BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional tersebut dapat dimaknai bahwa dalam proses penyelenggaraan kegiatan pendidikan baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler maupun secara keseluruhan hendaknya mampu mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh dan seimbang beragam kecerdasan, yang meliputi: . Kecerdasan spiritual (olahhati); untuk memperteguh keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan akhlak mulai, budi pekerti atau moral dan enterpreneurship. 2. Kecerdasan intelektual (olahpikir); untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi. 3. Kecerdasan emosional (olahrasa); untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya. 4. Kecerdasan kinestetis (olahraga); untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik, dan keterampilan kinestetis. 

Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler merupakan bentuk kegiatan yang pada dasarnya untuk memacu siswa menjadi semakin cerdas, seperti yang dimaksud dalam makna beragam kecerdasan. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatannya harus sinergi dengan kegiatan intrakurikuler dalam mencapai tujuan pendidikan sebagaimana diamanatkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, dan secara operasional diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 serta peraturan/edaran yang telah diterbitkan oleh Direktoran Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen). Dalam pelaksanaannya, pembinaan kesiswaan pada setiap sekolah atau daerah memiliki perbedaan baik dari segi manajemen, perencanaan maupun teknis pembinaannya. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Dit. PSMA) perlu membuat Pedoman Pembinaan Kesiswaan. Diharapkan buku Pedoman Pembinaan Kesiswaan ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan pembinaan kesiswaan baik oleh sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan instansi terkait dalam mewujudkan pembinaan kesiswaan yang semakin kondusif untuk mendukung tercapainya kualitas pendidikan dan daya saing global. B. Landasan Hukum

Pengembangan Pembinaan Kesiswaan didasarkan pada produk hukum berikut : . Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas); 2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

2

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; 4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi; 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan; 6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah; 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Peraturan Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa; 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan; C. Tujuan

Pedoman Pembinaan Kesiswaan ini bertujuan sebagai acuan untuk: . Merencanakan dan melaksanakan program kegiatan pembinaan kesiswaan; 2. Melakukan koordinasi dan pembinaan bagi pemangku kepentingan dan unsur-unsur terkait dalam pembinaan kesiswaan; 3. Mengoptimalkan sekolah dalam upaya menigkatkan prestasi akademis maupun nonakademis sesuai dengan kemampuan dan kondisi sekolah masing-masing; 4. Membekali warga sekolah untuk melaksanakan program kegiatan kesiswaan yang berkualitas dan terpadu untuk mencapai hasil yang maksimal; 3

Sasaran Sasaran Pedoman Pembinaan Kesiswaan meliputi: . 2. Seksi Dinas Pendidikan Kecamatan. 4. Wakil Kepala Sekolah. Sekolah (Kepala Sekolah. Dinas/Suku Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan Provinsi. melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan kesiswaan baik dari segi perencanaan.5. pelaksanaan maupun hasil-hasilnya. Guru Bimbingan Konseling (BK). dan Komite Sekolah). guru mata pelajaran. Siswa. D. Guru Pembina Kesiswaan. 4 . 3.

Materi Pembinaan Kesiswaan Sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. 2. pembinaan kepribadian unggul. pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME. sosial. pembinaan prestasi akademik. wawasan kebangsaan. dan bela negara. 5 . Kesiswaan adalah wadah segenap kegiatan yang terkait dengan keberadaan peserta didik atau siswa sebagai insan pribadi. Pengertian . pelaksanaan. 3. 3. dan insan pendidikan. seni. Pembinaan kesiswaan adalah suatu pengelolaan kegiatan secara sistematis dan terpadu yang mencakup keberadaan peserta didik sesuai nilai-nilai luhur Pancasila yang dilakukan oleh pemangku kepentingan pendidikan. Dinas Pendidikan Provinsi dan Departemen Pendidikan Nasional. B. pengawasan. pengembangan dan pemberian berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan. pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia.BAB II LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN SISWA SMA A. 2. penilaian. 4. materi kegiatan kesiswaan meliputi: . Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Pembinaan adalah segala kegiatan yang meliputi perencanaan. olahraga sesuai dengan minat dan bakat. pengaturan.

yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler yang hanya mencakup satu mata pelajaran tertentu yang dilaksanakan secara mandiri. pelaksanaan. hak asasi manusia. Tahap Persiapan a. yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler yang mencakup beberapa/seluruh mata pelajaran. kokurikuler. Program kegiatan yang telah disusun dipadukan menjadi program kegiatan tahunan sekolah yang disesuaikan dengan kalender pendidikan pada tahun berjalan dengan pendekatan sebagai berikut: ) terpadu.5. 1. dan ekstrakurikuler yang mencakup tahapan persiapan. 6. Strategi Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan Strategi pembinaan kesiswaan diarahkan untuk mengembangkan insan Indonesia yang memiliki kecerdasan spiritual. 8. Pada awal tahun pelajaran. pembinaan demokrasi. pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). dan penilaian. kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi. pendidikan politik. lingkungan hidup. setiap Guru Pembina OSIS menyusun program kegiatan pembinaan kesiswaan. pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris. keterampilan dan kewirausahaan. 9. kecerdasan emosional. C. dan kecerdasan kinestetis secara optimal. 6 . 0. b. pembinaan sastra dan budaya. pembinaan kreativitas. kecerdasan intelektual. 2) mandiri. 7. Strategi pelaksanaannya dapat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler. pembinaan kualitas jasmani. kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.

2. b. Aspek Penilaian Program . ketersediaan tenaga. perkembangan usia. b. Tahap Pelaksanaan Program kegiatan yang dikembangkan dalam pelaksanaan kegiatan harus memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut : a. ketersediaan waktu dan kondisi lingkungan sekolah. dan bakat anak sekolah menengah atas. Tahap Penilaian a. Guru Bimbingan Konseling (BK) dan Instansi terkait. memotivasi siswa agar kegiatan kesiswaan dapat berlangsung menyenangkan dan mengesankan. 3. Dalam melaksanakan kegiatan perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: a. e. dengan memperhatikan aspek kognitif. 3. 7 . dana. Maksud Penilaian . minat. d. d. afektif. memperhatikan keselamatan dan keamanan siswa dalam penggunaan sarana dan prasarana. dan psikomotor. dan sarana prasarana. b. Kesesuaian program dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.2. keterbukaan dan kekeluargaan. mencegah tindakan yang dapat merugikan siswa dan citra sekolah. mengembangkan kerjasama. c. melakukan koordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang lainnya. c. Mengetahui keterlaksanaan program pembinaan kesiswaan. Menyediakan masukan untuk mengembangkan program yang akan datang. kejiwaan. ketercapaian tujuan. Menyusun laporan hasil penilaian keterlaksanaan program.

Penanggung Jawab Pembinaan Kesiswaan Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pembinaan Kesiswaan. 2. Pembinaan kesiswaan kabupaten/kota menjadi tanggung jawab unit kerja yang menangani pendidikan di kabupaten/kota.2. unit kerja yang di menangani pendidikan di kecamatan. 4. Keterlaksanaan program pembinaan kesiswaan. Pembinaan kesiswaan di kecamatan menjadi tanggung jawab 3. Pembinaan kesiswaan di sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah. D. pembinaan kesiswaan di provinsi menjadi tanggung jawab unit kerja yang menangani pendidikan di provinsi. 5. penanggung jawab pembinaan kesiswaan terdiri dari: . Departemen Pendidikan Nasional. E. Kepala Sekolah  Tugas dan Tanggung Jawab Bertanggung jawab terhadap program pembinaan kesiswaan di sekolah Bersama komite sekolah. 3. Hasil pelaksanaan program kegiatan. wakil kepala sekolah dan guru menyusun program tahunan pembinaan kesiswaan 2 8 . Rincian Tugas dan Tanggung Jawab Pembinaan Kesiswaan No Unit kerja a. Pembinaan kesiswaan secara nasional menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan  2 3 4 5 c. Guru BK  . Guru Pembina OSIS/ Kesiswaan  2 3 d.3 Memberikan tugas kepada wakil kepala sekolah dan guru pembina kesiswaan untuk melaksanakan pembinaan Melakukan supervisi kegiatan pembinaan kesiswaan Menegakkan kultur sekolah dan wawasan wiyatamandala Membantu kepala sekolah dalam bidang kesiswaan Menyusun program pembinaan kesiswaan Melakukan koordinasi dengan bidang lain yang terkait Melakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan Memberikan laporan kepada kepala sekolah Memberikan usulan yang berkaitan dengan program-program pembinaan kesiswaan Merencanakan program-program pembinaan kesiswaan yang menjadi tanggungjawabnya Melakukan pembinaan kegiatan kesiswaan yang menjadi tanggung jawabnya Mengidentifikasi bakat dan minat siswa 9 4 5 b.

Siswa  2 3 4 f. menegakkan kultur sekolah dan wawasan wiyatamandala Menjadi mitra dalam pengembangan program sekolah Memberi dukungan terhadap pelaksanaan program sekolah Menggali sumber dana untuk pelaksanaan program kegiatan sekolah Memfasilitasi pelaksanaan program kegiatan sekolah 4 e. Komite Sekolah  2 3 4 0 .2 3 Mengembangkan potensi siswa Memberikan bimbingan berkaitan dengan pengembangan diri. dunia usaha dan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi Memberikan bimbingan terhadap siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dan permasalahannya Mengikuti seluruh program kegiatan wajib dan pilihan (disesuaikan dengan kondisi sekolah) Mengembangkan potensi diri dalam pencapaian prestasi sesuai bakat. sosial. kemitraan dan kerjasama dengan internal dan eksternal dalam kegiatan kesiswaan Menjaga nama baik sekolah. minat dan kreatifitas Melakukan koordinasi.

dan pengembangan minat.2 Seksi Dinas Pendidikan Kecamatan  Mengkoordinasikan./kota dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan kesiswaan Melakukan monitoring pelaksanaan program pembinaan kesiswaan 2 3 3 Kabupaten/ Kota a. bakat. Melaksanakan koordinasi dengan dinas pendidikan provinsi dalam rangka pelaksanaan program pembinaan kesiswaan Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan program pembinaan kesiswaan. dan prestasi. Melakukan pengawasan/monitoring pelaksanaan program pembinaan kesiswaan 2 3 4 5 Menjabarkan kebijakan bupati/walikota dalam bidang pembinaan kesiswaan  ./Kota  Menyusun program dan mengalokasikan dana pembinaan kesiswaan dalam rangka pelaksanaan pembinaan kepribadian. Dinas Pendidikan Kab. mensosialisasikan dan melakukan pembinaan kesiswaan pada sekolah di wilayahnya. Membantu dinas kab.

Melaksanakan koordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi dalam rangka pelaksanaan program pembinaan kesiswaan Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan program pembinaan kesiswaan. baik yang berwujud financial. Pendukung (supporting agency). dan pengembangan minat. Mediator antara pemerintah (eksekutif ) dan Dewan Perwakilan Daerah ( DPRD ) ( legislatif ) Menyusun program dan mengalokasikan dana pembinaan kesiswaan dalam rangka pelaksanaan pembinaan kepribadian. Dewan Pendidikan Kabupaten/ Kota  2 3 4 4 Dinas Pendidikan Provinsi  2 3 2 . b. pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan. dan prestasi. bakat. Pengontrol (Controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan.6 Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keterlaksanaan pembinaan kesiswaan Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan.

4 Melakukan pengawasan/monitoring pelaksanaan program pembinaan kesiswaan Menjabarkan kebijakan gubernur dalam bidang pembinaan kesiswaan Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keterlaksanaan pembinaan kesiswaan Melaksanakan penyiapan bahan perumusan standar dan kriteria kegiatan kesiswaan Melaksanakan penyiapan bahan penyusunan pedoman pelaksanaan kegiatan kesiswaan Melaksanakan pemberian bimbingan teknis kegiatan kesiswaan Melaksanakan supervisi dan evaluasi kegiatan kesiswaan 5 6 5 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas  2 3 4 3 .

F. Pola Pembinaan Kesiswaan Secara skematik. pola pembinaan kesiswaan diberikan sebagai berikut: DIREKTORAT PEMBINAAN SMA TIM PEMBINA KESISWAAN TINGKAT NASIONAL DINAS PENDIDIDIKAN PROVINSI TIM PEMBINA KESISWAAN TINGKAT PROVINSI DINAS PENDIDIKAN KAB/KOTA TIM PEMBINA KESISWAAN TINGKAT KABUPATEN / KOTA DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN TIM PEMBINA KESISWAAN TINGKAT KECAMATAN SMA Keterangan : Kebijakan Pelaporan 4 .

Tujuan . Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat. Maksud Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.BAB III MATERI DAN JENIS PEMBINAAN KESISWAAN A. B. berakhlak mulia. cakap. berilmu. 4. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai dengan bakat dan minat. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan. 5 . mandiri. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia. minat dan kreativitas. 2. menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society). kreatif. demokratis. dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 3. sehat.

Melaksanakan amaliah sesuai dengan norma agama d. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masingmasing b. Melaksanakan kegiatan yang mendorong siswa untuk melaksanakan norma agama (amal sosial) agar terbentuk pribadi yang berakhlak mulia. Memperingati hari-hari besar keagamaan c. kerjasama dan saling menghargai Contoh Kegiatan tadarusan Sholat wajib berjamaah dan sholat sunnah Kebaktian Peringatan Maulid Peringatan Isra’mi’raj Natal Waisak Nyepi infak Jumat Berkurban. Melaksanakan kegiatan yang membiasakan siswa untuk menumbuhkan sikap tolong menolong.C. Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa No Jenis kegiatan a. Kolekte Aksi Sosial Donor darah Gotong royong Kerja bakti 1. Membina toleransi kehidupan antarumat beragama . Melaksanakan kegiatan yang mendorong siswa untuk meneladani dan menggali makna/arti tiap-tiap hari besar keagamaan. Lingkup Materi Pembinaan 6 Deskripsi Melaksanakan kegiatan yang mendorong aktivitas ritual / ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah b. Pembinaan Budi Pekerti Luhur Atau Akhlak Mulia Contoh Disiplin waktu Mematuhi tata tertib Budaya salam Membuang sampah pada tempatnya No Jenis kegiatan a. Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan Melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan budaya kompetisi dan menambah wawasan keagamaan. Melaksanakan kegiatan yang mengembangkan dan memberdayakan potensi keagamaan di sekolah Wisata spiritual Istigosah Marawis Retreat - MTQ Lomba Kaligrafi Lomba Lagu Rohani f. Melaksanakan gotong-royong dan kerja bakti - Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kepedulian sosial dan kerjasama siswa di lingkungan sekolah Kerja bakti kelas dan lingkungan sekolah Bersih-bersih tempat ibadah 7 . Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah 2.e. Deskripsi Melaksanakan kegiatan yang mendorong siswa untuk mematuhi aturan-aturan yang dijunjung tinggi di sekolah yang dijadikan pedoman dalam membangun kultur sekolah dan wawasan wiyatamandala.

Menumbuh kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah f. Menumbuhkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama e. Ketertiban. damai. tertib. Kebersihan. Keindahan. kekeluargaan. senyum. indah.8 Melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan siswa terhadap normanorma yang berlaku dan tata krama pergaulan Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan sikap tolong menolong antar sesama Melaksanakan kegiatan pembiasaan yang mendorong siswa untuk meningkatkan kesadaran sikap hormatmenghormati dan penghargaan terhadap warga sekolah Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan rasa aman. dan kerindangan di lingkungan sekolah. Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan. Berinfak Menyantuni anak yatim Berkurban Halalbihalal Apresiasi Karya Siswa Pemilihan siswa berprestasi Membiasakan salam. bersih. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan d. sapa Menghormati warga sekolah / orang tua Berperilaku terpuji Melaksanakan razia kelas Melaksanakan operasi semut Lomba kebersihan kelas c. Kedamaian dan Kerindangan) . Kekeluargaan .

Hardiknas. peringatan hari Pahlawan Lomba Tata Upacara Bendera Menyanyikan lagu wajib pada upacara bendera Paduan suara B Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne) 9 . Pembinaan Kepribadian Unggul. dan Bela Negara No - Jenis Kegiatan Diskripsi Contoh a Melaksanakan upacara bendera pada hari Senin dan/atau hari Sabtu. Harkitnas. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air. kebanggaan terhadap bangsa dan negara. Peringatan hari Sumpah Pemuda. serta hari-hari besar nasional - Melaksanakan kegiatan upacara bendera baik yang rutin maupun insidental guna menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin diri. nasionalisme dan patriotisme.3. Wawasan Kebangsaan. serta jiwa nasionalisme dan diikuti upaya pemaknaan dan penjiwaan syair lagu/hymne Upacara hari Senin/Sabtu Upacara HUT RI.

diorama. dan semangat perjuangan para pahlawan . memahami. prasasti. kepeloporan. dan menghayati tempat-tempat yang bernilai sejarah guna menumbuhkan sikap kebanggaan terhadap warisan sejarah. dll) Pemutaran Film Dokumenter Lomba Penulisan Sejarah Gerak jalan napak tilas Cerdas cermat kepahlawanan Lomba menulis laporan kunjungan C Melaksanakan kegiatan kepramukaan d Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah e Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur. kemandirian. memahami dan menghayati nilai-nilai luhur. kepemimpinan serta patriotisme Melaksanakan kegiatan untuk mengenal. semangat dan kepeloporan para pahlawan yang telah banyak berjasa dalam membela dan menegakkan kedaulatan bangsa dan negara. Melaksanakan kegiatan untuk mengetahui. kebersamaan. Persami Jambore Pelatihan Saka Jambore antar-Saka Pelatihan kepemimpinan Lomba PBB Kunjungan ke Situs-situs Sejarah (museum.20 Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat kepanduan.

Melaksanakan kegiatan praktik dengan cara menempatkan simbol/lambang negara sehingga tumbuhkembang rasa bangga serta hormat terhadap bangsa dan negara. Menempatkan Bendera. hambatan dan gangguan yang langsung atau tidak langsung terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam menegakkan kedaulatan negara dan kejayaan bangsa. LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) Cerdas cermat UUD 45 dan Ketetapan MPR Outbound Lomba TUB/PBB g. Melaksanakan kegiatan untuk lebih banyak memperkenalkan khasanah budaya antara satu daerah dengan daerah lain sehingga terwujud jalinan persahabatan antarsiswa/ daerah yang semakin erat sehingga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Lambang Garuda Pancasila. Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambanglambang negara h Melakukan pertukaran siswa antardaerah dan antarnegara ASE (ASEAN Student Exchange) Pertukaran Pelajar antar Daerah Pertukaran duta budaya 2 .f - Melaksanakan kegiatan bela Negara Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan sikap waspada sebagai upaya untuk mengatasi ancaman. tantangan. Foto Presiden dan Wakil Presiden.

diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) .4. Mengikuti kegiatan untuk menambah wawasan siswa dan sekaligus dapat menggali potensi berpikir kritis melalui forum resmi maupun tak resmi terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. seminar. kreatif dan sportif. disiplin. sistematis dan logis. Contoh Cepat tepat mata pelajaran Olimpiade sains Cepat tepat UUD 945 Cepat tepat keagamaan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Kelompok Ilmiah remaja (KIR) Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Penelitian Amdal Eksperimen Iptek Talkshow Penyimpangan Perilaku Siswa Training motivation Sosialisasi Tata Tertib Siswa Penyuluhan Narkoba Seminar Global Warming Workshop anti Bullying No Jenis Kegiatan a Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian b Menyelenggarakan kegiatan ilmiah c Mengikuti kegiatan workshop. Dan/Atau Olahraga Sesuai Bakat Dan Minat 22 Diskripsi Melaksanakan kegiatan lomba mata pelajaran tertentu atau program keahlian yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya kompetisi guna meningkatkan daya saing antar siswa dengan dilandasi sikap mental positif. Seni. Pembinaan Prestasi Akademik. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran cinta ilmu pengetahuan dengan cara melakukan berbagai penelitian ilmiah baik di sekolah/ di luar sekolah guna menggali potensi siswa agar dapat berpikir kritis.

Demonstrasi robot Produk daur ulang (Kriya). Mendesain dan memproduksi media belajar Tugas Membuat Model Struktur Atom. Melaksanakan kegiatan praktik lapangan dalam bentuk rancangan (software) maupun produk sebagai unjuk kerja keterampilan dan kreativitas dalam pencapaian suatu kompetensi tertentu. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah - 23 Melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kebiasaan membaca (reading habit) dan pembudayaan iklim akademis dengan cara memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sumber belajar. - Penugasan Kokurikuler Mata Pelajaran Lomba menulis essai Pameran buku perpustakaan Lomba menulis resensi buku Kliping koran . balok Pameran seni rupa. Trip observasi situs sejarah Study Fisika ke kawah Kunjungan ke sekolah lain Kunjungan Agrowisata Kunjungan Museum Iptek e. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian g.d. foto digital) f. kerucut. Produk rekayasa teknologi (animasi film. Melaksanakan kegiatan memamerkan suatu karya/produk hasil inovasi atau penelitian mata pelajaran tertentu yang berhubungan dengan pemanfaatan suatu teknologi tertentu guna meningkatkan rasa percaya diri dan aktualisasi diri. produk KIR. - Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar Melaksanakan kegiatan pengamatan dan pengalaman langsung terhadap obyek-obyek sumber belajar yang berhubungan dengan pencapaian kompetensi dan keterampilan mata pelajaran tertentu. DNA Lomba membuat bangun matematika. kubus.

Lomba Teater/Drama Lomba Mading Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Pertandingan: Futsal. dan Biologi) Klub Seni (Tari. tradisional) Lomba: Modern Dance. provinsi. Membentuk klub sains. vocal group. kabupaten/kota. Menyelenggarakan Festival dan lomba seni j. Kimia. Saman. h. tari tradisional. Futsal. Bulutangkis. Vocal Group. kabupaten/ kota. nasional maupun internasional. provinsi. Beladiri. Band. dan Karate) Melaksanakan kegiatan unjuk prestasi siswa melalui lomba dan pertandingan olahraga untuk menumbuhkembangkan budaya kompetisi dan meningkatkan keterampilan olahraga baik di tingkat sekolah. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga . seni dan olahraga i. Tenis Meja. Pentas Seni (Pensi Lomba Musik (Paduan Suara. Bulutangkis. Atletik Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Klub Sains (Fisika. dan Teater/Drama) Klub Olahraga (Atletik. Pencak Silat. nyanyi solo. Matematika. Paduan Suara.24 Melaksanakan kegiatan untuk menyalurkan minat dan bakat melalui klub-klub di sekolah dengan bimbingan dan latihan yang intensif dan komprehensif guna mempersiapkan siswa pada setiap kompetisi baik internal maupun eksternal sekolah. Melaksanakan kegiatan unjuk prestasi siswa melalui Festival seni dan daya kreasi untuk menumbuhkembangkan budaya kompetisi dan meningkatkan apresiasi seni baik di tingkat sekolah. nasional maupun internasional. Basket.

MPK dan ekstrakurikuler Menyusun Job Description Pengurus OSIS Pelaksanaan rapat kerja antara pembina dan pengurus Latihan Dasar Kepemimpin (LDK) Outbound Kepanitiaan dalam kegiatan Rapat/Diskusi Kantin kejujuran Laporan kegiatan a. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa: c.5. Melaksanakan kegiatan untuk menanamkan sikap kejujuran dan kesadaran serta tanggung jawab moral dalam kehidupan pribadi maupun sosial. 25 . Pembinaan Demokrasi. dan profesional. b. Lingkungan Hidup. - Jenis kegiatan Deskripsi Contoh Pemilihan Pengurus OSIS. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran. Hak Asasi Manusia. Pendidikan Politik. Kepekaan dan Toleransi Sosial dalam Konteks Masyarakat Plural. transparan. antara lain No Melaksanakan kegiatan untuk memberi pemahaman kepada pengurus OSIS dengan berbagai aktivitasnya untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi maupun pelaksanaan suatu kegiatan. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan melalui programprogram kegiatan pelatihan. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing.

kerjasama. Pelaksanaan MOS untuk siswa baru pada setiap awal tahun pelajaran Menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Melakukan penanaman dan pelihara pohon pelindung dan produktif. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan. Persami Debating. dan analisis siswa tentang suatu masalah berikut alternatif solusi yang diberikan. e. debat dan pidato. Membuat taman dan Gazebo Lubang Resapan Biopori (LRB): Teknologi Ramah Lingkungan Tepat Guna d. Diskusi Ilmiah. Melaksanakan kegiatan dalam upaya memperkenalkan tata lingkungan sekolah dengan segala isinya yang terkait dengan manajemen sekolah. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat. Kelompok Mata Pelajaran. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah. f. lomba pidato Bakti sosial Membayar Pajak Mematuhi norma Membantu orang lain Melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan percaya diri. daya pikir. g. speak contest.26 Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab sosial sebagai makhluk pribadi dan sosial. . kultur sekolah dan wawasan wiyata mandala. KIR. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar. rindang dan sehat. Melaksanakan kegiatan dalam upaya menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah akan pentingnya lingkungan dan tata kelola sekolah yang bersih. diskusi.

Fotografi.6. Keterampilan dan Kewirausahaan No Jenis kegiatan a. hiasan logam. guide Pelatihan barang-barang kerajinan home industri (kain batik.) 27 . Deskripsi Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemauan untuk meningkatkan nilai guna dan memanfaatkan barang bekas/tidak terpakai melalui 3R (Recycle/daur ulang. Broadcasting. Reuse/ memakai kembali) sebagai upaya untuk mengurangi limbah/sampah yang dapat mencemari lingkungan sekitar baik di sekolah maupun di rumah. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna. dll. membuat komposing membuat tas dari limbah plastik membuat sandal dari limbah ban -b. Jurnalistik. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yang terampil dan kreatif guna memberdayakan potensi serta mendidik siswa agar kelak dapat menjadi pengusaha. Contoh Pembinaan Kreativitas. hiasan keramik. Reduce/mengurangi. Pelatihan MC.

kerajinan. jasa foto copy. dan lain-lain). perusahaan atau hotel. Melaksanakan kegiatan untuk mening-katkan unjuk kerja (performance) siswa dalam penguasaan suatu keterampilan tertentu yang berkebutuhan khusus. Melaksanakan kegiatan praktik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang tertentu sebagai prasyarat untuk memenuhi tuntutan memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan.28 Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha/enterpreuner siswa yang mencakup bidang manajemen maupun unit-unit produksi di sekolah. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/ pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin). Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi. Magang Tes Uji Kompetensi Sertifikasi Keahlian Khusus c. e. Melakukan PKN / PKL / Prakerin di kantor. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus . d. Mendirikan Koperasi siswa Memiliki unit produksi (kue.

miras. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab seluruh warga sekolah dan lingkungan sekitar terhadap upaya-upaya hidup bersih dan sehat. dan zat adiktif (narkoba). 29 . dan Gizi Berbasis Sumber Gizi yang Terdiversifikasi Deskripsi Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggung jawab seluruh warga sekolah dan lingkungan sekitar akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. menyadari dan mau mengkampanyekan dengan bahaya penyalahgunaan narkoba. psikotropika. dan HIV/AIDS. memahami. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika. Contoh Pemberantasan sarang nyamuk Jumat Bersih Kantin Bersih dan Sehat No Jenis kegiatan a. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS). b. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. merokok dan HIV/AIDS. minuman keras.7. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD Jumat Bersih Penyuluhan bahaya narkoba. Melaksanakan kegiatan yang mendorong siswa untuk mengetahui. Pembinaan Kualitas Jasmani. Kesehatan. merokok. merokok Lomba Poster Anti Narkoba c.

sehat. d. e. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja (KRR). Olahraga secara teratur Aktif dalam kegiatan sekolah (kerohanian. Melaksanakan hidup aktif. Melaksanakan kegiatan untuk mengetahui.30 Melaksanakan kegiatan yang mendorong siswa untuk mengetahui. Peer councelor seminar kesehatan reproduksi remaja Melaksanakan kegiatan untuk mengetahui. memahami. Melakukan diversifikasi pangan. memahami dan mau mengkampanyekan upaya-upaya pemenuhan jajanan yang ada di sekolah. memahami dan menyadari serta mau mengkampanyekan pentingnya pola hidup sehat dan aktif. memahami dan mengkampanyekan pemilihan jenis makanan yang bersih. f. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah. olahraga Lomba Olah Makanan Sehat dan Bergizi Memilih variasi makanan yang seimbang Pemasangan Poster Makanan Sehat Mengadakan Kantin Sehat Penyuluhan jajanan sehat Melaksanakan kegiatan untuk mengetahui. g. . dan bergizi. seni. menyadari dan mau mengkampanyekan bahaya seks bebas sebagai pencegahan dini.

Meningkatkan daya cipta sastra. b. 3 . - Menyelenggarakan festival/lomba. Melaksanakan kegiatan untuk melatih dan membimbing siswa dalam melahirkan karya budaya tertentu yang kreatif dan produktif. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan budaya kompetisi dan apresiasi siswa dalam bidang sastra dan budaya. Melaksanakan kegiatan untuk melatih dan membimbing siswa dalam melahirkan karya sastra yang kreatif dan produktif. Meningkatkan apresiasi budaya. c. Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan apresiasi sastra guna meningkatkan wawasan dan keterampi-lan siswa melalui karya-karya para penulisnya. Lomba menulis esay sastra Lomba menulis kritik film/ sastra Lomba Baca Puisi dan Cerpen Pelatihan penulisan Puisi dan cerpen Pelatihan webblog sastra Tari tradisional Festival teater Sinematografi Pameran buku perpustakaan Lomba webblog musik tradisional d.8. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra. sastra dan budaya. Sastra dan Budaya Deskripsi Contoh Kegiatan Bulan Bahasa Teater sekolah Temu tokoh sastra No Jenis kegiatan a.

Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa dalam berinovasi. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan . Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 32 Deskripsi Melaksanakan kegiatan untuk memberikan motivasi kepada guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran b. sehingga menjadi lebih kreatif dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan integritas kebangsaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi Contoh Pembuatan milis diskusi per mata pelajaran Lomba desain web perpustakaan digital Lomba desain webblog Lomba pembuatan animasi Lomba gambar 3 dimensi Lomba pembuatan game online Lomba webblog budaya daerah Lomba webblog musik tradisional Lomba webblog pahlawan nasional No Jenis kegiatan a. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi c.9.

- Jenis kegiatan Deskripsi Contoh Lomba debat Bhs. minat dan kemampuan siswa dalam menulis bahasa Inggris Melaksanakan kegiatan untuk memotivasi dan sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan memilih salah satu hari sebagai hari wajib berbahasa Inggris.10. Melaksanakan kegiatan menumbuhkembangkan dan sekaligus mengasah bakat. Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris No Melaksanakan kegiatan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris oral secara aktif dan produktif melalui lomba debat dan pidato berbahasa inggris. Inggris Lomba pidato Bhs. Inggris Lomba bercerita dalam Bahasa Inggris (story telling)  Melaksanakan lomba debat dan pidato 2 Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi Lomba korespondensi Lomba menulis cerita Lomba membuat resensi buku Lomba menulis laporan Hari Jumat atau Rabu sebagai English Day 3 Melaksanakan kegiatan English Day 33 .

34 Melaksanakan kegiatan unjuk kebolehan yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui bercerita dalam bahasa Inggris. Melaksanakan kegiatan unjuk kebolehan yang dilakukan untuk menumbuhkan sense of interest pada bahasa Inggris melalui permainan puzzle berbahasa Inggris Lomba Story Telling Lomba membawakan berita dalam Bahasa Inggris Lomba menyusun puzzle Lomba membuat TTS dalam Bahasa Inggris Lomba mengisi TTS dalam Bahasa Inggris 4 Melaksanakan kegiatan bercerita dlm Bahasa Inggris (Story Telling) 5 Melaksanakan Lomba Puzzle word / scrabble Catatan: Contoh yang dimuat di dalam buku dapat dikembangkan sesuai kebutuhan sekolah .

3. PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT A. mengetahui dengan benar kegiatan maupun permasalahan yang dihadapi oleh sekolah. memberikan informasi dan data yang diperlukan pada instansi terkait dalam rangka membuat kebijakan lebih lanjut. Kegiatan monitoring dapat dilakukan secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri oleh Unsur Pembina dari tingkat Kecamatan. provinsi dan pusat sebagai acuan untuk program perbaikan dan peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan selanjutnya. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kesiswaan perlu dimonitoring agar pelaksanaannya di setiap sekolah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. kecamatan.BAB IV MONITORING. Selain dilakukan monitoring. 35 . Hasil evaluasi harus dilaporkan oleh penanggung jawab pada unsur terkait pada setiap akhir semester. Kabupaten/ Kota. Mengetahui perkembangan kemajuan pelaksanaan program pembinaan kesiswaan secara keseluruhan di tingkat Sekolah. kabupaten/kota. 4. memastikan bahwa program atau kegiatan pembinaan kesiswaan yang telah dirancang dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan dan untuk mengetahui kendalakendala selama proses pelaksanaan. 2. dan Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional secara berkala. Pelaksanaan monitoring yang dilakukan oleh unsur terkait bertujuan untuk : 1. EVALUASI. perlu juga dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pembinaan kesiswaan untuk mengetahui perkembangannya. Provinsi.

kabupaten/kota maupun provinsi yang dilengkapi dengan dokumentasi. dana. keterampilan.Pelaksanaan evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui : . dan lain sebagainya. Pelaporan Dalam rangka tertib administrasi. sikap. tehnis pelaksanaan. 4. apakah telah sesuai dengan target yang telah direncanakan . adakah perubahan yang terjadi baik dari bakat. minat. 3. apakah sumber daya manusia yang ada. dengan petugas yang kompeten dan bertanggung jawab. waktu dan sarana telah berfungsi baik dan efektif . 2. pengetahuan. kegiatan pembinaan kesiswaan perlu dilaporakan secara tertulis oleh kepala sekolah selaku Ketua Pembina dan Penanggung Jawab OSIS. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh penyelenggara kegiatan terhadap keterlaksanaan kegiatan dengan perangkat pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai. Laporan tersebut disampaikan kepada Pembina Kesiswaan di tingkat kecamatan. Dalam mencapai hasil akhir. Kendala-kendala apa saja yang ada di sekolah sehingga terjadi kesenjangan atau jurang pemisah antara yang seharusnya dengan kenyataan yang terjadi. kreativitas. Laporan kegiatan dalam satu semester berisi gambaran secara menyeluruh mengenai program yang telah terlaksana dan belum terlaksana pada masing-masing materi pembinaan kesiswaan dengan contoh sistematika sebagai berikut: 36 . Dari segi performance/penampilan siswa. B. perilaku. Hasil akhir yang diperoleh dalam kegiatan.

.......................... : ....... 2........ 8............... . : .................... ................... Kendala .................dst Terlaksana a.......LAPORAN SEMESTER KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN Nama Sekolah Alamat Sekolah Kecamatan Kab/Kota Semester Tahun Pelajaran 1.. : ................................................................................................. c.................................. ............................................................................................... 37 ... 3..................... Materi Pembinaan a..................................... b............................ Belum Terlaksana a...................................... 5................................................. ........................................................................................... … dst a................................. 3...................... b..... 7..................................................... : ......................................................................................... dst b........................................................ .. 4.................. ................................................................................... : .. Pembinaan Budi pekerti luhur ........ .............................................................................................................................. Keterangan 2........ Saran saran .................. Kegiatan No 1........................ 6..................... 9.......................... c.............. Tindak lanjut ................................................................ : .......... 10.... … dst a............................................................. b. .............................. b....................... Kepala Sekolah ____________________ NIP/NRK............................................................................................................ Pembinaan Keimanan ................................................... 4...............................................................................................................................

Oleh sebab itu.C. Tindak Lanjut Langkah-langkah tindak lanjut perlu dilakukan setelah pelaksanaan monitoring dan evaluasi. 38 . Pelaporan pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiswaan harus dapat memberikan masukan bagi peningkatan kualitas pelaksanaannya. perlu dilakukan analisis terhadap setiap komponen kegiatan dan hubungan timbal balik dengan komponen lainnya sehingga dapat ditemukan gagasan-gagasan atau pemikiran yang progresif dalam pelaksanaan kegiatan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu. siswa diposisikan sebagai subjek kegiatan sehingga memiliki kesempatan yang sangat luas dalam mengembangkan dirinya secara bebas dan bertanggung jawab. Kesadaran dan kepedulian seluruh pemangku kepentingan pendidikan terhadap masa depan bangsa. Dalam pelaksanaannya. upaya penyediaan aturan formal dan pemenuhan 39 . baik dalam aspek kebijakan maupun teknis. Eksistensi dan keberlangsungan kegiatan-kegiatan kesiswaan di sekolah sudah selayaknya dipandang sama dan setara dengan eksistensi keberlangsungan kegiatan belajarmengajar di kelas.BAB V PENUTUP Pembinaan kesiswaan merupakan bagian integral dari penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan. dimulai dari tingkat satuan pendidikan sampai pemegang kebijakan tertinggi. Pedoman Kegiatan Pembinaan Kesiswaan ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan patokan bagi instansi terkait dalam melakukan pembinaan kesiswaan dalam aspek kepribadian. dan semua unsur masyarakat. Dengan demikian. merupakan kunci dari terlaksananya kegiatan pembinaan kesiswaan. pembinaan kesiswaan seyogyanya menjadi suatu kekuatan yang menjadi perhatian. bakat dan prestasi pada bidang yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas kurikuler. Tanggung jawab pengembangan kreativitas kegiatan kesiswaan sepenuhnya diberikan kepada pihak sekolah sesuai dengan pola manajemen yang dianut dalam standar pengelolaan pendidikan. Agar keragaman kreativitas yang muncul pada tingkat satuan pendidikan menjadi suatu kekuatan kohesif dan kolektif maka perlu adanya suatu koridor yang dapat menjadi acuan dalam pengembangan kegiatan pembinaan kesiswaan yang dilakukan masing-masing satuan pendidikan.

40 . Semoga buku ini dapat dijadikan acuan dan pegangan dalam pelaksanaan pembinaan kesiswaan mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat pusat.prasyarat kelayakan pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiswaan dapat dipandang sebagai suatu wujud nyata kepedulian yang sangat berarti dalam keseluruhan proses pembinaan siswa.

......................................................................... Jumlah Peserta : .....Lampiran 1............................................................................................................................................... Format Jurnal Kegiatan Ekstrakurikuler JURNAL KEGIATAN EKSTRAKURIKULER Nana Kegiatan Nama Pelatih/Pembina Hari / Tanggal Tempat Materi 1.............................................................................................................................................................................................. Jakarta..... : : .................................................. .............................................................. : ....................................................................... ............................ 3............................................................................................................................ Nama Peserta : ......................... Alat Peraga : .................................... .. ............................ ....... Pembina Pelatih _____________________ ______________________ Catatan : Jurnal ini dibuat sebagai bukti persiapan kegiatan dibuat setiap satu kali kegiatan........................................................................................................................ : ................................... : ............................................... Kompetensi Dasar : ...............................................................20.................................... Indikator : .... 4 .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 2.................

Kejuaraan bergilir atau tetap atau persiapan untuk olimpiade 42 . Nama 1. dst Penjelasan No Nama Kegiatan : : Nomor urut berdasarkan kapan kegiatan tersebut dilakukan : Nama Prestasi yang didapat dalam kegiatan tersebut : Kegiatan yang dibuat oleh penyelenggara berdasarkan peserta yang mengikuti kegiatan Tingkat : Berdasarkan cakupan wilayah kegiatan. Provinsi Nasional Bulan / Tahun : Bulan / Tahun Penyelenggara Kegiatan Biaya Keterangan : Dana yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan tersebut : Keterangan untuk menyebutkan pelengkap kegiatan tersebut seperti nama penyelenggara. Juara Atletik Nasional Januari 2001 Pemerintah PASI Pusat 3. Juara Basket Kegiatan Antar SMA dalam rangka HUT Universitas Indonesia Atletik Antar pelajar / O2SN Tingkat Bulan DKI Oktober Tahun Biaya 2000 Swadana Ket UI 2. Kecamatan. Format Daftar Prestasi Ekstra Kurikuler DAFTAR PRESTASI EKSTRAKURIKULER SMA 92 JAKARTA No.Lampiran 2. Kotamadya.

Lampiran 3. Pengurus Baru 2 Pendataan Anggota 3 Pelantikan Anggota Baru 4 LDKS 5 Dll 6 7 8 9 0  Jakarta. J 2 4 SEPTEMBER 1 2 3 4 OKTOBER 1 2 3 4 U I KET NOMOR 1 URAIAN KEGIATAN L 3 A G U S T U S 1 2 3 4 NOPEMBE R 1 2 3 4 DESEMBE R 1 2 3 4  Pembent. Pembina OSIS Pembina/Pelatih K e t u a Wakasek Kesiswaan ( ……………………………………) ( …………………………………. / ……………. TAHUN PELAJARAN ……………. …………………………….……………) ( ……………………………………) 43 . Format Jadwal Kerja Kegiatan Ekstra Kurikuler ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SMA ……………………………… SCHEDULE KERJA EKSTRAKURIKULER ………………………………………….) ( …………………...

Format Jadwal Monitoring Kegiatan Ekstrakurikuler ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SMA ……………………………… SCHEDULE MONITORING KERJA EKSTRAKURIKULER ………………………………………….44 TAHUN PELAJARAN ……………. 1 J 2 4 U L 3 I A G U S T U S 1 2 3 4 SEPTEMBER 1 2 3 4 OKTOBER 1 2 3 4 NOPEMBE R 1 2 3 4 DESEMBE R 1 2 3 4 KET Jakarta. Pembina OSIS Pembina/Pelatih K e t u a ( …………………………………. / ……………. NOMOR URAIAN KEGIATAN  KIR 2 PASKIBRA 3 PMR 4 ROHIS 5 Dll 6 7 8 9 0  2 3 Wakasek Kesiswaan ( ……………………………………) .) ( …………………………………) ( ……………………………………) Lampiran 4. ……………………………..

Pelaksanaan 9 0  2 3 4 e. Kepala Sekolah. ………………………………………………………………………………. J A W A B A N Ya/Ada Tidak N I L A I KETERANGAN K E G I A T A N Buku Anggota Buku Kegiatan Buku Jurnal Buku Tamu Pedoman Materi Pedoman Penunjang Jadwal Kegiatan Jadwal Penilaian Organisasi a. Laporan Prestasi Sumber Dana Daftar Inventaris Ruang Sekretariat Lain-lain J U M L A H Rata-rata Kesimpulan Saran-saran : ……………………………………………………………………………….. Pengawas. Pengurus b. Struktur c. Format Monitoring Administrasi Kegiatan Ekstrakurikuler MONITORING ADMINISTRASI EKSTRAKURIKULER NAMA EKSTRAKURIKULER NAMA SEKOLAH HARI / TANGGAL NO  2 3 4 5 6 7 8 : …………………………………………………………………………… : …………………………………………………………………………… : …………………………………………………………………………..Lampiran 5. (…………………………………) (…………………………………. Program d.. ………………………………………………………………………………. : ………………………………………………………………………………..) 45 .

PEMBINA : ………………………………………………. PELATIH : ………………………………………………..Lampiran 6. Kesiswaan.) Wakil Bid. JENIS EKSTRAKURIKULER : ………………………………………………… HARI/TANGGAL : ………………………………………………… MATERI : ………………………………………………. (……………………………. Kepala Sekolah. (…………………………….. PESERTA DIDIK HADIR MONITORING EKSTRAKURIKULER SMA T I D A K H A D I R S I KETERANGAN A NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 P E R T MATERI MONITORING EKSTRAKURIKULER A N Y A A N J A W A B A N Jenis kegiatan yang diberikan disampaikan? Persiapan apa saja untuk kegiatan tersebut? Alat bantu apa saja yang diharapkan dari peserta didik? Kemampuan apa saja yang diharapkan dari peserta didik? Sikap apa saja yang diharapkan dari peserta didik? Metode apa saja yang digunakan? Dapatkah peserta didik mengikuti kegiatan ini dengan baik? Apa saja tugas yang diberikan kepada peserta didik? Apakah peserta didik diberikan kesempatan bertanya? Sejauh mana motivasi peserta didik dalam kegiatan ini? Apakah diadakan evaluasi dalam kegiatan ini? Adakah pengaruh kegiatan ini terhadap kejiwaan peserta didik? Adakah kesulitan dalam kegiatan ini? Apa yang akan ditingkatkan pada pertemuan yang akan datang? Mengetahui. NO 1 2 J U M L A H KELAS JML. Format Monitorng Kegaiatn Ekstrakurikuler TAHUN PELAJARAN ………………/………………. ………………………… P e m b i n a. ( ………………………………) 46 .) Jakarta.

...................................................................................................................................................................................................... Evaluasi II : Pelaksanaan ............................ Saran saran : ........................................... Nama Pembina Nama Peserta Didik : ................ ............................................................................................................................................................................................................................... Format Pengarahan Kepala Sekolah dalam Rangka Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler PENGARAHAN KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ( dilakukan setiap setelah kegiatan ) Hari / Tanggal Kegiatan Tempat : .. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ............................... Evaluasi III : ............................................................ Jumlah Peserta Didik : ................................................................ Evaluasi I : Persiapan .......................................................................................................... Pembina................... Kepala Sekolah.................................................................................................................................................................................................................................................. .... .............................................................................................................. : ...........................................................................Lampiran 7...................................................................... _____________________ ____________________ 47 .... Kesimpulan : ............................................................................................................................................. : ............. : .......................... ...........................................................................

Lampiran 8. Format Pengarahan Kepala Sekolah dlam Rangka Kegiatan Siswa

PENGARAHAN KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA KEGIATAN PESERTA DIDIK
Hari / Tanggal Kegiatan Tempat : ................................................................................................................. : ................................................................................................................. : .................................................................................................................

Jumlah Peserta Didik : ................................................................................................................. Nama Pembina Nama Peserta Didik : ................................................................................................................. :

......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... .............. Isi Arahan :

......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................... .........................................................................................................................................................

Kepala Sekolah,

Pembina,

_____________________

____________________

48

Lampiran 9. Hubungan Antara Ektakurikuler dengan Intrakurikuler

HUBUNGAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER
Nomor 1. Nama Ekstrakurikuler Paskibra Kaitan dengan mata Pelajaran PKn Pembina Guru Pkn Jenis Kegiatan Mengarah pada Patriotisme dan cinta tanah air Keterampilan dalam P3K ( Pertolongan Pertama pada Kecelakaan ) Implementasi ajaran agama Islam Implementasi ajaran agama kristen Penelitian Keterampilan dalam berkesenian

2.

PMR

Biologi

Guru Biologi

3.

Rohis

Agama Islam

Guru Pendidikan Agama Islam Guru Pendidikan Agama Kristen Guru MIPA dan Sosial Guru Seni

4.

Rokris

Agama Kristen

5. 6.

KIR Kesenian

MIPA dan Sosial Seni Musik Seni Lukis Seni Tari

7.

Olah Raga

Penjaskes

Guru Pendidikan jasmani dan orkes

Keterampilan dalam olahraga

49

Lampiran 10. Tata Tertib Kegiatan Ekstrakurikuler TATA TERTIB KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

1. Setiap peserta didik mengikuti 1 (satu) cabang ekstrakurikuler wajib dan satu cabang ekstrakurikuler pilihan wajib 2. Setiap peserta didik boleh mengikuti ekstrakurikuler pilihan sesuai dengan hobinya 3. Keikutsertaan peserta didik dalam memilih ekstrakurikuler harus sepengetahuan orang tua 4. Peserta didik yang ingin pindah keikutsertaannya dalam ekstrakurikuler dibenarkan setelah satu tahun dan sebelumnya mengajukan permohonan kepada pimpinan sekolah 5. Latihan Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan 6. Kegiatan yang dilakukan di luar sekolah wajib didampingi oleh guru pembina dengan seizin kepala sekolah 7. Kehadiran ekstrakurikuler minimal 75 % dari seluruh kegiatan yang direncanakan 8. Peserta Ekstrakurikuler wajib menjaga nama baik sekolah, baik didalam dan diluar sekolah 9. Nilai Ekstrakurikuler menjadi salah satu syarat kenaikan kelas 10. Hal hal lain yang belum diatur dalam tata tertib ini, akan diatur kemudian oleh Pimpinan Sekolah Jakarta,.................20.... Mengetahui, Kepala Sekolah Pembina,

____________________

_____________________

50

......................../NRK................. Untuk itu diberikan sertifikat agar dipergunakan sebagai Pelatih ......... Contoh Format Sertifikat Kegiatan Ekstrakurikuler PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 34 Jln Margasatwa Raya No...................... 5 ...... Cilandak.................................... 7690064 NO....... : Pelatih Tingkat Mahir Paskibra : . .................... 1 Pondok Labu........................... Pas Foto 3x4 ........................ : ………………………................ ........... Semoga bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya............... Jakarta Selatan Kode Pos 12450 Telepon : 7690064 – 75816515 Fax.............................................. : ........................... Jakarta........... NIP.......................... SERTIFIKAT Kepala SMA ……………………… memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas Prestasi yang dicapai oleh : N a m a Kelas / Program Sebagai Tingkat : ............... .......... Kepala SMA ..............................Lampiran 11...... / ...................

.. Jakarta.... 7690064 NO.... ... Kepala SMA ............... Contoh Format Surat Penghargaan Kegiatan Ekstrakurikuler PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 34 Jln Margasatwa Raya No...................................... Pas Foto 3x4 ..... .... / .............Lampiran 12................................. Demikian surat penghargaan ini diberikan................................................................. NIP........................./NRK.... : ............ 52 ....... : …………………………….......... Jakarta Selatan Kode Pos 12450 Telepon : 7690064 – 75816515 Fax................................................ semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.................. 1 Pondok Labu............... Cilandak........................................ .... SURAT PENGHARGAAN Kepala SMA ……………………… memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas Prestasi yang dicapai oleh : N a m a Kelas / Program Sebagai Tingkat : .......... : ………………………………………… : ..............

Lampiran 13. b. c. e. NO NAMA KEGIATAN Program Jangka Panjang a. Format kegiatan kesiswaan dan ekstrakurikuler PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMA …………………………………………. Program Jangka Pendek a. e. d. Program Jangka Menengah a.. e. c. b. b. d. c. e. d. WAKTU PELAKSANAAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 TARGET KEGIATAN KET 1 2 3 4 53 . TAHUN PELAJARAN …………………………. Program Insidental a. d. b. c.

b. b. c. 2 3 4 54 . c. e. b. d. e. c. b. NO 1 NAMA KEGIATAN Program Jangka Panjang a. e. WAKTU PELAKSANAAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 TARGET KEGIATAN KET. Program Jangka Menengah a. c. Program Jangka Pendek a. e.. TAHUN PELAJARAN …………………………. Program Insidental a. d. d. Program Kegitan Pembinaan Kesiswaan PROGRAM PEMBINAAN KESISWAAN SMA …………………………………………. d.Lampiran 14.

c. SASARAN TARGET KEGIATAN SUMBER BIAYA NO NAMA KEGIATAN 1 2 3 4 Program Utama a. b. d. Rencana Kegiatan kesiswaan PERANCANGAN KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN SMA…………………………………………………………………. Program Unggulan a. d. d. c. b.Lampiran 15. TAHUN PELAJARAN ………………………………. Program Insidental a. 55 . b. Program Rutin a. c. b. c.. d.

b. d. b. Action Plan Kegiatan Pembinaan Kesiswaan ACTION PLAN KEGIATAN PEMBIANAAN KESISWAAN SMA………………………………………………………………………. 2 3 4 56 . e. c. b. Program Jangka Pendek a. e. c. e. Program Jangka Menengah a. TAHUN PELAJARAN ………………………………………. d.. 1 2 3 WAKTU PELAKSANAAN 4 5 6 7 8 9 10 11 12 TARGET KEGIATAN KET. e. d. Program Insidental a. b. c.Lampiran 16. NO 1 NAMA KEGIATAN Program Jangka Panjang a. d. c.

No  2 3 4 5 KEGIATAN KINERJA KETARANGAN 1 Program Utama a. e. 2 Program Unggulan a. d. d. c. TAHUN PELAJARAN ……………………………………. d.Lampiran 17. b.. 57 . b. e. 4 Program Insidental a. b. e. e. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMA …………………………………. 3 Program Rutin a. c. c. b. c. d.

TAHUN PELAJARAN …………………………………….Lampiran 18. Program Rutin a. 1 KINERJA 2 3 4 5 KETARANGAN 2 3 4 58 . b. b. c. c. d. d. b. Program Insidental a. c. No 1 KEGIATAN Program Utama a. c.. d. Program Unggulan a. e. e. e. d. b. e. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kesiswaan MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN SMA ………………………………….

Program Unggulan a. c. b. Program Insidental a. c. d. d. SASARAN TARGET KEGIATAN SUMBER BIAYA 2 3 4 59 . b. c. d. e. b. d. b. e. e..Lampiran 19. c. NO 1 NAMA KEGIATAN Program Utama a. Program Rutin a. Rencana Kegiatan Ekstrakurikuler PERANCANGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMA…………………………………………………………………. e. TAHUN PELAJARAN ……………………………….

c. TAHUN PELAJARAN ………………………………………. 3 Program Jangka Pendek a. d. b. e. NO NAMA KEGIATAN 1 Program Jangka Panjang a. b. . e. e. c. c. e. 2 Program Jangka Menengah a. c. b. 4 Program Insidental a. d. b. d. d.. Action Plan Kegiatan Ekstrakurikuler ACTION PLAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMA……………………………………………………………………….60 1 2 3 WAKTU PELAKSANAAN 4 5 6 7 8 9 10 11 12 TARGET KEGIATAN KETERANGAN Lampiran 20.

b. b. c. e. b. e. d.. 4 Program Insidental a. 2 Program Unggulan a. c. e. d. Monitoring Evaluasi Kegiatan Ekskul MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMA …………………………………. TAHUN PELAJARAN …………………………………….Lampiran 21. d. d. 3 Program Rutin a. No  2 3 4 5 KEGIATAN KINERJA KETARANGAN 1 Program Utama a. 6 . b. c. c. e. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikule Form 04.

Organisasi Siswa adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah di singkat dengan OSIS.GLOSARIUM a. k. Sekolah adalah Sekolah Menengah Atas baik negeri maupun swasta. dengan 62 . mengajar. Pembina Tingkat Kabupaten/Kota adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. l. mengarahkan. m. Pembina Tingkat Kecamatan adalah Kepala Seksi Dinas Pendidikan di Kecamatan. g. j. i. h. Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali siswa. melatih. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik. menilai dan mengevaluasi siswa. yang dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Direktorat adalah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. b. f. d. Direktorat Jenderal adalah Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. komunitas sekolah. c. Guru Pembina Kesiswaan adalah guru yang mengajar di sekolah yang bersangkutan yang mendapat tugas tambahan sebagai pembina siswa. membimbing. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah. Konselor adalah guru yang mengampu bimbingan konseling di sekolah. Pembina Tingkat Provinsi adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi. Kepala Sekolah adalah guru yang mengajar di sekolah yang bersangkutan dan mendapat tugas tambahan. serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. e.

tujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu dalam pencapaian prestasi unggulan yang meliputi bakat. minat dan kreativitas. Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan sekolah dengan penjatahan waktu sesuai dengan struktur program kurikulum. o. Kegiatan Kokurikuler adalah kegiatan yang erat kaitannya dengan pemerkayaan pelajaran yang dilakukan di luar jam pelajaran yang ditetapkan di dalam struktur program dan dimaksudkan agar siswa lebih mendalami dan memahami apa yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler. n. 63 . memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah. serta menyiapkan menjadi masyarakat yang berahlak mulia. demokratis. menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful