Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Makanan yang kita makan mengandung berbagai nutrisi. Makanan sangat penting untuk kehidupan karena makanan adalah sumber energi kimia. Walaupun demikian, sebagian besar makanan yang kita makan terdiri dari molekul yang terlalu besar untuk diserap oleh sel tubuh. Oleh karena itu, makanan harus di ubah atau di hancurkan menjadi molekul yang cukup kecil untuk diserap oleh sel dalam tubuh, proses tersebut dikenal dengan proses pencernaan. Dan organ-organ yang terlibat dalam proses penghancuran makanan menjadi bentuk yang lebih sederhana membentuk suatu sistem yang disebut sistem pencernaan.

1.2 Rumusan Masalah Dalam makalah ini ada beberapa rumusan masalah yang akan diuraikan, diantaranya : 1. Apa fungsi dari sistem pencernaan? 2. Organ apa saja yang termasuk dalam sistem pencernaan? 3. Dimanakah letak organ tersebut? 4. Apa fungsi dari masing-masing organ tersebut?

1.3 Tujuan Tujuan pembuatan makalah ini adalah : 1. Menguraikan poin-poin masalah yang ada pada rumusan masalah. 2. Menjelaskan tentang sistem pencernaan dari mulut sampai lambung. 1

4.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 3. 2 . Memenuhi tugas pada mata kuliah Anatomi Fisiologi. Menambah pengetahuan penulis dan pembaca tentang sistem pencernaan dari mulut sampai lambung.

duodenum 14. mencernanya menjadi energi dan nutrien. Parotis 3. Sublingualis (bawah lidah) 6. Saluran pankreas 11. Kemudian proses pengeluaran sisa .Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung BAB II ISI 2.1 Sistem Pencernaan Sistem pencernaaan adalah sistem organ dalam yang menerima makanan. serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. rahang) 5. Esofagus 8. Kantung empedu 13.sisa makanan melalui anus.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari . Submandibularis (bawah 4. Pankreas 9. yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung. Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian. Rongga mulut 7. Diagram Sistem Pencernaan 1. Saluran empedu 3 . Kelenjar ludah 2.sari makanan yang terjadi di dalam usus. Lambung 10. Hati 12.

usus halus dan usus besar. Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil secara mekanik dan lidah membantu untuk mengunyah dan menelan makanan. dan pankreas. kandung empedu. gastrointestinal tract atau saluran pencernan dan the accessory digestive organ atau organ pencernaan pelengkap. glandula saliva (salivary glands)/kelenjar ludah. kerongkongan (esophagus). lambung. Ileum 20. Appendiks 22. Berikut terdapat enam proses dasar dalam sistem pencernaan : 4 . Anus Ada dua kelompok organ dalam sistem pencernaan. penelanan. Rektum 23. Kolon transversum 17. dan pencampuran) dengan enzim dan zar cair yang terbentang mulai sari mulut sampai anus. hati.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 15. Organ pelengkap (the accessory digestive organ) terdiri dari gigi. Kolon descenden 19. Kolon 16. Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (pengunyahan. lidah. sebagian besar faring. Kolon ascenden 18. Organ yang termasuk gastrointestinal tract adalah mulut. Organ pencernaan pelengkap memproduksi dan menyekresi zat kimia yang dibutuhkan dalan proses pencernaan dan mengalirkannya ke saluran pencernaan. Sekum 21.

6. Sedangkan pada proses pencernaan secara kimiawi molekul kompleks karbohidrat. Proses mencerna makanan dari proses ingesti secara mekanik dan kimiawi menjadi bentuk molekul yang lebih kecil. Absorpsi. 5. lambung. Sampah. 5 . molekul makanan di larutkan dan di campurkan secara sempurna dengan enzim pencernaan. lidah. Dalam proses pencernaan secara mekanik. 2. Hasilnya. mineral. Ada beberapa komponen nutrisi yang tidak melewati sistem pencernaan. dalam hal ini adalah enzim pencernaan. Proses Penyerapan molekul makanan yang telah melalui prosesi digesti untuk selanjunya diserap dan disirkulasikan ke dalam sel-sel tubuh. asam. Setiap hari organ pencernaan pelengkap menyekresi tujuh liter air. 4. Digesti. Terjadi pencampuran. buffers. protein dan asam nukleat di ubah menjadi bentuk yang paling sederhana. zat sisa pencernaan . pankreas. kolestrol dan air. Enzim pencernaan diproduksi oleh kelenjar ludah. sekresi dan dorongan menuju anus. Defekasi. Proses memasukkan makanan dan melumatkannya ke dalam mulut.dan enzim ke dalam saluran pencernaan. gigi memotong dan menggiling makanan sebelum akhirnya makanan tersebut ditelan. yaitu vitamin. Ingesti. Zat sisa ini disebut feses. lemak.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 1. kemudian otot halus dalam lambung dan usus halus mengaduk makanan tersebut. Terjadi kontraksi dan relaksasi secara bergantian pada otot halus di dinding saluran pencernaan. Proses pengeluaran zat zisa pencernaan disebut proses defekasi. dan usus halus yang memproduksi katalis yang membantu reaksi katabolisme tubuh. Proses pengeluaran sekret pencernaan untuk membantu proses digesti. Pencampuran dan dorongan (mixing and propulsion). 3. zat yang tidak diserap tubuh harus dikeluarkan dari tubuh. Sekresi.

minum . yang meliputi sebagian besar tubuh . yang lidah . Sementara aspek dari suara diproduksi di tenggorokan .ekspresi lahir wajah .Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 2. dilapisi dengan selaput lendir . Bibir menandai transisi dari selaput lendir ke kulit . Selain peran utamanya sebagai awal dari sistem pencernaan. Mulut biasanya lembab.1 struktur mulut Mulut memainkan peran penting dalam mengisap (itu adalah bagian dari aparat menghisap ). mulut pada manusia juga memainkan utama peran penting dalam komunikasi . dan rahang juga dibutuhkan untuk menghasilkan berbagai suara termasuk dalam bahasa manusia. Bayi yang 6 .2 Mulut Mulut adalah bagian pertama dari saluran pencernaan yang menerima makanan dan air liur . dan bernapas . Para mukosa oral adalah membran mukosa epitel melapisi bagian dalam mulut. Gambar 2. makan . dan berisi gigi . bibir .

gigi. dimana mereka secara naluriah tahu untuk menghisap untuk makanan menggunakan bibir dan rahang . 7 .2 struktur mulut Mulut terdiri atas dua bagian : bagian luar yang sempit atau vestibula yaitu ruang antara gusi. Sekresi serosa yang dihasilkan terutama di alam dan memasuki rongga mulut melalui duktus Stensen itu . gigi dan lidah. Dalam rongga mulut terdapat kelenjar ludah. dibawahnya terletak kelenjar-kelenjar halus yang mengeluarkan lendir. dan mandibularis. di sebelah belakang bersambung dengan faring. Enzim dalam air liur di sebut enzim ptialin. Selaput ini kaya akan pembuluh darah dan juga memuat banyak ujung akhir syaraf sensoris. yaitu rongga mulut yang dibatasi sisinya oleh tulang maksilaris. Gambar 2. bibir dan pipi. Selaput lendir mulut ditutupi epitelium yang berlapis-lapis. Terdapat tiga pasang kelenjar ludah (glandula saliva) : 1. Kelenjar parotis adalah kelenjar ludah terbesar dan ditemukan melilit ramus mandibula . Kelenjar ludah (glandula saliva) membantu pencernaan dalam mulut secara kimiawi. Bagian rongga mulut bagian dalam.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung dengan mengisap refleks. Enzim ini dapat memecah polisakarida menjadi disakarida. palatum.

5 tahun jumlahnya 20 buah.kelenjar parotis 2. empat 8 . Sekitar 70% dari air liur dalam rongga mulut yang dihasilkan oleh kelenjar submandibula. namun dikategorikan sebagai kelenjar campuran. dan memasuki rongga mulut melalui duktus Wharton . Kelenjar sublingual adalah sepasang kelenjar yang terletak di bawah lidah. Sekitar 5% air liur memasuki rongga mulut berasal dari kelenjar ini. Sekresi yang dihasilkan adalah campuran dari kedua cairan serosa dan lendir . anterior kelenjar submandibula. Lengkap pada 2. Sekresi lendir yang dihasilkan terutama di alam. Kelenjar submandibula adalah sepasang kelenjar yang terletak di bawah rahang bawah. Berbeda dengan dua kelenjar utama lainnya. Gigi sulung. dan keluar 8-20 saluran ekskretoris. 3.kelenjar submandibula 3.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 2. unggul dari otot digastric . meskipun mereka jauh lebih kecil daripada kelenjar parotis. Gambar 2. mulai tumbuh pada anak-anak umur 6-7 bulan. disebut pula gigi susu.3 1. sistem duktus kelenjar sublingual tidak memiliki saluran lurik. Terdiri dari delapan buah gigi seri (dens insisivus).kelenjar sublingual Gigi ada dua macam : 1.

jumlahnya 32 buah. 2. 9 . Gigi taring digunakan untuk memutus makanan yabg keras dan liat dan gigi geraham gunanya untuk mengunyah makanan yang sudah dipotong-potong. delapan buah gigi geraham (molare) dan 12 buah gigi geraham (premolare).4 Susunan Gigi Sulung. Gigi tetap (gigi permanen) tumbuh pada umur 6-18 tahun. empat buah gigi taring ( dens kaninus). Fungsi gigi seri untuk memotong makanan. terdiri dari delapan buah gigi seri (dens insisivus).Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung buah gigi taring (dens kaninus) dan delapan buah gigi geraham (molare). Gambar 2.

disini terdapat pula lipatan selaput lendir. Pada prtengahan Flika sublingua ini terdapat saluran dari glandula parotis. radiks lingua (pangkal lidah). dorsum lingua (punggung lidah) dan apeks lingua ( ujung lidah).Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung Gambar 2. Lidah dibagi atas tiga bagian.5 Susunan Gigi Tetap Lidah terdiri dari otot serat lintang dan dilapisi oleh selaput lendir. Punggung lidah (dorsum lingua) terdapat puting-puting pengecap atau ujung saraf pengecap. jika lidah digerakkan ke atas nampak selaput lendir. 10 . Frenulum lingua merupakan selaput lendir yang terdapat pada bagian bawah kira-kira ditengah. supaya makanan jangan masuk ke jalan napas. Fungsi lidah yaitu untuk mengaduk makanan. dan glandula sublingualis. submaksilaris. Pada pangkal lidah yang belakang terdapat epiglotis yang berfungsi untuk menutup jalan napas pada waktu kita menelan makanan. serta merasakan makanan. Flika sublingua terdapat disebelah kiri dan kanan frenulum lingua. membentuk suara. kerja otot lidah ini dapat digerakkan ke seluruh arah. sebagai alat pengecap dan menelan.

Di sini terletak bersimpangan antara jalan nafas dan jalan makanan. Bagian superior disebut nasofaring. Keadaan tekak berhubungan dengan rongga mulut dengan perantaraan lubang yng disebut ismus fausium.3 Faring Faring merupakan organ yang menghubungkan mulut dengan kerongkongan (esofagus). letaknya dibelakang rongga mulut dan rongga hidung. Tekak terdiri dari bagian superior (bagian yang sama tinggi dengan hidung). di depan ruas tulang belakang.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung Gambar 2. dan bagian inferior (bagian yang sama tinggi dengan laring). 11 .6 Lidah 2. bagian media (bagian yang sama tinggi dengan mulut). pada nasofaring bermuara tuba yang menghubungkan tekak dengan ruang gendang telinga. Ke atas bagian depan berhubungan dengan rongga hidung. dengan perantaraan lubang bernama koana. Didalam lengkung faring terdapat tonsil (amandel) yaitu kumpulan kelenjar limfe yang banyak mengandung limfosit dan merupakan pertahanan terhadap infeksi.

jalan udara dan jalan dan didepan dari pada faring terjadi penyilangan. Makanan melewati epiglotis lateral melalui ressus piriformis masuk ke esofagus tanpa membahayakan jalan udara. Gambar 2.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung Bagian media disebut orofaring. otot mulut dan lidah berkontraksi secara bersamaan. Jalan udara masuk ke bagian depan terus ke leher bagian depan sedangkan jalan makanan masuk ke belakang dari jalan napas dan di depan dari ruas tulang belakang. Menelan (deglutisio). Permulaan menelan. pada waktu yang sama jalan udara ditutup sementara. Gerakan menelan mencegah masuknya makanan ke jalan udara. bagian ini berbataske depan sampai di akar lidah bagian inferior disebut laringofaring yang menghubungkan orofaring dengan laring.7 Faring 12 .

Gambar 2. 13 . Fungsinya meneruskan bolus dari mulut ke gaster. mulai dari faring sampai pintu masuk kardiak di bawah lambung. lapisan submukosa. terdapat gerakan peristaltik untuk mendorong bolus ke ventrikulus. Hal ini menjelaskan mengapa air yang kita minum tidak tumpah keluar kembali walaupun kita minum sambil menjungkirbalikan tubuh sekalipun. Esofagus terletak di belakang trakea dan di depan tulang punggung.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung 2.4 Kerongkongan (Esofagus) Esofagus merupakan saluran yang menghubungkan tekak dengan lambung. dan lapisan otot memanjang longitudinal.8 Letak Esofagus Gerakan peristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otototot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot/menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. lapisan otot melingkar sirkuler. setelah melalui toraks menembus diagfragma masuk ke dalam abdomen menyambung dengan lambung. Lapisan dinding dari dalam ke luar : lapisan selaput lendir (mukosa). panjangnya ±25 cm.

daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan itu sendiri . Gerakan ini terjadi jika otot di depan bolus mengalami relaksasi sedangkan otot di belakang bolus mengalami kontraksi. bentuknya membulat.5 Lambung Lambung atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. yaitu daerah kardia. Pilorus adalah bagian bawah. fundus dan pilorus.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung Di sepanjang kerongkongan terdapat otot melingkar-lingkar yang mampu berkontraksi dan berelaksasi sehingga menyebabkan garakan peristaltik. Gambar 2. daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari atau sering disebut 14 . Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah. Sehingga makanan bsa terdorong ke lambung.9 Gerak Peristaltik 2. Fundus adalah bagian tengah. Kardia adalah bagian atas.

yakni otot melingkar.5 mol dm3 asam lambung yang membuat tingkat keasaman dalam lambung pH 2. Sel goblet berfungsi untuk memproduksi mucus atau lendir untuk menjaga lapisan terluar sel agar tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung. dan menyerong. dan karbon dioksida dari sel-sel tersebut. dan hormon. asam lambung. dan sel chief [chief cell]. yaitu sel goblet [goblet cell]. Sel parietal berfungsi untuk memproduksi asam lambung [Hydrochloric acid] yang berguna dalam pengaktifan enzim pepsin. yaitu enzim pepsin dalam bentuk tidak 15 . Gerak peristaltik menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk. seperti enzim. Sel chief berfungsi untuk mencapai memproduksi pepsinogen. submucosa. sel parietal [parietal cell]. Mucosa ialah lapisan dimana sel-sel mengeluarkan berbagai jenis cairan. memanjang. danserosa. Lapisan terluar yaitu serosa berfungsi sebagai lapisan pelindung perut. Lapisan ini dibagi menjadi 3 lapisan otot.yakni mucosa. Di lapisan mucosa terdapat 3 jenis sel yang berfungsi dalam pencernaan. Lapisan ini berbentuk seperti palung untuk memperbesar perbandingan antara luas dan volume sehingga memperbanyak volume getah lambung yang dapat dikeluarkan. Kontraksi dan ketiga macam lapisan otot tersebut mengakibatkangerak peristaltik (gerak menggelombang).Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung Dinding lambung tersususun menjadi empat lapisan.Submucosa ialah lapisan dimana pembuluh darah arteri dan vena dapat ditemukan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus untuk membawa nutrisi yang diserap.urea. Sel-sel di lapisan ini mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya. muscularis. Diperkirakan bahwa sel parietal memproduksi 1. Muscularis adalah lapisan otot yang membantu perut dalam pencernaan mekanis.

Jadi. pilorus menutup. otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuk kim yang bersifat asam. bentuk. pepsin. Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjarkelenjar yang menghasilkan getah lambung. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin. maka pilorus akan membuka. Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang yang lebih kecil. Makanan tersebut dicerna sehingga keasamanya menurun. Otot lambung bagian pilorus mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit dalam duodenum. Sel chief memproduksi dalam bentuk tidak aktif agar enzim tersebut tidak mencerna protein yang dimiliki oleh sel tersebut yang dapat menyebabkan kematian pada sel tersebut. Getah lambung mengandung asam lambung (HCI). Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia. dan renin. berperan sebagai kaseinogen menjadi kasein. Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus akan 16 . Kasein digumpalkan oleh Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. disebut chyme (kim) atau bubur makanan.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung aktif.Sebaliknya. Musin merupakan mukosa protein melicinkan makanan. Aroma. warna. Kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung mengubah makanan menjadi lembut seperti bubur. Caranya. dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. oto pilorus yang mengarah ke duodenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentu kim. sehingga makanan lewat. misalnya kim yang bersifat asam tiba di pilorus depan. Oleh karena makanan asam mengenai pilorus belakang. musin. Tanpa adanya renim susu yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambuing dan usus tanpa sempat dicerna.

Pada lambung terdapat kelenjar oksintik (bahasa Inggris: oxyntic gland) yang memproduksi hormon GHS. Akibatnya. Seteleah 2 sampai 5 jam. Hormon lain yang disekresi antara lain adalah GHIH. makanan yang asam dari lambung masuk ke duodenum. Jadi. lambung kosong kembali.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung merangsang pilorus untuk membuka. Demikian seterusnya. Bagian dari lambung: 1) Esofagus 2) Kardia 3) Fundus 4) Selaput lendir 5) Otot lapisan 6) Lambung mukosa 7) Tubuh perut 8) Pilorik antrum 9) Pilorus 10) Usus dua belas jari (duodenum) 17 . makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif.

lambung. Mulut berfungsi sebagai permulaan saluran pencernaan. usus besar dan anus.1 Kesimpulan Sistem pencernaan adalah proses penguraian makanan dari senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang dapat di serap oleh sel dalam tubuh. esofagus. tempat masuknya makanan.faring. Secara garis besar organ yang termasuk ke dalam sistem pencernaan adalah mulut. Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan tekak dengan lambung. rongga Faring mulut sebagai dengan organ yang menghubungkan kerongkongan.Makalah Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan dari Mulut sampai Lambung BAB III PENUTUP 3. Lambung berfungsi sebagai tempai makanan dicerna dan sebagian kecil sari makanan diserap oleh tubuh. usus halus. 18 .