P. 1
Strategi Pembelajaran (1)

Strategi Pembelajaran (1)

|Views: 266|Likes:

More info:

Published by: Arumsari Anita Putri on Jun 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2015

pdf

text

original

MAKALAH TUGAS KELOMPOK Untuk Memenuhi Tugas Strategi Pembelajaran Dosen Penguji : Bpk. Suwarkono M.

sc

Kelompok 6 : Kelas 4F Imam Satrio Nugroho (090115253) Arumsari Anita Putri (1001125022) Astatinur (1001125025) Ayudiah Septari Hartatik (1001125029) Dwi Indah Lestari (1001125050) Reny Ratnasari (1001125148) Rizky Adi Adittiya (1001125158)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR HAMKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA JAKARTA 2012

or series of activities designed to achieves a particular education goal. method. David. Dengan demikian dalam menyusun strategi perlu memperhitungkan berbagai faktor. strategi diartikan sebagai a plan. Seorang yang berperang dalam mengatur strategi. baru kemudian ia akan menyusun tindakan yang harus dilakukan. Sifat umum pola tersebut berarti bahwa macam dan urutan perbuatan yang dimaksud tampak dipergunakan dan/atau dipercayakan guru-peserta didik di dalam bermacam-macam peristiwa belajar. baik tentang siasat peperangan yang harus dilakukan. istilah lain yang juga dipergunakan untuk maksud ini adalah model-model mengajar. . Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu. Dengan demikian maka konsep strategi dalam hal ini menunjuk pada karakteristik abstrak rentetan perbuatan guru-peserta didik di dalam peristiwa belajar-mengajar. Makna dan Hakikat Strategi Pembelajaran Pada mulanya istilah strategi digunakan dalam dunia militer dan diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Implisit di balik karakteristik abstrak itu adalah rasional yang membedakan strategi yang satu dari strategi yang lain secara fundamental. untuk memenangkan peperangan sebelum melakukan suatu tindakan. Setelah semuanya diketahui. strategi berarti pola umum perbuatan guru-peserta didik di dalam perwujudan kegiatan belajarmengajar. dinamakan prosedur instruksional. dipakai dalam banyak konteks dengan makna yang tidak selalu sama. taktik dan teknik peperangan. Dalam dunia pendidikan. bahwa strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. 1976). Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran. maupun waktu yang tepat untuk melakukan suatu serangan. ia akan menimbang bagaimana kekuatan pasukan yang dimilikinya baik dilihat dari kuantitas maupun kualitasnya. baik dari dalam maupun dari luar. sebagaimana banyak istilah lainnya. Jadi.A. Sedangkan rentetan perbuatan guru-peserta didik dalam suatu peristiwa belajar-mengajar aktual tertentu. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan. R. strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (J. Menurut Sanjaya Wina (2007) istilah strategi. Di dalam konteks belajar-mengajar.

2. Kemp (1995) Kemp menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dick dan Carey (1990 da. Gerlach dan Ely (1980) Gerlach dan Ely menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Ini berarti penyusunan . 4.am sanjaya 2007) Dick dan Carey menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang/atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. lingkup. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja.Di bawah ini akan diuraikan beberapa definisi tentang strategi pembelajaran. Ada dua hal yang patut dicermati dari pengertian-pengertian di atas. Cropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998) Cropper menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kozna (dalam sanjaya 2007) Kozna secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih. strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. 1. Pertama. 5. sifat. melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik. yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu. 3. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi.

sebelum menentukan strategi. penyusunan langkah-langkah pembelajaran.suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Roy Killen (1998) misalnya. 2. Oleh sebab itu. Artinya. yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teachercentred approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred . Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu. Analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihasilkan. mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran. Beberapa Istilah dalam Strategi Pembelajaran Beberapa istilah yang hampir sama dengan strategi yaitu metode. Metode Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. kondisi dan lingkungan yang akan dihadapinya. Pendekatan (Approach) Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. teknik atau taktik dalam pembelajaran. 1. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai metode.Kedua. pendekatan. dan Jenis materi pelajaran yang akan dikomunikasikan. sebab tujuan adalah rohnya dalam implementasi suatu strategi. Strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru selayaknya didasari pada berbagai pertimbangan sesuai dengan situasi. Dengan demikian. Pemilihan strategi pembelajaran umumnya bertolak dari :    Rumusan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya.

misalnya dalam taktik menggunakan ilustrasi atau menggunakan gaya bahasa agar materi yang disampaikan mudah dipahami. sedangkan bagaimana menjalankan strategi itu dapat ditetapkan berbagai metode pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction). 3. sudah pasti mereka akan melakukannya secara berbeda. cara yang harus dilakukan agar metode ceramah berjalan efektif dan efisien. pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Taktik sifatnya lebih individual. walaupun dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah dalam situasi dan kondisi yang sama. 4. Taktik Taktik adalah gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. Sehingga ruang lingkup strategi belajar mengajar adalah batasan atau cakupan kegiatan yang . Sementara ruang lingkup adalah cakupan atau batasan yang menjadi pembahasan dan objek stategi pembelajaran. dapat disimpulkan bahwa suatu strategi pembela-jaran yang diterapkan guru akan tergantung pada pendekatan yang digunakan. berceramah pada siang hari setelah makan siang dengan jumlah siswa yang banyak tentu saja akan berbeda jika ceramah itu dilakukan pada pagi hari dengan jumlah siswa yang terbatas.approaches). Dari penjelasan di atas. Teknik Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya. dan pengunaan teknik itu setiap guru memiliki taktik yang mungkin berbeda antara guru yang satu dengan yang lain B. Misalnya. Dalam upaya menjalankan metode pembelajaran guru dapat menentukan teknik yang dianggapnya relevan dengan metode. sebelum seseorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi. Sedangkan. pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. Ruang Lingkup Srategi Pembelajaran Strategi belajar mengajar adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dengan demikian.

Ditinjau dari pihak guru. sehingga dalam hal ini guru merupakan faktor yang terpenting. guru harus berdasarkan kurikulum yang berlaku. keterampilan. materi pembelajaran itu harus diajarkan atau disampaikan dalam kegiatan pembelajran. prinsip. Guru / pendidik Guru adalah pelaku pembelajaran. dalam merekayasa pembelajaran. Komponen guru tidak dapat dimanipulasi atau direkayasa oleh komponen lain. keterampilan.harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. konsep. Secara terperinci. 3. Ruang Lingkup strategi pembelajaran meliputi : 1. Tujuan rekayasa pembelajaran oleh guru adalah membentuk lingkungan peserta didik supaya sesuai dengan lingkungan yang diharapkan dari proses belajar peserta didik. dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. dan sebaliknya guru mampu memanipulasi atau merekayasa komponen lain menjadi bervariasi. Ditinjau dari pihak siswa bahan ajar itu harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasar indikator pencapaian belajar. . 2. Peserta Didik Peserta didik merupakan komponen yang melakukan kegiatan belajar untuk mengembangkan potensi kemampuan menjadi nyata untuk mencapai tujuan belajar. Di tangan gurulah sebenarnya letak keberhasilan pembelajaran. Sedangkan komponen lain tidak dapat mengubah guru menjadi bervariasi. dan sikap atau nilai. yang pada akhirnya peserta didik memperoleh suatu hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu. prosedur). Materi Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan. jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta. Komponen peserta ini dapat dimodifikasi oleh guru.

Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. dalam strategi pembelajaran. Untuk itu. Sedangkan. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction). karena tujuan pembelajran merupakan target yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran 6. media dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi . penentuan tujuan merupakan komponen yang pertama kali harus dipilih oleh seorang guru. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu. mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran. yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teachercentred approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred approaches).4. sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Media Media secara garis besar merupakan alat yang digunakan pendidik untuk merangsang peserta didik agar lebih mengerti tentang bahan ajar yang disampaikan. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai metode. pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. Roy Killen (1998) misalnya. Tujuan Tujuan merupakan dasar yang dijadikan landasan untuk menentukan strategi. Pendekatan-pendekatan Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. materi. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu. pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. 5. 7. 8. Metode Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.

Guru yang mampu menyampaikan informasi yang baik. juga bisa berfungsi sebagai sebagai umpan balik untuk perbaikan strategi yang telah ditetapkan. Alokasi waktu Para guru atau pendidik harus tahu alokasi waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembelajaran dan waktu yang dipakai pendidik untuk menyampaikan informasi pembelajaran. tanpa adanya kegiatan pendahuluan yang menarik atau dapat memotivasi peserta didik dalam belajar maka kegiatan penyampaian informasi ini menjadi tidak berarti. Sebagaimana iklan yang berbunyi kesan pertama begitu menggoda . selanjutnya terserah anda. Artinya. Cara guru yang memperkenalkan materi pembelajaran melalui contoh – contoh ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari atau cara guru yang meyakinkan apa manfaat mempelajari pokok bahasan tertentu akan sangat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Adapun menurut Dick dan Carey ruang lingkup atau komponen pembelajaran terdiri dari lima komponen yaitu : 1. sedangkan motivasi intrinsik sangat penting bagi peserta didik yang lebih dewasa karena kelompok ini lebih menyadari pentingnya kewajiban belajar serta manfaatnya bagi mereka. padahal bagian ini hanya merupakan salah satu komponen dari strategi pembelajaran. tetapi tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan mulus akan menghadapi kendala dalam . 2. Penyampaian informasi Penyampaian informasi seringkali dianggap sebagai suatu kegiatan yang paling penting dalam proses pembelajaran .Komponen evaluasi merupakan komponen yang berfungsi untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum. Persoalan motivasi ekstrinsik ini menjadi sangat penting bagi peserta didik yang belum dewasa . Kedua fungsi evaluasi tersebut merupakan evaluasi sebagai fungsi sumatif dan formatif. Pada bagian ini guru diharapkan dapat menarik minat peserta didik atas materi pelajaran yang akan disampaikan. 9. Kegiatan pembelajaran pendahuluan Kegiatan pendahuluan sebagai bagian dari suatu sistem pembelajaran secara keseluruhan memegang peranan penting.

setiap kali setelah tes dilakukan selalu saja terdapat peserta didik yang berhasil dengan bagus atau diatas rata-rata. Dalam kegiatan ini . (b) peserta didik seharusnya menerima tindak lanjut yang berbeda sebagai konsekuensi dari hasil belajar yang bervariasi terebut. dan (b) apakah pengetahuan sikap dan keterampilan benar-benar dimiliki oleh peserta didik atau belum. Pelaksanaan tes biasanya dilakukan di akhir kegiatan pembelajaran setelah peserta didik melalui berbagai proses pembelajaran. 4. penyampaian informasi berupa materi pembelajaran 5. yang maknanya adalah bahwa proses pembelajaran akan lebih berhasil apabila peserta didik secara aktif melakukan latihan secara langsung dan relevan dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan (Dick dan Carey. C. Partisipasi Peserta Didik Berdasarkan prinsip student centered. 1978: 108). Dengan memiliki tujuan yang jelas. Tes Serangkaian tes umum yang digunakan oleh guru untuk mengetahui (a) apakah tujuan pembelajaran khusus telah tercapai atau belum. Tujuan Kegiatan Strategi Pembelajaran Tujuan yang jelas sangat diperlukan untuk merancang sebuah sistem pembelajaran yang tepat guna. (a) hanya menguasai sebagian atau cenderung di rata-rata tingkat penguasaan yang diharapkan dapat dicapai. perencanaan akan menjadi lebih mudah. Hal ini dikenal dengan istilah CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang diterjemahkan dari SAT (student active training). guru juga harus memahami dengan baik situasi dan kondisi yang dihadapinya. demikian juga . 3. Kegiatan Lanjut Kegiatan yang dikenal dengan istilah follow up dari suatu hasil kegiatan yang telah dilakukan seringkali tidak dilaksanakan dengan baik oleh guru. Dalam kenyataanya.kegiatan pembelajaran selanjutnya. peserta didik merupakan pusat dari suatu kegiatan belajar.

Bagaimana para pelajar memperlihatkan kepada guru bahwa mereka benar-benar telah memahami? 5. dengan menggunakan 7 langkah yang memperkuat daya ingat D. (2) menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah belajar mengajar. strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru. dan (3) norma dan kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar. . tujuan ataupun performance descriptor yang menjadi harapan agar dicapai oleh para murid. Evidence (Bukti). Experiences (Pengalaman). 6. Dikaitkan dengan belajar mengajar. metode dan teknik belajar mengajar. yang bisa dimulai dengan “mengapa” dan “bagaimana”. standar. Evaluation (Evaluasi). Seorang guru perlu memperhatikan aspek-aspek penting yang dibutuhkan saat merancang modul pembelajaran yang bertujuan jelas. Rancanglah program pembelajaran agar cocok dengan tujuan dan evaluasi. Langkah-langkah ini diambil dari dari Buku How To Teach So Students Remember Marilee Sprenger. Ini adalah sasaran. 7. Bagaimana kita akan memulai memecah gambar besar yang mau diajarkan dalam konsep-konsep yang lebih kecil yang akan menarik minat murid. murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. hal apa yang kita harapkan dipahami oleh para murid? Apa yang merupakan kehendak kita? 3.dengan pengukuran dan evaluasi. Ini adalah pertanyaan terbuka yang memberi kesempatan bagi pelajar untuk menemukan sendiri jawabannya. Konsep-konsep yang Terkait dengan Strategi Pembelajaran Konsep dasar strategi belajar mengajar ini meliputi hal-hal: (1) menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku pebelajar. 2. 4. Strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditentukan. Ciptakan proses evaluasi yang cocok dengan pemahaman yang kita harapkan. Entry Points (Jalan Masuk). Essential Questions (Pertanyaan penting). 1. memilih prosedur. Expectations (Pengharapan). Rumuskan pemahaman di atas dalam bentuk pertanyaan. Dari pengharapan yang telah dirumuskan. Enduring Understandings (Pemahaman yang melekat).

metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat.Menurut Newman dan Mogan strategi dasar setiap usaha meliputi empat masalah masing-masing adalah sebagai berikut: 1. Pertimbangan dan penetapan langkah-langkah yang ditempuh sejak awal sampai akhir. (3) memilih dan menetapkan prosedur. efektif. Pertimbangan dan penetapan tolok ukur dan ukuran baku yang akan digu-nakan untuk menilai keberhasilan usaha yang dilakukan. Pertimbangan dan pemilihan pendekatan utama yang ampuh untuk mencapai sasaran. Pengidentifikasian dan penetapan spesifiakasi dan kualifikasi hasil yang harus dicapai dan menjadi sasaran usaha tersebut dengan mempertimbang-kan aspirasi masyarakat yang memerlukannya. 2. (2) memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat. 4. . 3. sehingga dapat dijadikan pegangan oleh para guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. keempat strategi dasar tersebut bisa diterjemahkan menjadi: (1) mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku kepribadian peserta didik yang diharapkan. Kalau diterapkan dalam konteks pembelajaran. dan (4) menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria dan standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

(2) siswa. Adapun tujuan strategi pembelajaran secara umumnya agar peserta didik mengerti apa yang dijelaskan oleh pendidik. (4) media. (3) materi. yaitu (1) kegiatan pembelajaran pendahuluan. Pemilihan strategi pembelajaan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. . (5) tujuan. (6) pendekatanpendekatan. (4) tes. (2) penyampaian informasi.KESIMPULAN Strategi pembelajaran adalah cara. (8) evaluasi. (7) metode dan. Adapun ruang lingkup lain seperti : (1) guru. Dick dan Carey (1978) menyebutkan bahwa terdapat 5 komponen / lingkup dalam strategi pembelajaran.cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. dan (5) kegiatan lanjutan. (3) partisipasi peserta didik.

html http://id.com/2010/05/artikel-strategi-pembelajaran.com/2007/03/02/pengertian-bahan-ajar-materi-pembelajaran/ .php/archives/14 http://www.blogspot.blogdetik.com/2011/11/pengertian-strategi-pembelajaran.DAFTAR PUSTAKA http://nuraeni68.com/index.maswins.wordpress.html http://exiaprasetya.shvoong.wordpress.com/social-sciences/education/2137393-tujuan-strategi-pembelajaran prediction-guide/#ixzz1nFtmVk1r http://mgmpips.com/2010/05/15/hakikat-strategi-pembelajaran/ http://iskandarputarulalam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->