RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Mata pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Fisika : X /1 : : 2 x 45 menit kinematika dan dinamika benda titik. Kompetensi Dasar : 2.2. Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan. Indikator :

Standar kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar

- Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari - Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton kehidupan sehari-hari dalam

- Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan I. 1. 2. 3. TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum I Newton dengan menggunakan berbagai media. Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum II Newton dengan menggunakan berbagai media. Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum III Newton dengan menggunakan berbagai media dalam kehidupan sehari-hari. 4. 5. 6. Siswa mampu melakukan percobaan/demonstrasi yang berkaitan dengan hukum-hukum Newton. Siswa mampu menyebutkan karakteristik gaya gesekan statis dan kinetis. Memformulasikan Hukum-hukum Newton dalam penyelesaian masalah. II. 1. MATERI PEMBELAJARAN Hukum I Newton

Secara matematis dinyatakan sebagai berikut : F Contoh: Saat berenang kita mendorong tangan dan kaki ke belakang (aksi). demonstrasi dan eksperimen. Secara matematis dinyatakan sebagai berikut : ΣF = 0 Hukum I Newton menggambarkan bahwa suatu benda akan cenderung mempertahankan keadaan diam atau bergeraknya. 2. ada suatu reaksi yang sama besar dengan arah yang berlawanan. PENDEKATAN DAN METODE : DI (Direction Instruction) : Ketrampilan proses : Diskusi informasi. III. Senapan mendorong peluru ke depan (aksi) dan peluru mendorong senapan ke belakang (reaksi). Hukum I Newton disebut juga Hukum kelembaman atau Inersia. maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. MODEL. Model Pendekatan Metode IV. maka badan kita bergerak ke depan (reaksi). Hukum II Newton Hukum II Newton berbunyi : Percepatan yang dihasilkan dari resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda dan searah dengan resultan gaya. Secara matematis dirumuskan sebagai berikut : a= 3. aksi =F reaksi LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A.Hukum I Newton berbunyi : Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol. mengecek kehadiran siswa. Hukum III Newton ∑F m Hukum III menyatakan bahwa : Untuk setiap aksi. Kegiatan Awal Salam pembuka. sedangkan benda yang semula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan konstan. . Kaki pelari mendorong papan start ke belakang (aksi) dan papan mendorong kaki pelari ke depan (reaksi).

Seutas tali 6. Kegiatan Akhir V. misal saat naik mobil secara mendadak direm. Alat dan Bahan 1. Pegas B. BAHAN DAN SUMBER BELAJAR A. Guru memberikan postest sebagai penilaian kognitif dan afektif. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa atas hal yang kurang dipahami. Tim. Bandung. ALAT. Guru menginformasikan hukun II Newton disertai contohnya dalam keseharian. semestara siswa lain mengamati apa yang terjadi? Siswa mengulangi demonstrasi di atas tetapi kertas ditarik dengan perlahan. Memberikan salam penutup. VI. C. Fisika untuk kelas X. Kertas 3. kemudian kertas ditarik secara tiba-tiba. Kelereng 2. Beberapa balok kayu 5. Sumber Balajar 1. Marthen Kanginan. Guru menginformasikan tentang hukum Newton kaitannya dengan demonstrasi yang baru dilaksanakan. Penilaian Psikomotor 4. 2008.- Guru memberikan apersepsi dan motivasi mengenai fakta seharíhari berkaitan dengan hukum Newton tentang gerak. Balon mainan . Guru menginformasikan tentang Hukum III Newton beserta contohnya dalam keseharaian. Modul pembelajaran Fisika untuk kelas X semester 1. kemudian secara tiba-tiba dihentikan. Jakarta. PENILAIAN A. 2. 2008. Kegiatan Inti Guru menunjuk beberapa siswa untuk mendemonstrasikan dengan menaruh suatu benda di atas kertas. MGMP Fisika. Guru membimbing siswa membuat kesimpulan. Erlangga. siswa lain mengamati apa yang terjadi? Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar dari demonstrasi tersebut. apa yang terjadi ? B.

Kemampuan melakukan demonstrasi sesuai dengan petunjuk. Sebuah gaya F yang dikerjakan pada sebuah benda bermassa m1 menghasilkan percepatan 4 m/s2. Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum II Newton dalam kehidupan seharí-hari! 3. Penilaian Afektif 1. B. Kecepaan dalam melakukan demonstrasi.1. Kemampuan menarik kesimpulan dengan benar. mengapa demikian ? 5. Kerja sama dalam tim. Tentukan percepatan sebuah benda bermassa 2 kg yang mendapatkan gaya sebesar 100 N! 6. Berapakah percepatan yang dihasilkan jika m1 dan m2 digabung? C. 3. 2. penilaian afektif dillakukan dengan mengakumulasi jumlah keseluruhan tanda bintang yang diperoleh. Gaya yang sama jika dikerjakan pada benda bermassa m2 menghasilkan percepatan 12 m/s2. Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan seharí-hari! 4. Tetapi begitu gerobag mulai bergerak. Kepada siswa yang maju ke depan untuk melakukan demonstrasi dan yang memberikan komentar diberi tanda bintang pada kolom daftar absen. Penialaian Kognitif 1. Untuk menaik gerobag dari keadaan diam memerlukan gaya yang besar. a. gaya yang diperlukan lebih kecil. Nilai = Jumlahskoryangdidapat x100% Skormaksimum Kriteria Ketuntasan Minimal : Nilai ≥ 60 Jika dalam akhir pembelajaran ini penilaian psicomotor tidak dapat dilakukan maka penilaian dilakukan pada saat ulangan praktek di akhir semester. Tentukan perbandingan antara m1 dengan m2 ¡ b. . Jumlah skor maksimun : 5. Merangkaian peralatan dengan tepat. 5. Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan seharí-hari! 2. 4.

_____________________ NIP.2.. Guru Mata Pelajaran Físika _____________________ NIP. ……………………… Mengetahui Kepala SMA……………. Cilacap. Siswa diberikan tugas rumah secara individu untuk mengerjakan soal latihan di buku modul. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful