Tugas Individu Sejarah Seni Rupa Indonesia

Candi Prambanan

Disusun oleh: Rizky Wilda Amelia C0711025 UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA / 2012

Tujuan lainnya adalah untuk menambah wawasan tentang sejarah kebudayaan bangsa Indonesia. 5. yang terkenal sampai ke mancanegara. lokasi. baik dari sejarah. Di samping itu. C. Latar Belakang Kebudayaan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. laporan ini dibuat untuk mengetahui lebih banyak tentang Candi Prambanan. 3.BAB I PENDAHULUAN A. dan spiritual yang terdapat dalam budaya Indonesia dapat dijadikan penyaring atas budaya asing yang masuk ke Indonesia. moral. 4. Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beranekaragam. Rumusan Masalah Bagaimana sejarah Candi Prambanan? Dimana letak geografis Candi Prambanan? Berapa macam candi yang terdapat di Candi Prambanan? Bagaimana arsitektur pada Candi Prambanan? Bagaimana relief pada Candi Prambanan? . 1. 2. maupun deskripsi candi-candi serta reliefnya. Nilai-nilai sejarah. Masih ada kebudayaan Indonesia yang banyak menyisakan peninggalan-peninggalan yang mengandung nilai sejarah dan memiliki nilai seni rupa yang dijadikan objek wisata di Indonesia. B. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Sejarah Seni Rupa Indonesia pada semester 2 tentang Candi Prambanan. salah satunya Candi Prambanan.

Prasasti ini mulai menarik perhatian setelah J. De Casparis berhasil menguraikan dan membahasnya. Konsolidasi keluarga raja Rakai Pikatan itu kemudian menjadi permulaan dari masa baru yang perlu diresmikan dengan pembangunan suatu gugusan candi besar. sesuatu yang unik dalam epigrafi Jawa kuna. gugusan candi yang dibangun pusatnya dipagari tembok keliling dan dikelilingi oleh deretan candi perwara yang disusun bersap . Balaputeradewa kalah dan melarikan diri ke Sumatera.G. Peristiwa sejarah yang dimaksud adalah peperangan antara Balaputeradewa dari keluarga Sailendra melawan Rakai Pikatan dari keluarga Sanjaya. Gambaran tentang gugusan candi seperti yang disebut dalam prasasti Siwargrarha dapat dibandingkan dengan kompleks candi Prambanan. kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. yaitu: Bahasanya merupakan contoh tertua prasasti yang berangka tahun yang ditulis dalam puisi Jawa kuna. Didalamnya terdapat uraian yang rinci tentang suatu “gugusan candi”. Menurut Casparis ada 3 hal penting dalam prasati tersebut. Isinya memuat bahan-bahan atau peristiwa-peristiwa sejarah yang sangat penting dari pertengahan abas ke IX M.Prasasti Siwargrarha tahun 856 M yang dikeluarkan oleh Rakai Pikatan tidak diketahui asalnya.BAB II PEMBAHASAN A. Sejarah Candi Prambanan Candi Prambanan merupakan kelompok candi yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX. Ditemukannya tulisan nama Pikatan pada candi menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka 856 M “Prasasti Siwargrarha” sebagai manifest politik untuk meneguhkan kedudukannya sebagai raja yang besar.Dari uraian diatas yang menarik adalah peristiwa sejarah dan uraian tentang pembangunan gugusan candi.

Terjadinya perpindahan pusat kerajaan Mataram ke Jawa Timur berakibat tidak terawatnya candi-candi di daerah Prambanan.Disebutkan pula candi Perwara sama dalam bentuk dan ukuran. candi Wisnu dan candi Brahma. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan Candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Hal lain yang menarik adalah 2 buah candi Apit. candi Prambanan demikian. Candi Prambanan dikenal kembali saat seorang Belanda bernama C. kondisi ini semakin parah dengan terjadinya gempa bumi dan beberapa kali meletusnya Gunung Merapi yang menjadikan candi Prambanan runtuh dan meninggalkan puing-puing batu yang berserakan. pada tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar.Keterangan mengenai gugusan candi yang terletak didekat sungai mengingatkan pada gugusan candi Prambanan dengan sungai Opak di sebelah baratnya dan jika dari jarak antara diantara sungai desa Opak Klurak dan dan gugusan Bogem. Pada tahun 1902 baru dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa. Candi Wisnu mulai dipugar tahun 1982 dan selesai tahun 1991. Kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi perwara yang berada di depan .hanya terdapat pada candi Prambanan.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar. dan adanya pembelokan aliran sungai kemungkinan pembelokan tersebut terjadi Dengan tampaknya uraian yang terdapat dalam prasasti Siwargrarha tentang gugusan candi tersebut lebih cocok dengan keadaan candi Prambanan. Setelah mengalami berbagai hambatan. Candi Brahma mulai dipugar tahun 1978 dan diresmikan 1987. Pada tahun 1933 berhasil disusun percobaan Candi Brahma dan Wisnu. Candi Prambanan dikenal kembai saat seorang Belanda bernama C.A.A. masing-masing didekat pintu masuk utara dan selatan. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang.

Bilik utama dari candi induk ditempati Dewa Shiwa sebagai Maha Dewa sehingga dapat disimpulkan candi Prambanan merupakan candi Shiwa. dengan bentuk secara keseluruhan menyerupai gunungan pada wayang kulit setinggi 47 meter. putri Prabu Boko. Sukarno. tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar dan secara resmi dinyatakan selasai oleh Presiden Dr. Wisnu dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut / patok. Pemugaran candi Brahma dimulai pada tahun 1977 dan telah selesai dan diresmikan oleh Prof Dr. Dewa Wisnu sebagai Sang Pemelihara. candi Wisnu dan candi Brahma. Candi Prambanan atau candi Shiwa ini juga sering disebut sebagai candi Loro Jonggrangberkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis yang jangkung. yang membangun kerajaannya diatas bukit di sebelah selatan kompleks candi Prambanan. Ir. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang. diantaranya yaitu pemugaran candi Brahma dan candi Wisnu. Candi Prambanan merupakan kompleks percandian dengan candi induk menghadap ke timur. Dewa Shiwa sebagai Sang Perusak. . Pada tahun 1933 berhasil disusun percobaan candi Brahma dan Wisnu. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Kompleks candi Prambanan dibangun oleh Raja-raja Wamca (Dinasty) Sanjaya pada abad ke-9. Agama Hindu mengenal Tri Murti yang terdiri dari Dewa Brahma sebagai Sang Pencipta. Pada tahun 1902 dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa. Kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi yang berada di depan candi Siwa. Pemugaran candi di wilayah Prambanan terus dilaksanakan. Haryati Soebandio tanggal 23 Maret 1987. Candi wisnu mulai dipugar pada tahun 1982 selesai dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 27 April 1991.candi Siwa. Wisnu dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut. Setelah mengalami berbagai hambatan pemugaran diselesaikan oleh bangsa Indonesia.

B. Alkisah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalahSiwagrha (bahasa sansekerta yang bermakna: 'Rumah Siwa'). dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu. tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. candi Hindu terbesar di Indonesia. sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.[2] Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara. Letak Geografis . Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. di masa kerajaan Medang Mataram. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti. Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan. dan Siwa sebagai dewa pemusnah. candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia. Menurut prasasti Siwagrha. Karena tak mencintai. Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Wishnu sebagai dewa pemelihara. candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

pulau Jawa. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten. Kompleks candi Prambanan terdiri dari: 1. dan Siwa Sang Pemusnah. 60. Pelataran ini ditinggikan permukaannya dan berdenah bujur sangkar dikurung pagar batu dengan empat gerbang di empat penjuru mata angin. persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. akan tetapi arah hadap bangunan ini adalah ke arah timur. maka pintu masuk utama candi ini adalah gerbang timur. Wishnu Sang Pemelihara. 52. C. Dalam halaman berpermukaan pasir ini terdapat delapan candi utama. dan Angsa 2 Candi Apit: terletak antara barisan candi-candi Trimurti dan 4 Candi Kelir: terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik 4 Candi Patok: terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan 4. 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang. Candi Siwa Halaman dalam adalah zona paling suci dari ketiga zona kompleks candi. dan 68 a. pintu masuk halaman dalam atau zona inti 5. . dipersembahkan untuk tiga dewa Hindu tertinggi: Dewa Brahma Sang Pencipta. 3. Wisnu. dan Brahma 3 Candi Wahana: candi Nandi. inti 6. kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta. yaitu tiga candi utama yang disebut candi Trimurti ("tiga wujud").Candi ini terletak di desa Prambanan. 3 Candi Trimurti: candi Siwa. Garuda. Macam-macam Candi Pintu masuk ke kompleks bangunan ini terdapat di keempat arah penjuru mata angin. 2. dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44.

berukuran tinggi 47 meter dan lebar 34 meter. sepertiaksamala (tasbih). memiliki Lakçana (atribut yaitu chandrakapala (tengkorak di atas bulan sabit). Arca ini memiliki empat lengan yang memegang ekor atribut kuda dari Siwa pengusir kulit ini Siwa. dan ekor harimau di pahanya. Ruangan timur terhubung dengan ruangan Arca ini utama tempat bersemayam atau sebuah arca Siwa simbol) Siwa. Mahadewa (Perwujudan Siwa sebagai Dewa Tertinggi) setinggi tiga meter. cakar. Sebagian Siwa digambarkan dan trisula. sejarawan beranggapa merupakan perwujudan raja Balitung sebagai dewa Siwa. Candi Siwa dikelilingi lorong galeri yang dihiasi relief yang menceritakan kisah Ramayana. sebagai arca pedharmaan anumerta beliau. lalu melakukan pradakshina yakni berputar mengelilingi candi sesuai arah jarum jam.jatamakuta (mahkota keagungan). terukir di dinding dalam pada pagar langkan. Di atas pagar langkan ini dipagari jajaran kemuncak yang juga berbentuk wajra.Candi Siwa sebagai candi utama adalah bangunan terbesar sekaligus tetinggi di kompleks candi Rara Jonggrang. Bentuk wajra ini merupakan versi Hindu sandingan dari stupa yang ditemukan pada kemuncak candi Buddha. . Puncak mastaka atau kemuncak candi ini dimahkotai modifikasi bentuk wajra yang melambangkan intan atau halilintar. yaitu ruangan utama dan terbesar yang terletak di tengah candi. pengunjung harus masuk dari sisi timur. camara (rambut (kobra). Candi Siwa di tengah-tengah. Untuk mengikuti kisah sesuai urutannya. satu ruangan di setiap arah mata angin dan satu garbagriha. lalat). Sehingga ketika raja ini wafat. dan trinetra (mata ketiga) di dahinya. Arca ini mengenakan upawita (tali kasta) berbentuk ular naga mengenakan bahwa cawat arca harimau. Kisah Ramayana ini dilanjutkan ke Candi Brahma. digambarkan dengan ukiran kepala. memuat lima ruangan. arwahnya dianggap bersatu kembali dengan dewa penitisnya yaitu Siwa Arca Siwa Mahadewa ini berdiri di atas lapik bunga padma di atas landasan persegi berbentuk yoni yang pada sisi utaranya terukir ular Nāga (kobra).

Candi Wahana Tepat di depan candi Trimurti terdapat tiga candi yang lebih kecil daripada candi Brahma dan Wishnu yang dipersembahkan kepada kendaraan atauwahana dewa-dewa ini. yang dipersembahkan untuk dewa-dewa ini. b. Chandra digambarkan berdiri di atas kereta yang ditarik 10 kuda. sang Angsa wahana Brahma. yang terletak di sisi utara dan satunya dipersembahkan kepada Brahma. Di depan candi Siwa terdapat candi Nandi. yakni lebar 20 meter dan tinggi 33 meter. Arca ini dikaitkan dengan tokoh putri legendaris Rara Jonggrang. sedangkan Surya berdiri di atas kereta yang ditarik 7 kuda. yang terletak di sisi selatan. dan sang Garuda wahana Wisnu. sang lembu Nandi wahana Siwa. Ukuran candi Brahma dan Wishnu adalah sama. di dalam candi ini tidak ditemukan arca Garuda. Tepat di depan candi Brahma terdapat candi Angsa. Candi Brahma menyimpan arca Brahma dan Candi Wishnu menyimpan arca Wishnu yang berukuran tinggi hampir 3 meter. dan di ruang utara terdapat arca sakti atau istri Siwa. Pada dinding di belakang arca Nandi ini di kiri dan kanannya mengapit arca Chandra dewa bulan dan Surya dewa matahari. Durga Mahisasuramardini. raksasa Lembu yang menyerang swargaloka. Kedua candi ini menghadap ke timur dan hanya terdapat satu ruang. di dalamnya terdapat arca lembu Nandi. Candi ini kosong dan tidak ada arca Angsa di dalamnya.Tiga ruang yang lebih kecil lainnya menyimpan arca-arca yang ukuran lebih kecil yang berkaitan dengan Siwa. Ganesha putra Siwa di ruang barat. Mungkin dulu arca Garuda pernah ada di . akan tetapi sama seperti candi Angsa. c. Candi-candi wahana ini terletak tepat di depan dewa penunggangnya. menggambarkan Durgasebagai pembasmi Mahisasura. Candi Brahma (selatan) dan Candi Wisnu (utara). Di depan candi Wishnu terdapat candi yang dipersembahkan untuk Garuda. Di dalam ruang selatan terdapat ResiAgastya. Dua candi lainnya dipersembahkan kepada Dewa Wisnu. Mungkin dulu pernah bersemayam arca Angsa sebagai kendaraan Brahma di dalamnya. Arca Durga ini juga disebut sebagai Rara Jonggrang (dara langsing) oleh penduduk setempat.

Candi Kelir. dan baris keempat sekaligus baris terluar terdiri atas 68 candi. tersusun dengan orientasi sesuai empat penjuru mata angin. Candi-candi ini dibangun di atas empat undakan teras-teras yang makin ke tengah sedikit makin tinggi. yaitu tinggi 14 meter dengan tapak denah 6 x 6 meter. Candi Kelir dan Candi Patok berbentuk miniatur candi tanpa tangga dengan tinggi sekitar 2 meter. d. Candi-candi perwara disusun dalam empat baris konsentris baris terdalam terdiri atas 44 candi. baris ketiga 60 candi. dan Candi Patok Di antara baris keenam candi-candi utama ini terdapat Candi Apit. Disamping 8 candi utama ini terdapat candi kecil berupa kuil kecil yang mungkin fungsinya menyerupai pelinggihan dalam Pura Hindu Bali tempat meletakan canang atau sesaji. Dinding kedua berukuran panjang 225 meter di tiap sisinya. Kesemua candi perwara ini memiliki satu tangga dan pintu masuk sesuai arah hadap utamanya. baris kedua 52 candi. Candi-candi ini disebut "Candi Perwara" yaitu candi pengawal atau candi pelengkap. Empat baris candi-candi ini berukuran lebih kecil daripada candi utama. sekaligus sebagai aling-aling di depan pintu masuk. Hingga kini Garuda menjadi lambang penting di Indonesia. yaitu sebagai lambang negara Garuda Pancasila. dan jumlah keseluruhan candi perwara di halaman ini adalah 224 candi. Masing-masing candi perwara ini berukuran tinggi 14 meter dengan tapak denah 6 x 6 meter.dalam candi ini. dan 4 Candi Patok di setiap sudutnya. kecuali 16 candi di sudut yang memiliki dua tangga dan pintu masuk menghadap ke dua arah luar. Candi Apit. Candi Perwara Dua dinding berdenah bujur sangkar yang mengurung dua halaman dalam. 4 Candi Kelir pada empat penjuru mata angin di muka pintu masuk. Jika kebanyakan atap candi di halaman dalam zona inti berbentuk . Zona kedua terdiri atas 224 candi perwara yang disusun dalam empat baris konsentris. Ukuran Candi Apit hampir sama dengan ukuran candi perwara. Candi-candi kecil ini yaitu. Di antara dua dinding ini adalah halaman kedua atau zona kedua.

dan Sudra. Sejarawan menduga bahwa candi-candi ini dibiayai dan dibangun oleh penguasa daerah sebagai tanda bakti dan persembahan bagi raja. Bentuk candi perwara ini dirancang seragam. Sementara pihak lain menganggap tidak ada kaitannya antara candi perwara dan empat kasta. Seluruh bagian kompleks candi mengikuti model alam semesta menurut konsep kosmologi Hindu. yang tinggi sementara menjulang merupakan ciri khas candi Hindu. Prambanan juga memiliki tingkatan zona candi. mulai dari yang kurang suci hingga ke zona yang paling suci. D. Sementara ada pendapat yang mengaitkan empat baris candi perwara melambangkan empat kasta. yaitu mengikuti bentuk gunung suci Mahameru. baris paling dalam hanya oleh dimasuki kasta Brahmana. Barisan candi perwara kemungkinan dipakai untuk beribadah. tiap konsep Hindu ini memiliki sandingannya dalam konsep . berikutnya hingga baris terluar adalah barisan candi untuk Ksatriya. alam atau Loka. dan hanya orang-orang anggota kasta itu yang boleh memasuki dan beribadah di dalamnya. Prambanan memiliki nama asli Siwagrha dan dirancang menyerupai rumah Siwa. maka atap candi perwara berbentuk ratna yang melambangkan permata. atau tempat bertapa (meditasi) bagi pendeta dan umatnya.wajra. tempat para dewa bersemayam. Arsitektur Arsitektur candi Prambanan berpedoman kepada tradisi arsitektur Hindu yang berdasarkan kitab Wastu Sastra. Aslinya ada banyak candi yang ada di halaman ini. yakni terbagi atas beberapa lapisan ranah. akan tetapi hanya sedikit yang telah dipugar. Waisya. Seperti Borobudur. Meskipun berbeda nama. Denah candi bentuk megikuti candi polamandala.

dan lembaran perak. Halaman tengah dan tubuh candi melambangkan ranah bhuwarloka. Di alam ini manusia mulai melihat cahaya kebenaran. dan tanah. dan dewata rendahan. Relief Candi Prambanan . dan cara hidup yang tidak suci. Dalam peti batu ini terdapat lembaran tembaga bercampur arang. kaca. Bhuwarloka (dalam Buddhisme: Rupadhatu). bentuk ratna Prambanan kuno. Halaman dalam dan atap candi melambangkan ranah swarloka. tepat di bawah arca Siwa di bawah ruang utama candi Siwa terdapat sumur yang didasarnya terdapat pripih (kotak batu). beberapa butir permata.  tempat orang suci. resi. hasrat. Di ranah ini manusia masih terikat dengn hawa nafsu. ular naga (kobra). Atap candi-candi di kompleks Prambanan dihiasi dengan kemuncak mastaka berupa ratna (sansekerta: modifikasi permata). adalah alam tegah. manusia. Sumur ini sedalam 5. altar. Di dalam pripih ini terdapat benda-benda suci seperti lembaran emas dengan aksara bertuliskan Waruna (dewa laut) dan Parwata (dewa gunung). adalah ranah terendah makhluk yang fana. tanah.75 meter dan peti batu pripih ini ditemukan diatas timbunan arang kayu. disebutswargaloka. potongan emas. berfungsi sebagai kemuncak atau mastaka candi. hewan. dan telur).Buddha yang pada hakikatnya hampir sama. ratna adalah merupakan Hindu bentuk wajra yang yang melambangkan intan atau halilintar. Halaman terlar dan kaki candi melambangkan ranah bhurloka. Baik lahan denah secara horisontal maupun vertikal terbagi atas tiga zona :  Bhurloka (dalam Buddhisme: Kamadhatu). juga makhluk halus dan iblis.  Swarloka (dalam sekaligus Buddhisme: Arupadhatu). dan tulang belulang hewan korban. kura-kura. pertapa. padma. Pada saat pemugaran. 20 keping uang kuno. abu. cangkang kerang. dan 12 lembaran emas (5 diantaranya berbentuk E. Dalam arsitektur Hindu Jawa sandingan untuk stupa Buddha. tempat adalah ranah trtinggi juga tersuci para dewa bersemayam.

yaitu pagelaran wayang orang Jawa yang dipentaskan secara rutin di panggung terbuka Trimurti setiap malam bulan purnama. Hanuman. Di candi Wishnu terdapat arca dewata yang diapit oleh dua apsara atau bidadarikahyangan. dewa surgawi penjaga penjuru mata angin dapat ditemukan di candi Siwa. Panil Prambanan: Singa dan Kalpataru Di dinding luar sebelah bawah candi dihiasi oleh barisan relung (ceruk) yang menyimpan arca singa diapit oleh dua panil yang menggambarkan pohon hayat kalpataru. Panglima bangsa wanara (kera). Latar belakang panggung Trimurti adalah pemandangan megah tiga candi utama yang disinari cahaya lampu. diculik oleh Rahwana. dinding sebelah dalam pagar langkan sepanjang lorong galeri yang mengelilingi tiga candi utama. Sementara arca para brahmana penyusun kitab Weda terdapat di candi Brahma. yaitu ritual mengelilingi bangunan suci searah jarum jam oleh peziarah. Hal ini sesuai dengan ritual pradaksina. Arca dewa-dewa lokapala. datang ke Alengka untuk membantu Rama mencari Shinta. Ramayana dan Krishnayana. Relief Ramayana menggambarkan bagaimana Shinta. Brahmana. Kisah ini juga ditampilkan dalam Sendratari Ramayana. Pohon suci ini dalam mitologi Hindu-Buddha dianggap pohon yang dapat memenuhi harapan dan kebutuhan manusia.Ramayana dan Krishnayana Candi ini dihiasi relief naratif Relif yang berkisah menceritakan ini diukirkan epos pada Hindu. Kisah Ramayana bermula di sisi timur candi Siwa dan dilanjutkan ke candi Brahma temple. dan Dewata Di seberang panel naratif relief. Pada pagar langkan candi Wisnu terdapat relief naratif Krishnayana yang menceritakan kehidupan Krishna sebagai salah satu awatara Wishnu. Lokapala. Relief ini dibaca dari kanan ke kiri dengan gerakan searah jarum jam mengitari candi. istri Rama. di atas tembok tubuh candi di sepanjang galeri dihiasi arca-arca dan relief yang menggambarkan para dewatadan resi brahmana. Di kaki pohon Kalpataru ini diapit oleh .

domba. dan Nandi. Pola singa diapit kalpataru adalah pola khas yang hanya ditemukan di Prambanan. karena dengan mengunjungi objek wisata tersebut akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang peninggalan sejarah bangsa Indonesia. BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. Wisnu. Desain candi memasukkan mandala dalam pengaturan candi dan juga menara khas candi Hindu yang menjulang tinggi. kijang. atau pasangan hewan lainnya. Di dalam kompleks Candi Prambanan terdapat beberapa candi seperti Candi Siwa. sedangkan pada pagar langkah candi Wisnu dipahatkan relief Krisnayana. Saran Dengan adanya objek wisata yang merupakan peninggalan sejarah ini . Pada dinding pagar langkan candi Siwa dan candi Brahma dipahatkan relief cerita Ramayana . Apit. Salah satunya yaitu dibidang pendidikan. semoga bangsa Indonesia dapat memberikan keutungan. peninggalan sejarah tersebut perlu dirawat dan dijaga dengan baik agar . kuda. dan lain-lain. Arsitektur Candi Prambanan mengikuti arsitektur Hindu berdasarkan tradisi Vastu Shastra. Oleh karena itu.pasangan kinnara-kinnari (hewan ajaib bertubuh burung berkepala manusia). monyet. B. Kesimpulan Candi prambanan adalah kelompok percandian hindu yang dibangun oleh raja-raja dinasti sanjaya pada abad IX tepatnya pada tahun 778 tahun saka. Brahma. karena itulah disebut "Panil Prambanan". gajah. seperti burung.

yogyes.wikipedia.terjaga keutuhannya dan keasliannya serta tetap terlihat nilai-nilai sejarahnya sehingga lebih baik bermanfaat di kemudian hari. DAFTAR PUSTAKA http://www.blogspot.com/id/yogyakarta-tourism-object/candi/prambanan/ http://yandisatyadwiputra.com/ http://id.org/wiki/Candi_Prambanan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful