LEMBAR KERJA – LK- P1

A. Demonstrasi Gelombang Transversal dan Longitudinal Alat dan Bahan: Slinky dengan berbagai ukuran, Gb. 1; statif dan benang atau kawat penggantung, Gb. 2a dan 2b.

Gb. 1 Slinky dengan berbagai ukuran

Gb. 2a Slinky digantung.

Gb. 2b Slinky digantung.

Gb. 2c Slinky diletakkan di meja.

Slinky digantungkan pada statif dengan tali-tali yang berjumlah banyak, Gb. 2a dan 2b, atau sekedar diletakkan di atas meja panjang, Gb. 2c. Kemudian slinky digetarkan sehingga menimbulkan gelombang transversal dan longitudinal. Jika getaran hanya berlangsung sekali, yang merambat adalah ”pulsa”; jika getarannya terus-menerus, yang merambat adalah ”gelombang”. Video Demonstrasi Pulsa Transversal dan Longitudinal Demonstrasi Gelombang Transversal dan Longitudinal

1

Identifikasi ”arah getaran” dan ”arah rambatan” pada gelombang longitudinal Gb. Identifikasi ”arah getaran” dan ”arah rambatan” pada gelombang transversal Gb. 5. c. Identifikasi ”bukit” dan ”lembah” gelombang pada gelombang transversal Gb. Identifikasi ”rapatan” dan ”renggangan” pada gelombang longitudinal Gb. Tuliskan dalam gambar. … … … … … Pada gelombang longitudinal: a. Tuliskan dalam gambar. e. b. c. Amati sebanyak mungkin hal-hal yang terjadi pada gelombang trasversal dan logitudinal yang didemonstrasikan di atas. 3b. 3.1. Tuliskan dalam gambar. e. Tuliskan dalam gambar. b. 2 . kemudian catat hasilnya. 4. Pada gelombang transversal: a. 3a. 3a. … … … … … 2. 3b. d. d.

Penurunan Persamaan Matematis Untuk memudahkan kita mempelajari gelombang. Identifikasi besaran-besaran gelombang pada demonstrasi dan gambar di atas.Gb. f. Waktu (t): … Simpangan (y): . 3 Gelombang Transversal dan Longitudinal 6... perilaku slinky tadi diubah menjadi grafik yang bersifat ideal. Amplitudo (A): .. Frekuensi (f): . a. Cepat rambat (v): . d... Panjang gelombang (λ): . gelombang. h. e.. b... Periode (T): . 7. Apa hubungan antara getaran.. 3 . Jarak tempuh (x): .. Apa hubungan antara ”arah getaran” masing-masing partikel slinky dengan ”arah rambatan” gelombang yang ditimbulkan? Mengapa ”gerakan atas bawah” ujung slinky dapat menimbulkan gelombang transversal sepanjang slinky? Mengapa ”gerakan maju mundur” ujung slinky dapat menimbulkan gelombang longitudinal sepanjang slinky? 8. dan energi? B... g. c. kemudian definisikan masing-masing. Yang lebih mudah dipelajari adalah gelombang transversal..

Apa perbedaan hasil penyelidikan yang sama tetapi menggunakan dua simulasi yang berbeda itu? Mengapa demikian? Animasi Gelombang Transversal 1 Gelombang Transversal 2 4 . Tunjukkan besaran-besaran gelombang: y. C. Dalam sebuah gelombang longitudinal. Dalam sebuah gelombang tranversal ada dua titik yang selalu sampai di titik setimbang pada waktu bersamaan. A. Dengan animasi komputer ”Gelombang Transversal 2” di bawah ini rencanakan percobaan untuk menyelidiki: a. Gambarkan gelombangnya. dan λ. Langkah-langkah. dan Kesimpulan yang diharapkan. Jarak kedua titik itu 6 cm. dan t adalah waktu. y.9. y. berapakah kecepatan gelombangnya. Langkah-langkah. A. di sb. dan T. dan Kesimpulan yang diharapkan. Gambarkan gelombangnya. Tunjukkan besaran-besaran gelombang: y. Gambarkan grafik y-t untuk gelombang transversal (y = simpangan. Dengan animasi komputer ”Gelombang Transversal 1” di bawah ini rencanakan percobaan untuk menyelidiki: a. x). tetapi berlawanan arah. Jika cepat rambat gelombang itu 36 cm/s. Pengaruh frekuensi f terhadap cepat rambat gelombang v Pengaruh amplitudo A terhadap cepat rambat gelombang v Tuliskan: Alat-alat. Jika waktu yang diperlukan sumber gelombang untuk melakukan 10 getaran adalah 20 s. x = vt. dan x adalah jarak. 15. berapakah frekuensi getarannya? 13. di sb. Dari grafik y-x dan grafik y-t itu turunkan persamaan f =1/T. Pengaruh amplitudo A terhadap cepat rambat gelombang v Tuliskan: Alat-alat. 10. 11. jarak antara kedua pusat rapatan yang berdekatan adalah 8 cm. 16. b. Contoh Soal 12. di sb. Merencanakan Percobaan 14. x). Gambarkan grafik y-x untuk gelombang transversal (y = simpangan. di sb. Pengaruh frekuensi f terhadap cepat rambat gelombang v b. dan v = fλ.

b. beri keterangan secukupnya agar dapat dipelajari oleh teman-teman Anda di kelas. Cara kerja seismograf untuk mendeteksi gempa 19. Buatlah carta pada karton manila. Berapakah frekuensi getaran? Berapakah panjang gelombangnya? Berapakah cepat rambat gelombang? 5 . dan (3) Gelombang secara umum F. 17. Tugas Membuat Carta Carilah gambar-gambar di internet tentang salah satu topik di bawah ini. Pekerjaan Rumah (PR) Soal 1.D. (2) Gelombang longitudinal. Cara kerja seismograf untuk mempelajari keadaan interior bumi 20. Cara kerja seismograf untuk eksplorasi minyak E. Gelombang transversal dan longitudinal 18. c. Rangkuman Buatlah rangkuman tentang (1) Gelombang transversal. Berbagai bentuk gelombang gempa bumi 21. Grafik simpangan-waktu dan grafik simpangan-jarak sebuah gelombang adalah sebagai berikut: y (μm) O t (μs) 10 20 30 40 y (μm) O 10 20 30 40 x (μm) a.

2. a. Berapakah waktu yang diperlukan gabus untuk melakukan satu getaran lengkap? c. Berapakah amplitudo gelombang? b. Berapakah cepat rambat gelombang air? 6 . Sebuah gabus berada di permukaan bak air. Gabus bergerak naik turun oleh gelombang air yang melewatinya. Jarak antara puncak dan dasar gelombang yang berdekatan adalah 10 cm. dari kran masih menetes air dengan frekuensi 5 Hz. Jarak antara titik tertinggi dan terendah gabus adalah 5 mm.