1.

surat at tin Ikhfa:

contoh ikhfa dalam surat ash shar

2.conto idghom mimi dalam surat at tin

3.a.contoh qolqolah sugra dalam surat al adiyat :

b.Contoh qolqolah kubra dalam surat al adiyat :

,

4.a.contoh mad jaiz mun fasil :

b.Contoh mad iwad :

6. Majusi dengan Tuhan Cahaya dan kegelapan dan lain sebagainya. ini bisa terus 5. Ya Allah sebagaimana engkau menyempurnakan penciptaan jasadiyah kami maka sempurnakan pula lah ruhaniyah kami. As-Syaukani mengatakan. "Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama).a. Zoroaster dengan Tuhan Yazdan dan Ahraman. dalam sanadnya ada Abu Atikah. : sebaiknya berhenti . ‘Hadis ini diriwayatkan al-Uqaili dan Ibn Adi dari Anas secara marfu’ (sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). 7. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka). agama buatan manusia sekalipun juga mengakui disana ada kebaikan dan keburukan. Rasul juga mengajari kita ketika hendak berkaca untuk membaca doa yang artinya. dan dia adalah munkarul hadis. Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Ternyata filosofi baik dan buruk bukan hanya ajaran agama samawi. Bahkan disebutkan oleh Ibnul Jauzi dalam al-Maudhu’at. 8. ‫اط ل بوا ال ع لم ول و ف ي ال ص ين‬ Hadis ini adalah hadis yang batil. ‘Ini adalah hadis batil. “Ini adalah hadis dusta atas nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah kita mengetahui sedemikian rupa hakikat manusia dalam penciptaan yang sempurna maka. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka).‫ : )زم ال وق ف( م‬harus berhenti ‫)مط لق وق ف( ط‬ ‫ : )اول ى ال وق ف( ق لى‬sebaiknya berhenti ‫)ال وق ف( ق ف‬ : sebaiknya berhenti ‫ : )ئ ز جا وق ف( ج‬bisa berhenti. Hisamuddin AffanahTeks hadisnya. Kandungan: Allah menganugrahkan penciptaannya kepada kita tinggal bagaimana kita menyikapi karunia tersebut. . tidak ada sanadnya (laa ashla lahuu)." (Bukhari) b. sikap tepat bagaimanakah yang seharusnya manusia tersebut pertanggungjawabkan? Sungguh tidak ada dosa paling hina di dunia ini kecuali berkhianat kepada Yang Maha mencipta.’ Ibn Hiban mengatakan. dan demi kota (Mekah) ini yang aman. sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Tuntutlah ilmu hingga negeri cina Keterangan Dr. Allah juga menjelaskan tentang adanya kebaikan dan keburukan.’ .

Malaikat Raqib / Rokib yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup. Malaikat Israfil yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat. 5. Malaikat Nakir yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar. Malaikat Izrail yang bertanggung jawab mencabut nyawa . Malaikat Malik yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka. 9. Malaikat Atid / Atit yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup. Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu sorga / surga.kita tidak boleh pasrah kepada nasib karena nasib kita tidak akan berubah sebelum kita merubahnya selain berusaha kita harus berserah diri sepenuhnya kepada Alloh SWT 11.selalu membaca ayat al quran setiap hari walupun hanya satu ayat dan mematuhi serta mengamalkan isi al quran 14.mampu meneladani sifat sifat mulia rasul alloh .qidam: 12. 8. 1. 6. 10. Malaikat Mikail yang bertugas memberi rizki / rejeki pada manusia.9.a. 7. 13. malikat Munkar yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur. 4.baqo: b. 3. 10. a.Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul. 2.

selalu mengerjakan tugas sekolah dengan sungguh sungguh .seperti bencana tsunami dan gunung meletus yang tidak bisa di cegah tapi bisa di hindari dengan cara mengungsi ke tempat yang aman 21.shidiq:jujur -amanah: di percaya -Fatonah:cerdas –tabligh: menyampaikan 16.tidak berdusta.a.dimana manusia di perhitungkan segala amal buruk dan baiknya 17. 22.tidak berhianat. selalu ikhlas dan sabar dalam beribadah dan bekerja b. 18.mizan:hari dimana manusia ditimbang amalnya oleh alloh c.banyak bersyukur dan bersabar -menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa -bersifat optimis dan giat bekerja 20. 19. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.hisab:perhitungan. Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran.selalu berdoa dan berserah diri kepada alloh serta tidak mudah putus asa 23.a.selalu mencoba menjauhkan diri dari apa yang di larang alloh swt.barjakh: alam kubur yang membatasi antara alam dunia dan alam kubur b.a. dan selalu menepati janji 15. c.b.

Ketiga: Hendaknya orang yang melakukan perbuatan ghibah mengingat dulu aib dirinya sendiri dan segera berusaha memperbaikinya. Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf. Jika ia tidak sama sekali mempunyai kebaikan sama sekali. hal ini bukan berarti semua orang harus dipaksa memeluk agama Islam. Kedua: Bahwasanya timbangan kebaikan pelaku ghibah akan pindah kepada orang yang digunjingnya. Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. Jika mengingat hal ini selalu.a .berserah diri kepada alloh ketika mendapat musibah 25. ada beberapa kiat yang bisa dilaksanakan. b. Nabi Muhammad saja. sebagai manusia yang paling taat dan dekat kepada Allah SWT. 28. beliau selalu diingatkan oleh Allah SWT bahwa tugas beliau hanya menyampaikan berita (al balagh) dari Allah SWT. maka diambil dari timbangan kejahatan orang yang digunjingnya dan ditambahkan kepada timbangan kejahatannya. 29. Dengan demikian akan timbul perasaan malu pada diri sendiri bila membuka aib orang lain. sementara dirinya sendiri masih mempunyai aib. Untuk mengobati kebiasaan ghibah yang merupakan penyakit yang sulit dideteksi dan diobati ini.dengan cara makan sambil duduk dengan membawa makanan dan minuman ke tempat duduk 27. Rasulullah SAW tidak berhak dan tidak bisa memaksa orang lain untuk percaya dan mengikuti beliau. Bukankah mulut seorang mukmin tidak akan berkata kecuali yang baik. terletak kepada kelapangan hatinya untuk menerima dan mensyukuri segala karunia yang diberikan Allah SWT. betapapun benar dan mulianya ajaran yang dibawanya. apalagi dari perkataan yang karenanya saudara kita tersakiti dan terdzalimi. Berusaha dan bersungguh-sungguhlah untuk menjaga lisan dan menahannya dari perkataan yang tidak berguna. maka seluruh peingatan dari Allah . Umat Islam boleh berbuat semena-mena kepada umat yang bukan muslim. Pada suatu ketika Rasulullah terbersit keinginannya untuk memaksakan ajarannya kepada para Quraisy yang belum beragama Islam. b. Akan tetapi. Toleran kepada Non Muslim dan kepada beda suku bangsa Walaupun Allah menyatakan bahwa agama yang diridhai di sisi-Nya adalah agama Islam.24. Pertama: Selalu mengingat bahwa perbuatan ghibah adalah penyebab kemarahan dan kemurkaan Allah serta turunnya azab dariNya. 26.a. Orang yang qona’ah akan senantiasa merasa tenteram dan merasa berkecukupan terhadap apa yang dimilikinya selama ini. Karena meyakini bahwa pada hakikatnya kekayaan ataupun kemiskinan tidak diukur dari banyak dan sedikitnya harta. niscaya seseorang akan berfikir seribu kali untuk melakukan perbuatan ghibah. serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyebut haid dengan kata nifas. sebab di antara syarat sah mandi adalah suc keempat: Nifas Nifas adalah darah yang keluar pada saat persalinan. Berhentinya darah haidh (yang keluar dari rahim) merupakan syarat wajibnya mandi. Kalau kemudian menjadi makhluk yang sangat bagus bentuknya semua itu karena kehendak dan kasih sayang dari Allah SWT.) SYARAT WAJIB SHOLAT JUM'AT a. 4. Ketiga: Haid hal Bila seorang wanita telah selesai haidh maka diwajibkan baginya untuk mandi. Ketika keluar tubuh menjadi lemas. 3.30. c. Sombong itu menolak kebenaran dan merendahkan sesame manusia. 33. baik bahayanya di dunia maupun bahaya di akhirat nanti. Keluar dengan memancar. 3.Beliau bersabda kepada 'Aisyah Radhiyallahu anha yang sedang haidh. baik keluar sebelum persalinan. baik keluar air mani maupun tidak. Berusaha untuk dapat bergaul dengan siapa saja denga baik. Dari Abdullah bin Mas'ud ra dari Nabi Muhammad saw. Menerima setiap nikmat maupun kelebihan yang dimiliki semata-mata karena karunia Allah SWT. yakni dari sel sperma dan ovum." Ada seorang laki-laki berkata: "Sesungguhnya seseorang itu suka memakai pakaian yang bagus dan sandal / sepatu yang bagus pula. 5. Adapun dalil kewajiban mandi karena nifas adalah karena ia salah satu jenis haid. Segera mengikis benih-benih kesombongan di dalam hati yang setiap saat dihembuskan oleh setan. Pertama: Keluarnya mani karena syahwat. Kedua: Jima ' (bersetubuh) sekalipun tidak mengeluarkan mani Makna jima 'di sini adalah masuknya bagian ujung kemaluan laki-laki ke dalam kemaluan wanita. Bila seorang laki-laki memasukkan ujung kemaluannya ke dalam kemaluan wanita hingga tidak terlihat lagi maka laki-laki dan wanita itu wajib mandi. Memiliki bau yang khas. Beragama Islam (Muslim) Baligh (Dewasa) Berakal (tidak gila) . 1. "Nabi Muhammad saw kembali bersabda:" Sesungguhnya Allah itu indah. tanpa membeda-bedakannya. a. "(HR. Dan makna "masuk" adalah masuk dan tidak terlihat lagi. Yang mungkin manusia itu sendiri merasa jijik bila melihatnya. suka pada keindahan. yaitu selama dua atau tiga hari atau setelah persalinan dengan dibarengi rasa sakit. saling mengerti dan saling bekerja sama dengan murid sekelas atau sebnagku dan kepada guru 31. b. baik dalam tidur maupun tidak Para ulama menyebutkan tiga fitur-fitur air mani: 1. Memahami dan menyadari tentang bahaya takabur. Oleh karena itu. beliau bersabda: "Tidak akan masuk sorga orang yang di dalam hatinya ada sifat sombong walaupun hanya sebesar atom. 2. Jika sudah kering maka baunya seperti bau telor dan jika basah maka baunya seperti bau adonan. saat dia mandi sebelum suci (darah berhenti keluar) maka mandinya tidak sah. Menyadari bahwa asal kejadian semua manusia adalah sama. dan diri kita sendiri tidak pernah memesannya kepada Allah SWT. Muslim) 32. 2. Oleh karena itu. dengan cara membaca istighfar manakala kita menyadari telah berbuat sombong. 34.

Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan . kurma . e. satu dan dua (salawatnya: "Allahumma sholli 'ala Muhammad. dinamakan shalat Tahajud..a. f. artinya terbangun malam. g. atau ushikum bitaqwallah. untuk menentukan keputusan yang benar ketikadihadapkan pada beberapa pilihan keputusan. atau athi'ullah. adapun pesan-pesan lain yang tidak termasuk rukun bisa disampaikan dengan bahasa yang dipahami oleh jamaah. gandum. 2.) Rukun Khutbah 1. 35. Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang ingin memohon petunjuk kepada Allah. Doa untuk kebaikan dan ampunan bagi orang-orang beriman pada khutbah kedua. aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan 41. Menurut mazhab ini. Rukun di atas adalah rukun khutbah dalam Mazhab Syafi'i. melakukan sujud syukur ketika ada pemberitahuan bahwa saya lulus dan di terima di sma dengan cara bersujud dan membaca alhamdulilah dan berdoa kepada alloh 36. atau. 38 39 40. Allah melarang cara seperti ini dan diganti dengan shalat istikharah.9 kg makanan pokok(tepung.a. b.d. dan sesamanya") dalam setiap khutbah pertama dan kedua. Salat Istisqa adalah salat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan .binatang buruan dengan menggunakan anjing yang terlatih b. 1) Haram karena Nas (sesuai dalil) 2) Haram karena dilarang dan diperintahkan membunuhnya ( read more slide 27 ) 3) Haram karena jijik 4) Bangkai . bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur. Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan denganAllah SWT. harus tidur dulu. Setelah Islam datang.laki (tidak wajib bagi perempuan) Sehat (tidak wajib bagi orang sehat atau berhalangan) Menetap / mukim (tidak wajib bagi orang berada di perjalanan) Merdeka (bukan budak / hamba sahaya) b. masyarakat jahiliyah melakukan istikharah (menentukan pilihan ) dengan azlam(dinilai). Binatang Darat. Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. semua rukun tersebut harus disampaikan dalam bahasa Arab. Sebelum datangnya Islam. Membaca satu atau sebagian ayat al-Qur`an. Membaca salawat untuk Nabi Muhammad saw dalam setiap khutbah. Berwasiat untuk melakukan ketakwaan dalam setiap khutbah (pesannya: "ittaqullah. Laki . kalau mau mengerjakansholat Tahajud. Salat istisqa dilakukan secara berjamaah dipimpin oleh seorang imam . dan atau semisalnya") 4. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan / hajat tertentu. Jadi. Binatang laut.-. atau hamdan lillah. 5. Memuji kepada Allah (Dengan membaca: "al-hamdulillah.5 liter atau 18. ahmadullah. dan atau semacamnya") 3. 24. 37.

Tertib . Rukun Haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam Ibadah Haji. Sai 4. Ihram 2. Mencukur rambut kepala atau memotong sebagian (Tahalul) 5.5) Darah 6) Daging babi dan anjing 7) Hewan disemblih tanpa menyebut nama Allah swt 8) Hewan mati tercekik / dipukul/ jatuh/ ditanduk/ 9) Hewan mati diterkam binatang buas 10) Hewan disemblih atas nama berhala 42. dilakukan setelah Tawaf Ifadah Tahallul Bercukur atau menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i Tertib Mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal b. Tawaf 3.a.Jika tidak dikerjakan makaHajinya tidak syah Ihram Pernyataan mulai mengerjakan ibadah haji atau umroh dengan memakai pakaian ihram disertai niat haji atau umroh di miqat Wukuf di Arafah Berdiam diri dan berdoa di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah Tawaf Ifadah Mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. rukun umrah adalah: 1. dilakukan setelah melontar jumroh Aqabah pada tgl 10 Zulhijah Sa'i Berjalan atau berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.

Ibnu An-Nafis . -Memberantas sikap Jahiliyah -Menyelamatkan manusia dari tepi jurang kehancuran yang disebabkan karena sengketa -Melakukan pencerahan batin kepada manusia agar sehat rohani dan jasmaninya -Menyadarkan manusia agar tidak melakukan perbuatan yang menimbulkan bencana di muka bumi.43. Al-Battani (858-929). Abu al-Qasim al-Zahrawi(Abulcasis). Ibnu sina(Avicenna)..a.a. Al-Sufi (903-986 M). Ishaq bin Ali Rahawi. Mengeluarkan manusia dari kehidupan dzulumat (kegelapan) kepada kehidupan yang terang benderang. AlZarqali (1029-1087 M). Khadijah Binti Khuwailid (Khadijah Al-Kubra) Hafshah binti Umar bin al-Khattab b. seperti permusuhan dan peperangan -Mengangkat harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang paling sempurna di muka bumi 45. Jabir Ibn Aflah (1145 M) b. Qushayy (lahir 400M) | +----------------------+----------------------+ | | | 'Abd'l-'Uzza 'Abd Manaf 'Abd'd-Dar | (lahir 430M) | | | +----------+-----------+----------+ Asad | | | | | Muttalib Hasyim Naufal 'Abd Syams | (lahir 464M) | Khuwailid | Umayya | 'Abd'l-Muttalib | +----+----+ (lahir 497M) Harb | | | | 'Awwam Khadijah | Abu Sufyan | | | Zubair | Mu'awiya | +--------+----------+-------+--+-----------+----------+ | | | | | | Hamzah 'Abbas 'Abdullah Abu Lahab Abu Talib Harith (lahir 545M) | | +----------+----------+ | | | | MUHAMMAD 'Aqil 'Ali Ja'far (lahir 570M) | | | +---+---+ | | | Muslim Hasan Husain 44-. Abu-Bakr Muhammad ibn Zakariya Ar-Razi. Al-Farghani. Al-Biruni (973-1050 M). Ibnu Rusdy atau Averroes. Aisyah binti Abu Bakar 46. Ibnu Yunus (1009 M).

Islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat – India melalui peran para pedagang India muslim pada sekitar abad ke-13 M. Aceh 1105 H / 1693 M) adalah seorang ulama besar Aceh yang terkenal. di kalangan para sejarawan terdapat beberapa pendapat. Dia juga merupakan kakek kandung dari empat ulama penyebar Islam di Jawa yang lebih dikenal dengan wali songo yaitu Sayyid Maulana Malik Ibrahim. maka para pemuda menjadi juru dakwah untuk menyebarkan Islam di daerahnya masingmasing.c. Kalau Ahli Sejarah Barat beranggapan bahwa Islam masuk di Indonesia mulai abad 13 adalah tidak benar. Pondok pesantren adalah tempat para pemuda dari berbagai daerah dan kalangan masyarakat menimba ilmu agama Islam. akan tetapi kenyataan Islam di Indonesia didominasi Mazhab Syafi'i.Jamaluddin al-Akbar al-Husaini . Islam juga disebarkan melalui kesenian. para pembawanya. 49. a. adalah tidaklah benar. menurut pendapat sebagian besar orang. Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M. jangkauan terjauh penyebaran Islam sudah mencapai Semenanjung Onin di Kabupaten Fakfak. sejak abad ke-17. Dia adalah cucu turunan nabi atau ahl al-bayt yang pertama kali datang ke Sulawesi Selatan. artinya Syekh Ulama di Kuala). Ahmad Mansur Suryanegara mengikhtisarkannya menjadi tiga teori besar. Pada tahun 674M semasa pemerintahan Khilafah Islam Utsman bin Affan. Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Di samping penyebaran Islam melalui saluran yang telah dijelaskan di atas. yakni tempat asal kedatangannya. As-Syiddatiy 47. Apabila benar maka tentunya Islam yang akan berkembang kebanyakan di Indonesia adalah aliran Syi'ah karena Gujarat pada masa itu beraliran Syiah. 48. teori Makkah. Pada saat nanti wilayah Barus ini akan masuk ke wilayah kerajaan Srivijaya. Sanggahan Teori Islam Masuk Indonesia abad 13 melalui Pedagang Gujarat Teori Islam Masuk Indonesia abad 13 melalui pedagang Gujarat. HAMKA berpendapat bahwa pada tahun 625 M sebuah naskah Tiongkok mengkabarkan bahwa menemukan kelompok bangsa Arab yang telah bermukim di pantai BaratSumatera (Barus) [2]. Sayyid Ainul Yaqin atau . Kedua. Dengan demikian Islam semakin cepat berkembang dan mudah diterima oleh rakyat Indonesia.sumatera: Syekh Abdurrauf Singkil ( Singkil. putra RatuSima dari Kalingga. masuk Islam [3]. Papua Barat. MelaluiKesultanan Tidore yang juga menguasai Tanah Papua. memerintahkan mengirimkan utusannya (Muawiyah bin Abu Sufyan) ke tanah Jawa yaitu ke Jepara (pada saat itu namanya Kalingga). Setelah tammat dari pondok tersebut. teori Gujarat. Perkembangan Islam yang cepat menyebabkan muncul tokoh ulama atau mubaliqh yang menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren.Kuala Aceh.[1] Mengenai tempat asal kedatangan Islam yang menyentuh Indonesia. Hasil kunjungan duta Islam ini adalah raja Jay Sima. Fokus diskusi mengenai kedatangan Islam di Indonesia sejauh ini berkisar pada tiga tema utama. Ketiga.[1]. India. misalnya melalui pertunjukkan seni gamelan ataupun wayang kulit. teori Persia. Pada tahun 718M raja Srivijaya Sri Indravarman setelah kerusuhan Kanton juga masuk Islam pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz(Dinasti Umayyah). dan waktu kedatangannya. Ia memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran agama Islam di Sumatera dan Nusantara pada umumnya. Aceh 1024 H / 1615 M . Sebutan gelarnya yang juga terkenal adalah Teungku Syiah Kuala ( bahasa Aceh . Pertama. Sejarah masuknya Islam Penyebaran Islam (1200 . b.1600) Berbagai teori perihal masuknya Islam ke Indonesia terus muncul sampai saat ini.

d. antara lain kesenian wayang kulit dan tembang suluk. seperti Malaysia. tepatnya di Tosora kabupaten Wajo melalui pantai Bojo Nepo kabupaten Barru. juga tak lepas dari pengaruh Kesultanan Banten. sejarah perkembangan dan penyebaran Islam. Ia adalah murid Sunan Bonang. Sunan Kalijaga Nama aslinya Raden Mas Syahid atau R. Sunan Kalijaga menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah. Karya-karya Syekh Nawawi al-Bantani telah menyebar hingga berbagai negara. Kafaah dalam Perkawinan dan Dimensi Masyarakat Sulsel bahwa Jamaluddin al-Akbar al-Husaini datang dari Aceh atas undangan raja Majapahit. Singapura. Prabu Wijaya. Dalam satu riwayat. Setya menyebarkan ajaran Islam di daerah Demak. Brunei Darussalam. salah satu tokoh utama dan banyak menghasilkan karya klasik juga berasal dari wilayah Banten. cikal bakal NU di Sulawesi Selatan. Seperti dijelaskan oleh salah seorang ulama yang tergabung dalam Rabithatul Ulama (RU). S.Banten dikenal sebagai salah satu wilayah yang sangat kental dengan nuansa keislaman. Tahun ini kemudian dianggap sebagai awal kedatangan Islam di Sulawesi Selatan. ia beserta rombongannya sebanyak 15 orang kemudian melanjutkan perjalanannya ke Sulawesi Selatan. Jamaluddin Assagaf dalam bukunya. Setelah menghadap Prabu Wijaya. Bahkan. Berkat peran serta mereka pula. Tembang suluk Ilir-Ilir dan Gundul-Gundul Pacul umumnya dianggap sebagai hasil karyanya. Sultan Maulana Hasanuddin Sultan Hasanuddin juga dikenal sebagai ahli ekonomi dan politik. dan Thailand. c. India. Islam menjadi mayoritas di Provinsi Banten . Sunan Kalijaga disebutkan menikah dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishaq. Yakni.Sunan Giri. Sayyid Raden Rahmatullah atau Sunan Ampel dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Kedatangan Jamaluddin al-Husaini di Tosora Wajo diperkirakan terjadi pada tahun 1320.Namun demikian. KH. Syekh Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful