P. 1
Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa

Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa

|Views: 166|Likes:
Published by eko_taurus

More info:

Categories:Types, Comics
Published by: eko_taurus on Jun 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2015

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas karunianya kita dapat menyelesaikan Tugas Karya Tulis Ilmiyah Bahasa Indonesia yang diharapkan dapat digunakan sarana mencerdaskan bangsa, membentuk watak dan jiwa sosial yang tinggi, berbudidaya berakhlak dan berbudi luhur. Kami mengucapkan Terima Kasih Kepada : 1. Kepala Sekolah SMA N ! KEMBANG 2. Guru Pembimbing Bahasa Indonesia Kelas XI IPA 3. Temen – temen XI IPA 2.

Semoga Karya Tulis ini bermanfaat dan dapat dijadikan Bahan Evakuasi berbagai pihak.

Terima Kasih.

DAFTAI ISI

1. Pendahuluan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2. Landasan Teori . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3. Metodologi Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4. Pembahasan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5. Penutup . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6. Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

I III IV VI VIII IX

“ Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa sebagai “ Pengobatan Herbal Penyakit Kanker dan Tumor
BAB 1 PENDAHULUAN
A.

Latar Belakang Masalah.
Kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Tubuh yang sangat sehat akan

dapat melakukan semua aktifitas yang kita inginkan. Akhir-akhir ini berbagai penyakit sering menyerang masyarakat, baik penyakit ringan maupun yang serius. Di era modern seperti sekarang, banyak cara medis untuk mengobati berbagai penyakit, tetapi tidak semua orang dapat menjangkaunya. Saat ini pengobatan tidak hanya dengan pengobatan medis tetapi juga bisa dengan pengobatan tradisional. Tetapi, pada kenyataanya, pengobatan tradisional belum dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat yang cenderung memilih pengobatan medis. Padahal banyak tanaman herbal yang diracik untuk obat-obatan tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan obatobatan medis. Salah satunya tanaman Mahkota Dewa tidak banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena Mahkota Dewa masih asing dilingkungan masyarakat dan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat atau khasiat Mahkota Dewa tersebut. Padahal, Mahkota Dewa merupakan tanaman yang khasiatnya paling ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Terutama penyakit Kanker dan Tumor. Saat ini Kanker dan Tumor menjadi beban bagi para penderitanya karena tidak tahu untuk menyembuhkannya. Mahkota Dewa mempunyai kandungan zat yang dapat mengobati penyakit Kanker dan Tumor. Dengan dasar itulah kami memilih judul “ Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa sebagai Pengobatan Herbal Penyakit Kanker dan Tumor “. Dengan harapan masyarakat dapat mengetahui manfaat yang terkandung dalam buah Mahkota Dewa sebagai obat Kanker dan Tumor, terutama bagi para penderita penyakit tersebut.

B.Rumusan Masalah 1.Bagaimana Pemanfaatan buah Mahkota Dewa sebagi obat herbal Kanker dan Tumor ? 2.Mengapa potensi perkembangbiakan tanaman buah Mahkota Dewa masih rendah ?

C.Tujuan Penelitian 1.Menjelaskan manfaat buah Mahkota Dewa sebagai obat herbal Kanker dan Tumor. 2.Menjelaskan kendala perkembangbiakan tanaman Mahkota Dewa.

D.Manfaat Penelitian 1. Bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan dasar ataupun awal untuk melanjutkan penelitian kembali serta menambah pengetetahuan. 2. Bagi petani, Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif peningkatan produktifitas buah Mahkota Dewa.

BAB II LANDASAN TEORI

# Buah Mahkota Dewa Mahkota Dewa ( phaleria macrocarpa ) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua / Irian Jaya. Tanaman Mahkota Dewa sering kali ditanam sebagai tanaman peneruh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter. Mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batangutama hingga ke ranting. Buah ini juga mengandung beberapa zat aktif seperti alkaloid bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Saponin sebagai sumber anti bakteri dan anti virus. Flavonoid melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembunuh darah. Polifenal berfungsi sebagai anti histamin ( anti alergi ).

# Kanker Kanker adalah suatu penyakit yang bisa tumbuh disemua bagian tubuh manusia. Misalnya disel otak, sel darah, sel halus, sel hati usus paru dan sebagainya. Sel pada kanker justru membelah diri dengan cepat dan terkontrol, karena sifatnya ini. Sel Kanker sangat mudah menyebar ke beberapa bagian tubuh. Jika tidak segera ditangani secara serius sel kanker akan terus berkembang menyusup kejaringan sekitarnya, lalu membuat anak sebar ketempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh genting. Sel kanker yang sudah menyebar ke berbagai tempat sangat sulit untuk diobati, bahkan secara penuh harapan untuk sembuhnya sangat tipis. Satu hal yang menarik untuk mangatasi kanker para dokter ahlipun memberikan terapi modern juga mendasikan pasienya untuk berobat keklinik herbal termasuk klinik herbal Mahkota Dewa. Secara teori kanker menyerang semua golongan usia, tidak panjang bulu mulai dari bayi sampai orang tua.

# Tumor Dalam bahasa medis, Tumor adalah terbentuknya neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan atau regenerasi sel tubuh yang tidak wajar. Tumor seperti tumbunya benjolan pada tubuh. Benjolan tersebut muncul karena tidak pertumbuhan sel dalam organ tersebut. Idealnya, sel baru berfungsi untuk menggantikan sel lama tersebut yang sudah waktunya “pensiun” akan tetapi karena sel baru yang menggantikan sel lama tersebut muncul secara tidak seimbang. Maka hal itu juga mengganggu keseimbangan, Fungsi organ itu sendiri akibatnya organ tak berfungsi sebagaimana fungsi organ itu sendiri / sebagaimana seharusnya dari mempengaruhi kondisi tubuh secara umum. Tumor sendiri banyak jenis dan macamnya. Secara sederhana tumor dibedakan dalam dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas ( kanker ). Tumor jinak relatif tidak berbahaya seperti tumor ganas. Tumor jenis ini kemampuan memyebarnya lambat dan tidak mampu menginfeksi organ tubuh lain. Namun demikian tumor jinak harus diwaspadai. Sebab dalam banyak kasus tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas karena terlambat mengobatinya. Sedangkan tumor ganas adalah tumor yang memiliki kemampuannya menyebar sangat cepat dan mampu mengetahui / menginfeksi organ lain. Oleh karena itu tumor ini sangat berbahaya dan harus secepat mungkin diatasi. Sebab bila tidak, penderitanya akan cepat menuju pada kematian.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

1. Sasaran Penelitian Sasaran dalam penelitian ini adalah tanaman mahkota dewa, khususnya pada buah mahkota dewa yang digunakan untuk penyembuhan kanker. 2. Lokasi penelitian Penelitian ini dilakukan oleh Bapak Haryono, didesa Bendo Rt 02 / 03, Sambirejo, Kabupaten Wonogiri. 3. Metode Pengumpulan Data  Metode Pustaka

Dalam Penelitian ini, Peneliti menggunakan metode pustaka yaitu dengan mengkaji berbagai artikel yang relevan dengan objek penelitian.  Metode Observasi

Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan pada tumbuhan mahkota dewa khususnya pada buah mahkota dewa.

BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
A.Pemanfaatan Buah Mahkota Dewa sebagai Obat Herbal Kanker dan Tumor Buah Mahkota Dewa adalah salah satu tanaman yang berkhasiat untuk penyembuhankanker dan tumor. Mahkota dewa dapat dimanfaatkan buah dan daunnya. Tanaman ini mengandung zat aktif untuk mengobati kanker dan tumor. Langkah untuk membuat obat herbal dari tanaman Mahkota Dewa cukup sederhana.  Alat dan Bahan  Buah Mahkota Dewa  Daun Mahkota Dewa  Umbi kunyit putih  Sambiloro kering  Saringan  Cara Pembuatan :  Buah Mahkota Dewa diiris kecil-kecil dan tipis lalu dikeringkan.  Setelah kering, direbus dengan air sebanyak 500 ml, sisakan 250 ml saja.  Saat direbus dicampurkan daun dewa, umbi kunyit putih, sambiloro kering.  Lalu diembun-embunkan satu malam, pagi harinya baru diminum.  Pemakaiannya diminum sebanyak 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

B.Potensi Perkembangbiakan Tanaman buah Mahkota dewa masih Rendah. Di Indonesia, budidaya tanaman buah mahkota dewa masih sangat rendah. Hal itu dikarenakan potensi produktivitas para petani buah mahkota dewa sangat sedikit. Cara budidaya buah tersebut memang sulit. Tanaman mahkota dewa

mungkin hanya dikembangkan didaerah papua, karena tanaman itu berasal dari papua. Saat ini pemerintah belum memberi penyuluhan tentang buah mahkota dewa. Akibatnya masyarakat luas tidak begitu mengetahui manfaat dari buah tersebut. Sehingga potensi perkembangbiakan menjadi tidak tentu. Padahal mahkota dewa sangat tepat untuk dijadikan obat penyembuhan berbagai macam penyakit, terutama kanker dan tumor. Kandungan zat buah mahkota dewa terdiri dari alkaloid, tannin, flavonoid, fenal, dan sebagainya. Namun karena cara membudidayakan tanaman tersebut terlalu sulit, sehingga minat para petani masih sangat rendah untuk mengembiakan mahkota dewa.

BAB V PENUTUP
A.Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Buah Mahkota Dewa mengandung zat aktif yang mempunyai manfaat besar, untuk mengobati Kanker dan Tumor. 2. Kanker dan Tumor adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. 3. Cara pembuatan obat herbal untuk penyembuhan Kanker dan Tumor yaitu dengan mengeringkan buah mahkota dewa lalu direbus dengan menyisakan 250 ml rebusan dari air semula lalu dicampur dengan bahan yang lainnya. 4. Cara pemakaian di minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

B.Saran Dari uraian di atas, maka saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk para pembaca khususnya dan masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan tanaman yang berkhasiat sebgai obat ubtuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama Kanker dan Tumor. Sebaiknya masyarakat membudidayakan pohon Mahkota Dewa karena Mahkota Dewa merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. 2. Untuk pemerintah dengan penelitian ini dapat dijadikan penyuluhan tentang Mahkota Dewa kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi obat kimia dan lebih memanfaatkan buah Mahkota Dewa untuk penyembuhan Kanker dan Tumor. 3. Untuk mencegah Kanker dan Tumor hendaknya membiasakan pola hidup yang sehat. Membiasakan mengkonsumsi obat herbal salah satunya obat dari buah Mahkota Dewa.

DAFTAR PUSTAKA     

Ibnu, Agus. 1991. Pengobatan Tradisional. Salatiga : HKPN. Soeharsono. 2009 . Mahkota Dewa ( phaleria macrocarpa ). Jakarta : Gramedia. http : // www. Indonesiaherbal.com http : // forum.tamanroyal.com http : // www.wikipedia.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->