P. 1
Bacalah Penggalan Cerpen Berikut Dengan Saksama

Bacalah Penggalan Cerpen Berikut Dengan Saksama

|Views: 106|Likes:

More info:

Published by: Ðhï-x Këràbät Päñdhäwä on Jun 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2012

pdf

text

original

1. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!

”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?” ”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.” (Gerhana, Muhammad Ali), Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah… a. Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah. b. Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara. c. Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya. d. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal. e. Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai. 2. Cermati paragraf rumpang berikut ini! Seberapa penting dan menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? ……….berlebihan kalau kita katakan………..pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit…………nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barangbarang menghilang dari pasaran. ………….ada, harganya tidak terjangkau lagi. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah… a. Tentu saja, kalau, begitu, barangkali b. Tentunya, bahwa, ketika, kalau c. Namun, bahwa, begitu, bahkan d. Namun, ketika, begitu, barangkali e. Oleh karena itu, seandainya, selama, ketika 3. Penulisan kata bergaris bawah berikut ini yang tidak tepat terdapat padakalimat…. a. Warga komplek membangun gedung pertemuan secara swadaya. b. Pada saat pasca panen, harga gabah sering melorot. x c. Setiap bus antarpropinsi harus dalam kondisi laik jalan. d. Banyak pelajar melakukan kerja sosial untuk mengisi liburan. e. Para tunawisma di jembatan lama akan ditertibkan. 4. Bacalah kutipan cerpen berikut!”Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.” (”Panggilan Rasul”, Hamsad Rangkuti) Pendeskripsian watak tokoh ”aku” yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah…. a. menguraikan watak tokoh b. tanggapan tokoh lain c. dialog antar tokoh d. melalui pikiran tokoh e. lingkungan sekitar tokoh

Carlos Mg Duran yang juga penemu cincin rekonstruksi katup jantung memperkenalkan hal tersebut dalam jumpa pers pada forum diskusi ilmiah ”Indonesia pada Kelainan Katup Jantung” di RS Jantung Harapan Kita. Penderita kelainan katup jantung lega dengan ditemukannya katup jantung dengan katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri. contoh kalimat efektif dibawah ini adalah …. Bagaikan makan buah simalakama.Isi paragraf di atas seperti diungkapkan oleh peribahasa… a. yaitu menaikkan harga BBM dengan memberikan kompensasi berupa subsidi langsung kepada masyarakat kecil. pemerintah mengambil langkah berani. b. Jika tidak mengikuti kenaikan harga minyak dunia tersebut. e. apabila menaikkan harga BBM. b. Harapan hidup penderita penyakit jantung di Indonesia semakin tinggi dengan ditemukannya bedah jantung yang menggunakan teknik perikardium otograf. yaitu katup jantung dari jaringan tubuh pasien itu sendiri. Pakar bedah jantung dari AS memperkenalkan bedah jantung dengan dengan teknik katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri di RS Jantung Harapan Kita. Akhirnya. masyarakat menengah ke bawah akan mengalami kesulitan hidup. kini ada tawaran baru. e. 6. . Penggunaan katup biologis otograf tingkat mortalitasnya di bawah satu persen. Bacalah cuplikan artikel berikut ini! Penderita kelainan katup jantung saat ini bisa semakin lega. 7. Jakarta. mujur tak boleh diraih. Penderita penyakit jantung lega dengan ditemukannya bedah katup jantung biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri yang terbukti dapat menekan kematian. masak ranum tergantung tinggi. Bacalah wacana berikut dengan saksama! Naiknya harga minyak dunia membuat pemerintah Indonesia dalam posisi sulit. Penanganan dengan cara ini terbukti dapat menekan tingkat kematian yang tergolong tinggi. Sebaliknya. (Kompas. Memakan hendak kentang. dimakan ibu mati. seperti dengan katup jantung mekanis dan katup jantung biologis dari hewan mamalia. Penemunya Carlos Mg Duran dari AS. Cuplikan artikel di atas jika diringkas menjadi… a. Katup ini berfungsi seperti katup aslinya. c. Carlos Mg Duran di Jakarta mengenalkan bedah jantung terbaru dengan menggunakan teknik perikardium otograf yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi. mati bapak berkalang anak. d. perekonomian Indonesia akan hancur. Bila selama ini mereka hanya mempunyai beberapa pilihan untuk memperbaiki katup jantungnya. 16 September 2000). Malang tak boleh ditolak. Jakarta. Mati anak berkalang bapak. d. Alternatif yang baru diperkenalkan di Indonesia itu adalah bedah katup jantung dengan katup jantung biologis.5. Pakar bidang jantung dari AS. yaitu dengan menaikkan harga BBM dalam negeri. yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri atau perikardium otograf. membeli hendak ubi. tidak dimakan bapak mati. c. Ingin buah manggis di hutan.

menjelaskan masalah 9. kami sudah menterapkan peraturan itu sebagaimana mestinya c. kami sudah menerapkan peraturan itu sebagaimana mestinya d. penulisan kata yang baku adalah. saudara tinggal mencantumkan tanda tangan pada surat tersebut c. Tujuan Penelitian e. saudara tiggal mendatangankan surat tersebuat e. berikut ini macam-macam bentuk sitematikanya yaitu. saudara tinggal membubuhkan tanda tangan pada surat tersebut b. saudara tinggal tanda tangan surat tersebut 8. Kajian Pustaka dan Kajian/Kerangka Teori . kami sudah mengerapkan peraturan itu sebagaimana mestinya b. Permasalahan / Judul b. Latar Belakang Masalah c. menjelaskan dari pada itu c. a. menjelaskan masalah itu e. menjelaskan sehubungan masalah itu d.a. kami sudah meterapkan peraturan itu sebagaimana mestinya e. kami sudah mentrapkan peraturan itu sebagaimana mestinya 10. menjelaskan mengenai masalah itu b. variable dan idikator d.. kecuali … a. contoh kelompok yang efektif adalah … a. saudara tinggal mentandatangani surat tersebut d.

Kuingin kau berbohong padaku. susunan proposal dibagi dalam beberapa bagian. c. isi masalah 14. d. unsur-unsur yang lazim digunakan dalam penulisan proposal. modal anggaran 12. latar belakang masalah. c. tujuan penelitian c. dan yang kemarin dulu itu. maka penelitian yang dimaksudkan Untuk menggali masalah yang mungkin ada dalam suatu obyek penelitian.perumusan masalah d. apabila pendekatan penelitian ditinjau dari sisi obyek penelitian.mentari meredup . b.… a. batasan masalah e. d. kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku. disebut … a. latarbelakang masalah b. tujuan penelitian. e. Dalam penulisan rencana peneltian. adalah: a. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu. Seperti yang kau utarakan kemarin. e. judul penelitian atau problem penelitian. rumusan masalah atau pertanyaan penelitian.11. salah satu bagian dalam proposal penelitian adalah… a. Penelitian eksploratoris Penelitian deskririf Penelitian obyektif Penelitian eksplonatoris Penelitian deduktif 13. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah. b.

tanggapan tokoh lain c. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu. mentari disebelah barat c. dan tak mau tahu dengan mereka. Bacalah kutipan cerpen berikut! ”Aku tidak percaya! Aku tidak percaya. Aku tidak percaya itu. melalui pikiran tokoh e. mentari disebelah timur d. Hamsad Rangkuti) Pendeskripsian watak tokoh ”aku” yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah…. a. menguraikan watak tokoh b. Penghisap.b. lingkungan sekitar tokoh . Aku yakin. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak.” (”Panggilan Rasul”. dialog antar tokoh d. mentari terbenam 15. mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu. mentari terbit e. angkuhmu. Orang yang kikir. jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu. tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. kekikiranmu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->