KARYA ILMIAH

PERKEMBANGBIAKAN IKAN LELE

Hari, Tanggal Percobaan : Sabtu, 26 Mei 2012 Pukul Tempat : 10.45 – 15.45 WIB : Kp. Gajrug Desa Bintangresmi

Disusun oleh:

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

AWANG DIANA MAULIDA MAELANI MUHAMAD MAHROM NELI TATIN. A ROSITAWATI YUNITASARI

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 CIPANAS
Jl. Raya Muncang No. 44 Telp (0252) 204455 Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak – Banten
1

Karya ilmiah ini juga menyajikan aplikasi cara perkembangbiakan lele dalam kehidupan sehari-hari. Informasi ini berguna untuk menambah wawasan pada kesempatan ini. Peyusun i .KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT kami telah menyelesaikan karya ilmiah ini. Dalam rumusan masalah dapat kita temukan informasi yang merupakan pembahasan mengelan PERKEMBANGBIAKAN IKAN LELE. oleh karena itu selain menyajikan materi yang dikehendaki kurikulum. Kami selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyusunan dan terima kasih kepada orangtua yang selalu memberi motivasi dalam penyusunan karya ilmiah.

.......... BAB III CARA PERKEMBANGBIAKAN ............................................................................................ 2.................................. BAB II PEMBAHASAN ................................................... 4...................... BAB I PENDAHULUAN ....................5 Sistematika Penulisan ........................................................................................ DAFTAR ISI .... 3..... DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN i ii 1 1 1 1 2 2 3 3 3 4 4 4 5 5 5 ii .......................................................1 Latar Belakang Masalah .........................2 Saran ........................................... 1...............2 Rumusan Masalah ...1 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele di Kolam (Balong) ..............2 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele di Kolam Buatan (Trepal) ................ 1............................1 Kesimpulan .............. 2.........................................................................................................3 Tujuan dan Manfaat Penelitian .............................................................................................................................................. 3................................................... 4.................. 1......................................................................2 Kandungan Gizi ...................1 Pengenalan Ikan Lele .. 1..................................4 Metode Penelitian ............................................................. BAB III PENUTUP .... 1..............................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..................................................

Dalam 1 tahun berapa kali ikan lele di panen? 3. agak pipih memanjang. riboplavin (B2) dan miasin. protein. tramin (B1). Ikan ini banyak disukai orang.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan dan manfaat penelitian adalah memberikan informasi kepada pembaca bahwa mengembangbiakan ikan lele itu tidak sulit dan tidak memakan banyak biaya. 1 . lemak. merupakan sejenis ikan lele yang hidup di ari tawar. fosfor. zat besi. selain itu ikan lele juga sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak gizi. Padahal ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. kalsium.2 Rumusan Masalah 1. natrium. 1.1 Latar Belakang Ikan lele yang memiliki nama lain Clarias betrachurs. Bagaimana cara membedakan lele berpenyakit dan lele yang sehat? 4. Bagaimana cara perkembangbiakan ikan lele? 2. serta memiliki kumis yang panjang yang mencuat dari sekitar bagian tubuhnya. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin.BAB I PENDAHULUAN 1. namun tidak semua orang menyukai ikan lele dengan alasan ika lele menyukai makanan busuk yang berprotein dan kotoran dan rakus. Apa saja kesulitan memelihara ikan lele? 1. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan lele adalah sumber energi.

3 Kesimpulan 4. seperti google dan wikipedia.2 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele di Kolam Buatan (Trepal) BAB III PENUTUP 4.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Kepustakaan Dalam mencari informasi tentang ikan lele.2 Rumusan Masalah 1. kami juga mencari informasi lewat intenet.1 Latar Belakang Masalah 1.4 Metode Penelitian 1.45. c. Waktu Kami melakukan penelitian pada hari Sabtu tanggal 26 Mei 2012 di Kampung Gajrug Desa Bintangresmi pada pukul 10. supaya dapat memperoleh jawaban atau informasi yang lebih jelas dan dapat mudah dipahami.4 Saran 2 .1 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele di Kolam (Balong) 3.4 Metode Penelitian a.5 Sistematika Penulisan BAB I PENDAHULUAN 1. b. selain memperoleh informasi dan narasumber. Cara pengambilan data Dalam pengambilan data kami menggunakan metode wawancara.1 Pengenalan Ikan Lele 2. 1.45 – 15.2 Kandungan Gizi BAB III CARA PERKEMBANGBIAKAN 3.5 Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2.1.

kulitnya yang bersisik dan jika berenang tubuhnya selalu melihat ke atas. natrium. kalsium. ikan maut (Gayo dan Aceh).2 Kandungan Gizi Ikan Lele Seperti yang kita ketahui semua bahwa kandungan gizi yang terdapat di dalam tubuh ikan lele sangatlah tinggi. ikan pintet (Kalsel). ikan sibakiat (Karo). Plamond (Thailand). nama ilmiah ikaln lele berasal dari Bahasa Yunani (Clorias atau chlaros) yang berarti “lincah. Ciri-ciri ikan lele yang berpenyakit. meskipun ikan ini menyukai makanan busuk berprotein dan hidup di tempat yang kotor tapi itu tidak membuat ikan ini kehilangan sumber protein.1 Pengenalan Ikan Lele Lele secara ilmiah terdiri dari banyak species dan di nusantara sendiri. Bukan banyak di nusantara di negara lain ikan lele dikelan dengan nama mali (Afrika). gura mogura (Srilangka). yaitu jika warna kumisnya berubah menjadi putih. lele mempunyai banyak nama daerah antara lain ikan kalang (Sumbar). ikan keling (Makasar) dlll. lemak. fosfor. 3 . tramin (B1).BAB II PEMBAHASAN 2. atau kuat merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air. cat fish (Inggris). nitroplavin (B2) dan miasin. 2. zat besi.

Di lengkap pengatur volume air yang bermanfaat untuk memudhakan pergantian air atau panen 4.BAB III CARA PERKEMBANGBIAKAN IKAN LELE 3. Sebaiknya saat ikan lele dimasukan ke dalam kolam. sungai atau air PAM. Setelah semuanya selesai masukan benih ikan lele dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa. Lebih jarang terkena penyakit 4 . Sebaiknya kolam diberi pupuk kandang atau urea dan didiamkan minimal 1 minggu. Ikan lebih aman dari pemangsa liar 3. maka ikan lele siap dipanen dan biasanya dalam 1 tahun ikan lele dapat 2 kali dipanen.2 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele di Kolam Buatan (Terpal) Berbeda dari cara perkembangbiakan ikan lele di kolam. Sebaiknya benih di disucihamakan dulu dengan merendamnya ke dalam larutan KMSNO4 atau PK supaya benih tidak menimbulkan bibit penyakit dan setelah ikan lele berukuran sebesar tangan orang dewasa. bisa berupa air sumur. setelah itu isi kolam dengan air. Lele tampak lebih bersih 5. Karena selain caranya yang mudah untuk membuat kolam terpal. diantaranya: 1. Kondisi air tidak jalan. agar terbentuk pakan alami berupa plankton. keuntungannya juga sangat banyak. Biaya yang lebih ringan dari kolam semen 2. tetapi sebelum benih ditebarkan ke dalam kolam.1 Cara Perkembangbiakan Ikan Lele Bualah kolam berukuran 2 m x 3 m. dengan cara perkembangbiakan ikan lele di kolam buatan (terpal). 3. karena lele rentan terhadap perubahan air yang terus menerus dan lele akan selalu meloncat ke arah sumber air mengalir.

4.2 Saran Sebenarnya pihak dari peternakan melakukan penyuluhan kepada para peternak lele agar mereka mengetahui informasi lebih banyak tentang cara perkembangbiakan lele. Karena lele diberi makan dua kali sehari.1 Kesimpulan Perkembangbiakan ikan lele tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. menggunakan pelet atau makanan sisa.BAB IV PENUTUP 4. 5 .

Denata Sukma. 2009. Surakarta: Mediatama www.com 6 .google. Buku Kerja Siswa.com www.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA Aji.

7 .

FOTO DOKUMENTASI PENELITIAN PERKEMBANGBIAKAN IKAN LEL 8 .

9 .

10 .

11 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful