I PENDAHULUAN Pada dasarnya pikiran-pikiran yang lebih gembira menjuruskan ke biokimia yang lebih gembira.

Tubuh yang lebih gembira dan bahagia. Telah ditunjukkan bahwa pikiran-pikiran negatif dan stres menurunkan tubuh dan fungsi otak, karena pikiran dan emosi kitalah yang terus menyusun kembali, mengatur kembali, dan mencipta kembali tubuh kita. ~ DR. John Hagelin ~ Diawali dengan kutipan menurut Dr. John Hagelin yang mengajarkan dan member pemahaman baru bahwa sesungguhnya terdapat rahasia tersembunyi dalam tubuh kita tentang mengendalikan kesehatan tubuh, lingkungan ataupun kesehatan kehidupan kita, yang kesemuanya dalam satu kesatuan yaitu dari dalam diri kita sendiri, dari pemikiran kita sendiri. Kesehatan yang merupakan salah satu faktor yang paling utama dalam kehidupan, kita harus senantiasa memeliharanya dengan perhatian yang ekstra. Dalam memelihara kesehatan, setiap individu alangkah baiknya mengetahui seputar pendidikan mengenai kesehatan diri dan lingkungannya. Penulis bergarap dengan segala keternatasannya, makalah mengenai kesehatan diri dan lingkungan dapat berbagi informasi seputar kesehatan. Study kasus di Daerah Ciseureh Kecamatan Regol Kota Bandung.

1

2 Pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik.The secret “Rahasia”.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Wikipedia Ensiklopedia bebas. Tubuh anda melepaskan jutaan sel setiap detik.2007. dimana dengan kesehatan semua aktivitas dalam keseharian.1 ~Bob Proctor~ Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam kehidupan. dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”. karena seringkali manusia melihat dari sesuatu yang tampak oleh panca indra mereka saja. ketika kesehatan kita terganggu. Arti kesehatan seringkali diartikan dalam artian yang sempit. pada saat yang sama ia juga menciptakan jutaan sel baru. dari 1 2 Rhonda Byrne. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan. mental. mengatakan bahwa pengertian kesehatan adalah “sumber daya bagi kehidupan sehari-hari. akan tetapi kesehatan yang lingkupannya dengan kesehatan rohani. akan berpengaruh dalam semua aktivitas atau rutinitas yang telah menjadi kebiasaan kita. WHO dalam Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan. serta kemampuan fisik. bukan tujuan hidup Kesehatan adalah konsep positif menekankan sumber daya sosial dan pribadi. Pada tahun 1986.II PEMBAHASAN Penyakit tidak dapat hidup didalam tubuh yang memiliki keadaan emosi yang sehat. 2 . jiwa.2012.Kesehatan. Mereka tidak mengartikan kesehatan dari keseluruhan aspek yang ada dalam kehidupan mereka. dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Akan tetapi. kita mampu melakukannya dengan baik dan dengan perasaan yang penuh dengan semangat.Aceh. Dimana kesehatan itu hanya identik dengan kesehatan fisik semata.

Itulah mengapa manusia harus bias belajar untuk menjaga dan memelihara kesehatan yang mereka miliki. menjaga kesehatan lebih berharga dan utama daripada harus mengobati. Disinilah peran pendidikan kesehatan sangat penting untuk menambah wawasan tentang kesehatan pada setiap individu. Seperti yang di paparkan oleh salah satu sumber. Dari situlah setiap manusia harus mampu memberikan pemeliharaan kesehatan pada dirinya sendiri. manusia itu harus bisa menjadi manusia yang kreatif dalam mencari berbagai informasi. dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif. Pada saat ini.kedua aspek tersebut akan memberikan sebuah paradigma kedapa kalangan masyarakat. Banyak sumber-sumber yang memaparkan tentang cara pemeliharaan kesehatan yang baik itu seperti apa. Karena pemeliharaan kesehatan merupakan sebuah proses untuk menanggulangi atau mencegah munculnya gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan seseorang harus menjalani pemeriksaan atau pengobatan guna memulihkan kesehatannya. Sebab. 3 Larry Green bahwa pendidikan kesehatan adalah kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudah adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan. Pendidikan kesehatan adalah proses membantu sesorang. bahwa kesehatan itu memiliki cakupan yang sangat luas. untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain. dimana memelihara kesehatan pribadi itu terbagi dalam dua komponen penting yaitu:  Memelihara Kesehatan jasmani  3 Makan. Hal itu merupakan salah satu bentuk tindakan preventif (pencegahan) dari berbagai hal-hal yang dapat mengganggu daya tahan tubuh kita. minum 4 sehat 5 sempurna ibid 3 .

“Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Kesehatan Pribadi dan Lingkungan.” Menurut Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia. dari situlah manusia tidak akan mampu bertahan tanpa ada bantuan atau interaksi dengan manusia lainnya. 4 . Menurut World Health Organisation (WHO) pengertian Kesehatan Lingkungan : Those aspects of human health and disease that are determined by factors in the environment. It also refers to the theory and practice of assessing and controlling factors in the environment that can potentially affect health. dimana manusia memeliki ketergantungan kedapa manusia lainnya dalam kehidupannya. manusia akan menjadi manusia yang berdaya dan berkembang ketika manusia itu mampu berinteraksi dengan manusia lain di sekitar kehidupannya.  Berolahraga Memelihara Kesehatan Rohani Kesehatan rohani dapat diperoleh dengan selalu berfikir positif disetiap waktu dan juga bisa menjaga perasaan dan tak terombang-ambing oleh perasaan tersebut. 2011. Agama yang kita peluk akan memberi pencerahan dan siraman-siraman rohani yang membuat kita selalu berfikir positif. Maka dalam mencari pikiran yang positif tersebut kita dihadapkan dengan suatu yang dapat membimbing kita ke arah yang lebih positif yaitu agama. Dimana lingkungan itu tempat tinggal setiap manusia yang di dalamnya terjadi adanya interaksi satu dengan yang lainnya. Pernyataan di atas pun memiliki kaintannya dengan kesehatan pribadi seseorang yang akan merambah lingkupannya dalam kehidupan. kesehatan pribadi akan merambah pada kesehatan lingkungan.4 Manusia selalu dikatakan sebagai makhluk sosial. kesehatan lingkungan adalah Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang 4 Ismo Rosiyadi. Hal itu memang benar.

5 . Nama badan keswadayaan masyarakatnya (BKM) adalah “maju terus”.2012.Pengertian Kesehatan Lingkungan.Cit. terutama tempat MCK yang di gunakan sangat menghawatirkan. Loc.keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia. beliau masih dalam taraf pekerja buruh lepas. Faktor keterbatasan ekonomi sangat berdampak pada putra sulungnya yang harus putus sekolah pada tingkat yang masih dasar. Ledua hal tersebut telah menjadi salah satu pemicu terganggunya kesehatan keluarga. Terlebih karena keterbatasan ekonomi dimana seorang ayah yang menjadi tulah punggung keluarga belum memiliki pekerjaan tetap. masingmasing rw memiliki BKM sendiri-sendiri yang terdiri dari ksm-ksm yang berpartisipasi dalam bidang lingkungan. terlebih lagi kelima anggota keluarga menggunakan air yang tidak layak untuk digunakan.02.5 Syarat-syarat lingkungan yang sehat yaitu6:    Keadaan Air Keadaan Udara Keadaan Tanah Cara-cara pemeliharaan kesehatan lingkungan yaitu:     Tidak mencemari air dengan cara membuang sampah di sungai Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor Mengolah tanah sebagaimana mestinya Menanam tumbuhan pada lahan kosong Dalam pelaksaan penelitian mata kuliah riset aksi. 5 6 Putra Aldi.01 Rw. bantuan yang di ajukan berupa bedah rumah. Tempat pertama yang saya kunjungi Rt. Ismo Rosiyadi. kami tidak sengaja mengikuti ketua UPL (Unit Pengelola Lingkungan) ke daerah Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung. Ternyata rumah itu sudah tidak layak sekali di huni. Di kelurahan Ciseureuh terdapat 08 RW.

pada tempattempat selanjutnya sampahlah yang menjadi daya tarik tersendiri. Tempat selanjutnya yang kami temui kebanyakan dari tiap-tiap Rw mengajukan pencairan dana untuk Rabat beton dan Kirmir. Pakaian kotor berserakan. Dan yang paling membuat saya tercengang ketika saya masuk pada kamar mandi. malah mejadi ruang serba guna. Temapat tidur yang segarusnya menjadi tempat pelepas lelah. Akan tetapi. ventilasi udara tidak ada yang menyebabkan ruangan sempit itu makin terasa sempit dan pengap. Dungusema no. permasalahan yang tidak sama dengan kedua Rw sebelumnya.Pengetahuan akan kesehatan diri dan keluarga pun menjadi terabaikan. 6 . Sama halnya dengan permasalahan diatas. Kesehatan seseorang akan Nampak dari kebersihan diri. dan alangkah kurang perhatiannya warga terhadap sampah-sampah itu yang mereka buang pada saluaran air yang besar. pada tempat kali ini dalam satu rumah di tinggali oleh tiga kepala rumah tangga.167 Rt. Rumah yang sederhana tapi bersih akan jauh lebih baik daripada rumah besar dan mewah yang tak terurus kebersihan dan kenyamanannya. satu ruangan berfungsi untuk semua akses yang bersangkutan dengan air. malah membuat kita sesak dan tidak tahan berlama-lama di dalam ruangan tersebut. pada Gg. Bahkan tidak ada celah dimana tempat tidur mereka ketika malam hari.03 Rw. tumpukan kasur yang tak terpakai malah menjadi salah satu faktor sempitnya ruangan tersebut. Akan tetapi. rumah dan lingkungannya.03 dengan Kelompok Swadaya Masyarakat Citra Mandiri memiliki permasalahan seputar rumah tidak layak huni dan perbaikan MCK yang tidak jaur berbeda dengan persoalan yang pertama. keluarga. Begitu miris ketika ruang tamu malah menjadi tempat usaha ternak burung dengan kotoran dimana-mana. Tumpukan sampah yang tidak pada tempatnya. Udara yang ada bukan membuat kita sehat ketika kita menghirupnya. Ketika saya masuk ke kamar tidur keluarga. sampah-sampah yang menghabat saluran air dan sampah-sampah yang menimbulkan bau tak sedap di karenakan sampah organik yang bercampur dengan sampah anorganik.

mereka dapat memiliki fasilitas kesehatan dengan memiliki Askeskin atau Asuransi Kesehatan Miskin. Salah satu fasilitas yang saya ketahui misalnya pelayanan bumil (ibu hamil). dan dengan fasilitas-fasilitas lainnya yang memiliki tujuan dan arah yang sama seperti halnya Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat). lambat laun data warga yang mengikuti prosedur 7 . sehingga ke depannya para ibu hamil dapat meminimalisir keadaan-keadaan yang tidak diinginkan. Menurut saya. bukan kewajiban PNPM membantu masyarakat dalam memaparkan suatu permasalah yang ada sehingga masyarakat menyadari dan memahami permasalahan mereka. Sehingga semua warga dapat merasakan manfaat kesehatan lingkungan. Akan tetapi. Gakinda yang ruang lingkup akses kartu kesehatannya dapat berfungsi pada satu tempat saja yang telah di tetapkan oleh kelurahan Ciseureuh. Posyandu Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung berjalan dengan baik dan lancar. Pada situasi seperti ini yang memiliki hak yang paling utama adalah kesadaran semua masyarakat untuk menjalani kehidupan yang serba baik dan sehat. banyak akses fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Sekarang.Dalam hal ini. semua ibu hamil mendapat pelayanan. mereka akan mendapat fasilitas kesehatan dengan baik. untuk menggerakan semua kalangan masyarakat adalah tokoh-tokoh masyarakat sangat berperan penting dalam membangun kesadaran itu yang akan melahirkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu gotong royong yang dilakukan dengan cara disiplin pada waktu luang semua warga. Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah dan Jampersal (Jaminan Persalinan). Hal itu terlihat dari catatan kegiatan yang di laksanakan di puskesmas tersebut. Kedua jaminan tersebut diperuntukkan meringankan beban fakir miskin dalam hal persalinan yang gratis setelah melalui prosedur-prosedur yang telah di tetapkan dan di selesaikan. Bagi golongan masyarakat di bawah garis rata-rata. dari masyarakat yang di pandang kurang mampu dalam finansialnya. cara memelihara kandungan dengan baik dan gizi yang tepat untuk kehamilannya itu seperti apa dan apa saja.

tapi sikap terbuka warga lah yang mereka tunjukan. Karena warga memiliki hak ke arah mana yang akan mereka ambil untuk memelihara kesehatan keluarganya. Wabahnya berita tentang vaksinasi memang sangat menghawatirkan. Kriteria apa yang dipakai untuk memilih sumber pengobatan 3. memperbanyak mengkonsumsi madu yang sudah tidak di ragukan lagi kandungan gizi di dalamnya. 8 . Hal itu di karenakan berita yang beredar seputar vaksinasi. member suplemen herbal. Mereka yakin itulah salah satu jalan alternatif yang sangat tepat. karena bahan yang di gunakan semuanya berasal dari alam. Sumber pengobatan apa yang dianggap masyarakat mampu mengobati keluhannya. 2. Para ibu yang masih memiliki anak di bawah dua tahun. Diantaranya.kegiatan di puskesmas mengalami penurunan. Adapun studi pengambilan keputusan mengambil jalan alternatif memiliki tiga pertanyaan pokok yaitu: 1. Pengobatan alternatif yang sekarang sedang di gandrungi hampir oleh seluruh kalangan masyarakat untuk memelihara kesehatan diri dan keluarganya adalah terapi lebah dan mengkonsumsi salah satu produk dari HPA sesuai dengan yang mereka butuhkan. Sebagai warga yang baik. Para ibu menjaga bayi dan anak-anak mereka dengan hati-hati dan memilih jalan alternatif. akan tetapi kegiatan yang telah di prosedurkan dalam kegiatan di puskesmas adalah salah satu bentuk atau program dari pemerintah. mereka memberi asupan gizi yang baik. Bagaimana proses pengambilan keputusan untuk memilih sumber tersebut. lebih baik meminimalisir suatu keadaan sedini mungkin dari pada anak-anak mereka harus menanggung resiko yang tidak di harapkan. mulai dari suplemen untuk daya tahan tubuh sampai dengan bagaimana cara memelihara kecantikan dengan jalan alternatif yang lebih dikenal dengan sebuatan herbal. sikap warga tidak menjustifiksi program itu dapat merugikan kesehatan para generasi.

peranan posyandu akan tetap membantu dalam menggalakan kesehatan individu. Posyandu juga mengadakan kegiatan makan bersama pada tiap bulannya dengan tujuan memberi wawasan baru seputar makanan sehat yang di konsumsi oleh anak dab ibu menyusui. Kunci dari pengobatan alternatif yang mereka ambil adalah keyakinan bahwa jalan yang mereka ambil adalah jalan yang tepat dan mereka yakin bahwa Allah adalah Maha segala_Nya. Penyediaan bahan-bahan yang di perlukan manusia Manfaat bagi kesehatan lingkungan karena pribadi yang sehat yaitu: 1. Pribadi yang sehat akan berfikir kreatif agar lingkungan bersih dan sehat. keluarga dan lingkungannya. Peranan posyandu pun tidak berhenti sampai disini saja. Pemberian tempat yang bersih dan sehat 2. Dalam hal ini. Mereka pasrahkan dan yakinkan kepada_Nya. karena saling membutuhkan antara satu aspek dengan aspek yang lainnya. sehingga asupan yang mereka makan dapat bermanfaat baik bagi tubuhnya. Dimana kedua aspek ini saling menguntungkan. sehingga adanya keseimbangan yang tepat. Adapun manfaatnya bagi kesehatan pribadi yaitu: 1. 9 .Kini masyarakat kembali lagi ke alam “back to nature” dalam memelihara dan menjaga kesehatannya. Kesehatan individu akan sangat berpengaruh pada kesehatan lingkungannya. Pribadi yang sehat akan berfikir positif untuk memperbaiki lingkungan 2. Pemberian zat-zat yang diperlukan oleh tubuh 3. posyandu mengontrol gizi seorang anak melalui berat badan yang di sesuaikan dengan umur anak tersebut. karena kedua aspek ini saling berhubungan satu sama lain. semua kesehatan mereka sepenuhnya adalah milik Allah semata.

~Dr. salah satu mata rantai akan putus.Di luar sana ada ribuan diagnosis dan penyakit. Ben Johnson~ 10 . Keduanya adalah akibat dari satu hal: stress. Jika anda member tekanan yang cukup pada rantai dan tekanan yang cukup pada system. Kedua hal tersebut adalah mata rantai yang lemah.

2007.Aceh. http://ismorosiyadi.com/2012/01/pengertian-kesehatanlingkungan. http://putraaldy. 2011.Pengertian Kesehatan Lingkungan.2012.DAFTAR PUSTAKA  Rhonda Byrne. http://id. Kesehatan Pribadi dan Lingkungan.wikipedia.com/2011/11/contoh-makalah-kesehatanpribadi.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama   Wikipedia Ensiklopedia bebas.The secret “Rahasia”.blogspot.html  Putra Aldi.2012.blogspot.org/wiki/Kesehatan Ismo Rosiyadi.html 11 .Kesehatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful