Keterangan

Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan

Laporan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian intern

Laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap peraturan perundanganLaporan Auditor Independen a. Suatu judul yang memuat kata independen; b. Suatu pernyataan bahwa laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitasdan laporan arus kas konsolidasian telah diaudit oleh auditor; c. Suatu pernyataan bahwa laporan keuangan adalah tanggung jawab manajemen perusahaan dan tanggung jawab auditor terletak pada pernyataan pendapat atas laporan keuangan berdasarkan atas auditnya;

Paragraph 1

undangan 1. Dasar yang dipakai oleh Laporan yang telah diterbitkan Laporan yang telah diterbitkan BPK untuk memeriksa oleh BPK meliputi: keuangan Keuangan opini atas Laporan oleh BPK meliputi: keuangan Keuangan opini atas laporan laporan keuangan, yakni a. Laporan hasil pemeriksaan a. Laporan hasil pemeriksaan pasal 30 Undang-undang nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara 2. Laporan keuangan yang diperiksa meliputi neraca Kemkominfo serta Laporan pada per Desember 2009 dan 2008 Realisasi tanggaljawab laporan sedangkan Anggaran untuk tahin yang berakhir tanggal tersebut. 3. Tanggung penyajian keuangan Kemkominfo terletak pada Kemkominfo Dengan Kemkominfo Wajar Dengan

tahun 2009 yang memuat Wajar Pengecualian (WDP) Kepatuhan Peraturan undangan. terhadap Perundangan-

tahun 2009 yang memuat Pengecualian (WDP) atas Intern. sistem Pengendalian

31 b. Laporan Hasil Pemeriksaan b. Laporan hasil pemeriksaan

Page | 1

Tujuan BPK memeriksa sistem pengendalian intern untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan dan tidak ditujukan untuk memberikan keyakinan atas sistem pengendalian intern. Keuangan pengujian kepatuhan pada Kemkominfo ketentuan kecuranganserta ketidakpatutan yang berpengaruh langsung dan material digunakan Standar Pemeriksaan Negara (SPKN). secara . f. penilaian atas signifikan yang dibuat oleh Kekominfo. atas dasar Page | 2 terletak pada pernyataan berdasarkan dilakukan 1. melaksanakan pemeriksaan. prosedur prinsip digunakan Keuangan yang BPK dan pemeriksaan: akuntansi dan yang estimasi (SPKN) BPK untuk memeriksa BPK untuk melakukan terhadap peraturan sistem pengendalian intern Kemkominfo yakni Standar Pemeriksaan Negara (SPKN) b. e.tanggung pendapat keuangan pemeriksaan Paragraph 2 jawab atas BPK laporan yang d. Suatu pernyataan bahwa audit meliputi: a. b. Suatu pernyataan bahwa standar auditing tersebut mengharuskan auditor merencanakan dan melaksanakan auditnya agar memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material. Suatu pernyataan bahwa audit dilaksanakan berdasarkan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia (dalam hal ini disebut sebagai Institut Akuntan Publik Indonesia). Standar yang dipakai oleh dipakai BPK adalah Standar Pemeriksaan Negara mengharuskan merencanakan 2. Standar pemeriksaan yang a. Pemeriksaan. Standar yang dipakai oleh a. Tujuan undang BPK tidak memeriksa dirancang kepatuhan terhadap undangkhusus untuk menyatakan Keuangan perundang-undangan. dan penilaian terhadap penyajian laporan keuangan keseluruhan. eksaminasi.

g. Penentuan atas prinsip akuntansi yang digunakan dan estimasi-estimasi signifikan yang dibuat manajemen. posisi keuangan perusahaan pada tanggal Page | 3 Paragraph 3 Paragraph penjelasan mengenai Temuan-temuan keraguan kewajaran Piutang BPK penyajian Bukan Pajak saldo sistem atas atas pengendalian Laporan BPK Temuan BPK mengenai adanya kecurangan. dalam intern dan ketidakpatutan terhadap mengenai kelemahan dalam ketidakpatuhan. Keuangan pengujian kepatuhan kepatuhan terhadap peraturan perundangundangan pada Kemkominfo. . dalam semua hal yang material.pendapat terhadap ketentuan sehingga atas kepatuhan keseluruhan peraturan perundang-undangan BPK tidak menyatakan pendapat atas kepatuhan terhadap undangundang. b. h. Kemkominfo per 31 Desember 2009 seperti yang diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan. Suatu pernyataan bahwa auditor yakin bahwa audit yang dilaksanakan memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat. c. bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Suatu pendapat mengenai apakah laporan keuangan menyajikan secara wajar. Laporan Keuangan pada Neraca Kemkominfo. Penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. pengujian.

yang untuk piutang dalam diperiksa. dilaksanakan yaitu untuk menyatakan pendapat atau opini keuangan atas laporan konsolidasian yang ditemukan oleh BPK.terhadap sistem kepada Menteri yang dan Informatika. Informatika atas kelamahan.neraca dan hasil usaha dan arus kas untuk periode yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. paragraph Kemkominfo Neraca secara keseluruhan. serta Laporan Realisasi Anggaran untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut disajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Paragraph 4 Pendapat BPK atas laporan Rekomendasi keuangan “menurut kecuali kelemahan pelaporan diuraikan diatas. Pada dijelaskan tujuan audit paragraf ini yang Kemunikasi dalam intern mengenai BPK. Menteri dampak kelamahan dan pengendalian pendapat pencatatan BPK kepada Rekomendasi BPK atas temuan dan mengenai ketidakpatuhan perundang-undangan Komunikasi i. tanggal 31 Desember 2009 dan 2008.” Page | 4 .

Tanggal. merupakan bagian dari laporan hasil pemeriksaan atas laporan Penutup keuangan. kepatuhan terhdap ketentuan atas laporan keuangan yang laporan perundang-undangan yang mencapai lima paragraf. nomor izin akuntan publik. CPA kepada para pemegang saham PT UNILEVER Indonesia Tbk. independen hanya sampai pada paragraph empat.Opini Paragraph 5 Wajar Dengan sistem Hanya laporan BPK pada Hanya dan Laporan hasil laporan BPK pada yang j. Page | 5 . nama rekan. dan l. Seluruh unsur pokok laporan audit sudah terpenuhi dalam laporan auditor independen yang dibuat oleh Chrisna A Wardhana. Pada laporan auditor Pengecualian (WDP) Pemeriksaan atas pengendalian intern pemeriksaan Laporan hasil pemeriksaan atas keuangan mencapai lima paragraf. m. Tanda tangan. Ditandatangani penanggung oleh Ditandatangani jawab penanggung oleh Ditandatangani jawab penanggung oleh jawab pemerikasaan dari BPK RI pemerikasaan dari BPK RI pemerikasaan dari BPK RI dengan mencantumkan register dengan negara nomor D-3745 mencantumkan dengan mencantumkan register negara nomor D-3745 register negara nomor D-3745 k. nomor izin usaha kantor akuntan publik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful