Menggunakan Daemon Tool

By: feriawan agung (teroriscinta.blog.friendster.com)

Daemon tool digunakan untuk membuka file image CD. Image CD adalah hasil duplikasi sebuah CD ataupun pengkopian CD yang tidak bisa dibaca dengan Windows ataupun Linux secara langsung. Hal ini berbeda dengan file biasa yang di eksplorer bisa di-klik dan dibuka langsung tanpa perlu pusing berpikir bahwa file yang telah di-klik tersebut bisa jalan ataukah tidak. Untuk CD-CD program, perlakuan file-file yang ada didalamnya tidak selalu bisa di copy-paste dan jalankan sebagaimana di flashdisk. Katakanlah anda memiliki master CD program game dari EA atau beberapa game dan program original, dipastikan jika seluruh CD di copypaste ke Harddisk, tidak akan bisa berjalan normal dan meminta CD asli. Untuk itulah, proses pengcopyan CD versi Image diperlukan untuk bisa menjalankan program di CD agar utuh dan tidak ada eror. Sayangnya, jika anda bolakbalik memasuk-keluarkan CD dari CD rom tentunya akan melelahkan. Nah, dengan daemon tool, persoalan itu rampung. Image CD ada banyak, ada yang berekstensi .img. .nrg, .ccd , atau .sol tergantung software apa yang gunakan dalam peng-image-an CD anda. Misalkan, saya menggunakan .ccd hasil dari peng-image-an menggunakan clone CD, coba perhatikan bagaimana saya memasangnya di daemon tool yang terinstall: 1. Pertama, jalankan daemon tool yang terinstall:

2. Begitu muncul tray icon di pojok kanan, artinya anda bisa memakai daemon tool tersebut:

3. Untuk memasukkan iamge file ke dalam daemon tool sehingga komputer anda punya virtual drive (seolah-olah punya CD room banyak), lakukan klik kanan pada icon daemon tool:

4. Di bagian device bisa anda klik untuk eksplorasi file yang dituju kata “mount” bisa diartikan memuat atapun memasang file image CD ke CD rom virtual buatan daemon tool. Anda bisa masuk ke : a. Klik mount image untuk menjalankan file image b. Klik unmount image untuk eject ataupun memberhentikan aktifitas pemuatan image CD

5. Jika anda klik mount image, akan muncul eksplorer untuk melakukan browsing ke lokasi file image.

6. Jika anda klik berhasil, maka di windows eksplorer akan ada file yang anda maksudkan itu nangkring di salah satu CD room di komputer anda:

7. Proses selanjutnya, lakukan saja seperti biasa ketika anda punya CD rom original ataupun program original di CD. Selesai…..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful