Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia

MATERI

REFRENSI

PENYUSUN

MATERI

Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia

A. Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera
1. Pengertian Keluarga 2. Pengertian Keluarga Sejahtera

B. Peran Alat Kontrasepsi dalam Keluarga Berencana
1. Pengangkatan Gonad dan Uterus 2. Sterilisasi

3. Kontrasepsi

C. Proses Sosialisasi Keluarga Bahagia dan Sejahtera

Kalau pada masa yang lalu mata pencaharian orang tua kita kebanyakan sevagai petani.A. namun sekarang ini banyak keluarga yang hidup dari usaha-usaha lain seperti berdagang. dokter pegawai pabrik dan sebagainya. Bila pada masa lalu tujuan seseorang berkeluarga agar memperoleh anak sebanyak mungkin karena memiliki keyakinan bahwa “banyak anak –banyak rezeki. namun sekarng pandangan tersebut sudah mulai berubah . Sebagai akibat adanya perubahan-perubahan tersebut maka hal-hal yang dianggap penting dalam suatu keluarga merasa sudah mapan kalau mereka telah memiliki rimah meskipun rumah terdebut hanya sekedar rumah sederhana tanpa fasilitas-fasilitas pendukungnya. Perubahan-perubahan yang terjadi makin lama makin cepat kareba di dorong oleh keinginnan untuk maju seperti negara-negara lain di dunia. berwiraswasta. Lebih jauh lagi pandangan mengenai kehidupan keluarga pada masa sekarang ini telah mulai berbeda dengan masa lalu bahkan boleh dikatakan sangat mencolok. Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera Suatu fakta yang tidak dapat dipunkiri bahwa kehidupan senantiasa berubah dari waktu ke waktu.

Masyarakat masa kini berpandangan bahwa anak lebih bermakna sebagai kualitas daripada anak sebagai kuantitas.Makin bayak anak dianggap menambah beban tanggungan orang tua. sehat. norma keluarga kecil bahaigia sejahtera dimaksimalkan agar orang tua dapat mewujudkan suatu keluarga sejahtera yang dapat memberikan nilai-nilai agama dna nilai-nilai luhur budaya bangsa kepada anak-anaknya. Oleh karena itu. 1. trampil dan berbudi pekerti luhur ketimbang memiliki jumlah anak yang banyak. 2.Suatu fakta yang tidak dapat dipunkiri bahwa kehidupan bahkan suati keluarga tidak lagi ingin memiliki anak yang terlalun banyak dengan alsan sebagai berikut.Keluarga khususnya wanita merasa terbatas ruang geraknya bila memiliki anak terlalu banyak karena sebagaimana kita ketahui sekarang ini dalam rangka menegakkan emansipasi. Artinya. anak yang cerdas. . orang tua lebih meningkatkan mempunyai anak yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

Adapula yang mengenukakan bahwa keluarga adalah lembaga sosial. atau ibu dan ayahnya. Pengertian Keluarga Pengertian keluarga menurut undang-undang no. dan adopsi. Pengertian lain mengartikan bahwa keluarga adalah sekelompok manusia yang hidup bersama dengan adanya ikatan perkawinan. bagian terkecil dari masyarakat. 10 tahun 1992 adalah unit terkeci dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri dan anaknya atau ayah dan anaknya. hubungan dasar.1. . bahkan dari segi pendidikan keluarga dipandang sebagai lingkungan pertama karena anak untuk pertama kalinya mendapat bantuan dan bimbingan dari orang dewasa yang dalam hal ini adalah orang tuanya.

fisik. b. Beberapa pengertian engenai keluarga sejahtera sebagai berikut : Keluarga yang memiliki ketahanan. Keluarga yang mampu memperbaiki dan meningkatkan menidngkatkan kondisi mental. d. Keluarga yang sanggup memperbaiki kualitas pelajaran anggotanya tergadap masyarakat dan memperkaya pengalaman untuk menunjang kebahagiaan keluarganya. . meliputi ketahanan fisik dan non fisik yang sekaligus memiliki kemampuan bagi persemaian nilai-nilai luhur. dan sosial keluarganya. budaya bengsa terutama sekali nilai-nilai agama Keluarga yang dimulai dengan adanya suatu perkawainan yang sah dan mampu melhirkan keturunan.2. Pengertian Keluarga Sejahtera a. c.

Peran Alat Kontrasepsi dalam keluarga berencana bukan bertujuan untuk menghentikan Keluarga Berencana kelahiran. sterilisasi dan kontrasepsi . Proses pengontrolan kelahiran dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pengangkatan gonad (testes dan ovarium) dan uterus.B. tetapi untuk mengendalikan kelahiran (birth control).

. Pengankatan ini dilakukan melalui operasi yang merupakan tindakan preventif agar tidak terjadi pembuahan antara sel telur dan sel sperma.1. Biasanya operasi ini dilakukan apabila organ tersebut mengandung penyakit. Pengangkatan Gonad dan Uterus Pengangkatan gonad dapat dibedakan atas pengangkatan testes yang disebut kastrasi dan pengangkatan ovarium disebut oophorektomi. Efek samping pengangkatan gonad berarti menghilangkan salah satu endokrin. Sedangkan pengangktan uterus sendiri dinamakan histerektomi.

. Dengan pemotongan bagian tersebut maka sel telur dan sperma tidak akan pernah bertemu sehingga tidak akan pernah terjadi pembuahan. Cairab sperma atau cairan ejakulasi yang dihasilkan oleh beberapa kelenjar tidak akan mengendung sperma. pada perempuan sterilisasi umumnya dilakukan dengan cara memotong dan mengikat tuba falopii. Dengan demikian sperma yang diproduksi didalam testes tidak akan dapat mencapai bagian eksterior.2. Saluran sperma (vas defferens) yang biasa disebut vasektomi. Sel-sel sperma yang diproduksi di testes akan menua didalam vas deferens akhirnya akan mati difagositosis oleh makrofag. Operasi ini biasanya mengikat kedua ujung saluran tersebut. Sterilisasi Salah satu cara sterilisasi pada laki-laki adalah dengan cara memotong.

kontrasepsi dapat dilakukan secara alami. mekanis. Cara alami lainnya dapat dilakukan dengan melakukan ejakulasi diluar vagina. Cara alami untuk mencegh terjadinya kehamilan secara alami dapat dilakukan dengan cara misalnya saja dengan melakukan hubungan suami istri pada saat istri sedang tidak dalam masa subur atau sering disebut dengan istibra berkala. namun cara ini biasanya juga kurang efektif jarena kegagalan sering kali terjadi. a. Kontrasepsi Kontrasepsi adalah usaha pencegahan pembuahan tanpa merusak kesuburan. Cara mekanis Cara ini meliputi pemakaian kondom oleh seorang suami dan diafragma oleh istrinya. Cara kimiawi Cara ini meliputi metode spermisidal dan hormonal . a. dan kimiawi. Metode lainnya yaitu menggunakan intrauterine device (iud) a.3.

rapi dan sempurna. Perlu disadari bahwa nilai lain yang ada dalam kehidupan sehari-hari. sikap merendah. tidak sombong dan pamer. menghayati dan bertingkah laku sesuai dengan kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat. selaras. gotong royong. dan seimbang sehingga dapat menyesuaikan diri dengan linghkungannya Proses sosialisasi yang sebenarnya diajarkan kepada seorang anak adalah keagamaan. sikap sabar dan ulet. . tata krama. sebagian besar juga berkait dengan nilai-nilai keagamaan. sikap teliti. tumbuh berkembang sebagai warga masyarakat yang memahami.Proses Sosialisasi Keluarga Bahagia dan Sejahtera Proses sosialisai menurut yaumil agoes akhir (1995:6) adalah suatu proses menjadikan seseorang dalam hal ini anak. Sosialisai selaian kegamaan adalah sosialisasi niali-niali budaya antara laian budi pekerti luhur. Tujuan dari proses sosialisasi adalah agar anak dapat dapat hidup secara serasi.