P. 1
ac

ac

|Views: 17|Likes:

More info:

Published by: Ahmad Faishal Luthfi on Jun 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2012

pdf

text

original

Pengertian AC secara mendasar
 Arus bolak-balik (AC/alternating current) adalah

arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik.  Contoh arus AC misalnya arus bolak-balik listrik yang disuplai olleh PLN.  Contoh lainyal seperti sinyal radio atau audio yang disalurkan melaui kabel.  Sumber tegangan AC menggantikan dalam polaritas dan bervariasi dalam besar dan dengan demikian menghasilkan arus yang bervariasi dalam besar dan arah bergantian.

.

Sinusoidal AC voltage di bawah ini merupakan grafik arus bolak balik .

. dan polaritas tergantung pada arah sisi kumparan bergerak melalui lapangan. Bab 13).Menghasilkan tegangan AC  Salah satu cara untuk menghasilkan tegangan ac untuk memutar gulungan kawat konstan kecepatan sudut dalam medan magnet tetap  Besarnya tegangan yang dihasilkan sebanding dengan tingkat di mana garis fluks dipotong (hukum Faraday.

Skala Waktu  Sumbu horizontal Gambar adalah skala dalam derajat.  Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu siklus tergantung pada . Seringkali kita membutuhkannya.

dapat menghasilkan berbagai variabel-frekuensi gelombang. .  Misalnya. termasuk sinusoidal  Bentuk gelombang seperti ini biasanya digunakan untuk menguji peralatan elektronik.Electronic Signal Generators  AC bentuk gelombang juga dapat dibuat secara elektronik menggunakan generator sinyal.

Frekuensi.dan Nilai puncak  Frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam selang waktu yang diberikan. .Perioda.  Nilai puncak dari tegangan atau arus adalah nilai maksimum sehubungan dengan nol.  Simpangan adalah jarak antara kedudukan benda yang bergetar pada suatu saat sampai kembali pada kedudukan seimbangnya.Simpangan.  Perioda adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran penuh.

Sudut dan Gelombang Sinus  Persamaan gelombang sinus  Kecepatan Sudut  Nilai Radian .

Tegangan dan Arus sebagai fungsi dari Waktu  Berikut adalah hubungan dari omega. T. and f  Berikut persamaan lainnya .

Fasor  Fasor adalah garis proyeksi yang berputar pada sumbu vertikal dapat digunakan untuk merepresentasikan kuantitas sinusoidal yang bervariasi.  Perhatikan dengan baik: Fasor hanya berlaku untuk sinusoidal bentuk gelombang .

Nilai Efiktif  Nilai efektif adalah nilai dc sama: ia memberitahu Anda berapa banyak volt atau amp dc bahwa gelombang waktu yang bervariasi sama dengan dalam hal kemampuannya untuk menghasilkan daya rata-rata.  Persamaan daya .

 Multimeter membaca tegangan. . perbedaan fasa. dan terkadang frekuensi.  Osiloskop menunjukkan bentuk gelombang dan periode dan izin penentuan frekuensi. dan sebagainya. arus.Tegangan AC dan Pengukuran Arus  Dua instrumen yang paling penting untuk jumlah ac pengukuran adalah multimeter dan osiloskop.

DMM dan Oskiloskop .

Circuit Analysis Using Computers  Electronics Workbench  OrCAD PSpice .

.

Tinjauan Kopleks  Geometrical Representation  Conversion between Rectangular and Polar Forms .

Kompleks Bilangan dalam Analisis AC  Seperti yang Anda pelajari dalam Bab 15. tegangan ac dan arus dapat direpresentasikan sebagai fasor. mereka dapat dilihat sebagai bilangan kompleks. . Karena fasor memiliki magnitudo dan sudut.

dan C adalah yang terhubung ke sumber sinusoidal. L. .Rangkaian R. dan C dengan Eksitasi Sinusoidal  Ketika sebuah sirkuit yang terdiri dari elemen sirkuit linear R. L. semua arus dan tegangan pada rangkaian akan menjadi sinusoidal  These sine waves have the same frequency as the source and differ from it only in terms of their magnitudes and phase angles.

Sekarang variasi karena itu fol-low variasi tegangan. .Tahanan dan Sinusoidal AC  Kita mulai dengan sirkuit resistif murni. Di sini. hukum Ohm berlaku dan dengan demikian. saat ini berbanding lurus dengan tegangan. mencapai puncaknya ketika tegangan mencapai puncaknya.

Induktansi Sinusoidal AC  Reaktansi Induksi  Variasi Reaktansi induktif dengan Frekuensi .

Variasi Reaktansi induktif dengan Frekuensi  Tahap Utama di Sirkuit Capacitive  Persamaan : .

Konsep Impedansi  Rumus dasar  Untuk kapasitansi murni. lead saat tegangan sebesar 90 °. Impedansi (Figure16-41) Oleh karena itu .

Circuit Analysis Using Computers  Electronics Workbench  OrCAD PSpice .

.

dan istilah daya nyata. rata-rata akan menjadi kekuatan rata-usia ke beban. daya aktif dan daya rata-rata berarti sama . Menunjukkan rata-rata ini dengan huruf P  Daya aktif adalah nilai rata-rata daya sesaat.Pemahaman Dasar  Daya Aktif  Karena p merupakan kekuatan yang mengalir ke beban.

Listrik ke beban resistif  Daya rata-rata .

.Daya ke beban induktif  Daya rata-rata untuk induktansi selama siklus penuh adalah nol. yaitu. ada kerugian daya tidak asosiasi-ciated dengan induktansi murni.

ada kerugian daya tidak berhubungan dengan kapasitansi murni. .Daya ke beban capasitif  Daya rata-rata dimaksud siklus adalah nol. yaitu.

sementara jumlah daya reaktif ditemukan dengan menjumlahkan reaktif daya. dalam sirkuit. dengan mempertimbangkan bahwa Q induktif positif dan kapasitif Q adalah negatif . P total daya nyata ditemukan dengan menjumlahkan daya nyata untuk semua sirkuit elemen.Daya Pada Kangkaian yang Kompleks  Selanjutnya.

Daya Nyata  Namun. jika beban berisi resistansi dan reaktansi. hal itu disebut daya nyata.  Karena muncul untuk mewakili Daya. produk ini merupakan daya nyata maupun daya reaktif. .

Hubungan P.Q dan S  Daya Segitiga Memakai Teori Pytagoras .

and Leading Power Factor .Fakto yang Mempengaruhi Daya  Faktor daya dapat ditentukan dengan  Koreksi faktor daya  Unity. Lagging.

.Pengukuran Daya AC  Untuk mengukur daya dalam rangkaian ac.  Bila daya yang akan diukur dalam rangkaian faktor daya rendah. Anda perlu alat pengukur watt yang (karena produk arus kali tegangan tidak cukup untuk menentukan ac power). rendah kekuatan alat pengukur watt faktor harus digunakan.

Sementara efek ini kecil pada frekuensi rendah. AC perlawanan dikenal sebagai resistensi efektif. tidak tergantung pada fre-quency. sangat terasa pada frekuensi tinggi. kita telah mengasumsikan bahwa perlawanan adalah konstan. . Namun. perlawanan dari sirkuit untuk ac lebih besar dari ketahanan terhadap dc.Tahanan Efektif  Sampai sekarang. hal ini tidak sepenuhnya benar. Untuk sejumlah alasan.

daya dan energi terkait dengan persamaan  Dapat juga dengan .Hubungan Energi dengan AC  Ingat.

Aplikasi Rangkaian Dibantu Komputer  Dapat juga dibantu komputer .

ninety-nine percent perspiration” .Thomas Alfa Edison quote “Genius is one percent inspiration.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->