P. 1
Intake

Intake

|Views: 853|Likes:
Published by Deddy Prasetyo

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Deddy Prasetyo on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2013

pdf

text

original

Menggambar Teknik II “Intake dan Screen”

Kelompok I
Nama Anggota
Tita Dwi Wahyuni Damar Apriani DQ Sari Risky Melia Dimas Prasetya Ahmad Mujadid Heru Dermawan

Universitas Pasundan Teknik Lingkungan Bandung 2012

Bangunan Pengolahan Air Minum yang Termasuk Unit Operasi

Bangunan Sadap (Intake)

Screen

Apakah yang dimaksud Bangunan Sadap (Intake) ?

dengan

Bangunan sadap (intake) merupakan bangunan penangkap atau pengumpul air baku dari suatu sumber sehingga air baku tersebut dapat dikumpulkan dalam suatu wadah untuk selanjutnya diolah.

Elemen-Elemen Intake
•Bangunan intake Umumnya memiliki konstruksi beton bertulang (reinforced concrete) agar memiliki ketahanan yang baik terhadap kemungkinan hanyut oleh arus sungai. •Inlet intake Inlet intake dapat berupa saluran segi empat atau bundar yang dilengkapi dengan bar screen untuk menyaring material kasar. •Saringan halus (Strainer) Berfungsi untuk menyaring material yang mengapung dan ikan-ikan kecil yang dapat menghambat penghisapan air baku pada ujung pipa. •Suction well (intake well) Adalah bangunan penampung air baku yang akan dihisap oleh pompa atau dialiri secara gravitasi. Intake well harus cukup lebar agar mudah dimasuki oleh operator saat melakukan pembersihan. Waktu detensi yang dianjurkan adalah kurang dari 20 menit. •Pipa backwash Berfungsi untuk melakukan pengurasan intake well saat endapan pasir dan material lain sudah menumpuk, biasanya dilengkapi dengan valve penguras. •Pompa hisap dan ruangan pompa Berada diatas sumur intake dengan jarak minimal 1,5 m dari muka air. Ruangan pompa harus cukup lebar dan nyaman untuk dimasuki oleh operator saat melakukan pengontrolan dan pembersihan.

Kriteria Desain Intake

Keterangan Kemiringan Bar

Satuan °C

Kriteria Desain 40 – 60

Diameter Bar

Inchi

0,5 – 1

Kecepatan Aliran

m/dtk

0,3 – 0,6

Sumber : Qasim,1975

Contoh Gambar Intake

Beberapa fungsi dari Bangunan Intake

•Mengumpulkan air dari sumber untuk menjaga kuantitas debit air yang dibutuhkan oleh instalasi. •Menyaring benda-benda kasar dengan menggunakan bar screen. •Mengambil air baku sesuai debit yang diperlukan instalasi pengolahan yang direncanakan demi menjaga kontinuitas penyediaan dan pengambilan air dari sumber.

Jenis-Jenis Intake

Intake Tower

Shore Intake

Intake Crib

Canal Intake

Lake Intake

Gambar dari Jenis-Jenis Intake

Shore Intake
Lake Intake Intake Tower

Intake Crib

Canal Intake

Apakah yang dimaksud dengan Screen? Screen merupakan penyaring atau penahan yang terbuat dari batangbatang besi tegak. Pada screen, partikel-partikel akan mengambang, bahkan sampah dan benda terapung lainnya yang mungkin ada ditempat penyadapan, terutama dibangunan sadap sungai dapat disisihkan.

Pada pengolahan air minum, screen ini ditempatkan di bangunan intake (sadap) air baku. Karena airnya berasal dari danau atau sungai maka biasanya banyak berisi sampah atau serpihan material yang melayang dan terapung seperti kayu, bambu, daun, plastik, kain, ranting, dll. Sampah ini tidak boleh masuk ke dalam IPAM dan/atau IPAL karena dapat merusak alatalat mekanis dan menyumbat pipa atau lubang-lubang perforasi pipa. Oleh sebab itu, akumulasi sampah harus segera disisihkan, baik secara manual maupun mekanis. Pembersihan manual diterapkan di instalasi yang sampahnya sedikit sebaliknya cara mekanis diterapkan di instalasi yang banyak sampahnya. Screen, secara visual memang tampak sederhana, terutama screen yang dibuat di instalasi kecil. Di beberapa intake milik PDAM malah seolaholah dilalaikan, nyaris ditelantarkan. Patutlah diakui, pembuatan screen terutama yang manual memang sederhana dan mudah, bahkan bisa dibuat oleh orang awam. Tukang bangunan pun sering memasang screen batang di selokan dekat pekerjaannya untuk memperoleh air yang bebas sampah. Tak ada satu rumus pun yang mereka pelajari. Namun dapat diduga screen buatan mereka boleh jadi tidak optimal karena terlalu kecil atau terlalu besar. Screen yang memenuhi syarat dan bisa dipertanggungjawabkan secara teoretis dan praktis dibuat dengan mengikuti tatacara desain dan kalkulasi matematisnya.

Jenis-Jenis Screen

1. 2. 3. 4. 5.

Bar Screen Travelling Screen Saringan Kasar Saringan Halus Saringan Mikro

Kriteria Desain Bar Screen
Keterangan
Jarak bukaan antar batang (b) Lebar penampang batang (w) Kedalaman batang (P) Sudut kemiringan batang kecepatan aliran melalui kisi (Vs) Volume material (V) Kedalaman (y) Lebar saluran (L) Koefisien Manning Slope Sumber : Qasim,1975

Satuan
mm mm mm °C m/dtk m3 m m m/m

Kriteria Desain
25 – 75 4 -8 25 – 50 45 – 60 0,3 – 1,2 3,5 – 8,0 0,16 – 2 0,32 – 0,4 0,013 0,001

Kesimpulan
Untuk memperoleh air minum yang layak, diperlukan suatu pengolahan air minum. Dalam melakukan suatu proses pengolahan dibutuhkan bangunan pengolahan air minum yaitu salah satunya dengan menggunakan unit Intake dan Screen. Intake merupakan bangunan penangkap atau pengumpul air baku dari suatu sumber sehingga air baku tersebut dapat dikumpulkan dalam suatu wadah untuk selanjutnya diolah. Bangunan intake sangat penting dalam proses pengolahan air. Sementara sreen merupakan suatu penyaring atau penahan, yang mana letaknya berada pada struktur intake, reservoir dan sungai.Jadi dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan antara Intake dan Screen meskipun dari cara penggunaan dan maksud dari keduanya berbeda.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->