Nama : Riki Sholikin NIM : G0109069

Nama Konselor Usia Tgl konseling A/B A B

: Riki : 25 tahun : 28 Maret 2012 Pernyataan Teknik Konseling

“Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Pak.., selamat sore?” “Walaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh….sore juga, Oh iya.. silahkan duduk..” (tersemyum lalu menunjukkan dan mempersilahkan Klien ke tempat duduk sambil bersalaman) “Iya Pak terima kasih…” “Oh..iya dengan siapa ini?” Saya Sholeh Pak,, dari jurusan Ekonomi semester 12 Oh…mas Sholeh, kesini sendirian saja atau ada yang nemenin? Mmm…kebetulan saya cuma sendirian aja kok pak,,, Oh…begitu, mas Sholeh dari mana asalnya? Dari Klaten, Pak… Oh…Klaten ya..rumahnya mana tepatnya? Klatenya, Cawas Pak… Hm,,, sama warung makan bu mayar cawas deket donk? Sudah terkenal warung makan itu, hehehe Oh…deket kok pak masih satu daerah kok. Emangnya mas Sholeh tadi dari Klaten jam berapa ya? Jam 2 sore pak..kurang lebih 45 menit sampai Solo nya... Oke,,,setelah tadi kita berbincang sedikit mengenai mas Sholeh, mungkin ada sesuatu yang perlu kita bicarakan? Kalimat Jembatan Topik Netral Topik Netral Topik Netral Topik Netral Opening Opening & attending

A B A B A B A B A B

A B A B

A

Iya Pak..ada, kebetulan saya sedang ada masalah, tapi saya mungkin cuma ada waktu sekitar 45 menit, soalnya saya pukul 4 sore saya ada kerjaan lagi, maklum pak kuliah sambil kerja.

Structuring (Time Limit) dari klien

.susah fokus ya kalo udah capek mas? Iya. ya sudah kita manfaatkan waktu selama 45 menit ini dengan sebaiknya…. tempat saya kuliah untuk segera nyelesaiin maksimal 14 semester. dilain pihak saya sudah bekerja untuk membantu orangtua . saya lagi bingung menyelesaikan skripsi.saya kerja sambilan di sebuah rumah makan. sudah paham mas? Kalau iya.. dan keterbukaan mas Sholeh dalam penyampaian pernyataan akan membantu berjalannya proses konseling ini dengan baik. jadi mas Sholeh jangan cemas masalah privasi mas.. Pak…Ah…kalau begini terus saya pasrah aja dan sepertinya saya harus memilih salah satu antara kuliah atau kerja. Hmm…Coba pikirkan lebih matang lagi.. bingung.coba sekarang ceritakan.. namun mari kita cari pemecahan ini bersama… Iya…Pak… Oke…kita mulai dari kegiatan mas Sholeh.B Oke. karena sayang jika harus dilepas karena sudah tinggal skripsi saja dan sudah Restatement B A B Rejection Structuring (Role Limit) A B Lead umum A . Sehingga hal ini membuat saya bingung dan kesulitan dalam membagi waktu antara kerja dan menyelesaikan skripsi...kalau begitu.karena saya juga bekerja jadi susah juga untuk fokus ngerjain skripsi. Oh…. adakah yang paling diprioritaskan kerja dan menyelesaikan skripsi anda? Menurut pemikiran saya sih…Jelas lebih memprioritaskan skripsi saya. sebelum melaksanakan itu Iya.. Males juga mau mulai ngerjain skripsi kalo udah capek dari kerjaan.. Ada lagi contoh konkret yang lain mas? Coba ceritakan … Ada peraturan waktu juga. saya dituntut orang tua saya agar segera menyelesaikan kuliah saya semester ini akan tetapi disisi lain saya juga harus bekerja untuk membantu membayar biaya kuliah saya.tapi sebelumnya biar tahu. bahwa dalam proses konseling ini saya sangat menghormati kode etik sehingga asas kerahasiaan sangat saya jaga... B A Lead umum B A Mmm.bingugn kenapa mas? B Restatement & Lead umum A Begini.apa yang menjadi masalahnya? Structuring (Time Limit) A Gini Pak..Pak… ( kemudian Silent dari konseli)…Lalu saya harus bagaimana? Untuk mas Sholeh ketahui... ... saya sebagai konselor tidak bisa langsung memberikan nasihat.

Karena sangat sulit untuk keluar dari pekerjaan juga B Ya…kalau mas Sholeh sudah tahu itu.. setidaknya tidak mustahil kuliah mas Sholeh dapat terselesaikan.... sebelum menutup pertemuan ini. namun tidak optimal? A Pada dasarnya sih…semua kegiatan itu bisa terlaksana. agar bisa fokus penuh setiap mengerjakannya... dari pembicaraan tadi bahwa mas Sholeh tahu prioritas mana yang lebih penting buat masa depan mas Sholeh. B Hmm... dan saya juga sudah berencana untuk mengambil kerjaan secara partime saja biar saya juga bisa lebih fokus untuk mengerjakan skripsi tanpa harus berhenti bekerja.terimakasih atas masukannya .yang masih mengganjal pikiran saya gimana cara nya saya bisa membagi waktu untuk fokus ketika sedang melakukan salah satu dari skripsi atau kerja. saya jam 4 harus berangkat kerja. A Kalau saya sebenarnya ingin menyelesaikan kuliah juga... untuk pertemuan kali ini saya bolehkah pertemuan kali ini kita akhiri dulu dan mungkin satu menggu lagi di hari dan jam yang sama saya akan menemui bapak lagi? B Oh…Iya. oke… bapak juga sama-sam ngucapin terimakasih karena senang tadi atas Summary & Termination Advice Alternatif Clarification Lead umum Prediction Reassurance .banyak yang saya korbankan untuk kuliah selama ini. Bagus kalau mas Sholeh memprioritaskan skripsi. mungkin bisa membuat jadwal di buku agenda untuk bisa membatasi waktu disetiap kegiatan... B Mas Sholeh mempioritaskan mana dari dua itu yang lebih penting. kemudian rencana mas untuk mencoba dan berlatih memanajemen waktu agar bisa fokus pada salah satu kegiatan tersebut lebih baik.saya bingung membagi waktu agar saat ingin fokus ngerjain skripsi pada waktu saya tidak capek B Oh…Pada dasarnya mas Sholeh tahu mana yang lebih penting buat masa depan mas Sule? A Emang saya tahu Pak.. Nah…mas sendiri membagi waktunya apakah salah satu ada yang dikorbankan atau semua kegiatan terlaksana.... A Iya Pak... nah. tapi hasilnya kurang optimal. nanti saya kan mencobanya dan melatihnya.tidak hanya untuk jangka pendek tetapi ke depan mas juga....sangat nanggung udah tinggal skripsi doang. Berhubung..

kedatanganmu. kita tentuin jadwal ketemu…Oke A B Oke…Sore Pak…Wassalamualikum… Walaikumsalam…hati-hati dijalan… Attending Keterangan : A: Konseli B : Konselor . silahkan saja…kalau mau ketemu bapak.