P. 1
Tugas KSI

Tugas KSI

|Views: 18|Likes:
Published by Bayu Indra Nugraha

More info:

Published by: Bayu Indra Nugraha on Jun 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2012

pdf

text

original

Daftar Isi

Cover ...…………………………………………………..………………………………..1 Daftar Isi.........………………………………………….………………………………….2 Kata pengantar……………..…………………….……………..……………..…….……3

Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah…………………...…...….…………………………….4 B. Rumusan Masalah..........................................................................................4 C. Tujuan dan kegunaan......................................................................................5

Bab II. ISI
D. Pengertian Konsep,Pemecahan Masalah.............. ……………….......….....……5 E. Pengertian Konsep Pemecahan Masalah.............................................................5 F. karakteristik dari pendefinisian masalah................................................................5 G. Metode – metode pemecahan masalah ....................................…………………..6 H. Langkah – langkah pemecahan masalah..............................................................7

BAB III. Contoh Permasalahan
I. Faktor – faktor yang mempengaruhi..………………………………………...……….8 J. Dampak dari permasalahan....................................................................................8 K. Cara Penyelesaian........…………………...…………………………………………...9

Bab III. Penutup
Kesimpulan………………………………………………………………………...….......10 Daftar Pustaka………...…………………………………………………………...….…..11

Oleh karena itu. April 2012 Penulis . kami mengharapkan saran dan kritik dari teman-teman. Demi kesempurnaan makalah ini.KATA PENGANTAR Syukur alhamdullilah penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT. kami sangat menghargai bantuan dari segala pihak baik berupa dukungan semangat dari teman . Dengan demikian. kami berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca mengenai konsep pemecahan masalah. buku-buku. karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi dan melengkapi tugas Konse Sistem Informasi.Dalam proses pembuatan karya ilmiah ini kami banyak menemukan kesulitan dalam menjabarkan materi dan keterbatasan kemampuan yang dimiliki.teman. dengan tema yang berjudul “Konsep Pemecahan Masalah” . Maka dari itu.internet serta bermacam-macam bahan penulisan sehingga makalah ini dapat terwujud. namun kami menyadari banyaknya kekurangan dalam menyajikannya. sehingga kami dapat menyelesaikannya. kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nidjo yang telah memberi bimbingan berupa materi dan juga teman-teman yang telah memberi saran. Jakarta.

Di makalah ini akan di jelaskan bagaimana cara atau pun langkah-langkah dan lainya sebagainya. Bagaimana proses pengambilan keputusan yang sangat mendukung untuk menyelesaikan suatu masalah? . karakteristik dari pendefinisian masalah. Latar belakang masalah Dalam memahami konsep pemecahan masalah. cara penyelesaian dalam pemecahan masalah. Apa karakteristik dari pendefinisian masalah yang baik ? 2. dan diperlukan keterampilan untuk mengamati masalah-masalah yang sedang terjadi seperti. maka perumusan masalah yang dapat dikemukakan adalah : 1. sebelumnya harus mengetahui pengertian ari pemecahan masalah. karena suatu masalah sangat sukar atau pun sulit jika kita tidak mengetahui langkah atau keputusan sebelum kita mengambil langkah sembarangan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bagaimana cara penyelesaian dalam pemecahan masalah? 3.yang mengakibatkan masalah tidak terselesaikan melainkan memperburuk masalah. proses pengambilan keputusan yang sangat mendukung untuk menyelesaikan suatu masalah. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas. dan lain-lain.BAB I PENDAHULUAN A.oleh sebab itu pemecahan masalah memerlukan langkah – langkah dalam menyelesaikan suatu masalah dengan tujuan agar masalah yang sedang terjadi dapat segera di selesaikan secara baik – baik. B. Pengambilan keputusan didalam suatu penyelesain masalah pun sangat bahaya bila kita salah ambil keputusan.

Untuk mengetahui bahwa ternyata untuk menyelesaikan suatu masalah tidak smbarangan ambil keputusan melainkan adanya proses pengambilan keputusan.C. Untuk mengetahui cara/konsep bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Untuk mengetahui suatu proses pengambilan keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah  Kegunaan Makalah 1. Tujuan dan kegunaan makalah:  Tujuan makalah 1. . 2. Untuk menambah pengetahuan bagaimana menyelesaikan suatu masalah 2.

Pemecahan masalah dapat dilakukan melalui dua metode yang berbeda.Bab II ISI D. Pemecahan masalah  Konsep merupakan suatu gambaran mental dari beberapa objek atau kejadian yang sesungguhnya pada tingkat abstrak dan komplek yang relatif sempurna dan bermakna  Pemecahan masalah didefinisikan sebagai suatu proses penghilangan perbedaan atau ketidak-sesuaian yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil yang diinginkan. yaitu analitis dan kreatif E. . Pengertian Konsep pemecahan masalah Konsep pemecahan masalah adalan cara untuk memecahkan suatu problem dengan menggunakan langkah–langkah yang mendukung proses pemecahan masalah tersebut untuk mencapai penyelesaian yang terbaik. Pengertian Konsep.

2.F. Secara luas dapat diterima bahwa untuk meningkatan kualitas individu dan organisasi. serta menjadi inti dari gerakan peningkatan kualitas (quality improvement). . serta perbedaanperbedaan yang ada diantara keduanya 1. Untuk dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang pemecahan masalah secara analitis dan kreatif. Pemecahan masalah secara Kreatif Metode penyelesaian masalah secara kreatif merupakan kemampuan untuk memberi gagasan baru yang di terapkan dalam suatu proses pemecahan masalah dengan menggunakan kombinasi dari semua proses. G. Definisi yang dibuat bukanlah seperti sebuah solusi yang samar. langkah penting yang perlu dilakukan adalah mempelajari dan menerapkan metode pemecahan masalah secara analitis. yaitu analitis dan kreatif. Metode – metode dalam pemecahan masalah Pemecahan masalah dapat dilakukan melalui dua metode yang berbeda. Pemecahan masalah secara Analitis Metode penyelesaian masalah secara analitis merupakan pendekatan yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak perusahaan. pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan dengan terjadinya masalah. Contoh: Masalah yang kita hadapi adalah melatih staf yang bekerja lamban. Definisi yang dibuat harus menyatakan dengan jelas. karakteristik dari pendefinisian masalah yang baik:       Fakta dipisahkan dari opini atau spekulasi. Hal ini seringkali dapat menghindarkan kita dari pembuatan definisi yang tidak jelas Definisi yang dibuat harus menyatakan dengan jelas adanya ketidak-sesuaian antara standar atau harapan yang telah ditetapkan sebelumnya dan kenyataan yang terjadi. Data objektif dipisahkan dari persepsi Semua pihak yang terlibat diperlakukan sebagai sumber informasi Masalah harus dinyatakan secara eksplisit/tegas.

 Susun rencana tindakan yaitu menyusun strategi untuk menyelesaikan masalah.  Pilih solusi yang terbaik yaitu memilih cara pemecahan masalah yang sudah tepat dan baik. Langkah – langkah pemecahan masalah  Mendefinisikan pemecahannya.  Analisis sebab-sebab potensial / terjadinya masalah yaitu penyelidikan penyebab dari maslah yang sedang terjadi.  Mengimplementasikan solusi dan mengevaluasi perkembangan masalah yaitu sesuatu yang harus ditemukan .H.  Identifikasi solusi yang akan di pergunakan.

kata peneliti dan direktur lembaga kajian migas Reforminer Institute. .BAB III Contoh Masalah Masalah Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak(BBM) Pengurangan subsidi BBM sudah dibahas sejak tiga tahun lalu. Salah satu masalah terbesar yang muncul dari dinaikkannya harga BBM adalah kekhawatiran akan terhambatnya pertumbuhan ekonomi karena dampak kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi akibat komponen biaya yang naik. Tetapi menaikkan harga BBM juga tak bisa dihindari karena beban subsidi membuat negara sulit melakukan investasi bidang lain untuk mendorong tumbuhnya ekonomi. Inflasi tidak mungkin dihindari karena BBM adalah unsur vital dalam proses produksi dan distribusi barang. dengan harapan akan segera dapat direalisir agar dana subsidi bisa dialihkan ke sektor lain yang tak kalah penting. Pri Agung Rakhmanto.

di karenakan masyarakat kecil yang terdesak dan bingung bagaimana cara mereka memperoleh makanan sedangkan harga makanan naik.I. dapat di pastikan kembali semua golongan akan menolak kebijakan pemerintah tersebut. Faktor – faktor yang mempengaruhi Kenaikan harga BBM 1) Berkurangnya jumlah produksi minyak yang disebabkan oleh negara produsen minyak 2) Jumlah permintaan yang terlalu banyak dari konsumen yang melebihi jumlah produksi yang dihasilkan 3) Kurangnya kemampuan OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) dalam menstabilkan harga minyak dunia 4) 5) Menipisnya jumlah persediaan minyak Invasi Amerika Serikat ke Irak yang menyebabkan supply minyak mengalami penurunan J. . 4. 3. Harga bahan pokok seperti beras. cabe. Akan terjadi banyak kerusuhan. karena apabila pemerintah memang benar – benar memberlakukan kebijakan pengurangan BBM bersubsidi dapat di pastikan akan lebih banyak angkatan kerja yang kehilangan pekerjaan dan makin banyak pengangguran di Indonesia. 2. lalu mereka akan melakukan tindakan kriminal. Tingkat Kriminalitas bertambah. gula. dan lain – lain akan derastis naik. Tingkat kemiskinan Negara Indonesia akan meningkat. Dampak dari permasalahan 1.

tetapi tetap menjalankan kebijakan pembatasan penggunaan bbm. . penggunaan kendaraan umum dan sepeda motor rata – rata penggunanya adalah semua golongan. Baik menengah ke atas maupun menengah ke bawah. lebih baik pemerintah membatalkan kebijakan untuk menaikan harga bbm. Cara Penyelesaian Menurut saya sebagai bagian dari masyarakat rakyat Indonesia Keputusan pemerintah untuk menaikan dan membatasi bahan bakar minyak (bbm) ada baik dan buruk nya.K. Dari sisi buruknya dua kebijakan tersebut yang membatasi dan menaikan harga bbm itu sangatlah di tentang banyak masyarakat dan hampir semua golongan menentang kebijakan pemerintah untuk menaikan harga bbm dan membatasi bbm bersubsidi. Di satu sisi baiknya pemerintah memberlakukan kebijakan tersebut karena ingin mengurangi beban pengeluaran negara atas pembelian minyak mentah yang harga minyak mentahnya sekarang ini sudah naik.

BAB IV PENUTUP Kesimpulan .

net/triwidodowutomo/pemecahan-masalah-pengambilankeputusan http://pustaka.com/2012/03/25/makalah-kenaikan-bbm-danpembatasan-bbm-bersubsidi/ .go.wordpress.asp?kode=BPKSDM-1435&jenis=MONO http://www.html http://www.shtml http://adityadarmawan92.id/new/katalog-detail.pu.com/epsi/industri_detail.com/pengertian_definisi_konsep_menurut_para_ahli_info402.bbc.slideshare.asp?id=138 http://www.Daftar Pustaka Internet : http://carapedia.e-psikologi.co.uk/indonesia/laporan_khusus/2012/03/120327_fuelhikeeconomica limpact.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->