P. 1
ISBD

ISBD

4.7

|Views: 7,578|Likes:
Published by galang

More info:

Published by: galang on Jan 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

BAB I PENDAHULUAN

Pembangunan sumber daya manusia indonesia adalah suatu upaya meningkatkan kualitas manusia yang dilakukan terus-menerus sejalan dengan kebutuhan akan kemampuan bangsa Indonesia dalam menjawab tantangan zaman .tantangan yang nampak menghadang kita terutama adalah masalah-masalah sosial budaya,sehubungan dengan itu dengan kedudukannya sebagai ilmu sosial sudah sepantasnya sosiologi berada pada posisi terdepan dengan upaya bersamasama melalui pikiran kritis dan memberikan alternatif-alternatif teoritis dalam menjawab tantangan yang ada sekarang dan di masa depan ,untuk itu telah dilakukan peninjauan kurikulum-,kurikulum yang Berbasis Komputensi.di dalam kurikulum Berbasisis Komputensi ini pengajaran sosiologi di perguruan tinggi berfungsi meningkatkan pola pikir ,perilaku dan berinteraksi dalam keragaman realitas sosial dan budaya berdasarkan etika ,sedangkan tujuan pengajaran ilmu sosiologi di perguruan tinggi adalah mencakup dua sasaran yaitu: ( 1 ) secara kongmitif bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar sosiologi agar siswa mampu memahami dan menelah secara nasional komponen-komponen dari individu,kebudayaan dan masyarakt sebagai sistem. ( 2 ) secara prak tis bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sikap dan perilakku siswa yang rasional dan kritis dalam menghadapi kemajemukan masyarakat,kebudayaan situasi sosial serta berbagai masalah sosial yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari .kesadaran yang paling penting yang muncul dalam kehidupa sehari-hari adalah perubahan masyarakat ,mau tidak mau masyarakat mengalami perubahan .perubahan itu bisa berupa kemajuan bisa juga kemunduran ,bisa pembangunan bisa juga krisis perubahan besar pada masyarakat umumnya akan membawa pengaruh terhadap anggota masyarakat ,sebesar apakah pengaruh itu? apakah ciri-cirinya ? akan adakah perubahan yang lebih besar lagi ?pertanyaan seperti itulah yang diajukan oleh sosiologi .singkatnya sosiologi memperhatikan manusia sebagai bagian dari masyarakat untuk dapat memahami sosiologi ,sebagai langkah awal ,alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu perkembangan awal ilmu tersebut.

1

BAB ll PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR Telah kita ketahui, bahwa sumber segala ilmu pengetahuan adalah philoshofia ( filsafat ) .baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial ditilik dari pengembangannya bermula dari ilmu filsafat dari ilmu filsafat itu maka lahirlah 3 cabang pengetahuan yaitu : 1) Natural sciences ( ilmu-ilmu alamiyah ),meliputi :fisika, kimia,astronomi, biologi, botani dan lain-lain 2) Sosial sciences ( ilmu-ilmu sosial ), terdiri dari : sosaologi,ekonomi,politik,antropologi,sejarah,psikologi,geografi,dan lainlain 3) Humanities ( ilmu-ilmu budaya ),meliputi :bahasa, agama, kesusteraan, kesenian dan lain-lain Ilmu sosial berkembang terus sesuai kebutuhan manusia dalam era pembangunan, khususnya di Indonesia wujud dan kenyataan-kenyataan adanya perkembangan ilmu-ilmu sosial di Indonesia adlah sebagai berikut 1) Pertama-tama didirikan di jogyakarta suatu akademi ilmu politik .spomsorsponsor yang mendirikan akademi ini dari tenaga akadenis pihak belanda 2) Selang waktu berikutnya didirikan balai perguruan tinggi Gajah Mada pada tanggal 17 februari 1946 yng mempunyai 2 fakultas yaitu fakultas sastra dan sosial 3) Didirikan akadeni polisi sebenarnya tujuan dari ketiga lembaga ini untuk mencetak kader-kader pengisi jabatan tinggi di pemerintah a. Ilmu Sosial Dasar Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah suatu program pelajaran yang baru dikembangkan di perguruan tinggi dengan sistem pendidikan yang bersifat inovatif .ilmu ini adalah ilmu sosial dipergunakan dalam pendekatan ,sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari suatu pemecahan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

2

ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan kepada para mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif serta pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi dengan dilaksanakannya ISD sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU) di setiap perguruan tinggi negeri khususnya,tidak berarti pengantar-pengantar ilmu sosial harus hilang dari kurikulum perguruan tinggi .pengantar-pengantar ilmu sosial disajikan sebagai subjek oriented dalam rangka pendalaman ilmu-ilmu sosial itu secara otoritas ,yang menyangkut ruang lingkup, metode dan sistematisnya masalah-masalah yang harus ditangani.  kesenjangan social  pengangguran  urbanisasi ( prpindahan penduduk )  kriminalitas  kenakalan remaja  penyalahgunaan narkotika  penyelundupan  pergolakan politik  pertentangan ras 2. LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR Latar belakang diberikanya ilmu sosial dasar (ISD) di mulai banyaknya kritik-kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para sejumlah cendekiawan terutama sarjana pendidikan,sosial dan kebudayaan .mereka menganggap sistem pendidikan saat ini masih berbau kolonial dan masih merupakan warisan dari sistem pendidikan Belanda yang bertujuan menghasilkan tenaga kerja di berbagai bidang untuk mengisi kekosongan pemerintahan.

3

Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan akan memiliki tiga kemampuan yang meliputi personal, akademik, dan professional. a. Kemampuan Personal Adalah kemampuan kepribadian dengan kemampuan ini diharapkan tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencrminkan kepribadian bangsa Indonesia. b. Kemampuan Akademik Adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, mampu berfikir logis, krisis, sistematis dan analistis, mempunyai kemampuan konsepsional. c. Kemampuan Profesional Adalah kemampuan dalam bidang tenaga ahli yang bersangkutan .demgan kemampuan ini tenaga ahli diharapkan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi dalam bidang profesinya Mata kuliah dasar ( MKDU ),di perguruan tinggi di Indonesia di kelompokan menjadi 2 bagian yaitu meliputi mata kuliah : Kelompok petama diharapkan memberikan dasar, pedoman utuk bertindak sebagai warga Negara yang terperlajar : 1. Agama 2. Pancasila 3. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa 4. Kewiraan Kelompok ke-2 diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa berkenaan dengan lingkungan alamiyah ,lingkungan social dan lingkugnan budaya ,yang meliputi mata kuliah : 1. Ilmu alamiyah dasar ( IAD ) 2. Ilmu sosial dasar ( ISD ) 3. Ilmu budaya dasar ( IBD )

4

Tujuan memperoleh

ilmu

sosial

dan

budaya

dasar

ialah

membantu

perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri keterpelajaran indonesia ,khususnya berkenan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.tujuan Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Ialah membantu perkembangan waasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri keterpelajaran Indonesia ,khususnya berkenan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusiamanusia lain srta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara spesifik program mata kuliah ilmu sosial dasar ,bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut : 1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai denagan ajaran agamanya ,dan memeiliki tenggang rasa kepada pemeluk agama lain. 2. memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa ,sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan ,mempertebal rasa cinta tanah air. 3. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila dan memilki intregitas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana indonesia 4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakt dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya. 5. Memiliki wawasan konperehensif dan pendekata integral di dalam penyikapi permasalahan kehidupan baik secara sosial, ekonomi, politik maupun kebudayaan.

5

3. PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN MIGRASI Penduduk dunia ada 2 gambaran yang bertolak belakang :  Penduduk di dunia maju Pertumbuhan statis professional.  Penduduk di dunia berkembang Akibatnya banyak negara yang membudkan orang ,terjadi ledakan penduduk ,sarana pendidikan minim atau kurang ( belum terlealisasi wajar 9 tahun ) Masalah kesehatah yang dialami  Banyak kekurangan vitamin . A  Banyaknya penyakit menular  Konsumsi Nilai Kalorimya Di Bawah Tingkat Kebutuhan Sehingga Banyak Yang Kekurangan Gizi 1 . Usaha untuk mengatasi masalah penduduk di dunia a) Kenaikan jumlah pesat penduduk dunia terutama berkembang,mendorong usaha-usaha bersama negara di dunia untuk segera menentukan langkah-langkah kongret dalam penanggulangan problem-problem penduduk di dunia b) Untuk mencapai sistem pendudukan dunia yang stabil ,diperlukan langkah-langkah sebagai berikut c) Penduduk di stabilkan/diseimbangkan d) Penyelenggaraan pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan lebih di utamakan Ada 4 macam teknik pelayanan kesehatan yaitu 1. mengikuti pertumbuhan anak 2. penggunaan air susu ibu ( - )akibat jumlah penduduk berkurang sehingga menjadi berkurangnya generasi penerus ,tidak ada pekerja

6

3. imunisasi 4. pengobatam oral rehydrtion therapy Penekan lebih besar diberikan kepada produksi bahan pangan sehingga akan cukup tersedia umtuk memenuhi kebutuhan tiap orang Prioritas besar diberikan kepada usaha-usaha penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah erosi 2 . Usaha untuk mengurangi masalah penduduk di Indonesia  Penduduk distabilkan atau diseimbangkan  Konsumsi sumber alam dan pembangkitan polusi dikurangi  Penyelenggaraa pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan lebih diutamakan  Peningkatan pertanian(panca produksi usaha pangan tani) dan melalui intensidikasi pertanian extenfikasi

( perluasan lahan pertanian )  Usaha penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah erosi masalah penduduk timbul sebagai sebab akibat dari perubahan penduduk dari ,antara lain : 1. Pertambahan atau pengurangan penduduk .keduanya dapat mengakibatkan perubahan dalam humas welfare dan setruktur penduduk 2. kerapatan atau kepadatan penduduk,dan penyebaran penduduk yang akan dapat mempengaruhi tata ekonomi,tata pergaulan,tata poliik dan budaya masyarakat Beberapa masalah penduduk yang erat hubunganya dengan manusia dan masalah lingkungan 1. Rapat penduduk ( population destiny ) ialah perbandingan antara jumlah orang dengan tanah yang didiami atau diolah dalam satuan luas

7

2. Penyebaran penduduk ( population distribution )

tersebarnya

penduduk dalam beberapa wilayah sangat tergantung dari faktorfaktor lokasi,iklim ,sumber alam kemudian transformasi dan sebagainya 3. Masalah penduduk yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang Masalah kelebihan penduduk Untuk ini ada dua macam kelebihan penduduk yang anda perlu ketahui yaitu : a) Kelebihan penduduk yang absolut .yaitu apabila suatu daerah dalam waktu tertentu ,telah tidak dapat memberikan kebutuhan hidup kepada manusia yang berdomisili diwilayah tersebut b) Kelebihan penduduk yang relative yaitu apabila suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hidup yang ada sudah tidak lagi sesuaiii dengan tuntutan kemajuan ekonomi dan perkembangan sosial 4. kebijakan kependudukan 1) Usaha ekstesifikansi dan intenfikasi pertanian a. Ekstenfikasi pertanian Untuk menambah hasil bumi,areal pertanian harus dibuka luas dengan jalan membuka hutan ( forest clering ) atau mengeringkan rawa-rawa b. Intensifikasi pertanian Yaitu perbaikan cara bercocok tanam (panca usaha tani)untik pemilihan bibit unggul ,pengairan,pembuatan terasering dan penberantasan hama

8

2) Transmigrasi Perpindahan penduduk dari tempat yang padat ke daerah yang tidak atau kurang padat dapat mengurangi population presure di daerah pengirim.dan dapat menimbulkan daerah-daerah pertanian baru di daerah penerima Untuk daerah indonesia ,daerah-daerah bali ke daerah penerima seperti pulau : Sumatra Kalimantan Sulawesi :rimbo bujang ,situang,dan sebagainya :kalimantan barat,kalimantan timur dan sebagainya :sulawesi tenggara dan pulau-pulau lau lainya yang padat

penduduknya ( daerah pengirim ) terutama dari jawa,madura dan

Macam-macam transmigrasi yang dilaksanakan oleh pernerintah  Transmigrasi umum  Transmigrasi spontan  Transmigrasi sektoral  Transmigrasi abri  Transmigrasi bedol desa 3) Industrilisasi Industrilisasi ini diusahakan agar kebutuhan penduduk dapat dilayani secukupnya dengan cepat dan merata tetapi tidak mengurangi ekonomi 4) Keluarga berencana Keluarga beerencana telah diprogamkan tahun 1970 Sifat pelaksanaan progrm keluarga berencan adalah sukarela bagi pengikut atau pesertanya .tidak boleh ada paksaan dari pemerintah oleh pemerintah indonesia sejak tahun1968 yang secara efektif baru berjalan mulai kualitas produksi.sehingga dapt mengurangi penderitaan manaikan taraf hidup serta masalah-masalah sosial

9

mauou petugas .sebab ini di selaraskan dengan falsafah bangsa indonesia a. Sarana progam keluarga berencana adalh masyarakat seluruh idonesia terutama mereka pasangan suami istri /keluarga baik di kota maupun di desa-desa 1) Tujuan progran keluarga berencana  Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama anak,ibu dengan cara menjarangkan kelahiran  Mengurangi laju pertambahan penduduk,agardapat seimbang antara pertambahan penduduk dengan produksi nasional 2) Usaha program keluarga berencana meliputi  Menjarangkan kelahiran  Pengobatan kemandulan 5) Pendidikan kependudukan Maksud pelaksanaan pendidikan kependudukan adalah agar masyarkat dapat mengubah cara berfikir dari cara berfikir tradisional statis menuju cara berfikir yang rasional dinamis dan bertanggug jawab terhadap besar kecilnya keluarga dalam memanfaatkan masa produktifnya yakni dengan mencintai keluarga kecil yag bahagia,sejahtera,tidak mencintai keluarga yang besar tapi tidak bahagia 5. MIGRASI Migrasi adalah gejala gerak horizontal untuk pindah tempat tinggal dan pindahnya tidak terlalu dekat melainkan melintasi batas administrasi ,pindah ke unit administrasi lain ,misalnya kelurahan,kabupaten, kota atau Negara.migrasi dalam hal ini diartikan sebagai perpindahan seseorang melewati batas provinsi lain dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih ,kurang dari enam bulan tetapi telah secara resmi indah atau sebelumnya sudah ada niatan untuk menetap di daerah tujuan

10

Dalam hal ini dapat di golongkan menurut lokasi perpindahannya yakni : a) Migrasi internal terjadi antara 2 unit geografis dalam suatu Negara b) migrasi internasional terjadi antara negara yang termasuk migrasi niternasional  Emigrasi Adalah migrasi inernasional dipandang dari negara asal atau pengirim ,pelakunya disebut emigran  Imigrasi Adalah migrasi internasional dipandang dari negara penerima atau negara tujuan pelakunya disebut imigran Antar daerah ( dalam satu Negara ) untuk ini tejadi antar pulau dan terjadi apabila akan bertempat tinggal lama (menetap) Rumusnya : jumlah migrasi dalam satu tahun x 1000 jumlah penduduk

Sebab-sebab perpindahan penduduk 1. Alasan Ekonomi Perpindahan suatu bangsa ini disebabkan karena daerah atau negaranya sendiri sudah tidak lagi memberikan kemungkinan kehidupan baru yng lebih baik oleh karena itu kepergianya dalam usaha untukmencari kehidupan yang lebih baik.

11

2. Alasan politik Pada suatu negara sering terjadi pergolakan politik kenegaraan ,sehingga banyak penduduk yang pergolakan politik tersebut,maka mereka melakukan perpindahan ke negara lain 3. Alasan Agama karena slasan kehidupan agama yang tidak bebas menyebabkan terjadinya gerkan penduduk ke daerah lain untuk mencari penyesuain dan ketentaman hidupnya dari uraian-uraian di atas dapat dirumuskan pertambahan penduduk sebagai berikut : p = ( f-m ) + ( e-I ) ket : p f m e = pertambahan penduduk = fertilitas = mortalitas = emigasi

12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->