SENI TARI STANDAR KOMPETENSI 1.

Mengapresiasi Karya Seni Tari : :

KOMPETENSI DASAR

5.1 Mengidentifikasi Makna Pola Lantai pada Tarian INDIKATOR   :

Menjelaskan Ruang dalam Menyajikan Tari Menjelaskan Waktu dan Tenaga Penari dalam Penyajian :

TUJUAN PEMBELAJARAN  

Siswa mampu menjelaskan ruang dalam penyajian tari Siswa mampumenjelaskan waktu dan tenaga yang digunakan dalam penyajian tari

URAIAN MATERI KATA KUNCI:     · Nusantara · Tarian Daerah · Pola Lantai · Gerak Tari

1.

Ruang dalam Menyajikan Tari

Ruang tari adalah salah satu unsur penunjang dalam terwujudnya aktivitas gerak tari. Ruang gerak meliputi arah gerak dan arah hadap. Ruang pentas terdiri atas arah, fokus, level, kepadatan, keleluasaan/ukuran dan desain/rancangan. 1. Arah, Pola lantai adalah posisi pada waktu berada di atas panggung dan harus memperhatikan keseimbangan. 3 2 5 4 3

Level berfungsi untuk memberikan kesan daya tarik dan menimbulkan kesan dinamis pada gerak tari. penempatan/formasi penari di atas panggung harus seimbang. Desain atas adalah garis yang ditimbulkan oleh gerakan penari di atas panggung yang terlukis di atas ruang. Durasi / Waktu Waktu merupakan peranan utama dalam penyajian tarian.2 1 1 4 5 Pola Lantai Sejajar 1. Memperhitungkan Tenaga Pola lantai Berselang . jika penari memeragakan adegan kesedihan bias menggunakan ruang yang kecil. 1. 1. misalnya garis diagonal. zig-zag. lengan dan sikap badan. horizontal. 1. Sedangkan desain bawah adalah desain yang dihasilkan oleh penari berupa garis yang dilaluinya. Kepadatan Kepadatan adalah penguasaan ruang oleh penari. Misalkan. yaitu iringan langsung dan tak langsung. Ada dua iringan. Keleluasaan/Ukuran Keleluasaan merupakan ukuran yang digunakan oleh penari utuk bergerak. Oleh karena itu. 1. Level Level merupakan tingkat jangkauan gerak yang telah ditentukan yang disesuaikan dengan aturan gerak tari itu sendiri. Iringan langsung merupakan iringan hidup. 1. di mana iringan musik langsung di atas panggung dan tidak terbatas waktunya sedangkan iringan tidak langsung dapat dari kaset yang waktunya terbatas. Desain/Rancangan Desain terdiri dari desain atas dan desain bawah. Waktu dan Tenaga Penari dalam Penyajian 1. Focus Fokus adalah titik pandang penari dengan sentral penonton yang diperkuat dengan mata. Fokus berfungsi memberikan kesan tambahan pada arah yang dituju penari. Waktu tergantung pada penyaji seni tari dengan menggunakan iringan musik. berputar. 1. dan vertikal.

waktu. yaitu arah. dan tenaga KATA KUNCI:   · Gerak Dasar Kaki · Gerak Stilasi o · Tari Nusantara URAIAN MATERI Tahukah kalian ada berapa banyak ragm tarian Nusantara? Tentunya banyak sekali kita jumpai tarian di sekeliling kita. keleluasaan. Mengapresiasi Karya Seni Tari : KOMPETENSI DASAR 5.. dan desain.Jumlah penari juga harus diperhitungkan karena jumlah penari harus disesuaikan dengan ruangan. Dalam menari harus memperhatikan hal-hal tertentu agar tenaga tidak terkuras habis. yaitu: Menari dengan gerakan yang sederhana namun indah dan gemulai Gerakan disesuaikan dengan kemampuan penari Gerakan tidak berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain Gerakan harus dihemat agar tidak menguras tenaga yang banyak RANGKUMAN    Ruang dalam Menyajikan Tari ada beberapa pokok. : STANDAR KOMPETENSI 1. waktu. level. dan tenaga : TUJUAN PEMBELAJARAN     Siswa mampu menjelaskan Ragam Gerak Tari Nusantara Siswa mampu menjelaskan Ragam Gerak Dasar Kaki Siswa mampu menjelaskan Gerak Stilasi Siswa mampu menjelaskan gerak Tari menurut ruang. kepadatan. .2 Membandingkan Pola Lantai Gerak Tari Nusantara Daerah Setempat INDIKATOR     : Menjelaskan Ragam Gerakan Tari Nusantara Menjelaskan Ragam Gerak Dasar Kaki Menjelaskan gerak Stilasi Menjelaskan gerak tari menurut ruang. Waktu dan Tenaga dalam Penyajian terdiri dari durasi dan tenaga penari Dalam setiap akan pementasan seyogyanya ketentuan harus dipertimbangkan. fokus.

1. rapat nindak. 1. Tari Betawi Ragam Gerakan Tari Nusantara Dalam tari Betawi dikenal gerakan-gerakan seperti kewer. Nyregseg (Bali) . cendol hijau. A. yaitu gerakan berpindah tempat dengan cara bergeser kesamping kanan atau kiri. Berikut beberapa contohnya. 1. Adeg-adeg/Agem Adeg-adeg merupakan posisi siap dalam menari. Tari Kalimantan Berikut adalah contoh gerakan dalam Tari Mandau. 1. kewer ganda. 1. penari akan melakukan gerakangerakan lainnya. Tari Sumatra Berikut ini adalah contoh gerakan tari seudati dari Aceh. Langkah meliuk (Sulawesi) Gerak dasar kaki langkah meliuk terdapat dalam gerak-gerak tari dari daerah Sulawesi. Ragam Gerak Dasar Kaki Tiap tari daerah memiliki karakter berbeda. 1. 1. dan sebagainya. Wedhi kengser (Jawa) Gerak wedhi kengser juga sering disebut gerak “keser”.1. Perbedaan itu terdapat juga dalam gerak kaki. Dari posisi adeg-adeg. dalam tarian jawa terdapat gerakan tari putri dan tari putra (satria). Tari Sunda (Jawa Barat) Tarian sunda yang paling terkenal adalah jaipong. 1. Tari Jawa Seperti halnya tarian dari daerah lain. Gerakan dalam tari Betawi akan kita bahas lebih lanjut dalam gerak bagian stilasi. 2. Tari Bali Tarian Bali memiliki kekhasan gerakan seperti mata yang mendelik dan posisi tangan yang terangkat penuh sehingga sejajar dengan bahu. B. Berikut ini adalah contoh gerakan dalam Tari Jaipong. 1. 1. Berikut contohnya dalam tarian nusantara.

Kemudian kaki kanan merapat hingga lutut menyentuh betis kaki kiri. Misalnya berputar di tempat. Agar kamu dapat membedakan cepat dan lambatnya suatu gerakan. lakukan gerakan jinjit dengan tangan kanan ke atas (gambar kanan). Gerak Tari Menurut Ruang. dan lambat. Tempo lambat disebutlargo. Praktikkan gerak ruang sempit berikut ini! Dari sikap awal (gambar kiri). Gerak Stilasi Gerak Stilasi yaitu gerak-gerak dasar tari yang sudah diolah dan disempurnakan. topeng. nyreseg dimulai dengan kaki kiri yang berada didepan menapak dengan dengan cara dijelujurkan kedepan. a. Ada tempo lambat. kamu dapat menggunakan irama lagu yang sudah kamu hafal untuk mempraktikan gerakan dibawah ini. Kemudian. Perhatikan skema gerak pakblang dibawah ini! 1. Waktu. Rapat nindak (Betawi) Gerakan kaki kanan melangkah. pedang. Berikut adalah contoh tarian daerah yang disusun berdasarkan makna secara simbolis dengan gerak-gerak stilasi. Lengkap dengan porperti seperti kipas. atau seblak sampur. ulap-ulap. Gerak Tari Menurut Waktu Waktu berarti tempo. 1. Tari daerah pada umumnya memiliki unsure-unsur gerak stilasi yang berbeda. sedang. membutuhkan ruang yang luas. dilakukan hanya ditempat penari berdiri dan hampir tidak melangkah. dan diikuti kaki kiri melangkah. Gerakan ini dilakukan untuk memenuhi panggung. dan Tenaga Gerak Tari Menurut Ruang 1. Praktikkan gerakan melangkah kesamping kanan dan kiri berikut ini! b) Gerak ruang sedang Gerak ruang sedang biasannya dilakukan diseputar tempat penari berdiri. misalnya berjalan dari satu sisi lain atau berputar mengelilingi panggung. Lakukan sambil berputar di tempat. Tempo sedang disebut moderato dan tempo cepat disebut allegro. keris. piring. b.Nyregseg adalah melangkah dengan cara bergeser kedepan dalam posisi jongkok. Pakblang (Sunda) Pakblang adalah cara melangkah kaki kedepan atau kebelakang dengan merendahkan dan meninggikan gerak langkah kaki. 1. C. Cobalah gerakan yang sudah kalian pelajari pada bagian sebelumnya dengan menggunakan irama cepat. ada tempo cepat. kembali keposisi semula. kaki kanan merapat menjijit. atau tiap penari berputar dalam lingkar kecil. c) Gerak ruang sempit Gerak ruang sempit sangat terbatas. 1. ataupun selendang. dan lambat! Rasakan bedanya! Tempo mana yang paling cocok? . Ruang dalam gerak tari dapat dilihat dari jangkauan gerakan tangan dan gerakan kaki sebagai berikut: a) Gerak ruang lurus Gerak ruang lurus. Lakukan gerakan kewer ini beberapa kali secara cepat. kaki kiri merapat jinjit. seperti namanya. D. 1. Misalnya melangkah maju/mundur. sedang.

Gerak Stilasi Gerak Tari Menurut Ruang terdiri dari gerak ruang lurus. : STANDAR KOMPETENSI 1. Decrescendo. dan Betawi Ragam Gerak Dasar Kaki terdiri dari Adeg-adeg/Agem. Wedhi kengser (Jawa). Bali.ritardando. Kekuatan gerakan dapat dipengaruhi oleh kecepatan gerak. Aspek-aspek Pendukung Tari Music Pengiring 1. A. dan cepat (allegro). Pakblang (Sunda). diantarannya: Teknik tenaga yang dicapai dengan mempercepat gerak disebut accelerando. semakin lambat gerakan. Teknik tenaga yang dicapai dengan memperkuat gerakan disebut crescendo. sedang(moderato). a. sedang. semakin lemah tenaganya.1 Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok INDIKATOR   : Menyebutkan aspek-aspek pendukung tari Menampilkan gerakan menari : TUJUAN PEMBELAJARAN   Siswa mampu menyebutkan aspek-aspek pendukung tari Siswa mampu menampilkan gerakan menari URAIAN MATERI 1. Gerak Tari menurut Tenaga Setiap gerak tari membutuhkan tenaga. Langkah meliuk (Sulawesi). Sebaliknya. Jawa. crescendo. o Gerak Tari menurut Tenaga terdiri dari accelerando. Tenaga tersebut dapat diukur dari kuat dan lemahnya sebuah gerakan. Nyregseg (Bali). Sunda. Rapat nindak (Betawi). Kalimantan.1. Semakin cepat gerakan. Dalam gerak tari. . Teknik tenaga yang dicapai dengan cara memperlambat gerak disebut ritardando. dan sempit. Teknik tenaga yang dicapai dengan memperlemah gerakan disebut decrescendo RANGKUMAN     Ragam Gerakan Tari Nusantara terdiri dari tari Sumatra. o Gerak Tari Menurut Waktu terdiri dari lambat (largo). ada pengaturan tenaga sebagai unsur estetis. Mengekspresikan Karya Seni Tari : KOMPETENSI DASAR 6. semakin banyak tenaga yang dikeluarkan. c.

pedang rencong golok. Jika gerakan Tari Topeng Betawi sudah kalian hafal. 3.Music pengiring tari dapat berupa music hidup maupun iringan kaset/CD. Tari Topeng merupakan jenis tari dasar karena gerakannya berasal dari gerakan dasar. Selain itu juga terdapat property jenis lain seperti topeng. lilin. Bahkan dalam seni Tari Betawi. 4. Namun. serta busur dan anak panah. coalah memeragakannya dengan iringan music kaset. Busana Busana Tari Topeng Betawi terdiri dari: a) b) c) d) e) f) g) h) Kain sarung Betawi Kebaya dengan lengan rumbai-rumbai Kembang kelapa (hiasan kelapa) Konde cepol Toka-toka Kalung Anting Pending 1. Property yang digunakan dalam Tari Topeng Betawi adalah topeng dan selendang. Gerak Gerak Gerak Gerak Gerak Gerak Rapat Nindak 6×8 hitungan Selancar 6×8 hitungan Kewer 6×8 hitungan Kewer Ganda 3×8 hitungan Pak Blang 7×8 hitungan Gibang (jalan berputar/melingkar) 6×8 hitungan RANGKUMAN  Aspek-aspek Pendukung Tari terdiri dari Musik Pengiring. Property yang paling sering digunakan adalah selendang yang dapat ditemui pada berbagai tarian nusantara. 1. Gerakan Menari Pada kesempatan ini kita akan menarikan Tari Topeng Betawi. 6. 2. Property . Busana. Apabila tidak ada kaset. 1. Beberapa gerakan-gerakan Tari Topeng Betawi dengan urutan-urutan sebagai berikut: 1. Property Property tari merupakan peralatan yang digunakan dalam menari. kalian dapat memperagakannya dengan iringan lagu-lagu Betawi yang kalian nyanyikan sendiri. piring. tariannya tetap tumbuh dan berkembang. b. Topeng Betawilah yang menjadi cikal bakal berbagai seni tari Betawi yang kita kenal sekarang. 5. ataupun rebana. Property senjata juga sering digunakan seperti keris. c. tombok. kuda lumping. Tari Topeng betawi adalah tarian tempo dulu yang pad mulanya diperagakn dalam pertunjukan kesenian Topeng Betawi akhirnya tenggelam. B.

misalnya dalam Tari Topeng Betawi gerakan menarinya terdiri dari Gerak Rapat Nindak 6×8 hitungan. a. Gerak Kewer Ganda 3×8 hitungan. Gerak Pak Blang 7×8 hitungan. kelompok yang melakukan gerakan yang sama tetapi ada bagian-bagian kelompok yang melakukan gerakan dengan tekanan yang berbeda.o Gerakan Menari. A. Gerak Selancar 6×8 hitungan. Mengekspresikan Karya Seni Tari : KOMPETENSI DASAR 6. Yaitu. Gerak Kewer 6×8 hitungan. Variasi gerakannya misalnya saling mengisi secara simultan. . Gerak Gibang (jalan berputar/melingkar) 6×8 hitungan : STANDAR KOMPETENSI 1. Tari kelompok dan Tari Berpasangan Tari Kelompok 1. Tari kelompok merupakan penyajian tari dengan cara berkelompok dengan jumlah penari sedikitnya 3 orang (trio). Bentuk penyajian Tari Kelompok diantaranya: a) Bentuk Rampak Simultan Penyajian tari kelompok bentuk rampak simultan merupakan gerak tari yang dilakukan secara bersamasama. 1. Gerakan rampak ini biasannya dilakukan dengan arah hadap yang sama dan gerakannya sama atau hampir sama.2 Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan kelompok INDIKATOR  : Menjelaskan dan mempraktekkan tari kelompok dan tarii berpasangan : TUJUAN PEMBELAJARAN  Siswa dapat menjelaskan dan memperaktekkan tari kelompok dan tari berpasangan KATA KUNCI:       · Seni Tari · Pola Tari · Desain · Formasi · Tari Kelompok · Tari Perorangan URAIAN MATERI Tahukah kalian bagaimana menari secara kelompok maupun berpasangan? Berikut adalah penjelasan dari cara-cara menari tersebut.

tarian berpasangan bukan berarti dilakukan oleh penari 2 orang saja. . tercipta sebuah variasi gerak dan pola lantai yang harmonis. 1. bentuk penyajiannya antara lain Bentuk Rampak Simultan. Sehingga. dapat dilakukan oleh penari lebih dari 2 orang. Tetapi. sesuai pola lanai sebagai berikut. asalkan kelipatan dua. Tari berpasangan Tari Berpasangan merupakan tarian yang dilakukan dengan cara berpasangan. RANGKUMAN    Tari kelompok merupakan penyajian tari dengan cara berkelompok dengan jumlah penari sedikitnya 3 orang (trio). Tari berpasangan berjumlah 6 orang Contoh tipe gerakan tari berpasangan dengan jumlah 2 orang penari. suatu gerakan dilakukan oleh sebagian dari kelompok. Contoh rampak selang-seling Gerakan yang akan terjadi: A-C bergerak sama dalam waktu sama. diikuti oleh kelompok yang lain. Tiap 2 orang itu gerakannya berpasangan. Bentuk Rampak Selang-seling. Praktikkan Tari Topeng Betawi dengan cara berkelompok. tidak sepanjang tarian. B-D bergerak dalam waktu yang sama Rampak ini terjadi pada gerakan tertentu saja. dapat dilakukan oleh penari lebih dari 2 orang. Tetapi. Praktikan kembali gerak dasar topeng betawi dengancara berpasangan. Tari Berpasangan merupakan tarian yang dilakukan dengan cara berpasangan. Contoh Tari kelompok berpasangan berjumlah 6 orang. Tari Kelompok. tarian berpasangan bukan berarti dilakukan oleh penari 2 orang saja.b) Bentuk Rampak Selang-seling Pada rampak ini. pada waktu tertentu. b. B-D diam A-C diam. berdasarkan susunan pola lantai sebagai berikut.