (2). ideologi terbuka b. Terbentuknya Negara kesatuan Republik Indonesia d. Konstitusi RIS e. hanya peraturan pemerintah yang harus mengandung nilai-nilai Pancasila e. UUD 1945 periode ke II c. Berdirinya banyak sekolah-sekolah kebangsan e. Karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber hokum. (2). merupakan hubungan sebab akibat d. a. dan (6) 45. Kekuasaan peradilan adalah kekuaan tertinggi di Negara RI e. (3). Sendi-sendi pemerintah didasarkan atas ketentuan hukum d. kelompok asosiasional e. berbeda makna dan tujuan c. (1). Ketentuan hukum mengatur setiap perbuatan warga Negara . (4). kelompok non asosiasional 46. Tujuan akhir persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia 48. Mendorong persatuan dan kesatuan bangsa c. a.

Peraturan pemerintah dan peraturan daerah 60. Sumpah pemuda tanggal 28 Oktober menegskan tujuan perjuangan bangsa Indonesia. pembukaan dan batang tubuh (pasal-pasal) . untuk mencapai kemerdekaan dilandasi jiwa semangat persatuan e. tertib hukum tertinggi e. menegaskan tugas wewenang MPR c. UUD 1945 merupakan kesatuan naskah yang terdiri atas …. pembukaan. a. Pancasila mampu menanggulangi pemberontakan G 30 S PKI b. a. bertujuan mencapai Indonesia merdeka dengan kekuatan pemuda b. aturan pokok negara 57. Pancasila dipakai sebagai dasar Negara d. Peraturan pemerintah 61. a. norma fundamental negara c. menampung semua aspirasi rakyat Indonesia e. menegaskan tujuan internasional 56. Pancasila dan UUD1945 d. norma pertama d.53. UUD 1945 dan TAP MPR c. a. untuk menyadarkan pemuda agar mau berbuat politik 55. Yang dimaksud konvensi adalah …. a. a. dalam mencapai kemerdekaan para pemuda tidak mau bekerja sama dengan belanda d. norma-normabernegara 59. UUD 1945 dan GBHN b. aturan dasar negara b. a. Sejarah ketatanegaraan Republik Indonesia memberikan keyakinan kepada kita bahwa UUD 1945 …. Tata perundangan yang paling rendah tingkatannya di Indonesia adalah …. norma dasar b. Keputusan presiden e. Tangal 1 oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila c. UUD 1945 dan undang-undang e. Peraturan pemerintah pengganti UU d. a. Pancasila dapat mangatasi ancaman dan gangguan terhadp bangs dan Negara e. norma fundamental negara c. menerapkan sistem yang sesuai dengan falsafah bangsa d. a.batang tubuh. hukum dasar d. ditetapkan oleh pembentuk Negara b. Tanggal 26 Maret 1966 PKI dibubarkan dn dianggap sebagai partai terlarang 54. Peraturan daerah b. yaitu …. yang termasuk aturan dasar negara dalam jenjang norma hukum di Indonesia adalah …. adat itiadat b. norma dasar tidak tertulis c. aturan bernegara e. Pengalaman sejarah yang menunjukkan keampuhan dan kebenaran Pancasila sebagai dasar negara adalah …. pokok kaidah negara fundamental e. Berikut ini sebutan untuk Pancasila. Peraturan menteri c. pemuda di tiap daerah rela mati melawn penjajah c. hukum dasar 58. hukum dasar tidak tertulis d. dan penjelasan b. kecuali …. Dasar negara dalam jenjang norma hukum berfungsi sebagai ….

Pokok kaidah negara yang fundamental b. Mereka yang berdiam di wilayah suatu negara atau menjadi penghuni negara disebut …. 28A d.. Aturan dasar negara 66. menetapkan kelengkapan Negara 64. bagian pasal-pasal d. menetapkan dasar dan tujuan Negara e. kedudukan dan tugasnya b. F. a. Otto Bauer e. Ernest Renan b. Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai …. pembukaan dan penjelasan e. Ratzel 68. 27 b. a. Perbedaan antara penduduk dan bukan penduduk didasarkan pada …. 28 c. A. 28 A sampai 28I e. mereka yang mempunyai hak dan kewajiban d. hak dan kewajibannya e. Alinea ketiga Pembukaan UUD 1945 berisi mengenai …. Pengertian rakyat sebagai unsur negara menurut Gunadi Soekarno Diponolo adalah .. bangsa b. a. warga negara dari suatu negara e. Norma dasar negara d. Pembukaan UUD 1945 alinea IV e. a. rakyat adalah kumpulan manusia yang hidup bersama serta merupakan suatu masyarakat b. Tertib hukum tertinggi c. tempat tinggal dan pekerjaannya d.. wewenang dan tanggung jawabnya 67. pasal-pasal dan penjelasan 62. Hitler d. GBHN 65. kumpulan manusia yan dipersatukan oleh rasa kebersamaan . bukan penduduk 69. penduduk e. Pembukaan UUD 1945 alinea II c. Pembukaan UUD 1945 alinea III d. Staatfundamentalnorm e. rakyat adalah sebagian dari bangsa yaitu mereka yang tidak duduk dalam pimpinan pemerintahan c. 29 63. Pengertian ini adalah pendapat dari …. perjuangan bangsa sampai pada proklamasi c. a. pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia d. Hertz c. dalil objektif bagi bangsa Indonesia b. Ketentuan mengenai hak asasi manusia tertuang dalam UUD 1945 pasal ….. kekayaan dan hak-haknya c. Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter yang tumbuh karena adanya persamaan nasib. Pembukaan UUD 1945 alinea I b. Cita-cita negara tertuang dalam a. warga negara d. a. F. rakyat c.c. a.

a. a. a. Bipatride 72. repudiasi dan opsi b. hak dan kewajiban harus serentak dilaksanakan c. stelsel aktif dan hak opsi 76.62 Tahun 1958 berdasarkan asas …. dapat dirumuskan …. Naturalisasi c. stelsel aktif 75. Kesadaran akan keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam demokrasi pancasila. Kewarganegaraan seseorang yang diperoleh dengan cara tindakan-tindakan hukum tertentu . iu naturalisasi 71. pasal 27 74. Sistem politik memiliki kemampuan untuk …. Repudiasi d. repudiasi c. Seseorang yang dianggap menjadi warga negara dengan sendirinya tanpa melakukan tindakan hukum tertentu disebut …. a. otoriter d. stelsel aktif dan stelsel pasif e. hak opsi d. apatride dan bipatride d. aristokrasi e. pasal 28 b.pasal 27 a. apatride b. pasal 29 c. individu boleh meninggalkan kewajiban e. hak harus didahulukan daripada kewajiban b. oligarki 77. dapat konsekuen . ius melius c. naturalisasi b. ius sanguinis e. maka sistem ini disebut …. pasal 31 e. pasal 30 d. demokrasi b. mengadakan perubahan b. kewaiban individu harus ditinggalkan untuk mengejar hak bersama 78. opsi d. hak repudiasi e. stelsel pasif 73. disebut …. ius soli d. Asas kewarganegaran suatu negara yang ditetapkan menurut keturunan darah orang tuanya disebut …. Hak dan kewajiban dalam upaya pembelaann Negara dalam UUD1945 diatur dalam …. a. Opsi b. monarki c. a.70. bipatride c. kewajiban harus dilaksanakan dahulu daripada hak d. untuk mengejar hak. ius nelius b. a. Jika dalam suatu pemerintahan pihak yang memerintah dilakukan oleh banyak orang. Seseorang dapat menolak untuk menjadi warga negara tertentu disebut …. stelsel aktif e. Penentuan status kewarganegaraan Indonesia berdasarkan UU No. a. ius sanguinis dan ius soli c. Apatride e.

.c.. memberikan dukungan sepenuhnya kepada TNI dan POLRI e... menciptakan masyarakat adil dan makmur c. a. karena hal itu . meyakinkan kebenaran pendapatnya b. a. melaksanakan keputusan yang telah dicapai meskipun tidak berasal dari pendapatnya d. a.. sudah disepakati oleh ketua-ketua kelas d. berupaya agar mereka memahami akan pentingnya sikap tengang rasa 83.. membantu mengawasi tindakan pemerintah melalui lembaga legislatif 81. menolak hasil musyawarah dengan memberikan argumentasi e. mewujudkan cita-cita bangsa b. berkoalisi e. Walaupun keputusan yang diambil dalam rapat OSIS itu berat dan susah dilaksanakan tetapi anda harus melaksanakannya juga... bebas berdemonstrasi demi keadilan c. melaksanakan politik luar negeri bebas aktif 86.. berpegang teguh pada pendirian agar mereka tidak semena-mena terhadap orang lain d. pengembangan demokrasi Pancasila e. Tujuan partai politik erat kaitannya dengan pengamalan sila keempat adalah . Sikap tangung jawab peserta musyawarah diwujudkan dengan . a. Musyawarah adalah cara khas demokrasi Pancasila yang selalu berpegang teguh kepada . menyangkut nama baik ketua kelas 84. a.. Sikap yang terpuji untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara atas dasar bhineka tunggal ika dalam demokrasi Pancasila ….. kumpulan fakta-fakta politik . a. menolak masuknya budaya asing b. mendorong orang lain agar mengajukan usul 85. Dalam suatu rapat terdapat beberapa orang siswa yang tidak setuju dengan konsep yang saya ajukan sehingga menjadi perdebatan. prinsip-prinsip kemanusiaan e.. a. merelakan konsep saya ditolak demo kelancaran rapat e. memberi simpati yang besar kepada pengkritik pemerintah d.. hikmat kebjaksanan c. mampu mengadili pemerintah b... mewajibkan penggunaan pemakaian budaya jawa d.. tidak menonjolkan budaya masing-masing daerah 80. menyangkut kepentingan bersama c. mengahpus kebudayaan daerah yang sudah kuno c. stabilitas 79. menyangkut nama baik sekolah b. menyangkut nama baik OSIS sendiri e. masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat 82. pemeratan hasil pembangunan d.. mencari jalan agar tercapai mufakat yang diliputi semangat kekeluargaan c.. mendukung pendapatnya yang dinilai paling rasional c.. Sebagai manusia yang bermoral Pancasila seharusnya . Pengertian sistem politik adalah . berusaha mempertahankan konsep. a. berkeseimbangan d. ketetapan MPR d. tidak menonjolkan perbedaan antar budaya jawa e. Budaya kontrol rakyat sangat penting bagi lancarnya pemerintahan demokrasi. kebulatan pendapat b. apabila masyarakat ... karena mereka tidak menghargai orang lain b.

asas musyawarah c. Partisipasi politik dilakukan oleh .. a. a. daerah kota e. . hukum 89. pejabat negara e. jaringan politik 92. 31 e. d... sosial b... budaya d.... Sistem politik di Indonesia adalah Demokrasi.... badan politik d. e. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945 e.. tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial. Hal ini didasarkan atas . Kata politik berasal dari bahsa Yunani yang artinya . Hal ini bisa dilihat dalam UUD 1945 pasal .. pengambilan keputusan d.. Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 c. a. negara kota b.. keamanan c. aktivis negara 94. semua penduduk c. politik berkenaan dengan hal-hal di bawah ini.. partai politik c.. Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 b. Menurut Miriam Budiardjo. a. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari . a. a. politik c. 28 c. a. Salah satu penyebab timbulnya gerakan partisipasi politik adalah adanya demokratisasi dalam bidang . kecuali . semua warga negara b. negara b. ekonomi e. c. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 d. warga negara biasa d. lembaga politik e. kebijakan b. partisipasi politik b. musyawarahmufakat 88. asas kekeluargaan e. penduduk kota 90.. Keterlibatan individu dalam kehidupan bernegara dalam rangka mencapi cita-cita bangsanya.kumpulan elemen politik keseluruhan komponen yang kompleks dan utuh dalam politik proses pelaksanaan kegiatan politik kesatuan unsur yang membentuk sistem politik 87. aspek formal Demokrasi Pancasila dapat dilihat pada bentuk . Pasal 2 ayat 2 UUD 1945 93. 30 d. a. pelaksanaan pemilu b.. 34 91... wilayah kota d. Demokrasi Pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik. masyarakat kota c. 23 b....

menaati peraturan e. Sistem politik di Indonesia adalah Demokrasi. memilih pemimpin A.     102.. semua penduduk c. a. memilih pemimpin 96. mengajukan kritik b. b. Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 c. politik berkenaan dengan hal-hal di bawah ini. semua warga negara b. distribusi 95.. pejabat negara e..Sebutkan tiga hal penting yang secara umum diatur dalam undang-undang RI Nomor 12 tahun2006 tentang kewarganegaraan Republik Indonesia ! 103. negara keamanan kebijakan kekuasaan distribusi 99.Sebutkan amandemen yang pernah dilakukan terhadap UUD 1945 ! 101. menyampaikan usul d.Bedakan antara system politik kediktatoran dan system politik demokrasi ! 104.Sebutkan sebab – sebab seseorang kehilangan kewarganegaraannya ! 102. Contoh partisipasi pasif warga negara adalah . a. kecuali .. Hal ini didasarkan atas . d. Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 b.. Pasal 2 ayat 2 UUD 1945 97. membayar pajak c. a. Tidak menolak atau melepaskan kewarganegaraan lain Diakui oleh orang asing sebagai anaknya Diangkat secara sah oleh orang asing Mempunyai paspor dari Negara asing Memperoleh kewarganegaraan lain karena kemauan sendiri . mengajukan kritik b.      amandemen amandemen amandemen amandemen pertama disahkan 19 oktober 1999 kedua disahkan 18 Agustus 2000 ketiga disahkan 10 November 2001 keempat disahkan 10 Agustus 2002 a.. kekuasaan e.. menaati peraturan e. Contoh partisipasi pasif warga negara adalah ... a.. warga negara biasa d. Menurut Miriam Budiardjo... menyampaikan usul d. e.Sebutkan perbedaan demokrasi Pancasila dan demokrasi liberal ! Jawaban: 101. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945 e. Partisipasi politik dilakukan oleh . aktivis negara 98.Jawablah pertanyaan beriklut dengan benar ! 100. c...d. membayar pajak c.. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 d.

104.  Hanya memiliki satu partai masa tunggal yang dipimpin oleh satu orang System politik demokrasi mpy cirri-ciri:  Kedaulatan rakyat  Konsultasi kepada rakyat  Majority rule dan minority right  Persamaan politik .sistem politik kediktatoran mpy cirri-ciri:  Adanya monopoli media massa oleh penguasa  Adanya control yang ketat dari kekuatan militer.