P. 1
Perbaiki Adaptor

Perbaiki Adaptor

|Views: 37|Likes:
Published by Eus Juga

More info:

Published by: Eus Juga on Jun 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

Bengkel Adaptor - Charger Laptop Rusak

Analisa Kerusakan ADAPTOR atau Charger Laptop

Harga baru charger laptop lumayan mahal dan mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk membelinya. Dan pastinya kamu akan sedikit menyesal jika adaptor atau keren nya charger laptop kamu rusak, sehingga laptop kamu sama sekali tidak bisa digunakan. Kerusakan umum yang sering terjadi pada charger atau adaptor laptop dan juga cara merawat adaptor laptop kamu agar lebih awet dan tahan lama. Kerusakan umum pada charger / adaptor laptop :

1. Kabel charger putus.
Hal ini paling sering terjadi pada semua merk laptop dan apapun tipe nya. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat menggulung kabel. Hindari menggulung kabel secara oval atau lonjong, usahakan menggulung kabel secara melingkar dan jauhi lipatan pada bagian pangkal kabel (dekat charger) karena bagian itu yang sering terjadi kerusakan. Jika hal tersebut terjadi biasanya laptop tidak akan bisa terisi dengan baik, karena kabel kadang tersambung dan kadang terputus. Hal tersebut masih tidak teralu membahayakan, hanya saja akan mempengaruhi usia laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi charger laptop kamu, karena jika terjadi hal seperti itu dengan waktu yang lama akan merusak semua komponen yang ada.

2. Fuse/ Sekering
Ada sebagian adaptor dilengkapi dengan fuse,yang berfungsi untuk memutuskan arus atau tegangan apabila melebihi darikapasitas yang dibutuhkan. Untuk komponen ini pertama kali kita cek terlebih dahulu putus apa tidak dengan dilihat secara fisik atau dengan multimeter.

3. Dioda short .
Fungsi dari dioda disini adalah sebagai penyearah arus AC yang berasal dari trafo switching menjadi arus DC sehingga dapat diterima oleh laptop kamu. Jika terjadi hubungan arus pendek seperti pada masalah sebelumnyan maka dioda ini bisa saja tidak kuat untuk menahan beban berlebih sehingga putus.

4. Elco/Capasitor
Perhatikan tanda-tanda fisik dari komponen ini, terjadi perubahan fisik apa tidak. Biasanya menyebabkan komponen output charger tidak stabil, maka perlu dicurigai komponen ini.

. Transistor atau SCR Komponen ini jarang sekali rusak. karena fungsi dari solderan tersebut adalah sebagai penghubung dari semua kaki kaki komponen yang bersangkutan.. DC Conector Rusak atau terbakar Cek kondisi terminal in (DC conector pada laptop) mungkin terbakar atau rusak.. jika kamu ingin mengetahui cara memperbaiki adaptor / charger laptop silahkan klik judul dibawah ini . Jika terjadi seperti itu maka adaptor kamu tidak akan dapat berfungsi. Hindari untuk menjatuhkan nya apalagi dalam kondisi panas. 7.5.. Solderan Retak : Jika adaptor dalam kondisi panas dan lansung terjatuh maka itu akan memperbesar peluang retaknya solderan pada PCB adaptor kamu. 6. namun untuk langkah awal apabila waktu dicharger komponen ini panas kemungkinan jugabisa rusak. Itu merupakan beberapa masalah yang paling sering terjadi pada charger laptop.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->