P. 1
Geolistrik (Fathul Mubin) Tugas Fc 2012

Geolistrik (Fathul Mubin) Tugas Fc 2012

|Views: 91|Likes:
Published by fathulahmad

More info:

Published by: fathulahmad on Jun 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2012

pdf

text

original

TUGAS FIELDCAMP 2012

METODE GEOLISTRIK

Disusun oleh: FATHUL MUBIN (08/270187/PA/12238)

YOGYAKARTA MEI 2012

Geoelectric Modelling, Tugas FC 2012 (Fathul Mubin)

1

PENDAHULUAN Pada tugas Pemodelan geolistrik saat ini peserta FC ditugaskan untuk membuat model sintetis dari contoh struktur geologi yang ada pada peta geologi yang telah di berikan. Gambar. Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 2 . Geoelectric Modelling.A. Berikut ini saya tampilkan model struktur geologi yang dijadikan bahan dalam pemodelan geolistrik. kemudian di run untuk dapat mencocokan metode geolistrik apa yg cukup sesuai antara model sintetis dengan hasil model setelah diiterasi. yakni model sesar antara tiga perlapisan batuan dalam formasi geologi yang berbeda pula.1. Peta geologi regional dan sampel model strukturnya.

103) = 2000 ohm. a) Formasi Semilir (Tms) dengan batuan dominan Tuf yang memiliki nilai resistivitasnya (2. b) Formasi Nglanggeran (Tmng) dengan batuan dominan andesit yang memiliki nilai resistivitas (4.2.m.Tmng Gambar. Pemodelan sintetis sesuai dengan model struktur geologi (sesar).m. c) Formasi kebobutak (Tomk) dengan batuan dominan batupasir yang memiliki nilai resistivitas (6. Model sebisa mungkin sesuai dengan model struktur geologinya. Tmng Tms Tomk Gambar 3.5 104) = 45000 ohm. Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 3 .m. Model struktur geologi yang akan dibuat dalam pemodelan secara sintetis. 105)= 640000 ohm. Geoelectric Modelling.4 Dengan menggunakan software res2dmod kemudian dibuat data sintetis dengan menggunakan nilai resistivitas sesuai nilai yang diatas.

PENGOLAHAN DATA DAN HASIL Tahap selanjutnya setelah selesai membuat model sintetis sesuai model struktur geologi yang dibuat pada software res2dmod. data akan di-inversi terus iterasi hingga nilai error < 5%. yaitu konfigurasi wenner (alpha. beta. Dalam proses inversion. kemudian hasilnya akan di run pada software res2dinv. Tampilan Datum Point 2) Inversion Inversion dapat di-run ketika datum point sudah sesuai. gamma) dan konfigurasi schlumberger. Untuk inversi-nya saya menggunakan beberapa konfigurasi. Berikut adalah hasil run inversion dari model struktur sesar dengan 3 batuan yang berbeda: Geoelectric Modelling. Gambar 4. dengan tahap sebagai berikut: 1) Mengecek Datum Point Apabila ada point (titik) yang nilainya negative maka secara otomatis akan memberikan instruksi tidak dapat di run inversion maka harus dicek titik yang negative untuk dihapus. Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 4 .B.

a). Konfigurasi wenner alpha b). Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 5 . Konfigurasi wenner beta Geoelectric Modelling.

Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 6 . Konfigurasi wenner gamma d).c). Geoelectric Modelling. Empat model inverse. Konfigurasi Schlumberger Gambar 5. c) konfigurasi Wenner Gamma. b) konfigurasi Wenner bet. d) konfigurasi Schlumberger. a) konfigurasi Wenner Alpha.

Formasi kebobutak (Tomk) dengan batuan dominan batupasir yang memiliki nilai resistivitas (6. terlihat pada model inversion dengan adanya gradasi warna yang cukup beragam.meter.C. dengan warna hijau muda/pupus yang dominan. memiliki nilai resistivitasnya (2. Maka akan menghasilkan model inversion setelah di-iterasi 3 kali dengan nilai error: 3.4 warna merah tua yang dominan. INTERPRETASI Dari hasil 4 pemodelan yang lebih sesuai dengan model struktur adalah pada konfigurasi Schlumberger. Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 7 105)= 640000 ohm. Zona kontak antara batuan andesit (warna hijau) yang memiliki nilai resistivitas (4. Pada Formasi Semilir (Tms) dengan batuan dominan Tuf. Tmng Tms Tomk Gambar 6. Gradasi warna yang tampak pada model inversi menampilkan nilai resistivitas dari tiap batuan. Dengan a=1meter. Terlihat pada hasil konfigurasi sclumberger tampak adanya sesar yang cukup jelas dengan adanya kemiringan perlapisan. dengan .meter dengan warna biru yang dominan.meter. Formasi Nglanggeran (Tmng) dengan batuan dominan andesit yang memiliki nilai resistivitas (4. Hasil inversion dengan menggunakan konfigurasi Sclumberger.5 104) = 45000 ohm. n = 10.5 104) = 45000 ohm. Pada batas perlapisan miring.103) = 2000 ohm.2%.meter lebih tinggi dari batuan disampingnya yaitu Tuf Geoelectric Modelling.

Tugas FC 2012 (Fathul Mubin) 8 . Sedangkan pada batas perlapisan antara tuh (warna biru) yang memiliki nilai resistivitas lebih kecil yaitu (2. Geoelectric Modelling.103) = 2000 ohm. gradasi dari merah ke biru dengan cukup rapat ini menunjukan adanya zona kontak batuan dengan kemiringan sesarnya.meter.meter dari disampingnya yaitu batupasir (warna merah tua). gradasi dari hijau ke biru dengan cukup rapat ini menunjukan adanya zona kontak batuan dengan kemiringan sesarnya.103) = 2000 ohm.(warna biru) dengan nilai resistivitas (2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->