P. 1
Makalah Penelitian Tematik

Makalah Penelitian Tematik

|Views: 325|Likes:
Published by Ady Mifarizki
Penelitan yang berdasarkan tema
Penelitan yang berdasarkan tema

More info:

Published by: Ady Mifarizki on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2015

pdf

text

original

MAKALAH PENELITIAN TEMATIK

A paper Present to fulfill the requirement of the task of Metodologi Penelitian

Subject guided by: Drs Kuryani, M.Pd

Presented by : Group V kelas B

1. Ady Mifarizki (0844537) 2. Ariyanti 3. Novia Ranti (0952817) (0954487)

STATE ISLAMIC COLLAGE (STAIN) JURAI SIWO METRO ACADEMIC YEAR 2011 /2012

1

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami mampu menyelesaikan tugas makalah persentasi kelompok “ Penelitian Tematik” untuk mata kuliah Metodologi Penelitian.

Tidak lupa kami ucapkan banyak terimakasih kepada: 1 2 3 Orang tua yang telah memberi dukungan Dosen pengampu Drs. KuryaniUtih Teman-teman yang membantu dalam penyelesaian makalah. Kami menyadari bahwa banyak sekali kekurangan didalam penulisan makalah ini. Untuk itu kami mengharapkan saran dan kritiknya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Metro,9 Mei 2012

Penulis

2

DAFTAR ISI

COVER ............................................................................... DAFTAR ISI ........................................................................ KATA PENGANTAR ........................................................ PENDAHULUAN ............................................................... A. LatarBelakangMasalah ............................................. B. TujuanPembelajaran ................................................. DISCUSSION .................................................................... A. Pengertian Penelitian Tematik ................................. B. Tujuan Penelitian Tematik ....................................... C. Langkah-Langkah Dalam Penelitian Tematik ......... D. Contoh Penelitian Tematik....................................... KESIMPULAN .................................................................... REFERENCES.....................................................................

i ii iii 1 1 2 3 3 4 5 13 14 15

3

BAB I PENDAHULUAN

1. LatarBelakangMasalah Penelitian adalah suatu penyelidikan atau pengujian yang

dilakukansecarateliti, kritis dalam mencari fakta-fakta tertentu dengan langkah-angkah tertentu atau suatu usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah yang menjawab suatu masalah. Penelitian sangat beragam salah satunya adalah penelitian tematik yang tergolong penelitian kualitatif. Secara umum penelitian tematik bertujuan untuk memahami fenomena atau gejala social dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji dari pada merincinya manjadi variable-variabel yang saling terkait dan dilaksanakan secara sistematis. Apakah tujuan dilakukannya penelitian? Bagaimanakah langkahlangkah yang harus dilakukan dalam penelitian tematik? Dengan kata lain penelitian tematik memiliki fungsi untuk meneliti dan menyajikan data sebagai berikut :

1. merupakan seperangkat penelitian yang sistematis. 2. memiliki metode yang efektif. 3. memiliki objek; 4. memiliki rumusan kebenaran-kebenaran umum; 5. bersifat objektif; 6. dapat memberikan perkiraan atau prediksi.

4

2. Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan dapat : a. Memahami pengertian dan tujuan penelitian tematik atau penelitian tema. b. Menguasai macam-macam sumber data dan penilaiannya. c. Menerangkan langkah-langkah dalam penelitian tematik (tema)

5

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian Penelitian Tematik

Menurut

Mohammad Ali, Penelitian adalah suatu cara untuk

memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya. Penelitian menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan suatu mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.

Tematik merupakan gagasan atau ide yang berdasarkan pada tema atau dengan kata lain dapat diartikan dengan segala sesuatu yang mengandung tema. Jadi penelitian Tematik yaitu suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan suatu masalah yang mengandung suatu tema. Jadi penelitian yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tema tertentu dan tidak boleh keluar dari tema yang telah ditentukan.

Misalnya seseorang ingin melalukan penelitian yang bertemakan lingkungan maka ruang lingkup penelitian tersebut hanya sebatas lingkungan, termasuk aspek apa saja yang akan diteliti mencakup bukti-bukti sekitar lingkungan. Dengan memberikan tema pada sebuah penelitian, peneliti akan lebih mudah dalah hal melaksanakan penelitiannya karena semua kegiatan yang termasuk dalam penelitian tidak terlepas dari tema yang telah ditentukan.

6

B. Tujuan dan Kegunaan Penelitian Tematik

Penelitian Tematik termasuk kedalam penelitian Kualitatif yang dimana secara umum penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena atau gejala social dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji dari pada merincinya manjadi variable-variabel yang saling terkait. Harapanya adalah diperoleh pemahaman yang mendalam tentang fenomena untuk selanjutnya dihasilkan sebuah teori.

Pada dasarnya penelitian tematik menitik beratkan pada suatu tema tertentu yang bertujuan untuk mengetahui sacara lebih terperinci dan membuktikan suatu hal yang berkaitan dengan tema tertentu. Dengan demikian tujuan penelitian tematik yaitu untuk menghasilkan suatu penemuan yang berdasarkan pada tema.

C. Kelebihan dan kekurangan penelitian Tematik  Kelebihan Penelitian Tematik diantaranya: 1. Memudahkan peneliti untuk melakukan penelitian 2. Memberikan banyak informasi yang terkait dengan tema-tema tertentu 3. Penelitian yang dilakukan memberikan sasaran yang tepat 4. Tidak berbelit-belit dalam menyimpulkan hasil penelitian 5. Memberikan gambaran umum dalam menentukan judul penelitian  Kekurangan penelitian Tematik 1. Bersifat terikat 2. Ruang lingkup lebih sempit

7

3. Ada batasan dalam menentukan masalah penelitian yang terkait dengan tema 4. Informasi yang diperoleh hanya berdasarkan pada tema

5. Peneliti tidak bisa bebas menentukan judul penelitian karena harus berkaitan dengan tema.

D. Jenis masalah yang dapat diteliti

Pada dasarnya semua aspek masalah yang mengandung tema dapat diteliti dengan menggunakan penelitian yang bersifat tematik. Dengan kata lain penelitian ini harus memiliki tema yang bersifat umum kemudian dalam prosesnya akan di spesifikasikan lagi menjadi sesuatu yang lebih khusus. Dalam melaksanakan penelitian tematik hal terpenting adalah menentukan tema, karena dengan menentukan tema seorang peneliti akan meneliti sesuatu dimulai dari tema yanag bersifat umum kemudian akan dipersempit dengan hal-hal yang bersifat lebih khusus terkait dengan tema penelitian.

E. Langkah-langkah penelitian

1. Identifikasi, pemilihan, dan perumusan masalah. 2. Penelaahan kepustakaan. 3. Penyusunan hipotesis. 4. Identifikasi, klasifikasi, dan pemberian definisi operasional variabel. 5. Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data. 6. Penyusunan rancangan penelitian. 7. Penentuan sample. 8. Pengumpulan data. 9. Pengolahan dan analisis data.

8

10. Interpretasi hasil analisis. 11. Penyusun laporan/publikasi penelitian.

F. Prosedur Penelitian

Prosedur penelitian dapat dilakukan dengan studi kasus. Studi kasus bersifat terkait aktifitas dan waktu. Melalui prosedur penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi secara lengkap dengan mengumpulkan data-data melalui pendekatan yang berdasarkan sumber yang ada. Dalam melakukan studi kasus, peneliti dapat melakukan prosedurnya dengan langkah sebagai berikut : 1. Menentukan fokus tujuan penelitian. 2. Menentukan kasus apa yang akan diteliti. 3. Mengevaluasi dan menganalisis hasil pengambilan data. 4. Menyimpulkan hasil penelitian.

9

BAB III KESIMPULAN

Jadi penulis menyimpulkan bahwa penelitian tematik adalah gagasan atau ide yang berdasarkan pada tema atau dengan kata lain dapat diartikan dengan segala sesuatu yang mengandung tema.

Adapun tujuan penelitian tematik adalah untuk memahami fenomena atau gejala social dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji dari pada merincinya manjadi variable-variabel yang saling terkait.

Penelitian tematik sangat cocok untuk mengetahui masalah-masalah yang berhubungan dengan tema.

Langkah-langkah dalam penelitian tematik ada 11 tahap yaitu:

1. Identifikasi, pemilihan, dan perumusan masalah. 2. Penelaahan kepustakaan. 3. Penyusunan hipotesis. 4. Identifikasi, klasifikasi, dan pemberian definisi operasional variabel. 5. Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data. 6. Penyusunan rancangan penelitian. 7. Penentuan sample. 8. Pengumpulan data. 9. Pengolahan dan analisis data. 10. Interpretasi hasil analisis. 11. Penyusun laporan/publikasi penelitian.

10

REFERENCES
http://www.ppet.lipi.go.id/in/penelitian/tematik.html

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->