KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Kewirausahaan. Dalam penyusunan makalah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada dosen kami Ibu Dr. Sri Setyo Iriani, SE. M.Si dan teman-teman yang telah mendukung kami dalam penyelesaian tugas makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini masih terdapat banyak kekurangan. Untuk itu demi penyempurnaan tugas ini, kami mengharap kritik dan saran yang membangun dari para mahasiswa dan para pembaca. Harapan kami semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Surabaya, 02 April 2009

Penyusun

II. LATAR BELAKANG . khususnya masalah yang berkaitan dengan manajemen ditempat praktek kerja lapangan. Oleh karena itu. melihat lowongsan pekerjaan yang relatif lebih kecil daripada pencari kerja selain mendapatkan berbagai teori di pendidikan formal yang diperlukan dalam dunia kerja. Selain itu dengan praktek kerja lapangan akan diperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan berbagai masalah. Kebutuhan akan kemampuan dan profesionalisme menuntut adanya pelatihan dan usaha yang sungguh . sebagai sarana untuk latihan mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. guna meningkatkan wawasan dan kemampuan kami pada bidang manajemen dan aplikasi serta juga memenuhi persyaratan wajib perkuliahan. Dalam mencapai usaha diatas. maka kami bermaksud untuk mengadakan kegiatan kewirausahaan dengan cara membuka usaha berjualan.sungguh.BAB I I. tentunya tidak lepas dari peran serta berbagai pihak. Mata kuliah Kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah di Jurusan Manajemen Universitas Negeri Surabaya. baik dalam kalangan kampus. Dalam era globalisasi dunia dan perdagangan yang bebas diperlukan adanya kemampuan untuk bisa mengembangkan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri. dan dunia usaha serta semua instansi terkait. PENDAHULUAN Mahasiswa merupakan generasi penerus yang pada gilirannya akan memikul tanggung jawab guna mensukseskan pembangunan nasioanal dan memajukan bangsa dan negara.

Praktek kewirausahaan merupakan salah satu matakuliah dan merupakan program dari jurusan Manajemen UNESA yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa UNESA sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah Kewirausahaan yang dilakukan secara berkelompok. Seiring perkembangan zaman menuntut manusia bisa meciptakan inovasi sendiri yang dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak. yang sesui dengan daya beli masyarakat sekitar. PEMBAHASAN . VISI Wujudkan Jajanan Sehat yang Berkualitas. MISI Misi kami disini ingin memenuhi keinginan konsumen akan jajanan sehat. Diharapkan dengan diadakannya praktek kewirausahaan kita dapat terjun langsung kelapangan dan mengetahui tentang sifat-sifat konsumen dan keadaan pasar yang mengikuti permintaan konsumen. Dan kami juga berusaha memperoleh nilai yang memuaskan pada mata kuliah Kewirausahaan. Maka dengan adanya praktek Kewirausahan mahasiswa diharapkan bisa memperoleh ilmu yang tidak didapat di bangku kuliah sekaligus memperoleh pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dan mempunyai kualitas dalam bersaing di pasar bebas.

burger mudah untuk diproses. Dalam produk yang kami jual. Produk Dalam memenuhi tugas Kewirausahaan. Estimasi Ukuran Pasar Warga sekitar Pulo Wonokromo Identifikasi Competitor   kami Marketing Mix Kemungkinan tidak ada penjual lain yang menjual produk yang sama dengan  Produk : Burger. dan berbagai jenis minuman ringan .1. Begitu juga minuman. kita disini berusaha menyajikan makanan ringan dengan harga terjangkau dan dapat diterima oleh orang-orang sekitar. Dari produk yang kami jual tidak ada keunikan khusus. mulai dari menggoreng dagingnya. Didalam pengolahannya kami selalu menggunakan kualitas yang baik dan higienis. memberi saos hingga menggorengnya lagi. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk memproduksinya. tidak ada merk atau hak paten. Pasar  Profil Konsumen Produk yang kami jual dapat nikmati oleh semua kalangan dan dapat dijangkau oleh semua orang. Didalam penyajiannya. 2. kami ingin menyajikan makanan ringan seperti burger serta beberapa minuman ringan.

Produksi dan Distribusi • Deskripsi Lokasi : Lokasi yang kami gunakan adalah rumah salah satu anggota kelompok. .500 Place Promotion Physical evidence : : : Jl Pulo Wonokromo no 79 Surabaya Dari mulut ke mulut Semua orang akan tertarik dengan produk yang kami jual Process : Kami berusaha memproses dan menghidangkannya dengan cepat.Price : Burger Pop ice Rp 2. 3.500 Rp 1. People : Kami berusaha semaksimal mungkin melayani pelanggan dengan ramah dan cepat. Lokasinya juga sangat strategis yaitu dipinggir jalan raya di daerah Pulo Wonokromo. Di daerah ini banyak sekali anak kecil dan semua kalangan yang berminat dengan burger ini. sehingga pelanggan tidak akan menunggu lama. Karena bagi kami pelanggan adalah raja. karena sebelumnya salah satu anggota kelompok yang bernama Nuriq juga pernah berjualan burger. maka dari itu tidak susah memperkenalkan produk ini kepada masyarakat sekitar.

• Supplier kami tidak menggunakan supplier tertentu karena kami membeli bahanbahan untuk wirausaha ini di pasar tradisional • Penyimpanan dan kontrol persediaan Ini akan dilakukan oleh salah satu dari anggota kelompok. dan papan harga Peralatan : Alat penggorengan. pisau. gelas plastik. tas plastik. • Transportasi Kami menggunakan kendaraan bermotor dalam berwirausaha. Fasilitas : stand. sedotan. etalase.• Peralatan dan perlengkapan yang kita gunakan antara lain: . garpu. kompor. 4. kursi. SDM DAN STRUKTUR ORGANISASI . • Metode / teknik produksi Dalam berwirausaha kami tidak menggunakan metode atau teknik-teknik tertentu. piring. meja. tissue. Hal ini kami lakukan agar mempermudah pemenuhan kebutuhan kami dalam berwirausaha.

Ketua Rifsa Wahyu P. Apriliani Anggota Nuriq Afifa Anggota Afre Hadhi Anggota Erdiantus Dwi Anggota Mariono 5. Keuangan . Wakil Ketua Irma Taufan Sekretaris Anis Yunita Sari Bendahara Dwi R.

500 Rp 14.500 • Laba yang di dapat Pop ice Rp 1.000 Rp 86.000 Rp 3.000 Rp 3.500 X 20 = Rp 30.000 Rp 2.000 Rp15.000 Rp 20.000 Rp 5.000 Rp 26.000 Laba yang kami dapatkan Rp 39.000 • Harga jual pop ice Rp 1.000 Rp 25.000 Rp 2 500 Rp 5.• Estimasi biaya produk atau produksi  Burger : ½ Kg Mentimun ½ Kg Tomat ¼ Kg Selada ¼ Kg Mayonise ¼ Kg Mentega 2 gulung daging burger Roti Burger @ Rp 500x50 Tissu dan plastik Gas Rp 3.000/ 50 bu • Minuman Ringan Pop ice20 sachet Air Mineral gelas es batu Air mineral galon Rp 5.500 Rp 2.000 Rp 3.000 .500 X 50 = Rp 125.000 1 Buah Burger = Rp 2.

kemudian bakar roti yang telah di isi tadi kemudian bungkus dengan tissue dan tas plastik Cara pembuatan pop ice adalah masukkan pop ice dalam gelas beri gula satu sendok. goreng daging burger yang telah di iris tipis-tipis 2. 4. 2. Masukkan es batu kedalam plastik kemudian tuangkan pop icenya. tuangkan air secukupnya kemudian kocok atau shake.( Rp 15. 7 Analisis Resiko a) Deskripsi analisis resiko 1. Disini kami tidak menggunakan blender. Adanya kesamaan produk minuman antara stand yang satu dengan stand yang lain. 3. selada air dan yang terakhir adalah daging. Analisis Produksi Cara pembuatan burger adalah 1. 3.belah roti burgernya.000)  Identifikasi Pendanaan Masing-masing anggota menyediakan dana kurang lebih @ Rp 50. Adanya rasa pesimis jika produk yang kami jual tidak laku.000 6.mayonise. Terbatasnya bahan – bahan produk. ketimun. . Mungkin saja ada salah satu bahan produk yang tidak layak untuk dikonsumsi. kemudian isi dengan tomat.saos.

Memberikan harga yang terjangkau bagi semua kalangan konsumen. Menggunakan bahan baku yang tidak mudah rusak (awet). ANALISIS SWOT • Kekuatan : Kita selalu mengutamakan kepentingan kelompok dan rasa kebersamaan dalam menjalankan tugas Kewirausahaan ini • Kelemahan : Mungkin rasa pesimis. 8. berpikiran negatif itu pasti ada. 3. Meminimalisasi bahan – bahan produk. rumahnya di pinggir jalan raya. dilihat dari lokasi. mudah menarik pelanggan karena sebelumnya nuriq pernah berjualan burger • Ancaman : Adanya pesaing yang menjual produk yang sama BISNIS PLAN Kewirausahaan . tergantung dari diri masing masing anggota menyikapinya • Peluang : Peluang di rumah Nuriq adalah. rumah tersebut cukup strategis.b) Cara penanganan resiko 1. 2.

Erdiantus Dwi Abadi 4. Irma Taufan 2. 8. 7. Apriliani 6.Oleh : Nama Kelompok: 1. Mariono 3. (068574201) (068574219) (068574220) (068574224) (068574226) (068574237) (068574240) (068574255) 5. Rifsa Wahyu P. Afre Hadhi V. Anis Yunita Sari Manajemen 2006 AA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2009 . Dwi R. Nuriq Afifa F.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful