P. 1
Kurikulum PP Al Furqan Lengkap

Kurikulum PP Al Furqan Lengkap

4.75

|Views: 1,077|Likes:
Published by adi nurcahyo

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: adi nurcahyo on Dec 30, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2011

Pondok Pesantren Al Furqan

Alamat : Jl. Letjen Suprapto VI no. 85 Jember Telp. (0331) - 332840

Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Al Furqan Jember

Disusun Oleh :

Tim Asatidz Pondok Pesantren Al Furqan

Pendidikan Pembinaan Tsaqofah Kepribadian Mental Pelatihan Ketrampilan Fisik

Penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Al Furqan di fokuskan pada dua hal, pembinaan dan pelatihan. Pembinaan, ditujukan agar santri memiliki wawasan Islam yang komprehensif dan dapat digunakannya sebagai landasan dalam menimbang setiap peristiwa, sekaligus membina akhlaq terpuji. Secara garis besar, kurikulum pembinaan di Pondok Pesantren Al Furqan lebih diarahkan kepada tujuh bidang pemahaman yaitu : 1. Aqidah, 2. Fiqih, 3. Al-Quran, 4. Tafsir, 5. Hadits, 6. Akhlaq, dan 7. Sirah. Untuk tahun pertama penjabarannya sebagai berikut : 'AQIDAH - Pemahaman dalam bidang pengetahuan 'Aqidah tentang penekanan pada aspek tauhid, pengenalan dan keimanan kepada Sang Pencipta. Target materi aqidah : a)Memahami rukum iman dan rukun Islam b)Memahami makna kalimat Laailaha ilallaah c)Memiliki keberanian menghadapi semua makhluk demi membela agama-Nya. Kitab yang digunakan adalah : Ushul Tsalatsah (Tiga landasan utama), Madarijus Salihin, 'Aqidah Islamiyyah, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh …………………………………………….. BAHASA ARAB - Pemahaman tentang tata bahasa Arab dan percakapannya. Target materi Bhs Arab dasar : a)Mengenal nama-nama benda di sekitar dan kalimat-kalimat yang sering digunakan keseharian. b)Dapat membaca kitab kuning Adapun kitab yang digunakan untuk pemahaman dalam bidang kebahasaan diantaranya : Kitab Jurumiyyah, Kitab Shorof Kailany, Kitab Amtsilatul Tasrif, Kitab Imriti, Kitab Alfiyyah Ibnu Malik, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh …………………………………………… FIQH/SYARI'AH - Pemahaman dalam bidang Syari'ah tentang penekanan pada aspek pengamalan Ibadah dan Mu'amalah (Fiqih). Target materi fiqh dasar : a)Memahami dengan baik cara, syarat, maupun rukun bersuci, sholat, dan puasa. b)Memahami hukum yang 5 (wajib, sunnah, mubah, makhruh dan haram) dan kaitannya dengan prioritas perbuatan. Kitab yang digunakan antara lain : Safinah, Fathul Qorib, Kifayatul Akhyar, Fiqh Sunnah, Zadul Ma’ad, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh …………………………………………… AL-QURAN & TAFSIR – Pemahaman mengenai kandungan isi Al Qur’an. Target materi Al Qur’an dan tafsir : a)Dapat membaca Al Qur’an dengan benar, dengan diraihnya tashih baca Al Qur’an yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu (Qiro’ati / Ummi), yang ditempuh dalam jangka waktu 1 tahun. b)Dapat mengartikan dan memahami ayat yang sedang dibaca. c)Hapal juz ‘amma dalam waktu 1 tahun Kitab yang digunakan : Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, buku Ummi/Qiro’ati, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh ……………………………………………….

HADITS – Pemahaman dan menghapal hadits-hadits yang utama atau yang sering digunakan sebagai landasan amalan sehari-hari. Target materi hadits : a)Memahami masalah niat, dan cara penerapannya dalam ibadah b)Mengetahui bentuk-bentuk penyakit hati dan bahayanya Kitab yang digunakan antara lain : Arba'in Nawawy, Riyadus-Sholihin, Bukhori, Muslim, dan lainlain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh ………………………………………………. AKHLAQ - Pemahaman dalam bidang Akhlaq yang penekanannya pada aspek perilaku dan adab. Target materi akhlaq : a)Memahami gaya hidup(pakaian, rambut, cara pergaulan) yang sesuai tuntunan syara’ b)Mengetahui cara berbakti kepada oarng tua, saat hidup maupun setelah meninggal. c)Memahami hak-hak orang muslim yang harus ditunaikan d)Memahami adab dalam menuntut ilmu Adapun kitab yang dipelajarinya adalah : Akhlaqu Lilbanin/lilbanat, Sulamut-Taufiq, Ta'limul Muta'alim, Adabul Mufrad, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh ………………………………………………. SIRAH – Pemahaman perjalanan hidup Rasulullah saw dan para shahabat sebagai upaya untuk meneladaninya. Target materi sirah : a)Memotivasi santri untuk semangat berjuang dan belajar di jalan-Nya. b)Membangun idola baru di benak para santri Kitab yang dijadikan acuan : Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Sirah Nabawiyah (Dr. M Sa’id Ramadhan Al Buthi), Sirah Shahabat, Sirah Shahabiyah, dan lain-lain. Penanggungjawab : Ust / ustdzh ……………………………………………….

KURIKULUM PEMBINAAN MENURUT TINGKAT PENDIDIKAN KELAS 1 (SATU) KELAS 2 (DUA) KELAS 3 (TIGA) Tauhid Jurumiyah Shorof Kailany Safinatunnajja Fathul Qorib Zadul Ma’ad Bahasa Arab jilid 1 Bahasa Arab jilid 2 Bahasa Arab jilid 3 Tafsir Tafsir Tafsir Akhlaq lil Banain/Banat jilid 1 Akhlaq lil Banain/Banat jilid 2-3 Adabul Mufrad Iqro – Quran Tasrifan Alfiyah Ibnu Malik Arbain Nawawy Riyadus Sholihin Bukhari dan Muslim Tajwid Imriti Madarijus Salihin Wirid & Do’a Hafalan Jurumiyah Pengulangan Jurumiyah Hafalan Juz 'Amma Hafalan Al Baqarah Hafalan Al Baqarah Sirah Sirah Sirah Pelatihan, ditujukan agar santri memiliki ketrampilan, daya tahan tubuh,serta melatih sosialisasi dan interaksi dengan sesamanya. Bentuk pelatihannya meliputi kegiatan bercocok tanam, service computer, design, memasak, olah raga permainan, pidato, dan sebagainya.

Tata Tertib Pondok Pesantren Al Furqan

Pasal 1 Ketentuan Umum Dalam Tata Tertib Pondok Pesantren Al Furqan ini, yang dimaksud dengan: 1. Pimpinan PP Al Furqan merupakan pimpinan dalam melaksanakan tugas dan fungsi PP Al Furqan. 2. Pengasuh adalah orang yang ditetapkan oleh Pimpinan PP Al Furqan sebagai pengasuh pondok pesantren yang bertugas untuk mengelola dan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan kepengasuhan di Pondok Pesantren Al Furqan. 3. Ustadz/ustadzh adalah orang yang bertugas melakukan fungsi pengajaran dan pendidikan di Pondok Pesantren Al Furqan yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan PP Al Furqan setelah mendapatkan rekomendasi dari pengasuh. 4. Mahkamah Santri adalah tim yang dibentuk oleh pengasuh yang terdiri dari santri senior yang bertugas melakukan penegakan tata tertib dan membantu pengasuh dalam melaksanakan fungsi kepengasuhan secara umum di Pondok Pesantren Al Furqan. 5. Santri adalah setiap siswa SMP Al Furqan, SMK Al Furqan, SMAN 1 yang terdaftar dan sedang menempuh studi di Pondok Pesantren Al Furqan. 6. Tata Tertib santri Pondok Pesantren Al Furqan adalah ketentuan yang mengatur tentang kewajiban, , hak, dan larangan, bagi santri Pondok Pesantren Al Furqan. 7. Sanksi adalah hukuman yang dijatuhkan kepada santri Pondok Pesantren Al Furqan yang melakukan pelanggaran terhadap Tata Tertib Pondok Pesantren Al Furqan 8. Pelanggaran Tata Tertib adalah setiap perbuatan santri Pondok Pesantren Al Furqan yang melanggar ketentuan yang termuat dalam Tata Tertib Pondok Pesantren Al Furqan. 9. Kegiatan kependidikan adalah seluruh aktivitas kependidikan, baik kurikuler, ekstra kurikuler maupun kurikulum yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Furqan.

Pasal 2 Kewajiban Santri Setiap santri diwajibkan untuk: 1. Selalu mentaati syariat Islam, peraturan yang berlaku di PP Al Furqan dan Tata Tertib Pondok Pesantren Al Furqan. 2. Selalu mengikuti seluruh kegiatan kependidikan di Pondok Pesantren Al Furqan; 3. Selalu melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah selama berada Pondok Pesantren Al Furqan; 4. Menghafal juz ‘amma dengan menguasai kandungannya, paling lambat 1,5 tahun; 5. Selalu menerapkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah; 6. Selalu menjaga ketertiban, ketenangan, dan kebersihan di lingkungan Pondok Pesantren Al Furqan; 7. Berpakaian rapi, sopan, dan sesuai dengan tuntunan syariah selama berada di Pondok Pesantren Al Furqan maupun di sekitar Pondok Pesantren Al Furqan; 8. Bersikap hormat dan sopan kepada pengasuh, ustadz, karyawan, dan sesama santri; 9. Menyelesaikan studi baik di Pondok Pesantren Al Furqan maupun di sekolah tepat pada waktu yang telah ditentukan; 10. Memperoleh izin dari pengasuh bila hendak meninggalkan Pondok Pesantren Al Furqan dan melaporkan diri kepada pengasuh bila telah kembali ke Pondok Pesantren Al Furqan; 11. Menjaga dan memelihara barang milik Pondok Pesantren Al Furqan; 12. Melaksanakan puasa sunnah sesuai ketetapan yang berlaku; 13. Membantu pengasuh dalam melaksanakan fungsi kepengasuhan di pondok pesantren; 14. Memperbanyak membaca Al Qur’an dengan mengkhatamkannya minimal sekali dalam 3 bulan; 15. Membeli kitab pembelajaran sebesar Rp. 10.000,- yang digunakan selama 1 tahun.

Pasal 3 Hak Santri Setiap santri berhak untuk: 1. Mendapatkan pendidikan dan pengajaran sesuai ketentuan yang berlaku di PP Al Furqan; 2. Setiap santri bebas dari pembayaran uang sekolah; 3. Untuk santri Yatim atau Yatim piatu, bebas dari pembayaran uang sekolah, iuran sekolah, biaya makan, dan pembayaran lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PP Al Furqan; 4. Menempati Pondok Pesantren Al Furqan dan mempergunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pondok Pesantren Al Furqan. 5. Mendapat obat dan biaya pengobatan secara gratis untuk penyakit-penyakit ringan. 6. Setiap santri mendapat perlengkapan tulis sesuai kebutuhan.

Pasal 4 Larangan Setiap santri dilarang: 1. Melakukan perbuatan yang bertentangan dengan syariat Islam, atau yang bertentangan dengan Peraturan yang berlaku di Pondok Pesantren Al furqan; 2. Melakukan perbuatan yang merugikan dan mencemarkan nama baik Pondok Pesantren Al Furqan; 3. Menikah sebelum masa studi selesai; 4. Meninggalkan Pondok Pesantren Al Furqan tanpa seizin pengasuh; 5. Meninggalkan Pondok Pesantren Al Furqan lebih dari 24 jam, kecuali saat Hari Raya Idul Fitri atau liburan semester; 6. Mempergunakan hak milik orang lain tanpa izin; 7. Mempergunakan fasilitas Pondok Pesantren Al Furqan yang tidak diperuntukkan bagi santri tanpa seizin pengasuh; 8. Merokok atau menggunakan narkoba selama mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Al Furqan; 9. Mengeluarkan kata-kata kotor; 10. Menjalin hubungan khusus (pacaran), baik dengan teman santri maupun teman sekolah; 11. Bagi santri putra, menerima tamu perempuan yang bukan mahramnya tanpa didampingi ustadznya; 12. Bagi santri putri, menerima tamu laki-laki yang bukan mahramnya tanpa didampingi ustadzahnya; 13. Menerima tamu untuk menginap kecuali seizin pengasuh dengan batas waktu maksimal 3 hari berturut-turut; 14. Menerima tamu kecuali di tempat dan waktu yang telah ditentukan.

Pasal 5 Pelanggaran dan Sanksi

1. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan dikenai sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. 2. Jenis-jenis sanksi sebagaimana yang dimaksud pada pasal 5 ayat (1) yaitu : 1. Sanksi ringan berupa teguran secara lisan, dan atau tertulis yang dikeluarkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Furqan kepada santri yang melakukan pelanggaran ringan, dan atau berupa pemberian tugas dan kerja bakti. 2. Sanksi sedang adalah pemberhentian santri sementara (selama 1 bln) dari Pondok Pesantren Al Furqan. Sehingga selama 1 bln semua hak, kewajiban dan peraturan Pondok terlepas dari diri santri. Dan semua tanggungan sekolah kembali menjadi tanggung jawab orang tua (wali santri). Jika dalam jangka waktu 2 bln, orang tua tidak mendaftarkan kembali, maka dianggap berhenti (drop out) dari Pondok Pesantren Al Furqan. 3. Sanksi berat adalah pemberhentian santri (drop out) dari Pondok Pesantren Al Furqan oleh Pimpinan PP Al Furqan atas usulan pengasuh kepada santri yang melakukan pelanggaran berat. 3. Jenis-jenis pelanggaran yang dimaksud pada pasal 5 ayat 1 yaitu : 1. Pelanggaran berat, yaitu: 1. Melakukan perbuatan melanggar syariat yang termasuk dosa besar. 2. Melebihi batas waktu maksimal studi (disesuaikan dengan lamanya studi yang dibutuhkan). 3. Menikah sebelum studi selesai. 4. Mencemarkan nama baik Pondok Pesantren Al Furqan. 5. Pacaran, baik dengan santri pondok maupun teman sekolah. 6. Merokok atau menggunakan narkoba. 2. Pelanggaran sedang, meliputi : 1. Melakukan pelanggaran ringan setelah mendapat peringatan tertulis atau mendapat hukuman dari pengasuh sebanyak 7 kali selama 1 minggu. 2. Pulang melebihi jangka waktu yang diberikan tanpa ada penjelasan atau pemberitahuan kepada pengasuh. 3. Pelanggaran ringan, yaitu semua jenis pelanggaran yang tidak termasuk dalam kategori pelanggaran berat dan sedang, baik tidak melaksanakan kewajiban maupun melanggar larangan. Ketentuan Tambahan

1. Tata tertib ini berlaku sejak ditetapkan. 2. Ketentuan yang mengatur pelaksanaan tata tertib ini akan diatur kemudian oleh pengasuh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->