Bagaimana Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca / terdetect

1. Jika flashdik sobat tidak tebaca maka hal yang pertama dilakukan adalah menganilas apakah flshdisk yang rusak atau komputer / laptop , caranya dengan mencoba flashdisk di komputer lain. Atau mencoba flashdisk lainnya pada komputer yang sama. Dari sini bisa di simpulkan apakah flashdisk yang rusak atau komputer yang bermasalah. 2. Jika usb komputer yang bermasalah artinya yang harus di perbaiki adalah driver usb komputer / laptop, bisa jadi jika berbeda operation system maka flashdik bisa terbaca dengan baik. 3. Jika flashdisk memang tidak bisa terbaca (detect) oleh komputer / laptop. Silahkan sobat memeriksa terlebih dahulu kondisi flashdisk. Apakah ada masalah atau tidak. Jika tidak ada maka flashdik sobat betul – betul dalam masalah. 4. Melakukan scan for hardware changes pada menu device manager.
• • • • • •

Klik kanan my computer dan pilih properties Klik device manager Klik kanan universal serial bus controllers Klik scan for hardware changes Lakukan cara ini berulang – ulang Jika cara pada point 4 belum berhasil, cara lain memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengna Menghapus / uninstal driver yang ada.

Ulangi langkah pada point 4 sampai pada (d) expand tab universal serial bus controllers , pada bagian bawah akan ada sederet driver yang ikut. Lakukan klik kanan kemudian uninstall, komputer secara otomatis akan meminta driver usb baru. Jika masih belum berhasil memperbaiki flashdisk tidak terbaca Menggunakan salah satu dari software memperbaiki flashdisk. Read more: http://chapila.com/komputer/cara-memperbaiki-flashdisk-tidak-terdetect.html#ixzz1wFfCnBkA

Blow seluruh permukaan IC berikut kaki-kakinya dan semua solderan yang ada. jangan menggunakan hair-dryer karena panas yang dihasilkan kurang panas. atau memang rusak secara keseluruhan. tapi jika tidak ada coba pergi ke tempat servis handphone lalu minta keringkan dengan blow-air. Solder 2. terkena serangan virus. beli di toko elektonika Berikut langkahlangkahnya : 1. karena kebanyakan yang ingin memperbaiki flashdisknya lantaran khawatir data-data pentingnya tidak bisa kembali. kemudian ganti dengan yang baru. . Peralatan yang di butuhkan 1. Buka dengan Solder. setidaknya mencoba sesuatu yang menguntungkan tidak ada salahnya Jika anda memiliki Blow-air(Pengering Udara) silahkan menggunakan itu karena lebih cepat. Komponen Crystal ( pengatur frekuensi ). Ganti komponen Crystal 2. Klo belum bisa juga coba alternatif kedua biasanya kerusakan terjadi pada crystal ( pengatur frekuensi). sebab trik ini terbilang lawas dan seringkali dimanfaatkan beberapa pihak dalam mengatasi ekonominya sendiri. Trik ini sudah sering saya terapkan untuk beberapa kasus dari teman-teman kampus. Bukan seberapa nilai flashdisk yang menjadi acuan. Tapi jangan khawatir. jatuh dari lantai 5. Meski tidak semuanya berhasil. Timah 3.Masalah ini sering kali timbul bila flashdisk kaget karena komputer mati mendadak. Pisau Cutter ( untuk membuka Casing Flashdisk ) 4.

Pilih Quick Format 5. 2. FAT32 atau NTFS) 4. . jalankan dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki. Anda bisa download di sini. Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT. 3. Setelah di download. Bahkan untuk memory kamera juga). Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya: 1. Kemudian pilih start untuk memulainya.Jika langkah di atas telah dilakukan dan belum berhasil cobalah Anda duduk tenang sambil memainkan software di depan monitor. Softawre yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya.

Buka dengan Solder. Buka Casing Flashdisk 2. Pisau Cutter atau obeng minus yang tipis ( untuk membuka Casing Flashdisk ) 4. Tapi tentu saja membutuhkan peralatan. Solder ( pinjem aja ) 2. Hampir semua orang telah menggunakannya. 4. Tapi sering terdapat kendala saat penggunaan flash disk tersebut. semoga FD anda sudah berfungsi kembali. Berikut langkah-langkahnya : 1. Coba aja deh. Komponen Crystal ( lingkaran kuning di gambar atas ). . 2009 by abiehakim Bagi yang pernah mengalami flashdisk yang Mati Total. kalau gak beli di toko elektonika coba aja kalau ada kawan yang punya flashdisk yang masih nyala tapi sudah gak bisa diformat dengan segala cara. al: 1. coba cara ini.Memperbaiki Flashdisk yang Mati Total Posted on Februari 12. Timah ( minta ama temen ) 3. kemudian ganti dengan yang baru. Ganti komponen Crystal ( yg dilingkari warna Kuning ) 3. Flashdisk merupakan alat yang sangat penting saat ini. Akhmuri. Pasang kembali ke Casingnya 5.

Oleh karena biasakanlah mencabut flashdisk dengan prosedur yang benar. Flashdisk yang tidak mau dibuka dan terbaca Removable Disk 4.ketikkan cmd) 2. berarti masih bisa diperbaiki. Klik OK 5. Flashdisk yang tidak bisa untuk menyimpan data dan kerusakan flashdisk lainnya Sementara untuk flashdisk yang saat dibuka muncul pesan is not accessibility dapat diperbaiki dengan cara berikut : 1. sehingga dengan sesuka hati memasang dan mencabut flasdisk tanpa prosedur yang benar. Hal ini lah yang menyebabkan flasdisk menjadi rusak bahkan tidak mau dibuka atau terbaca. Seperti dibawah ini 1.klik run . Beruntung kalau masih mau dideteksi dan drivenya masih muncul. Karena flashdisk tidak bisa diperbaiki lagi. Buka command prompt (klik start . G: adalah drive dari flashdisk 3.Hampir semua kerusakan flashdisk disebabkan oleh karena pengguna ingin cepat dan terburu-buru. Klik Close Ok sobat langsung saja !! Semua flasdisk yang masih bisa dideteksi dan drivenya muncul masih bisa diperbaiki. Klik kanan icon yang bergambar panah hijau 2. Flashdisk yang tidak mau di format 3. Tapi flashdisk yang terbaca Unknown Device dan mati total tidak bisa diperbaiki Cara ini mampu mengatasi kerusakan flashdisk sebagai berikut : 1. . Klik Safely Remove Hardware 3. Tunggu proses sampai selesai. Klik Stop 4. Download dulu software USB View untuk melihat kode idVendor dan idProduct. Jika sudah selesai maka flashdisk anda dapat digunakan kembali. ya udah silahkan saja anda beli Flashdisk baru dan kehilangan semua data. Klik Disini Ok sobat silahkan download cara memperbaiki flashdisk dibawah ini. Kalau Flashdisk terbaca unknown device dan tidak terdekteksi bahkan mati total. Flashdisk yang terproteksi (write proteksi) 2. sehingga apabila flashdisk dicabut dengan sembarangan maka ini akan mengganggu ataupun merusak software deteksi tersebut sehingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca di windows. Kenapa ini terjadi ? hampir semua flashdisk yang beredar dipasaran memiliki software deteksi didalamnya. Ketikkan " chkdsk g: /r " (jangan ikut tanda kutipnya yaaa).

Jalankan program HP USB Disk Storage Format Tool d. Klik “Start” pada windows selanjutnya klik “control panel” selanjutnya “Add hardware” kalau isalakn belum terlihat rubah menjadi mode klasik dengan cara klik pada tab sebelah kiri dengan tulisan “Switch to Classic View” b. Lalu install software nya di computer c. cara merepair atau memperbaiki menggunakan software tertentu .Download Cara Memperbaiki Kerusakan Flashdisk Jika sudah download jangan lupa follow blog ini and berikan commnet ya. Problem atau masalah yang sering di alami pada flashdisk adalah : • Tidak dapat melakukan copy file ke flashdisk atau terjadi Write Protected • Flashdisk yang di colokkan/di masukan pada usb port komputer tidak terdeteksi • Flashdisk yang tidak bisa di format ulang • Setiap kali di colokkan ke computer selalu minta format tetapi ketika di format mengalami ke gagalan • Flashdisk saat di masukan ke slot usb port komputer sama sekali tidak terbaca oleh computer Dari beberapa permasalahan flashdisk di atas berikut ini langkah-langkah mengatasi permasalahan flashdisk dengan cara merepair atau memperbaiki nya : 1.ada beberapa cara merepair atau memperbaiki flashdisk baik rusak tidak terdeteksi komputer mau pun yang tidak bisa di format ulang lewat komputer. agar semakin semangat untuk memberikan yang terbaik untuk sobat semua Kinerja Flashdisk sering kali membuat masalah pada saat di masukan pada slot port USB di komputer. NTFS pilih sesuai kehendak e. Lalu klik “Start” tunggu sampai selesai format berjalan . Setelah di klik akan muncul tab pendeteksian secara otomatis dengan melakukan klik “next” tunggu sampai terdeteksi pada my computer lalu klik “cancel” kalau sudah terdeteksi flashdisk pada komputer 2.Repair atau memperbaiki flashdisk Mengunakan HP USB Disk Storage Format Tool a. FAT 32. Selanjutnya cari drive flashdisk dan File System seperti FAT. Cara mendeteksi flashdisk yang tidak terbaca pada saat di masukan pada slot usb port computer a. Download software HP USB Disk Storage Format Tool di sini b.

Drive: /f harddisk adalah perintah memeriksa error . Jalankan program Partitioan Magic 7. perintah DOS Run. Download program Partitioan Magic 7.0 dengan cara cari via googling di internet b. Pertama-tama buka Keterangan a. Selanjut nya cari dan arahkan drive ke flashdisk yang sebelumnya sudah di masukan dalam slot port komputer e. Selanjutnya jalan kan program yang sudah di install e. Download Super Stick Recovery ToolsV1.2.Memakai Partitioan Magic 7.0 untuk merepair atu memperbaiki flashdisk a. lalu ketik chkdsk Letter pada Ringan. Masukan flashdisk ke slot usb port komputer d. Klik “Update” dan tunggu proses sampai selesai .2.19 a.0..0 c. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang saya ketahui : • Menggunakan Software 1.Cara merepair atau memperbaiki flashdisk menggunakan Super Stick Recovery ToolsV1. Buat ukuran partisi flashdisk karena secara otomatis kan merubah ukuran partisi flashdisk tetpai jangan mengikutkan bad sector nya f.0. Klik menu “Resize Partitions” d. chkdsk ketik cmd. Atau alternative lain masuk menu dan klik “menu Operations” selanjut nya klik “delete” Sebagai catatan : Beberapa cara merepair atau memperbaiki flashdisk baik rusak tidak terdeteksi komputer mau pun yang tidak bisa di format ulang lewat komputer ini berlaku kalau posisi flashdisk bukan terjadi kerusakan pada hardware nya. Langsung instal program di computer c.19 di sini b.

2. b. Perlu di perhatikan bahwa PartitionMagic mampu memeriksa bad sector melalui menu Operations . Tentukan drive tempat flashdisk terpasang. kemudian hapus file/folder yang corrupt tadi dengan perintah DEL V:*. Perintah ini di isi drive tempat flashdisk. 4. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru serta menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk. f. Tekan menu Resize Partitions. c: /F adalah Fixes errors on the disk.*. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool d. (lihat gambar) 1. langkah berikut bisa menjadi alternatif terakhir menggunakan utilitas Partition Magic. karena flash disk milik anda tidak terdeteksi baik oleh sistem komputer anda. Install Partitioan Magic 7. Dengan software ini. jalankan programnya. Agak berat. lalu masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Tutorial ini menggunakan Partition Magic 7. ScanDisk utilitas ini perlu di lakukan sebelum menjalankan Partition Magic untuk memastikan lokasi Bad Sector. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang di inginkan. Download aplikasi Hewlet Packard USB Disk Storage Format Tool sini. Cara lain adalah dengan menghapus partisi yang ada di flashdisk melalui tombol menu Operatons -> Delete. IC Test IC Konektor Controller point Memory . buka dengan menggunakan pisau atau silet (hati-hati jangan sampai melenceng kena tangan nanti berdarah). kita coba membuang Bad Sectornya dengan cara : a.0. tapi terkadang memformat masih tidak berpengaruh apa-apa. Tunggu sampai proses berjalan 100%. Pastikan flashdisk anda terdeteksi c. Install aplikasi tersebut. Lalu tentukan ukurannya dengan tidak menyertakan lokasi Bad sector. Jika sudah maka anda akan mendapatkan sebuah flash disk yang terlihat semua jerohannya (isi).> Check for Errors sebagaimana sebuah fitur di Windows. 3. Lalu arahkan ke drive tempat Flashdisk kita berada. yakni perintah menghapus error pada disk.0 b. Jika muncul command Convert folder to file ?[ketik] Y.b. Berat Jika Flashdisk mengalami kerusakan akibat Bad Sector. Setelah proses instalasi selesai. Menu ini akan merubah ukuran partisi flashdisk kita. pasti hal yang akan anda lakukan adalah mencoba memformatnya. Terkadang ada sebuah cara konyol untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini. a. e. 2. Letter Drive: adalah lokasi Drive Flashdisk. Jika anda berani dan nekat coba buka casing plastik yang menyelubungi flash disk. • Manual Jika flash disk kesayangan anda rusak dan bahkan tidak terdeteksi oleh komputer anda. 3.

Crystal Tempat Switch untuk (pengatur write menaruh memory frekuensi) LED protection tambahan (NB : flash disk anda mungkin tidak sama posisi komponennya dengan gambar diatas tapi secara umum komponen yang ada sama dan mirip dengan semua flash disk.com/2011/06/cara-memperbaiki-flashdisk-rusak.html . 7.) Jika anda memiliki blow-air silahkan gunakan tapi jika tidak ada coba pergi ke tempat service handphone lalu minta keringkan dengan blow-air.blow seluruh permukaan IC berikut kaki-kakinya dan semua solderan yang ada.blogspot. 6. 8.kemudian angin-anginkan sebentar dan coba anda colokkan kekomputer.dari pengalaman saya melakukan ini (karena nekat dan pengen mencoba) maka flash disk saya yang bermerek MyFlash dapat diselamatkan. source: http://septia-mujizat.5. jangan menggunakan hair-dryer karena panas yang dihasilkan kurang panas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful