IPTEK dalam pandangan kristen A.

PENGANTAR

Apa yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan & Teknologi? Apa itu gereja? Adakah kaitan antara Ilmu Pengetahuan & Teknologi dengan Gereja? Apa itu gereja ?

Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur menurut suatu tingkah laku system Teknologi merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat dan kerajinan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alamnya. Dari pengertian ini bisa dilihat bahwa ilmu pengetahuan cenderung berpijak pada teori, sedangkan teknologi merupakan suatu ilmu terapan. Gereja adalah suatu persekutuan atau suatu individu yang percaya kepada Tuhan Yesus. Teknologi sangat berkaitan erat dalam gereja karena gereja dan teknologi harus berjalan selaras dan sesuai dengan pandangan Tuhan yaitu Alkitab. B. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN IPTEK

Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif. Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi.Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metoderasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical). Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri. Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, menginventarisasi yang kita miliki, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadaptransformasi budaya

ataupun bangsa. yang ditentang bukanlah pendirian kota dan menara Babelnya tapi motivasi mereka yang mencari nama dan ingin menyamai Allah (Kej 11:4). Kita pun melihat dalam contoh-contoh ini bahwa setiap teknologi selalu di kaitkan dengan keselamatan dan maksud Allah terhadap manusia dan dunia. Kemudian kita membaca bahwa kemuliaan Allah memenuhi Kemah Suci tersebut (Kel 40:35). kalau kita membaca sejarah. dalam sejarah air bah dengan jelas bahwa Allah memerintahkan Nuh membuat kapal untuk menyelamatkan ia dan keluarganya dari kebinasaan akibat air bah dan kebobrokan moral dunia pada waktu itu. kemewahan. tentang Bait Suci dan istana yang dibangun oleh Salomo (1 Raj 7-8). kelompok. teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Akan tetapi di sisi lain. Beberapa contoh dapat saya ketengahkan sebagai berikut: Keempat. Kedua. gemerlap teknologi di zaman Salomo dapat menyebabkan dia banyak mengoleksi wanita asing sehingga dia kemudian jatuh kepada penyembahan berhala (1 Raj 11:113). IPTEK DALAM PANDANGAN IMAN KRISTEN Adakah IPTEK dalam Alkitab? Pertama.kita. kita akan melihat bahwa Allah juga menentang setiap penciptan teknologi yang bermotivasikan kebesaran diri. ketika Musa diperintahkan untuk membuat Kemah Suci (Kel 25:9). padahal. Dari contoh-contoh di atas dapat dilihat bahwa Allah tidak pernah menghalangi ataupun menutup segala perkembangan IPTEK. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri. Allah sendiri telah menjadi arsitek yang merencanakan ruang-ruang. Kelima. dimensi dan bahan untuk kemah suci tersebut (Kel 25:1-27:21). C. ketika Allah memporak-porandakan Babel (Kej 11:1-9). Ketiga. . Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. Dimensi ruang dalam kapal ataupun bahan telah ditentukan oleh Allah (Kej 6:14-15).

Kita harus ingat bahwa Yesus sendiri adalah tukang kayu (Mrk 5:3). Perubahan yang baru dikenal oleh manusia dapa menimbulkan keputusasaan pada sebagian orang. Yesus Kristus dalam dunia yang berubah cepat Perubahan cepat yang dirasakan pada kehidupan manusia disebabkan oleh modernisasi. manusia yang diberi kebebasan mutlak oleh Tuhan harus menguasai alam ini termasuk teknologi yang diciptakan dengan tujuan yang baik dan yang terutama untuk memuji nama Tuhan. D. Yesus mengatakan bahwa bangunan tersebut akan diruntuhkan (Mat 24:1-2). Ketujuh. Allah tidak pernah membatasi daya cipta dan kreasi manusia akan IPTEK. Allah memerintahkan manusia untuk menguasai alam ini Manusia diberikan kebebasan mutlak oleh Tuhan untuk menguasai alam ini seperti yang tertulis didalam Kejadian 1 : 28 Alat – alat perlangkapan yang diciptakan hendaknya ditujukan yakni untuk memuji nama Tuhan (1 korintus 10 : 13 ) Jadi. D. Tuhan Yesus juga menentang penyalahgunaan fungsi Bait Suci yang dibangun selama empat puluh enam tahun menjadi arena komersil (Yoh 2:16). Dari tinjauan Alkitab ini bisa disimpulkan bahwa IPTEK telah dimulai sejak awal sejarah manusia. Ia adalah seorang yang mengerti pondasi dan mekanika tanah (Mat 7:24-27). manusia dan alam semesta. Namun perlu juga dicatat bahwa ide dan tujuan penciptaan IPTEK dan produknya oleh manusia akan dipengaruhi oleh pandangan-pandangannya terhadap Allah. . Manusia memiliki daya cipta IPTEK karena dia diciptakan sebagai gambar Allah dan sebagai pribadi yang berakal budi. Ketika murid-murid menunjuk pada bangunan Bait Suci. pendorong dan pencetus ide terhadap lahirnya IPTEK.Keenam. Unsur yang paradoksal dapat kita jumpai dalam kitab Yohanes tentang masalah dunia. Allah sendiri adalah pencipta alam semesta.2.

Dalam hal ini. jika tidak maka gereja akan kehilangan generasi. Gereja harus memikirkan bagaimana program pelaynan. Perubahan yang terjadi dalam dunia tidak dapat mengalahkan perubahan hidup yang baru yang hanya terjadi didalam Yesus ( 2 kor 5 : 17). sebagai contohnya: IPTEK dapat menjadi berhala karena dapat menjelaskan segala perkara. masalah hidup dan memenuhi harapan manusia. Yesus menuntut agar setiap manusia mau bertobat dan memulai kehidupan yang baru agar manusia tidak serupa dengan dunia yang penuh dengan teka-teki kehidupan dan perubahan cepat. Maka IPTEK dijadikan dewa dan manusia tidak memerlukan Tuhan Menciptakaan keadaan tak bernorma. Penemuan tenaga atom adalah suatu penemuan yang hebat. sedangkan dalam Yohanes 17 : 15 dijelaskan bahwa : Yesus berdoa supaya dunia tempat murid-murid Yesus berada dilindungi. Untuk menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat gereja harus berperan didalamnya untuk memperhatikan generasi-generasi muda saat ini (anak-anak & remaja) agar mereka tidak diperbudak oleh teknologi.Yohanes 3 : 6 menyatakan bahwa ALLAH mengasihi dunia ini. “Untuk apa tenaga itu akan kita pergunakan?” maka tenaga nuklir itu akan menjadi alat yang dipergunakan manusia untuk menghancurkan diri sendiri. kesaksian dan persekutuan dapat diisi secara manusiawi dan bertanggung jawab dihadapan ALLAH melalui teknologi. telah menciptakan dunia hiburan yang tak bermoral. Contoh yang jelas adalah perkembangan teknik nuklir. Teknologi termasuk alat bukan tujuan. Tetapi jika di dalam penggunaan tenaga nuklir itu kita tidak bertanya. Tugas gereja pada sekarang ini dan mendatang dimana IPTEK mencapai kemegahannya dapat memanfaatkan teknologi untuk pelayanan gereja sehingga mampu membuat manusia seutuhnya mengabdi kepada ALLAH bapa. Hubungan Timbal Balik antara Iman dengan IPTEK Teknologi dapat bertentangan dengan iman. E. Sama pentingnya dengan penemuan api oleh manusia purba. . Ini telah terbukti dimana teknologi audio dan visual seperti alat-alat elektronik. diberkati oleh ALLAH bapa dari yang jahat.

Teknologi harus sesuai dengaan nilai nilai moral Setiap orang percaya dapat menggali dan mempergunakan teknologi sesuai dengan nilai nilai moral. Iman Kristen dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Agama Kristen dengan ilmu pengetahuan dapat saling menopang satu sama lain. lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak. Jalan tengah antara iman Kristen dan ilmu pengetahuan adalah. Teknologi adalah Tugas Pengaruh kekristenan yang mendorong lahirnya IPTEK merupakan cermin sikap kristiani yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagaiamana tertulis dalam Kejadian 1:28 “Allah memberkati mereka. tetapi dibaca oleh orang orang yang tidak sama cara pemikirannya dari zaman ke zaman. 2. . Iman tidak harus bersaing dengan penjelasan ilmu. berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. Agama mengalami pergeseran cara pemahaman yang diakibatkan oleh ilmu peengetahuan. dimana seringkali ilmu pengetahuan menyerang ajaran ajaran fundamental dalam agama yang dapat menggoyahkan iman percaya Kristen. sebaliknya dapat menjadi berlawanan. F. penuhilah bumi dan taklukkanlah itu. Penyalahgunaan teknologi dapat ditahan oleh penggunaan teknologi secara positif sesuai dengan normanorma Tuhan dan dengan perjuangan memberantas penyalahgunaan teknologi. Tuhan memerintahkan kita seabagai manusia untukmenguasai segala yang ada di bumi termasuk teknologi untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan. Alkitab yang tidak pernah berubah.Teknologi Dan Iman Dapat Menjadi Persekutuan Alkitab menyatakan kepada kita beberapa tuntunan yang jelas tentang Teknologi: 1. dengan taat dan bertanggung jawab kepada norma-norma Allah." Artinya. Teknologi juga digunakan harus sesuai dengan norma norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Bailklah kita sebagai manusia harus bisa dan memang seharusnya menggunakan teknologi kepada hal hal positif dan yang pasti tujuan utamanya adalah untuk memuji dan meuliakan nama Tuhan Yesus . . Hal ini berarti bahwa kita tidak perlu menjauhi IPTEK tapi justru terus mengmbangkannya menjadi lebih baik lagi. KESIMPULAN : Ilmu pengetahuan & teknologi memilki 2 sisi yaitu sisi negatif dan sisi positif. Dari ayat ini kita bisa lihat bahwa Allah sebenrnya menghendaki kita manusia terus mengembangkan diri. dan pengertian. menambah ilmu. Tuhan Allah kita.Sumber IPTEK adalah ALLAH Alkitab mengatakan “ Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbanngan ( Amsal 1 : 5).

atau ke gedung orkestra. Ada lukisan dan foto-foto seni yang mengagumkan. Vivaldi. tari-tarian. ada seni pahat yang indah. dsb. tetapi kadang-kadang membuat kita bingung dalam pemilihan sikap. Bukankah kreativitas manusia . Ada musik yang menyentuh kalbu dan menyegarkan jiwa. Dostoevsky. majalah. Kita harus memilih dan menentukan sikap. tetapi bahkan memerintahkan kita untuk mengembangkannya. Bagaimanakah sikap Alkitab terhadap seni? Apa tanggung jawab dan peran Kristen dalam bidang seni? Seni yang bagaimana yang sebaiknya kita kembangkan dalam corak ibadah dan pelayanan Kristen? Seni menurut Alkitab Barangsiapa mencari dukungan Alkitab untuk sikap antipatinya terhadap seni. juga akan dikecewakan. ada pula yang dijadikan berhala yang disembah manusia. karya pahat. yang harus disaringnya sebelum dapat diterima. Apalagi karena kini seni dengan penggabungan teknologi canggih (misalnya lewat video. Seni sebagai bagian Bari panggilan dan karunia budaya. dsb). masing-masing lengkap dengan produknya.Karya-karya seni sepanjang sejarah kemanusiaan merupakan bukti tentang kehebatan manusia. kaset. atau ke suatu pameran lukisan. ada pula yang menggiurkan merangsang nafsu. Sebaliknya orang yang mencari dukungan Alkitab atas sikap pro seni tanpa pandang bulu. tidak saja mampu membawa kita ke dalam suasana indah. tulisan. karunia Tuhan yang agung itu. Arsitektur. lukisan. yang jauh mengungguli makhluk-makhluk lainnya. Untuk memperbesar kekaguman kita akan kemanusiaan. sebab karya-karya seni ini menggemakan kehebatan manusia. atau ke peninggalan-peninggalan purba. Kedua sikap pro dan kontra dapat kita temui dengan jelas diajarkan dalam Alkitab. film. Siapa tidak kagum melihat lukisanlukisan karya Basuki Abdullah atau Affandi? Siapa tidak tenggelam dalam kedalaman pengisahan tulisan penulis-penulis besar seperti Tolstoy. ada pula yang mengaduk perasaan menjadi galau. Alkitab bukan saja mendukung pengembangan kesenian. Misalnya. Tagore. musik. cukup kita pergi ke museum. tidak lepas dari permasalahan. Mangunwijaya. akan kecewa. fotografi. dan memperhadapkan kita langsung dengan berbagai pilihan seni. Patokan apa dapat kita pakai untuk menilai dan memilih? Bukan hanya itu. Orang Kristen tinggal di tengah-tengah dunia yang dibanjiri oleh berbagai trend kesenian. dsb? Siapa pula dari kita yang tidak bangga dengan aneka ragam kesenian Indonesia dari Sabang sampai Merauke? Seni tanda keagungan manusia yang membuat hidup ini terasa lebih indah. Tschaikovsky. Seni. akan segera membangkitkan rasa kagum kita tadi. jelas merupakan suatu karunia yang harus dikembangkan oleh manusia. Kekristenan bukan saja bergumul tentang seni di luar dirinya. mampu dimassalkan menerobos segala bentuk batasan. tetapi seni di dalam kekristenan pun wajib kita pergumulkan. Mozart. dsb? Siapa tidak takjub melihat arsitektur kuno seperti Borobudur maupun arsitektur modern seperti Opera House di Sidney? Siapa pula tidak terbuai oleh musik-musik indah karya komponis agung seperti Bach..

seni ada dalam cakupan kehendak Allah. Tuhan memanggil secara pribadi. Sepanjang Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru kita menjumpai perkenan Allah atas berbagai upaya dan karya seni: Bezaleel dan Aholiab (Kel. atau di bidang ilmu. 35:30) dapat disimpulkan adanya hubungan erat antara mutu kerohanian dengan mutu seninya. 31:1. Kedua. Banyak kaum injili masa kini mengkategorikan hanya pelayanan gerejawi sebagai panggilan hidup Bari Tuhan. Bezaleel menerima panggilan itu. tetapi bahwa semua kemampuan dalam diri manusia adalah akibat pekerjaan Roh Kudus dalam anugerah umum. kemampuan seni adalah karunia Allah. I : 15-23). semuanya menyaksikan fakta ini dengan jelas. (Perhatikan kata-kata "Kutunjuk". bisa pula dipanggilNya menjadi seniman! Walaupun terhadap senimanseniman bukan Kristen tidak dapat kita katakan bahwa "ilham" yang mereka terima adalah bukti mereka dipimpin oleh Roh Kudus. "The knowledge of all that is most excellent in human life is said to be communicated to us through the Spirit of God" (Institutes 22 16). dengan keahlian.. Seseorang bisa dipanggil Tuhan menjadi pendeta atau missionaris atau guru atau ilmuwan.merupakan salah satu aspek dari keberadaan manusia sebagai gambar Allah. Panggilan di bidang seni. namun dalam kasus seniman Kristen (seperti halnya Bezaleel dalam Kel. Urutannya jelas: "memenuhinya dengan Roh Allah. Pertama. sebab Allah sendiri yang memerintahkan pembuatan Kemah Sembahyang secara berseni. Allah menginginkan tempat ibadah umatNya itu memiliki penampilan bercita-rasa seni tinggi (Kel. pengertian dan pengetahuan dalam segala macam pekerjaan.. kita dapat menarik beberapa kesimpulan tentang seni. Juga kepandaian untuk mengajar (ayat 34).I 1). adalah karunia Roh Kudus. juga merupakan panggilan hidup Bari Allah. hymnologi yang diungkapkan Paulus dalam surat-suratnya (Fil." (Kel. Keluaran 31 mengembalikan seluruh detil kemampuan seni yang dibutuhkan untuk merancang interior maupun eksterior Kemang Sembahyang itu sebagai karunia Roh Kudus." (Kel. Melalui kisah Bezaleel ini kita menarik . Sang Pencipta yang Maha kreatif itu? Maka mengembangkan daya seni yang Tuhan telah tanamkan dalam diri kita adalah bentuk ketaatan kita terhadap panggilanNya untuk mencerminkan Dia melalui hidup dan karya kita. Dalam tafsirannya tentang bagian ini. Lebih jauh. Bila kita telusuri kisah Bezaleel dengan lebih teliti. 2:6-I I.. Kol. sampai ke doxologi di Kitab Wahyu. adalah panggilan Tuhan untuk kita. bahkan juga yang dimiliki mereka yang tidak beriman. "Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli. dan karena itu. mazmur-mazmur. tidak berlaku umum tetapi berlaku khusus. 36:2).. Maksud Calvin bukanlan bahwa seniman yang tak beriman memiliki Roh Kudus. "Kuperintahkan" 3 I :2-6). seperti halnya panggilan di bidang pelayanan Firman. Seni selain merupakan karunia. yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian. Calvin menandaskan bahwa setiap kemampuan seni atau ilmiah. desainer seni Kemah Sembahyang. Tetapi melalui gerakan Reformasi kita disadarkan bahwa seluruh kehidupan kita adalah pelayanan dan ibadah untuk Tuhan. 25-28). 35:31). "Kupenuhi".

menerima dengan syukur dan mengembangkan potensi seni yang Tuhan titipkan pada kita. dan kitab-kitab petenung zaman Kisah Para Rasul. buruk dan melawan Tuhan. termasuk kepekaan dan daya seni manusia. Di lain pihak kita wajib sadar akan pengaruh dosa yang mungkin membelokkan arah seni dari memuliakan Tuhan dan membangun kemanusiaan menjadi sesuatu yang memberontak melawan Allah clan menghancurkan kemanusiaan. orang Kristen terpanggil untuk mengembangkan daya seninya sedemikian rupa sampai mampu mencetuskan karya-karya seni yang berprinsip Kristen dan mempengaruhi dunia. gereja paling ketinggalan dalam kesenian . Sebagai imam. nabi dan raja. Arsitektur gereja dan musik gereja adalah dua contoh paling jelas tentang hal ini. pemberian kemampuan. film porno. Harun dengan lembu emasnya. kita dipanggil untuk "menyelamatkan" kesenian dalam arti menyaksikan prinsipprinsip Kristen ke dalam pergumulan dan pengungkapan seni dunia di sekitar kita. Lebih dari itu. Di pihak lain. Kesenian gerejawi Dalam sejarah terbukti bahwa kesenian yang dikembangkan dalam konteks gereja sempat menjadi ratu yang berpengaruh dan ditiru kesenian dunia ini. Pelayanan dalam bidang seni ini meliputi prinsip pimpinan Roh. Firman Tuhan melarang pembuatan patung dan berbagai simbol lainnya untuk disembah (Kel.5). mempengaruhi kesenian. Teologi Reformed mengingatkan kita bahwa kejatuhan manusia dalam dosa mencemarkan seluruh aspek kemanusiaan kita. cukup menjadi bukti betapa mudahnya daya seni manusia itu dipakai untuk menghasilkan hal-hal yang jahat. orang Kristen dan gereja wajib menjalankan perannya sebagai imam. Nebukadnezar dengan patung raksasanya. maka timbullah beberapa konsekuensi praktis dalam sikap kita terhadap kesenian. Alkitab juga mengungkapkan penyalahgunaan seni oleh manusia. kita pun seharusnya bersikap demikian. Sebagai raja kita dipanggil untuk memerintah. Dalam banyak hal. menguasai. Sebagai nabi kita dipanggil untuk menyuarakan kebenaran dan menilai kesenian dalam terang kebenaran Firman Tuhan. penggunaan akal dan pengetahuan serta pengembangannya melalui jalur ajar-mengajar. kitab primbon. Kita patut bersikap positif.pelajaran indah bahwa seni adalah karunia yang Tuhan berikan kepada manusia dan merupakan panggilan khusus untuk orang tertentu yang dipanggilNya menjadi seniman. terutama dengan jalan menciptakan ungkapan-ungkapan kesenian yang dinafasi oleh kekristenan dalam keterlibatan penuh kita di dalam kesenian. Bila semua peran itu kits jalankan. dsb). Tetapi apa yang dulu merupakan kebanggaan gereja rupanya kini sudah berbalik. Bila Alkitab bersikap seperti itu. 20:4. Ada pula saat ketika kita boleh menerima karya seni bersangkutan karena prinsip isi dan bentuknya tidak menyimpang dari kekristenan. Ada kemungkinan kita harus membuangnya. sebab karya seni bersangkutan sudah sedemikian dirusak oleh ketidakbenaran dan kejahatan (misalnya berhalaberhala. Peran Kristen terhadap kesenian Terhadap kesenian.

religius. arsitek. pernahat. dilanjutkan oleh kasih (dalam etika) clan diakhiri dengan doxology (estetika). Kita disadarkan bahwa days seni manusia adalah suatu karunia yang sangat mulia yang menunjukkan aspek kemanusiaan kita sebagai gambar Allah. dsb. pelukis. maka jelas bahwa itu adalah konsekuensi kemuridan kita mengiring Kristus. kita harus berperan aktif: memperbaiki. Kristen terpanggil menjalankan perannya sebagai imam. Dalam bentuk penghinaan. novelis Kristen abad ini yang mau menggeluti ulang panggilan Tuhan untuk bidang seni dan menghasilkan karya-karya berkaliber? Seni Kristen/gerejawi bukan saja yang semata merupakan ungkapan kisah-kisah Alkitab. paling tidak menikmatinya. Kristen harus terlibat dalam kesenian clan mengupayakan kesenian yang bermutu tinggi. Namun demikian. Konklusi Orang Kristen clan gereja tidak dapat mengelak dari keharusan terlibat dalam kesenian. Karena itu. Seni dapat memuliakan Allah. Seperti yang Tuhan Yesus ingatkan. Karena itu kits perlu lebih banyakseniman Kristen yang menempatkan ulang Kekristenan di panggung pergelaran seni dunia. semua orang yang ingin taat kepadaNya pasti akan menerima salibnya sendiri. Karena itu. Karya Tolkien mungkin lebih mampu berkomunikasi dengan banyak orang tentang kebenaran Kristen. Selama penolakan dunia atas kesenian gerejawi dan orang Kristen bukan disebabkan oleh kelalaian. Kenyataan ini merupakan cambuk yang melecut kita untuk mawas diri dan bangun dari ketiduran kita dalam bidang seni gerejawi. mencerminkan kebenaran dan keindahan serta membangun kemanusiaan. sisi lainnya tidak boleh kita lupakan. bisa pula sebaliknya. mengungkapkan keindahanNya dan ciptaanNya dalam ungkapan-ungkapan artistik dan menunjukkan kebenaran. nabi dan raja. Kesenian harus dikembalikan kepada tempatnya semula. Itu sebabnya. dipandang tak berarti. tidak terkecuali daya seni kits Karena karya seni adalah karya manusia berdosa. kita disadarkan bahwa dosa dan pengaruh iblis merembes masuk ke semua kapasitas kemanusiaan kita. yaitu sebagai alat untuk memuliakan Tuhan. dianggap tidak sesuai trend. Karyakarya Dostoevsky (The Brother's Karamazov) yang sarat dengan masalah filsafat. kebodohan atau kemalasan kita sendiri dalam mengembangkan seni. Dalam Alkitab sendiri. musikus. kesenian bisa dikatakan sebagai puncak ibadah yang dimulai dari iman (doktrin). Demikian pula tidak selamanya Tuhan mengijinkan kesenian gerejawi diterima di panggung kesenian dunia ini. . Di manakah dramawan. dan sosiologis juga dapat dipakai Tuhan untuk mentobatkan orang. Seni bukan tujuan akhir yang diberhalakan clan memperbuclak manusia. seni pun besar kemungkinan tercemar oleh dosa. Di pihak lain.di zaman ini. menilai dan mencetuskan yang baru.