P. 1
dasar VB

dasar VB

|Views: 108|Likes:
Published by Andri Dwi Maryanto

More info:

Published by: Andri Dwi Maryanto on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2012

pdf

text

original

BAB I Mengenal visual basic 6.0 I. Data Pengamatan 1. Membuat form dasar Membuat form pada Visusl Basic 6.

0 yang berisi Nama dan NPM 2. Membuat Message Box Merupakan pengembangan dari form sebelumnya dengan menambahkan Message Box 3. Membuat form di dalam form Membuat form ganda atau form di dalam form. 4. Membuat Hscroll Membuat form yang menampilkan Horizontal Scroll atau pada bahasa Visual Basic sering disebut dengan Hscroll yang menampilkan angka di dalamnya. 5. Membuat program apilkasi oprasi aritmatika berupa oprasi perbandingan Merupakan pengembangan dari form sebelumnya yang menggunakan Hscroll dengan menambahkan fungsi aritmatika didalamnya sehingga menjadi program perbandingan. 6. Membuat program perhitungan dasar aritmatika Membuat program perhitungan aritmatika berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan Modulus (sisa bagi).

II.

Analisa Data 1. Membuat form dasar Percobaan ini merupakan percobaan dasar untuk membuat form. Pada percobaan ini terdiri dari 2 label, 2 text box dan 2 Command Button. Label 1 yaitu nama, dan lebel 2 yaitu NPM, text box 1 dikosongkan begitu juga dengan text box 2 dan command 1 yaitu ENTER dan command 2 EXIT. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

1

Pada gambar dibawah ini merupakan gambar form sebelum di isi. yaitu membuat form sama seperti percobaan pertama namun bedanya pada Text Box 1 dan 2 yang diberi nama label Nama dan NPM akan di isi secara manual. Gambar di bawah ini adalah program untuk menampilkan Nama dan NPM pada Text Box 1 dan 2.Pada gambar di bawah ini merupakan form yang sudah di isi. Sesuai dengan labelnya Text Box 1 di isi dengan Nama dan Text Box 2 di isi dengan NPM.text tersebut merupakan perintah utuk menampilkan Nama pada Text Box. untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut: 2 . dan hasilnya akan muncul pada Massage Box. Perintah Text1. Perintah yang akan diisi dengan Nama dan NPM ini terletak pada Command 1 ketika kita menekan tombol ENTER maka akan tampil Nama dan NPM. begitu juga dengan NPM. Membuat Message Box Percobaan ini merupakan pengembangan dari percobaan sebelumnya. Command 2 berisi perintah untuk keluar dari program. Untuk lebih jelasnya lihat program di bawah ini: 2.

Pada tombol Command (HASIL) di isi dengan perintah MsgBox. Perintah “& “ adalah perintah untuk memunculkan 3 . perintah ini untuk membuat kotak pesan (message Box) lalu perintah selanjutnya yaitu menuliskan pesan apa yang akan ditampilkan pada kotak pesan. Gambar di bawah ini merupakan gambar program dari Form di atas. berikut gambarnya: ketika command (tombol HASIL) di tekan maka akan muncul kotak pesan (Message Box) text box yang telah di isi sembarang tadi akan di tampilkan pada Text Box.Gambar berikutnya merupakan gambar form setelah di isi sembarang pada Text Box berlabel Nama dan NPM.

Hanya menambahkan Command 2 yang diberi nama NEXT.spasi pada kotak pesan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini: Gambar dibawah ini merupakan tampilan yang akan ditampilkan ketika tombol NEXT ditekan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut: 4 .Text adalah perintah untuk menyalin text yang sudah di tulis pada text box. Untuk lebih jelasnya lihat gambar program selengkapnya: 3. Dan perintah Text1. Ketika tombol NEXT ini ditekan maka akan muncul Form 2.Text dan Text2. Dan akan di tampilkan pada Message Box. Membuat form di dalam form Sama seperti Form sebelumnya merupakan pengembangan dari Form-Form sebelumnya.

untuk lebih jelasnya lihat program selengkapnya dibawah ini: 4. untuk menyembunyikan Form 1 maka perintah yang harus ditulis adalah Form1.Show. yang berbeda adalah dengan menambahkan Command 2 yang diberi nama NEXT. ketika Scroll di tekan ke kanan maka angka pada Text Box akan bertambah besar. Pada percobaan ini akan membuat Form yang akan menampilkan angka pada Text Box. Ketika kita menekan tombol NEXT maka akan muncul Form 2 perintahnya adalah command2_Click ().Hide . Membuat Hscroll Pada percobaan ini akan membuat Form yang di dalamnya berisi Hscroll (horizontal scroll). Hscroll dan Command. pada percobaan ini angka Maximumnya adalah 1000. Angka maximum ini dapat di atur dari Property Window. sedangkan pada form 2 hanya diberi perintah end saja. Komponen yang diperlukan untuk membuat form ini adalah Text Box. karena hanya ada Command yang dibiri nama BACK yang tujuanya untuk mengembalikan atau mengakhiri perintah pada form 2. untuk menampilkan Form 2 maka perintah yang harus ditulis adalah Form2.Gambar di bawah ini adalah gambar program untuk membuat form seperti di atas. Besar kecilnya angka yang akan tampil pada Text Box ini dapat diatur. Dan Command yang diberi nama keluar berfungsi utuk mengakhiri program. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini: 5 . Untuk perintah sebelumnya sama seperti program pada percobaan 2.

Pada program ini Hscroll berfungsi sama yaitu menampilkan angka dan pengembangannya adalah Hscroll ini digunakan untuk aplikasi aritmatika yaitu oprasi perbandingan lebih besar ( > ). Membuat program apilkasi oprasi aritmatika berupa oprasi perbandingan Pada program berikut merupakan pengembangan dari percobaan 4.Text = Hscroll perintah tersebut akan menampilkan panjangnya Hscroll pada Text Box tersebut. lebih kecil ( < ). Berikut gambarnya: 6 .Gambar dibawah ini adalah program untuk menampilkan Form seperti di atas. Perintah untuk menampilkan angka pada text box tersebut adalah Hscroll_Change() dan untuk menampilkan angka pada text box tersebut adalah Text1. bukan sama dengan ( < > ) dan sama dengan ( = ). Program ini akan membandingkan antara angka pada Text Box 1 dan Text Box 2 dan hasilnya akan ditampilkan di label berupa pernyataan True atau false. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut: 5.

Tampilan untuk aplikasi perbandingan lebih sama dengan ( = ) Berikut ini akan dijelaskan program untuk menampilkan Form seperti di atas. Ini merupakan gambar tampilan sebelum diberi inputan. Kemudian hasil dari perintah tersebut akan ditampilkan di text box yang diberi nama HASIL. Tampilan untuk aplikasi perbandingan lebih kecil ( < ) 4. 2. Tampilan untuk aplikasi perbandingan lebih bukan sama dengan ( < > ) 5. Tampilan untuk aplikasi perbandingan lebih besar ( > ) 3. Langkah pertama yaitu membuat 2 Hscroll untuk perbandingannya. Karena pada angka tersebut telah di set bersamaan dengan Hscroll maka hasil dari perbandingan tadi ditempatkan di text box 3 perintahnya adalah Text3. untuk membandingkan kedua angka tersebut digunakan command.Text = Hscroll1 = Hscroll2. Selanjutnya adalah ketika kita telah menginputkan angka maka angka tersebut akan di bandingkan. sama seperti program sebelumnya untuk menampilkan angka pda Hscroll pada text box maka perintah yang harus dituis adalah Text1. Pada setiap command tersebut akan diberikan perintah untuk membandingka yaitu command 1_Click dan seterusnya.Text = Hscroll1 < Hscroll2. >. < > dan =.1.Text < > Hscroll1 < Hscroll2.Text = Hscroll1 > Hscroll2.Text = Hscroll.Text = Hscroll untuk Hscroll pembandingnya atau Hscroll 2 perintahnya adalah Text2. untuk lebih jelasnya lihat program selengkapnya di bawah ini: 7 . perbandingan tersebut menghasilkan pernyataan True dan False. Text3. Text3. Text3. Pada program ini terdapat 4 command utuk perbandingan <.

perkalian. . Gambar 2 adalah tampilan ketika angka pada text box 1+ angka pada text box 2 3. Untk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini: 1. Hasilnya akan di tampilkan pada text box yang diberi label HASIL.pengurangan dan sebagainya. pembagian dan sisa bagi ( Modulus).angka pada text box 2 4. pengurangan. Pada program ini Hscroll berfungsi sama yaitu menampilkan angka dan pengembangannya adalah Hscroll ini digunakan untuk aplikasi aritmatika. / dan Mod.6. x . 8 . x. misalnya penjumlahan. Program ini akan mengeksekusi atau mengerjakan perintah yang berada pada perintah-perintah yang di inputkan.. Gambar 6 adalah tampilan ketika angka pada text box 1 Mod (sisa bagi) angka pada text box 2 Pada gambar ini dapat terlihat bahwa angka-angka yang ada pada text box 1 dan text box 2 akan mengeksekusi sesuai perintah yang di inputkan dari tombol command berupa + . Text box yang diberi label hasil. Gambar 4 adalah tampilan ketika angka pada text box 1 x angka pada text box 2 5. Tempilan pada program sebelum di berikan inputan. pada gambar terdapat command-command berupa + . Pada program berikut merupakan pengembangan dari percobaan 5. Gambar 5 adalah tampilan ketika angka pada text box 1 / angka pada text box 2 6. / dan Mod. Membuat program perhitungan dasar aritmatika Membuat program perhitungan dasar oprasi aritmatika berupa oprasi penjumlahan. 2.. . Gambar 3 adalah tampilan ketika angka pada text box 1.

Selanjutnya adalah ketika kita telah menginputkan angka maka angka tersebut akan mengerjakan perintah sesuai inputan yang dikirim dari command-comand yang ada seperti + . sama seperti program sebelumnya untuk menampilkan angka pda Hscroll pada text box maka perintah yang harus dituis adalah Text1.Text = Hscroll. command 3_Click mengerjakan perintah Text3.Text = Hscroll1 + Hscroll2.Berikut ini akan dijelaskan program untuk menampilkan Form seperti di atas. x.. command 1_Click mengerjakan perintah Text3. Pada setiap command tersebut akan mengerjakan perintah-perintah yang berbeda.Text = Hscroll untuk perintah Hscroll 2 adalah Text2.Text = Hscroll1 x Hscroll2. Kemudian hasil dari perhitungan aritmatika tersebut akan ditampilkan di text box yang diberi nama HASIL.Text = Hscroll1 mod Hscroll2. dan pada command 5_Click mengerjakan perintah Text3. command 2_Click mengerjakan perintah Text3. Langkah pertama yaitu membuat 2 Hscroll untuk perbandingannya. / dan Mod. command 4_Click mengerjakan perintah Text3.Text = Hscroll1 / Hscroll2. .Text = Hscroll1 Hscroll2. untuk lebih jelasnya lihat program selengkapnya di bawah ini: 9 .

III. 3. Komponen-komposen yang akan dibuat pada suatu form semuanya terdapat pada Tooll box dan untuk mendesain form tesebut kita dapat merubah settingan pada property window sesuai dengan keinginan. sehingga memudahkan programmer melihat hasil karyanya secara langsung. Ketika kita akan membuat suatu program dapat menggunakan rumus dasar pada dasar pemrograman.0 adalah bahasa pemrograman yang berbasis visual. Bahasa pemrograman Visual Basic 6. Kesimpulan 1. 10 . 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->