Rohmatika Herliati 2L/38

FUNGSI DAN PERAN KEUANGAN PUBLIK
FUNGSI PEMERINTAH

Peran dan Fungsi Pemerintah di Bidang Ekonomi 1. Fungsi stabilisasi, yaitu fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi, sosial politik, hukum, pertahanan dan keamanan. Perekonomian yang diserahkan pada swasta rawan guncangan, berupa inflasi dan pengangguran maka untuk menstabilkannya perlu peran pemerintah saat terjadi penurunan permintaan akan mobil menyebabkan perusahaan mengurangi pegawai, pemecatan pegawai menurunkan permintaan akan pakaian jadi, pengusaha pakaian jadi mengurangi pegawainya dan seterusnya. Jadi gangguan disatu sektor akan berimbas kesektor lain.Jika tidak ada campur tangan pemerintah maka peng angguran akan mengakibatkan terganggunya stabilitas ekonomi. Inflasi dan deflasi harus ditangani pemerintah melalui kebijakan moneter atau fiskal.

2. Fungsi alokasi Tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan ma syarakat disediakan oleh swasta. Hal ini karena adanya kegagalan pasar untuk menyediakan ba rang publik : seperti jalan, peradilan, pembersih an udara dsb. Untuk menyediakan barang publik swasta tidak bisa menyediakannya karena ba- rang publik tidak ada seorang pun bisa dikecu- alikan misalnya orang yang tidak bayar pajak ti dak bisa ditolak kalau mengadukan barangnya dicuri orang atau berjalan dijalan yang telah diaspal rapi. Jadi pemerintah mengalokasikan sumber dana dan bahan untuk menyediakan barang publik dengan effisien guna melayani kebutuhan masyarakat.

3. Fungsi distribusi Peranan pemerin tah dalam distribusi ada kaitannya dengan keadi lan, pasar tidak mampu mengatur keadilanmaka tugas ini di kerjakan oleh pemerintah. Masalah keadilan dalam ekonomi adalah paling sulit. Perubahan ekonomi dikatakan effisien apabila perubahan yang memperbaiki keadaan satu golongan tidak menyebab kan memperburuk keadaan golongan lain. Misalnya tindakan pemerintah memproteksi produksi motor dalam negeri dengan

pengenaan bea masuk motor tinggi tapi ini merugikan pada konsumen motor yang harus membayar harga motor lebih mahal dari seharusnya hal seperti ini dikatakan tidak adil.

Mengontrol dan mendayagunakan sumber daya sosial ekonomi untuk kepentingan publik. semakin berkurang fungsi sekunder dalam pembangunan. pemerintah tinggal mengendalikan (steering) menjaga keseimbangan. politik dan sosial masyarakat. semakin berhasil pembangunan semakin meningkat kondisi ekonomi masyarakat. yakni berubah fungsi yang tadi rowing menjadi steering. Jadi fungsi ini tidak pernah berkurang dg meningkatnya kondisi ekonomi. disebut fungsi pelayanan yg bersifat universal. 2.Rohmatika Herliati 2L/38 FUNGSI EKONOMI PEMERINTAH YANG PALING MENDASAR Mengambil tanggung jawab penyediaan barang dan jasa kepada masyarakat dalam basis non pasar. Jasa publik dan layanan civil . politik dan sosial yang diperintah dalam arti semakin tinggi taraf hidup masyarakat semakin kuat bargaining position dan semakin integratif masyarakat yg diperintah semakin berkurang fungsi sekunder pemerintah. Menjamin distribusi kekayaan secara adil dan merata. apakah itu untuk konsumsi kolektif atau individu Redistribusi pendapatan dan kesejahteraan (transfer) FUNGSI PRIMER dan FUNGSI SEKUNDER a) Fungsi primer . b) Fungsi sekunder pemerintah . Jika kondisi ekonomi masyarakat lemah pemerintah menyelenggarakan pembangunan . PELAKSANAAN PERAN Adanya intervensi atau campur tangan negara yang cukup luas terhadap aspek kehidupan masyarakat : Operasi langsung Pengendalian langsung Pengendalian tidak langsung Pemengaruhan langsung Pemengaruhan tidak langsung Digunakannya diskresi dalam penyelenggaraan pemerintahan Peran dan Fungsi sekaligus Tujuan dalam Keuangan Publik: 1. adalah fungsi yg berhubungan negatif dengan kondisi ekonomi. . Pemerintah berfungsi primer sebagai provider jasa publik yg tidak diperivatisasikan dan layanan civil. Semakin meningkat kondisi yg diperintah semakin meningkat pula fungsi primer pemerintah.yaitu fungsi yang terus menerus ber jalan dan berhubungan positif dg kondisi pihakyg diperintah (masyarakat).

Menyediakan asuransi sosial (pendidikan. Menjamin distribusi kekayaan secara adil dan merata. koreksi atas pembagian pendapatan yg tidak seimbang dalam masyarakat c. Mengurangi kemiskinan. Memberi proteksi sosial bagi tiap warga negara. Kegiatan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.kesehatan) bagi rakyat miskin. 5. Mengalokasikan faktor-faktor produksi mau pun barang/jasa : untuk memuaskan kebutuh an masyarakat yang tidak bisa dipuaskan melalui mekanisme pasar seperti : pertahanan. d. 4. Kesimpulan peran pemerintah adalah alokasi distribusi stabilisasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat .Rohmatika Herliati 2L/38 3. Kegiatan untuk mendistribusikan pendapatan atau transfer penghasilan. 7. kebijakan perdagangan untuk mempertahankan kesempatan kerja yang terbuka. 6. Mengontrol dan mendayagunakan sumber daya sosial ekonomi untuk kepentingan publik.dan kesejahteraan ekonomi yang lebih baik. MACAM-MACAM KEGIATAN PEMERINTAH a. Kegiatan menstabilkan perekonomian dengan cara menggabungkan kebijakan moneter dengan kebijakan fiskal. b. pendidikan dan keadilan. agent of development.menghindari inflasi dan deflasi.keamanan.agar tercapai standar hidup rakyat yang lebih layak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful