P. 1
Langkah-langkah Penulisan Pidato

Langkah-langkah Penulisan Pidato

|Views: 91|Likes:
Published by Hermy Anty

More info:

Published by: Hermy Anty on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

C.

Langkah-langkah menyusun naskah pidato Adapun beberapa langkah-langkah di dalam menyusun atau membuat pidato antara lain : 1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan yang disesuaikan dengan tujuan pidato. 2. Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato. 3. Menyusun kerangka pidato Secara umum dalam proses pembuatan atau kerangka pidato mengandung tiga bagian pokok sebagai berikut : a. Pendahuluan Bagian ini biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, atau ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait. Selain itu, dalam bagian ini juga secara tidak langsung menyampaikan tujuan pidato. ( baca pada tujuan pidato ). b. Isi Isi pidato harus sesuai dengan tujuan dan tema atau pokok pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya. c. Penutup Penutup merupakan kunci keseluruhan isi pidato. Bagian ini biasanya berupa reruan umuk membangkitkan semangat, saran, harapan-harapan, ringkasan penting, ucapam terimakasih, permohonan maaf, dan salam penutup. 4. Menyusun atau mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami. Dalam membawakan pidato biasanya dalam situasi formal atau resmi. Oleh karena itu, naskah atau teks pidato hendaknya menggunakan bahasa baku dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata yang tepat. Misalnya menggunakan sapaan bapak, ibu, Anda, atau saudara bukan kamu atau engkau. Selain itu, sebelum menyusun naskah-naskah pidato alangkah baiknya Anda membaca buku-buku yang berkaitan dengan topik atau materi pidato. Bukubuku itu dapat anda jadikan referensi ( sumber acuan, rujukan ) untuk menyusun naskah pidato. Ada satu hal lagi dalam proses pembuatan naskah pidato yaitu ” menyunting / sunting “. Sunting atau menyunting adalah menyiapkan naskah siap jadi dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa ( menyangkut ejakan, diksi, dan struktur kalimat,)., mengedit. Didalam psoses pengeditan ada beberapa tanda yang digunakan. Untuk mengetahuinya baca ( komposisi, gorys keraf, nusa indah, 1984 )

Hadiah untuk para pengunjung karena telah membuka blog ini maka akan saya berikan alamat website yang dikunjungi paling banyak dan mungkin sangat berguna. klik nomor disamping1 2 . Terimakasih telah berkunjung di blog ini . jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi .Itulah sedikit ulasan tentan pidato atau berpidato yang dapat saya tuliskan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->