LEMBAR PERSIAPAN MENGAJAR

Sekolah : SMA PMA 09 Mata Pelajaran : Matematika Pokok Bahasan : Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma Sub Pokok Bahasan : Bentuk Pangkat Kelas/Semester :X/1 Alokasi Waktu : 20 menit

STANDAR KOMPETENSI 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

KOMPETENSI DASAR 1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.

INDIKATOR 1.1.1 Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.

TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.

MATERI AJAR 1. Bilangan berpangkat dengan pangkat nol. 2. Bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif.

METODE PEMBELAJARAN 1. Model pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dan Penemuan Terbimbing 2. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.

Guru mengabsen kehadiran peserta didik. berlaku: bilangan bulat positif yang 3. berlaku: 2. berlaku: ( ) . berlaku: ( ) 4. Guru memulai pelajaran dengan mengajak peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing yang dipimpin oleh ketua kelas. Sifat Perkalian Bilangan Berpangkat Untuk dan bilangan bulat positif. c. b. Sifat Pangkat dari Bilangan Berpangkat Untuk dan bilangan bulat positif. Kegiatan Awal (5 menit) a. Apersepsi : Mengingatkan kembali kepada peserta didik mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif. Sifat Pembagian Bilangan Berpangkat Untuk memenuhi dan . berlaku: ( ) 5. yaitu sebagai berikut Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bulat Positif Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif antara lain: 1. Sifat Pangkat dari Perkalian Bilangan Untuk dan bilangan bulat positif.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 1. Sifat Pangkat dari Pembagian Bilangan Untuk dan bilangan bulat positif.

Kegiatan Inti (60 menit) a. turunan. c. 2. dan sebagainya. Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan contoh dari sifat pembagian bilangan berpangkat. . Guru memberikan stimulus kepada peserta didik melalui penyampaian materi mengenai bilangan berpangkat dengan pangkat nol beserta contohnya. LKS terlampir. Motivasi : Pentingnya mempelajari materi bentuk pangkat atau eksponen khususnya bilangan berpangkat dengan pangkat nol dan pangkat bulat negatif yang dibutuhkan untuk materi matematika lainnya misalnya persamaan kuadrat. Materi yang disajikan adalah sebagai berikut: Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Nol Untuk dan maka Bukti: ⏞ ⏟ Terbukti d. e.d. Peserta didik dikondisikan untuk duduk berkelompok. f. b. Guru merangsang daya pikir siswa mengenai nilai dari bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Guru menanyakan kepada peserta didik materi apa yang akan dibahas hari ini.

Guru meminta tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergiliran. Peserta didik dari kelompok lainnya menanggapi presentasi hasil diskusi dari kelompok penyaji. Guru memberikan penguatan materi mengenai bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif. Perwakilan dari tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Guru memberikan umpan balik positif berupa pujian terhadap hasil diskusi peserta didik. maka Definisi ini berasal dari bentuk berikut: Misalkan Maka p. Guru memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok. l. Tiap kelompok mendiskusikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah diberikan oleh guru. Tiap kelompok menempelkan laporan hasil diskusinya di papan tulis. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. . j. o. h. n. dan menanggapi dengan teman sekelompoknya untuk memecahkan masalah dan menuliskan hasilnya dalam bentuk laporan i. Peserta didik saling memberikan ide. Materinya adalah sebagai berikut: Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bulat Negatif Untuk dan dan bilangan bulat positif. m. k. bertukar pikiran.g.

c. Matematika SMA/MA Kelas X. Sumber : a. PENILAIAN Terlampir di RPP . LCD. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR). Matematika SMA untuk kelas X.3. Peserta didik menyimpulkan materi apa yang mereka dapatkan hari ini dengan arahan dan bimbingan dari guru. Alat : Laptop. Lembar Kerja Siswa (LKS) 2. Kesimpulannya adalah sebagai berikut: 1) Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Nol Untuk dan maka 2) Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bulat Negatif Untuk . dan bilangan bulat positif. Kegiatan Akhir (3 Menit) a. maka b. Erlangga. b. Guru melakukan penilaian akhir ALAT DAN SUMBER 1. Media Pembelajaran : Microsoft Power Point 3.

6. PENYELESAIAN: PEKERJAAN RUMAH 1. Sederhanakanlah! 2. 2. SOAL Buktikanlah : : 3. 4. Nyatakanlah bilangan-bilangan berpangkat di bawah ini ke dalam pangkat negatif! .LAMPIRAN LEMBAR KERJA SISWA(LKS) LEMBAR KERJA SISWA Kelompok Anggota 1. 5.

KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA Skor Maksimum : 10 Cara I Misalkan ( ) ( ) ( ) ( ) Maka ( ) Cara II Misalkan ( ) ( ) ( ) Maka .

a. Skor Maksimum = 5 ( ) ( ) . Skor Maksimum = 2 Dengan menggunakan hasil pada soal no 1.PEKERJAAN RUMAH 1. a. Skor Maksimum = 4 ( ) ( ) ( ) b. Skor Maksimum = 4 ( ) ( ) ( ) b. kita dapatkan ( ) 2.