10

Sopan Santun Berkomunikasi
”Setiap hari dalam keadaan apa pun belajarlah untuk terus berkembang dan jangan abaikan komunikasi,” kata Emile Cove.
Belajar Apa di Pelajaran 10?
Bertelepon dengan bahasa santun, menuliskan pesan, dan menyampaikannya melalui kegiatan berbicara.

Mencatat pokok pengumuman, menuliskan isi, dan menyampaikannya

Kegiatan berbahasa Mengenal kata depan Kalimat majemuk setara
Alokasi waktu untuk Pelajaran 10 = 20 jam pelajaran 1 jam pelajaran = 35 menit

85

selamat pagi. baru kemudian menyampaikan maksud dan tujuan menelepon. seperti halo. serta mengenal kata depan. terlebih dahulu kamu mengucapkan salam.A Mari. ketika akan mengawali dan mengakhiri pembicaraan dengan seseorang dalam telepon. Ketika bercakap-cakap melalui telepon. sebaiknya kamu menyebutkan identitas terlebih dahulu. 86 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . sesuai dengan isi pesan. Begitu pula ketika bertelepon. Setelah itu. Misalnya. Menyampaikan Pesan Setelah kegiatan berbicara ini. dan menyampaikan pesan. atau assalamualikum. kamu harus menunjukkan sikap santun. menuliskan pesan sesuai dengan yang didiktekan penelepon. kamu akan mampu menerima telepon sesuai dengan sopan santun bertelepon. kamu akan mampu menjawab pertanyaan.

”Maaf. ya!”. ”Baik.Hal lainnya yang penting diperhatikan saat Tahukah Kamu? berkomunikasi melalui telepon. Misalnya. Mengusahakan tidak me utup pembicaraan n terlebih dahulu sebelum penelepon menyudahi pembicaraan. Sopan Santun Ketika Menerima Telepon Bertelepon • Memberikan perhatian sepenuhnya dalam keada­ • Putar atau tekan nomor an apa pun dan berbicara dengan sopan serta telepon dengan ramah. Tante” atau ”Terima kasih. gunakan kalimat yang sopan. seperti kalimat. ”Selamat pagi. ”Sudah dulu. benda tajam seperti pensil untuk menekan angka. Apa kabar?” Menanyakan maksud penelepon dengan sopan. saya belum mengerti maksud Kakak. bicaralah dengan singkat. ”Oh. Pak”. misalnya. Jangan • Menyediakan alat untuk mencatat seandainya menggunakan ada yang harus dicatat.” Menjawab setiap pertanyan dengan santun. padat. • Bicaralah seperlunya dengan tetap memerhatikan sopan santun berbahasa. • • • • • Menyebutkan identitas diri. misalnya. Kalaupun terpaksa menutup pembicaraan lebih dahulu. Sopan Santun Berkomunikasi 87 . saya tutup dulu teleponya. Tante Nurul. di sini keluarga Yudi”. Menyebutkan nama penelepon yang telah menyebutkan identitasnya. misalnya. menggunakan jarimu. dan jelas agar pengguna lain tidak antre terlalu lama. • Jika kamu menggunakan telepon umum. ya!” atau ”Maaf.

titip pesan buat Andri.” ”O. kamu tidak menganggu kesempatan orang lain menerima panggilan telepon lainnya. Kalau begitu. ini siapa?” ”Saya Tuti. Berlatih 1. Tuti Ayah Andri Tuti Ayah Andri Tuti Ayah Andri Tuti Ayah Andri Tuti baik-baik percakapan dalam telepon : : : : : : : : ”Halo. Ayo. Perhatikan berikut. • Lakukanlah pembicaraan sesingkat dan sejelas mungkin. Saya ayahnya.Persiapan Sebelum Menelepon • Siapkan dan yakinkan kebenaran nomor telepon yang akan dihubungi agar tidak salah sambung.” 88 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . ”Apa Andri ada. teman sekolah Andri. Pak.” ”Selamat pagi. Ada yang dapat Bapak bantu?” : ”Terima kasih. Dengan demikian.” ”Apakah benar ini rumah Andri?” ”Benar. • Siapkan pokok pembicaraan yang akan disampai­ kan agar tidak berbicara melantur. selamat pagi. Pak?” ”Sedang ke toko kue. Tuti.

Dia mengajakmu ikut ke toko buku. pesannya apa?” : ”Andri ditunggu di rumah Kiki pukul 11 siang. nanti Bapak sampaikan pesannya. Gunakanlah bahasa yang jelas dan santun. 3. akan ada latihan main drama. Percakapan terjadi di siang hari. 5. Selamat pagi!” : ”Selamat pagi!” Tuti menelepon siapa? Apa tujuan Tuti menelepon? Apa pesan yang disampaikan Tuti? Mengapa Tuti meninggalkan pesan? Tugas untuk Kamu Bergabunglah dengan teman sebangkumu.” : ”Terima kasih.” : ”Baiklah. tiba-tiba kamu tidak dapat ikut karena ada saudaramu yang sakit. Isi percakapannya adalah tentang rencana kamu dan temanmu pergi ke toko buku. Sopan Santun Berkomunikasi 89 .Ayah Andri Tuti Ayah Andri Tuti Ayah Andri 2. 4. : ”Boleh. Pak. Kamu memberi pesan kepada temanmu agar dia mau mencarikan majalah anak terbitan terbaru. Ketika tiba waktunya. Buatlah percakapan dalam telepon.

.Mari.. di sebelah. Berlatih Lengkapilah kalimat berikut dengan meng­ gunakan kata depan ke. ke samping. Perhatikanlah contoh penggunaan kata depan berikut. Tuti : ”Apa Andri ada. akan ada latihan main drama. Teman Arman duduk . meja guru... Kalau begitu... dari samping.” Ayo. Mengenal Kata Depan Pada percakapan telepon tersebut.. 90 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV ...” Ayah Andri : ”Boleh. Ada yang bisa Bapak bantu?” Tuti : ”Terima kasih. Pak. Kerjakanlah di buku tulismu. titip pesan buat Andri. pesannya apa?” Tuti : ”Andri ditunggu di rumah Kiki pukul 11 siang. kawan-kawan Arman datang . Pak?” Ayah Andri : ”Sedang ke toko kue. Arman. sekolah.. meja. di atas. dari sebelah. Arman menyimpan buku . Arman pergi . di samping. Sekolah Arman menghadap . Arman menunjukkan lemari buku cerita yang berada . Ketika sedang membaca buku. depan jalan... kanan. terdapat penggunaan kata depan ke dan di.

Selain itu. Apa isi pengumuman itu? 3.00. Ayo. cobalah perhatikan waktu dan tempatnya (hari. dan tempat). Menyampaikan Kembali Isi Pengumuman Setelah kegiatan mendengarkan ini. Siapa saja yang menemukannya harap menghubungi Bapak Rustam Efendi di ruang guru. Jakarta. 25 Desember 2008 Rustam Efendi Sopan Santun Berkomunikasi 91 . kamu perlu menyimak dengan memerhatikan hal berikut.B Mari. pukul. Sekarang. Kepada siapa pengumuman itu ditujukan? 4. Kamu sudah belajar menulis dan memahami pengumuman. kamu akan berlatih menjawab pertanyaan dan menyampaikan isi pengumuman dengan tepat kepada orang lain. Jika berkaitan dengan waktu dan tempat. Berlatih 1. pukul 12. 1. kamu akan mampu mencatat pokok-pokok pengumuman dan menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat. Siapa pemberi pengumuman itu? 2. bagaimana menyampaikan kembali isi pengumuman itu? Ingatlah ketika pengumuman disampaikan secara lisan. Pengumuman Telah hilang sebuah tas sekolah berwarna hitam milik Lala Kumala. Kamu juga akan mengenal kalimat majemuk setara dan berlatih menggabungkan kalimat. Bacalah pengumuman berikut. siswa Kelas IV.

Tulislah kembali pengumuman itu dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Ajukanlah pertanyaan-pernyataan agar kamu dapat mencatat pokok-pokok pengumuman. a. Siapakah pemberi pengumuman itu? b. Mari. Perhatikan contoh berikut. Mengenal Kalimat Majemuk Setara dengan Kata dan Kata dan merupakan kata tugas yang berfungsi menggabungkan dua pola kalimat sehingga memiliki hubungan yang setara (kalimat majemuk setara). Kepada siapa pengumuman itu ditujukan? d. Sampaikanlah kembali isi pengumuman itu di depan kelas. Anan mengantarkan kue dan Dita menemaninya. 92 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV .2. 4. Di mana dan kapan pembaca pengumuman dapat menghubungi Bapak Rustam Efendi itu? 3. Apa isi pengumuman? c.

2. Kakak menerima pesannya. Sopan Santun Berkomunikasi 93 . 4.Ayo. Margaret membersihkan kamar. 1. Bapak menangkap ikan. Aku menyapu lantainya. Rio bertanya. Gunakanlah kata dan. 5. Ibu memasaknya. Berlatih Gabungkanlah kalimat berikut menjadi kalimat majemuk setara. 3. Nina mengirim pesan dari telepon seluler. Aku menjawabnya. Cici menggambar telepon. Mimin mewarnainya.

sudahkah kamu memahami pelajaran tentang tata cara menelpon dan menjawab pertanyaan orang yang menelepon. Manfaat Pelajaran Ini Pernahkah kamu merasa jengkel menerima telepon dari orang atau penelepon yang tidak sopan? Nah. tujuan pengumuman. 94 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . pemberi pengumuman. Pada kegiatan menyampaikan kembali isi pesan pengumuman. kamu perlu memerhatikan beberapa hal. Sebagai penelepon atau penerima telepon. Misalnya. sebaiknya kamu memerhatikan sopan santun ketika berbicara.Inti Pelajaran Ini Bertelepon merupakan kegiatan berkomunikasi yang dilakukan dua orang melalui pesawat telepon. serta waktu dan tempat pengumuman (jika pengumuman berhubungan dengan waktu atau tempat). Adakah hal yang menarik dari pelajaran ini. Ungkapkanlah agar kamu terpacu untuk semakin giat belajar.

a. (3) ”Ini. Mereka ingin agar anak-anaknya juga gemar membaca. Mereka ingin anak-anaknya gemar membaca. apalagi keluarga guru. Ayah dan ibuku bekerja sebagai guru. (4) Suatu hari Ibu membawa sesuatu untukku. (2) Ternyata cara Ibu kali ini benar-benar berhasil. Aku dan adikku tetap belum gemar membaca. Lawan kata gemar ialah .. Kata tanya untuk menanyakan alasan sesuai kalimat itu ialah . Sebagai orangtua. Ayo. Evaluasi Semester 2 95 . Nanti kalau kalian sudah mau membaca akan Ibu belikan majalah baru. mereka selalu membiasakan diri untuk membaca berbagai informasi. Namun... Mereka ingin agar anakanaknya juga gemar membaca. ramai sekali 3. Mereka selalu membiasakan diri untuk membaca berbagai informasi.. Ibu pinjamkan majalah anak-anak milik Om Aris. Berbagai cara dilakukan agar aku dan adikku suka membaca.. Siapakah yang belum gemar membaca? b. 1. senang sekali b.. Mengapa mereka belum gemar membaca? c. aku dan adikku tetap belum gemar membaca. (1) Aku dan adikku pun jadi gemar membaca.. Ayah dan ibuku adalah seorang guru. Sumber: Bobo. Kapankah mereka gemar membaca? d.Evaluasi Semester 2 A...” kata Ibu. pilihlah jawaban yang paling tepat. giat sekali c. 2. malas sekali d. d. Susunan kalimat yang tepat ialah . Berbagai cara dilakukan agar aku dan adikku suka membaca... Di manakah mereka membaca? 4. a. b.. c. Kerjakanlah di buku tulismu. a. 24 Januari 2003 Pikiran pokok paragraf tersebut adalah .

a. puisi lama c.. dan majalah. pantun teka-teki c. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... pulang b. (2). (3)... cerita pendek d. b. salam penutup b. puisi baru b.) yang tepat terdapat pada kalimat . (2). Mengapa dia menangis c. a. Ke mana kancil akan dikejar Ke dalam pasar cobalah cari Ketika kecil rajin belajar Sesudah besar senanglah nanti Pantun itu berisi . dari tempat duduknya sebelum menyaksikan penyanyi kesayangannya. pergi c.” c. beranjak d.. Adi mengatakan.. Kapan dia menangis d. pantun agama 9. (1). (3). (4) 5.. Pertanyaan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas ialah . a.. bergerak 11.a. Kata sapaan seperti Dengan hormat atau Salam sejahtera pada surat disebut .. telah membeli buku dan majalah. (1). (1).? Jawaban : Karena kaki dia terluka.. (4). (1) c. ”Aku tadi membeli buku dan majalah.... cerita jenaka b. (3). pantun jenaka b. isi surat d. Penggunaan tanda titik (... d... a. (4) b. Adi berkata. a. (4) d. Adi membeli buku. salam penutup 96 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . (3). (2). Kalau puan. Pertanyaan : .) dan koma (. Di mana dia menangis b. cerita pasar 7. kepala surat c... a. dan majalah.. pantun nasihat d.. (2). nasihat c. cerita bersambung 8. Adi membeli: buku. 6. Aldi dan Rifki tidak mau ... Apakah dia menangis 10. cerita kancil d. Pantun termasuk jenis . a. puan cerana Ambil gelas di dalam peti Kalau tuan bijak laksana Binatang apa tanduk di kaki Jenis pantun itu adalah .

Wildan hobi me ngarang cerita pendek... Kami bersama-sama menonton film. Ucok Pergi ke medan... (7) d. telepon c.. (6). kemudian 16. Saya menyukai orang yang pandai belajar. aku mempersilakannya duduk. (4). Topik yang tepat pada pengumuman itu adalah . 13. Lihat­lihat. Pengumuman Pimpinan dan Redaksi Majalah Kancil dengan ini memohon maaf atas dimuatnya cerita berjudul ”Asal Mula Tokek” pada majalah Kancil no. d. a... Urutan cara pengguna telepon umum tersebut adalah . (7) c. Pak Mamat datang . (2). nih! b. (2). Tidak ada unsur kesengajaan dan niat jelek dalam pemuatan cerita tersebut. a.. 14. Jika terjadi salah sambung ketika menerima telepon. (4).. (5). Eh. Kata penghubung yang tepat untuk kalimat tersebut ialah . surat b. (7). d. salah sambung. lalu d. c. a. Ucok pergi ke Medan. Ucok pergi ke medan. Kami mohon maaf atas kelalaian dan kekurangcermatan kami. (1). 18. (3).. 24 Th. Pimpinan dan Redaki Majalah Kancil. c. c. dong kalau mau menelepon. (2).. (1) angkat gagang telepon (2) masukkan koin (3) ucapkan salam penutup (4) ucapkan salam pembuka (5) berbicara seperlunya (6) tunggu nada panggil (7) tekan nomor yang dituju. televisi 17. (6). ”Halo. (3).. b. radio d. Tidak ada unsur kesengajaan dan niat jelek dalam pemuatan cerita tersebut. (5). (1). b. XV yang tidak berkenan pada pembaca. siapa ya? c. (7) b.. Kelompok kami disebut Lima Sekawan. (6). (5). Evaluasi Semester 2 97 . bisa bicara dengan Sigit?” Kutipan kalimat tersebut merupakan percakapan melalui . Kalimat yang menyatakan kegemaran adalah . Maaf. sebaiknya kamu mengucapkan . a. (2).. ucok pergi ke medan. Salah sambung. (6). (1).12.... (4). (4). sehingga b. (5). (3). a. a.. b.. a. dan c.. (1).... (3) 15.. Penulisan kalimat yang tepat adalah .

Karena tinggi. pembaca. Si aku meminta saran karena . 98 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . IV SD Sukajadi I. Informasi tentang si aku pada surat itu adalah . jalah Kancil no.. a. Terkadang aku merasa minder dengan keadaanku. minta tolong tinggi dan gemuk. 2007 c. Kelas dan Redaksi Majalah Kancil. Aku adaan siswa Kelas IV SD Sukajadi c. merasa minder dengan keAku mau minta saran.. umurnya 10 tahun I.. Asal Mula Tokek pada matinggi-gemuk. Terkadang aku merasa minder dengan keadaanku.. XV d Tolong aku ya! yang tidak berkenan pada 20. b. a. Aku berumur 10 tahun. Tolong aku ya! Sumber: Pikiran Rakyat Minggu. Sukajadi I. 24 Th. Yth.Permohonan maaf Pimpinan c. Umurku 10 tahun. Aku termasuk anak yang d. b. dan badan d. sekarang Kelas IV SD 19.. Pengasuh Percil yang baik.. Aku mau minta saran. aku dijuluki ”Tiang Listrik” oleh kawan-kawanku.

B.Anak di atas 5 tahun dan dewasa: 2 jam pertama harus habis 6 gelas. .Anak di bawah 1 tahun: 2 jam pertama harus habis.d.Minumlah sampai habis.0 g: zat penyedap dan pewangi secukupnya. menjawab pertanyaan berdasarkan petunjuk penggunaan oralit. Ungkapkanlah dengan kalimat sendiri cara penggunaan oralit itu. Perhatian 1. C. kemudian diaduk sampai larut. Setiap bungkus oralit mengandung bahan apa saja? 5. . Evaluasi Semester 2 99 .Tetap berikan Oralit selagi penderita masih mau meminumnya.7 g: Natrium sitrat 0. Takaran Pemakaian . 2. Setelah lebih dari 24 jam. 58 g: Glukosa antihidrat 4. 1. Ayo. .3 9: NaCL 0. selanjutnya 2 gelas setiap kali buang air besar. jangan diminum lagi. buatlah larutan yang baru. Sumber: Kimia Farma Komposisi Tiap bungkus mengandung: Kcl 0. bacalah petunjuk penggunaan oralit berikut. 5 tahun: 2 jam pertama harus habis 4 gelas selanjutnya 1 gelas setiap buang air besar. . Jangan menggunakan air mendidih atau direbus. Untuk usia berapakah takaran 2 jam pertama harus habis 4 gelas dan selanjutnya 1 gelas untuk setiap buang air besar? 4. Apakah nama cairan tersebut? 2.Anak 1 s. .2 gelas selanjutnya 1/2 gelas setiap kali buang air besar. Ayo. Siapa sajakah yang boleh meminum oralit itu? 3. Cara Pemakaian ­ Larutkan Oralit ke dalam 200 ml (1 gelas) air masak.

Kamu bayangkan akan bertualang dari kota ke kota. ke kanan atau gerakkan matamu seperti kegiatan membaca cepat pada setiap kumpulan kata. Ayo.D. Caranya mudah saja: tarik garis ke atas. Ke kota mana saja? Di dalam kotak berikut. terdapat sepuluh nama kota yang disusun secara acak. Pada kumpulan kata berikut ini. salinlah semua nama kota itu di buku tulismu. ke kiri. Cobalah kamu cari. Setelah menemukan nama-nama kota. ke bawah. M B A I K B G A A C A C I A E K R A I J A K A R T A H K A A N E G I U T C S A K E N D A R I G M A A C Y A N K E N G B O A C C A G M P U N I H E E A I A B P A A A P A D A N G T N O H H P J A Y A P U R A A B A T A K S O M C K K A T O M I L D A D A E D A F B S B N U O R E K C D N D O E O G D N M H U A O A U B A N G I A A K B A D N N O L D I A A R A A K I E I U D M P A L A N G K A R A Y A N 100 Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas IV . mencari nama kota. ada sepuluh nama kota di Indonesia.

Susunlah sebuah surat yang ditujukan kepada kawanmu yang tinggal di luar kota. Buatlah sebuah percakapan dalam telepon. menjawab pertanyaan berikut. Isi surat itu berisi cita-citamu. Buatlah pengumuman berdasarkan informasi tersebut. Buatlah dua buah pantun. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut. Tempo. 19 September 1992 Evaluasi Semester 2 101 . Tentukanlah pembuat pengumuman itu. terdapat uang Rp20. 2. Isi percakapannya berupa penyampaian pesan. 5..E.00 dan kartu pelajar. 1. Gunakanlah bahasa yang santun. Diperkirakan dompet itu hilang di lingkungan sekolah. 3. 4. Ayo. yaitu pantun teka-teki dan pantun nasihat.000. Sumber: foto karya Warsono S. Di dalam dompet itu. Kawanmu bernama Lulu telah kehilangan sebuah dompet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful