TUGAS MAKALAH

FILSAFAT DAN LOGIKA
Berpikir Kreatif Dan Inovatif Dalam Berwirausaha

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung 2011

Kelompok 5
Fetria Sari (092050219) Nadia A. Putri (102050246) Apriyandi (102050043) Rizki Alfarizi (092050110)

Apalagi dalam dunia ekonomi dan bisnis. Sikap kreatif dan inovatif pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang. Banyak sekali contoh yang menunjukan bahwa kreativitas dan inovasi merupakan salah satu faktor penting. semakin hari persaingan menjadi semakin ketat. . Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan gagasan-gagasan dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang. Proses berfikir kreatif dan bertindak inovatif merupkana nilai tambah dan sumber peluang bagi pengusaha . Inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang. Untuk bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatif diperlukan suatu kesungguhan dan ketekunan.BAB I Pendahuluan Setiap pengusaha dituntut untuk selalu memiliki kreativitas tinggi dan inovasi baru. namun tidak semua orang mampu mengembangkannya. diperlukan juga tips. menjadi unik dan akan berpotensi menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis dan usaha yang semakin ketat. kita akan menjadi “beda” dengan yang lain. trik dan tutorial bagaimana mengembangkan sikap kreatif dan inovatif dari orang – orang yang memang ahli di bidang pengembangan diri. walaupun bukan satu-satunya faktor yang bisa membawa seseorang menjadi pengusaha sukses. dengan bersikap kreatif dan inovatif. Namun kesungguhan dan ketekunan saja tidaklah cukup. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada era globalisasi ini persaingan dalam segala bidang semakin ketat. Tidak ada cara lain untuk bertahan dan memenangkan persaingan kecuali dengan mengembangkan sikap kreatif dan inovatif.

pelanggan begitu menyukai menu ini. Pelanggan selalu mencari-cari dan selalu terjual habis. Mengalir seperti air. Tetapi banyak wirausaha yang abai ketika bisnis telah dirasakan mencapai tingkat kemapanan. Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Karakter cepat berpuas diri dan cenderung stagnan sama saja membawa bisnis ke arah kematian. Semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini berpangkal pada upaya kreatif dan inovatif. Menurut Zimmerer dkk (2009) kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Setelah tes pasar dan dijual terbatas. Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Lingkungan bisnis yang begitu dinamis menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar. Contoh sederhana tadi terjadi dalam waktu yang tak terduga. Ketika pelanggan sudah mulai jenuh dengan fried chicken. Jadi kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif. Pemahaman kreatif dan inovatif sering kali dipertukarkan satu sama lain. ia melihat masih ada peluang lain yang dapat dikembangkan. Tetapi Zimmerer (2009) menegaskan bahwa kreatifitas dapat diajarkan dan kreatifitas individual dapat ditingkatkan. Berhubung gerainya ada di kantin sekolah. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi. Kreatifitas dan inovasi mungkin dapat dipandang sebagai upaya yang mengganggu keseimbangan yang telah tercipta. Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah. Banyak restoran waralaba asing yang telah mengglobal dan berdiri sejak puluhan tahun yang lalu selalu menunjukkan karakter ini. Kebanyakan siswa suka bumbu keju. 2009) menyatakan bahwa kreatifitas memikirkan hal-hal baru dan inovasi mengerjakan hal-hal baru. Sepertinya begitu mudah dan sederhana. Ia memiliki ide bagaimana kalau keju digabung dengan ayam. Seorang member MRC misalnya. Kreatif tapi tidak inovatif adalah mubazir karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi. . ia mencoba memahami selera siswa. Hasilnya lumayan bagus. Selanjutnya Ted Levitt (dalam Zimmerer. Pemikiran kreatif ini kemudian dikembangkan menjadi produk yang dinamai: cheesy chicken.BAB II Isi Pembahasan Kreatif dan Inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati.

Mendengarkan pelanggan wajib hukumnya. Berani untuk berpikir kreatif tanpa takut dibilang bodoh oleh orang lain. Kisah Charles Goodyear menunjukkan hal tersebut. kemudian mengembangkan menjadi inovasi yang brilian. Ketika sedang bingung. Anak-anak tidak membatasi pemikiran mereka. gasing dan lain-lain dapat menjadi sumber inspirasi. tanpa sengaja Charles menumpahkan sedikit campuran tersebut pada kompor kerjanya. Beri pikiran Anda masukan segar setiap hari. Berbicara dengan anak kecil. Tidak ada salahnya meminjam ide perusahaan lain. Jadi selalu dengarkan orang lain karena mungkin ia akan menghadirkan ide cemerlang buat kita. Setelah bekerja selama lima tahun untuk memformulasikan kombinasi karet. Orang bijak mengatakan agar kita selalu belajar dari kesalahan yang diperbuat. Dengarkan apa kata pelanggan. Ide tidak selalu datang dari diri kita sendiri. Campuran tersebut meleleh membentuk senyawa baru yang selama ini dicari-cari! 5. Mereka begitu bebas mengungkapkan kreatifitas mereka tanpa batas. 2. Simpan kotak mainan di kantor Anda. Orang kreatif mengatakan kita dapat memperoleh ide dari kesalahan yang kita buat. belerang dan timah putih. Agar kreatif. Ide-ide cemerlang biasanya lahir dari hal-hal yang mungkin dianggap bodoh dan tak berarti. . 9. Bawalah selalu buku harian untuk mencatat pikiran dan ide Anda. Anda dapat mengambil satu dan memikirkan bagaimana benda tersebut berkaitan dengan masalah Anda. 3.Caranya? Ia menguraikan 11 cara untuk meningkatkan kreatifitas individual yaitu: 1. Dengarkan orang lain. Beri kesempatan diri Anda menjadi kreatif. otak perlu distimulasi dengan hal-hal baru yang variatif. 6. mendengarkan beraneka ragam jenis musik atau melakukan hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Mainan-mainan kecil seperti yoyo. Mereka mengkonsumsi produk kita dan sekaligus menjadi sumber ide yang tiada habisnya. terutama yang berada dalam pasar yang benar-benar berbeda. Daripada cepat terlupa. 8. Sadari kekuatan kreatif dari kesalahan. 7. Mereka dapat menjadi sumber ide yang berharga. ada baiknya membawa buku kecil untuk mencatat ide-ide yang mungkin akan muncul tiba-tiba. 4. Mendengarkan radio dan berganti-ganti setiap hari. Ide-ide kreatif kadang muncul tanpa disengaja dan di waktu yang tak terduga. Ide dapat datang dari orang lain atau bahkan kompetitor kita sendiri. Amati berbagai produk dan jasa perusahaan lainnya. pada malam yang dingin tahun 1839.

Jadi. metode. dan bisa dalam bentuk proses seperti ide. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing). Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara. Sifat inovasi dapat ditumbuhkembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah suatu kerja keras. Ide-ide baru bisa muncul ketika otak kita tidak dalam keadaan tegang. Sukses kewirausahaan akan tercapai apabila berpikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara-cara baru. baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). Sesekali luangkan waktu untuk berelaksasi. . Baca buku mengenai cara merangsang kreatifitas dan mengambil kursus kreatifitas. Memahami prinsip-prinsip kreatifitas akan sangat membantu meningkatkan kemampuan kreatif kita. Inovatif adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki. 11. terobosan. sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha "look at old and think something new or different". Nilai tambah yang berharga adalah sumber peluang bagi wirausaha. dan kaizen (perbaikan terus-menerus).10. melepaskan diri dari rutinitas sejenak. dan cara. Luangkan waktu Anda. kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda tersebut dapat dalam bentuk hasil seperti barang dan jasa. Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan merupakan keunggulan yang berharga.

Kreatifitas adalah pembangkitkan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektifitas dan efesiensi pada suatu system. lukisannya bisa bagus atau sudah bisa dinikmati oleh para penikmat seni/lukisan. Pada goresan kuas yang keberapakah.Inovatif Atau Kreatif Perbedaan kreatif dan inovatif secara singkat dapat di paparkan sebagai berikut: KREATIF = Memiliki daya cipta / INOVATIF = Berdaya perubahan berdaya cipta 1. hal ini sulit untuk dipelajari atau diajarkan. Menciptakan sesuatu yang berbeda 1. Dapat dipelajari. tri utomo menghasilkan dengan produk air putih mengemas air putih dalam kemasan yang plastik yang di beri merek aqua. 2. Contoh ide kreatif: grup 2 tang Contoh Inovasi: Alm. antara lain bila konsumen membeli 2 buah produk akan mendapat 1 produk tambahan. misalnya setiap perusahaan memiliki strategi untuk menarik konsumen dengan berbagai cara. misalnya pada seniman yang menghasilkan karya seni tertutup. menberi duiskon (bila membeli dalam jumlah banyak maupun diskon harga bila membeli dengan cara tunai). hal yang tadinya tidak berhubungan. Pembaharuan / menciptakan Menghubungkan ide – ide / hal – 2. . kemasan plastik berbeda (tutup anti tumpah) Ada yang bilang bahwa inovatif merupakan bakat. ada menjadi ada. atau pembeli mendapat potongan 50% dan lain sebagainya. sesuatu yang sama sekali berbeda. Menciptakan sesuatu yang belum dari yang lain. Fungsi kreatifitas Menyadari peran fungsi kreatifitas dalam proses inovatif merupakan hal yang penting. menurunkan harga produk atau jasa. gratis bagi pembeli perfana sampai pembeli ke 5.

meskipun mereka menyebutkan dengan sebutan yang berbeda – beda. Beberapa cara untuk mengembangkan daya pikir kreatif dapat disebutkan sebagai berikut:     Membaca informasi tentang berbagai hal. Mereka juga sependapat bahwa tahapan – tahapan ini tidak selalu menjadi dengan tata urutan yang sama untuk tahap aktifitas kreatif. para ahli sependapat bahwa mengenai sifat umum dan hubungan di antara tahapan – tahapan ini.tahapan dalam proses kreatif. Eksplorasi ini memberikan perspektif pada persoalan yang di cari pemecahnnya. Proses yang berorentasi tujuan . dan mempunyai arti tertentu bagi wirausahawan yang memerlukan pemahaman dasar atas semua aspek pengembangan suatu produk baru. Kadang – kadang masih ditambahi dengan penelitian atas bidang pengetahuan baik yang berhubungan ataupun yang tidak berhubungan dengan informasi yang di perlukan. Misal nya. Berikut disajikan uraian tahapan – tahapan tersebut: Latar belakang atau akumulasi pengetahuan. . Tahapan . Membicarakan subjek yang diminati dengan setiap orang. dalam bidang seni dan olah raga.Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Sifat proses kreatif Kreatifitas adalah suatu proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. yang di desain untuk mencapai solusi suatu problem. Kreasi yang berhasil biasanya didahului dengan penelitian dan pengumpulan informasi yang meliputi membaca. Proses tetap sama. Mengikuti rapat dan seminar profesional. Setia orang kreatif pada tingkat tertentu. namun pendekatan yang di gunakan dapat bervariasi. Menjadi anggota perhimpunan profesional. Tetapi orang mempunyai kemampuan dan bakat dalam bidang tertentu dapat lebih kreatif daripada orang lain. mengikuti pertemuan profesional dan lokakarya. percakapan dengan orang lain yang bekerja dalam bidangnya. Manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi. Hal yang sama juga dapat dialami oleh orang orang yang dididik dan dikembangkan dalam suatu lingkungan yang mendukung pengembangan kreatifitas. Bagi pihak lain proses kreatif lebih sukar karena mereka tidk dikembangkan secara positif dan jika mereka menjadi kreatif mereka harus belajar cara menimplementasikan proses kreatif. Mereka telah diajari untuk berpikir dan bertindak secara kreatif.

Ciri – ciri lingkungan kreatif adalah sebagai berikut : 1. Peka terhadap lingkungan dan perasaan orang lain. 3. Sebenarnya kreatifitas banyak di jumpai pada orang biasa yang tidak tergolong jenius. 4. kepribadian yang bervariasi. syrat kabar. Cerdas. 5. Lingkungan kreatif Kreatifitas dapat berkembang dalam suatu lingkungan yang tepat. kesenangan mencoba ide baru. 2. Manajemen yang dapat memberikan kepercayaan kepada karyawan tanpa melakukan pengawasan yang berlebihan. Ciri – ciri orang yang kreatif dapat di sebutkan sebagai berikut: 1. kesediaan menerima perubahan. Mengamati majalah. Seleksi dan promosi karyawan berdasarkan prestasi. 8. 6. Kreatifitas tidak berhubungan langsung dengan tingkat kecerdasan yang luar biasa. Saluran komunikasi yang baik dari pihak luar. . 2. Lebih peduli pada arti dan implikasi suatu problem daripada terhadap rincian yang rumit.   Mencatat setiap informasi yang berguna. Termotivasi oleh permasalahan yang menantang. Memiliki citra diri yang positif. 4. Rasa takut yang tidak berlebihan apabila terjadi kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Menghargai kemandirian dan tidak tergantung pada persetujuan kelompok. 5. 3. 6. jurnal untuk mencari artikel yang berhubungan dengan subjek yang di minati. Menaruh perhatian pada setiap sesuatu Ciri ciri orang kreatif Banyak orang cenderung beranggapan bahwa kreatifitas hanya dimiliki orang mereka yang jenius. 7. Tidak ada perusahaan yang mempunyai manajer dan pemilik yang kreatif jika lingkungan yang mendukung berkembangnya kreatifitas tidak terbentuk. Penerapan teknik yang menumbuhkan ide dengan anjuran dan tukar pikiran.

C. Misalnya: Apabila ada teman yang membrikan atau menyampaikan ide/pendapat.9. Hambatan Dalam Berpikir Kreatif 1. misalnya seperti berikut: a. Terlalu cepat menyalahkan orang lain sehingga seringkali kita menganggap bahwa diri kita sendiri adalah benar dan cenderung menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam. 5. b. dan batasan-batasan baku yang telah membelenggu. apabila ada jawaban yang berbeda maka akan dianggap salah atau aneh. maka seringlkali ide/pendapat tersebut kita anggap tidak berguna tanpa berpikir lebih lama lagi. Tidak percaya diri bahwa ide yang ada dalam pikirannya adalah ide yang sesungguhnya memang benar. a. Tidak berani mengeluarkan ide/pendapat yang sebenarnya sudah dipikirkan dan ada dalam benak pikirannya. Terpaku pada aturan-aturan. 3. Takut Dianggap Bodoh. 4. Ingin dianggap pintar/cerdas sehingga seringkali kita mengevaluasi sesuatu dengan cepat dan mengambil keputusan juga dengan cepat (lebih cepat lebih baik). tetapi tidak berani untuk menyampaikanya didepan umum. . Sumber daya pembiayaan. budaya. Mengevaluasi Terlalu Cepat. b. dan waktu yang memadai untuk mencapai sasaran. b. Hambatan tidak berusaha menentang kenyataan/menerima apa adanya. a. Hambatan Yang Dibuat Sendiri Pengaruh pendidikan dan budaya. b. misalnya 1+1 = 2. Terpaku pada apa yang sering dilihat/dialami selama ini. c. 2. Hambatan Jawaban Tunggal Dan Tepat Kita menyukai rasa aman dan sesuatu yang pasti-pasti saja. a. personel.manajerial. Kita seringkali memutuskan sesuatu dengan sangat cepat tanpa berpikir panjang. Tidak mau keluar dari kemapanan atau batasan-batasan yang ada serta tidak mau keluar dari bingkai-bingkai atau batasan yang ada sebelumnya.

sungai. kiat dalam usaha atau perbaikan hidup. 4. Persyaratan Berpikir Kreatif 1. bayangkan bila mobil atau kendaraan umum yang dipasangi iklan mengalami tabrakan. Inkubasi. teori. sekarang ide tersebut banyak dipakai oleh berbagai perusahaan. dahulu. D. Pilih yang terbaik dari segi biaya. maka berapa pasang mata yang bisa melihat atau menyimak dan tidak sengaja membaca iklan dibodi kendaraan tersebut. orang yang memberikan ide itu ditertawakan dan tidak diterima bahkan ditolak oleh banyak pihak. dijurang. atau ditengah jalan protocol dan tidak segera di efakuasi. konsep. Evaluasi. Kreativitas. jangan di evaluasi terlebih dahulu. berat berpikir sesuatu yang baru (thinking new things) sedangkan inovasi adalah berbuat sesuatu yang baru (doing new things). 3.Misalnya: Ide memasang iklan dibodi bus atau kendaraan umum ataupun di mobil. akan tetapi. Kumpulkan sebanyak mungkin ide. Pengertian. dan sebagainya. Memahami persoalan/permasalahan secara mendalam. mogok. Perlu Persiapan. dan metode ilmiah. Hakikat dasar dari kewirausahaan adalah kreativitas dan inovasi. . Pendidikan formal dan informal mengenai interpreineurship (berkewirausahaan) 2. baik besar maupuun kecil. Usaha. atau terbalik diselokan. Menggabungkan ide-ide yang sudah ada sehingga muncul ide atau embrio baru. 5. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang dijadikan dasar. Kewirausahaan dapat dipelajari dan diajarkan sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri karena memiliki objek. hukum.

dan adanya komitmen yang tinggi terhadap bisnis. 3. dan kreatifitas dan Proses Pemicu. dan pengalaman. berani menanggung resiko. Pemutusan hubungan kerja (PHK) atau belum mendapatkan pekerjaan baru. Setia orang kreatif pada tingkat tertentu bagi wirausahawan harus sudah siap mintal secara total. . 2. seperti peluang. Tidak puas dengan pekerjaan yang dijalani sekarang. dan faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk berwirausaha adalah Faktor Lingkungan. pengalaman. dan adanya visi untuk mencapai tujuan. Kreatifitas adalah suatu proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Minat terhadap bisnis karena orang tua/saudara juga memiliki bisnis. Sehingga Wirausahawan harus juga memiliki sifat yang kreatif dan inovatif supaya mengembangkan usahanya dan dapat menarik konsumen dengan suatu ide ide yang baru dan di sukai konsumen.BAB III Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa proses yang mendorong seseorang untuk berwirausaha adalah keinginan berprestasi. pendidikan. 1. sifat penasaran.