TUGAS SEMESTER METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

Disusun Oleh : ROSMAYANTI NIM : 1110461

Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dosen Pembimbing : Nurhafizah, M.Pd

Kelas PPKHB Sawahlunto

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012

dan sore bubur jam 17. .00. Pemberian makanan padat Menangis apabila tidak dengan jadwal teratur mendapat yang diinginkan 3.ANALISIS KURIKULUM ANAK USIA DINI MENU GENERIK DAN KURIKULUM TK STIMULASI. 2. Indikator Lahir 1 Tahun 1. Melakukan permainan gigitan dan bersuara Stimulasi 1. Pemberian makanan sesuai umur dan jadwal yang teratur 1. Pemberian ASI pada anak 3. 9 – 12 Bln Mengulurkan Tangan atau menolak untuk diangkat (digendong) Menunjukkan sesuatu yang diinginkan Menempelkan kepala bila merasa nyaman dalam pelukan Meronta kalau merasa tidak nyaman Meniru cara menyatakan perasaan sayang dengan memeluk Menyatakan keinginan 1. 2. INDIKATOR DAN CONTOH Kelompok Sosial Emosional Umur 0 – 3 Bln 1. 2. Merespon dengan gerakan tangan dan kaki 3. Melakukan mainan gantungan 2. 6 – 9 Thn 1. Contoh Bercakap – cakap dengan anak – anak Memberikan ASI dengan jarak 2 Jam Memberikan makan pagi Roti jam 7. 3.30. Menatap dan tersenyum 2. Menatap dan tersenyum pada anak 2. Menangis untuk mengekspresikan ketidaknyamanan 3 – 6 Bln 1.00. 4. Siang nasi lunak jam 12. 2.

siang bubur buah jam 12. Pembelian makanan sesuai umur dan jadwal teratur 1. Memberikan mainan bila diminta 3. dan sore nasi lembik jam 17. 4. 3. Pemberian makanan padat dengan jadwal teratur 2. 3. 3. 2. Mengatakan jika ingin buang air.00 Anak main sama – sama dengan temannya Bila anak mau buang air besar/kecil anak akan mengatakannya dan berlatih menggunakan toilet dengan bantuan guru/orang tua 2.30. marah.berlatih menggunakan toilet 1. Menunjukkan reaksi marah apabila merasa terganggu seperti permainannya diambil Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang baru dikenal Bermain dengan teman tetapi sibuk dengan mainannya sendiri Memperhatikan atau mengamati teman – temannya yang beraktifitas Mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang. Memberikan makan pagi nasi lembik jam 7. Diajarkan sikap berbagi 3. 2. 2. kecewa) Menunjukkan reaksi menerima atau menolak kehadiran orang lain. Bermain bersama teman dengan mainan yang sama Berekspresi dalam bermain peran (pura – pura) 1 Thn – 2 Thn 1. Anak tidak diperbolehkan memakai pempers ke sekolah 18 – 24 Bln 1. .dengan berbagai gerakan tubuh dan ungkapan kata – kata sederhana 12 – 18 Bln 1. 4. takut.00.

Anak diajarkan menggunakan toilet dengan cara dibantu dan diingatkan 4.Mengumpulkan balok dan diletakan pada keranjang balok . Anak diajari bernyanyi bersama yaitu nyanyian “AKU ANAK PAUD” 5. tidak suka karena nakal) Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter. Mulai bisa mengungkapkan ketika ingin buang air kecil atau buang air besar Mulai memahami hak orang lain (harus antri. 5.Orang tua mengantar anak sampai gerbang sekolah . 4. sedih. 2.Tidak boleh berjalan disebelah . dsb.cuci tangan serta pulang . 3. Membereskan mainan – mainan selesai bermain 4. Permainan kambing dan harimau 3 – 4 Thn 1. pasien. cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum makan dan makan tidak boleh bersuara 2. Mulai mahir menggunakan toilet. 5. Mengenal etiket makan dan jadwa makan teratur 2. perawat. dibantu. Dapat memilih kegiatan sendiri .2 – 3 Thn 1. 1. Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri 3. 2. Dapat ditinggal oleh orang tua 5. diingatkan 4. 5.Anak diajarkan menggunakan toilet setiap buang air besar/kecil tanpa dibantu .Memberi tahu bahwa tidak boleh buang air besar / kecil sembarangan . membantu.Anak bergilir menunggu makanan.Memberi tahu peraturan dalam permainan 1.mengambil minum. Menunjukkan ekspresi wajah saat marah. 3.sedih dan takut .Anak marah bila diganggu oleh temannya .Memberi tahu setelah main agar mainan di letak pada tempat smula . bekerja sama Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan teman karena baik. menunggu giliran) Mulai menunjukkan sikap berbagi. Berdoa sebelum dan sesudah makan. atau pembeli) Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan Bersabar menunggu giliran Menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok Menghargai orang lain Bereaksi terhadap hal – hal yang dianggap tidak 1. Mengerti akibat jika melakukan kesalahan atau melanggar aturan 6.Bermain sama – sama dengan teman .Memberi tahu tata tertib makan serta aturan dalam makan . takut.Member tahu bahwa tidak boleh buang air besar/kecil sembarangan . Terbiasa menggunakan toilet 2. Meminjamkan mainan pada temannya 3.Memberi tahu sebab/akibat dari tidak antri . Mulai dapat berbagi 3.Memperkenalkan ekspresi wajah marah. Mengenal peraturan dan . 4. penjaga toko.

6.Tidak boleh bawa uang kesekolah 4-5 Thn 1. benar (marah apabila diganggu / diperlakukan berbeda) Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan Mau berbagi. Tertib menggunakan alat/benda sesuai dengan fungsinya 2.Member tahu cara/aturan main .Memberi aturan dalam permainan .alat peraga masak dll 3. Permainan tom dan jerry 2. Menjadi pendengar dan pembicara yang baik 4. Mengerti aturan main dalam bermain bersama 3. Cara mrnggunakan gunting 2. 7.Memberi pengrtian pada cara bicara yang sopan dan baik 1. 5-6 Thn 1. Mengembalikan alat/benda pada tempatnya 3. 2. Mengumpulkan balok.Memberi tahu tata tertib sekolah kanan . 3.Member contoh kepada anak cara berpakaian yang baik .pakai kaus kaki) 4.Membari tahu peraturan lalu lintas .menolong dan membantu teman Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif Mengendalikan perasaan Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan Menunjukan rasa percaya diri Menjaga diri sendiri dari lingkungan Menghargai orang lain Bersikap kooperatif dengan teman Menunjukan sikap toleran Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada mengikuti peraturan . Menghormati orang . Hak anak untuk sekolah 5. 1. Menjaga kerapian diri 4. . Tidak boleh mengganggu teman dengan sengaja 4. Mulai mengerti aturan main dalam permainan 2. Tidak boleh rebutan 3.Memberi tahu cara menggunakan alat main .Memberi tahu hak dan kewajiban seorang anak 1. 5. 2. Mengetahui hak dan . 8. 3.mainannya tolong dikumpulkan/dikembalikan pada tempat semula . Bila guru bicara anak diam/gantian bicara 6. 1.Member tahu kepada anak bahwa setelah selesai main. Berpakaian rapi (baju masukan kedalam.

serta orang yang lebih tua 6. Main puzzle 8. Bermain bersama dan bergantian menggunakan alat main .Diajak main bersama tua.4. 8.senang) Mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial berdaya setempat Memahami peraturan dan disiplin Menunjukan rasa empati Memiliki sikap gigih Bangga terhadap hasil karya sendiri Menghargai keunggulan orang lain kewajiban 4. 5. 9. 6. 7. Main peran 7. (sedih.guru. Main bongkar pasang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful