Analisis Rasio Keuangan (rasio piutang, rasio persediaan dan siklus operasi) untuk Mengetahui Kelangsungan Perusahaan Saat

Terjadi Krisis

Usulan Penelitian

Disusun Oleh : Yosefin Dicsa Ratna Dewi 092114019

PROGRAM STUDI AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SANATA DHARMA 2011

Saat perusahaan berada dalam hambatan-hambatan itu pasti akan berdampak buruk bagi kelangsungan proses untuk mencapai tujuan perusahaan. tetapi dalam pelaksanaannya sendiri pasti akan ditemui berbagai hambatan. Oleh karena itu perusahaan menerapkan berbagai strategi bisnisnya supaya tujuan usahanya bisa tercapai. Hambatan dari dalam misalnya komunikasi antar departemen. Pada umumnya tujuan perusahaan adalah menghasilkan laba setinggi-tingginya dengan biaya yang efisien. Maka perlu adanya langkah antisipasi untuk menganalisis kemungkinan terburuk perusahaan. Sedangkan hambatan dari luar dapat berasal dari perusahaan pesaing maupun kondisi perekonomian tempat perusahaan tersebut berdiri.PENDAHULUAN Latar Belakang Banyak sekali perusahaan-perusahaan berskala besar. seperti pemutusan hubungan kerja terhadap sebagian besar karyawannya. di mana strategi-strategi tersebut akan dirumuskan oleh manajer puncak perusahaan untuk perusahaan berskala besar dan oleh pemilik sendiri bagi perusahaan berskala kecil. Apabila perusahaan sampai mengalami krisis. baik dari intern perusahaan sendiri maupun hambatan dari luar. kurangnya tenaga kerja dll. menutup beberapa cabang perusahaannya dan akibat terburuknya adalah perusahaan mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu. Strategi-straegi perusahaan pasti akan direncanakan dan dijalankan dengan baik nantinya. bahkan bisa saja perusahaan tersebut mengalami krisis. menengah maupun kecil berdiri di Indonesia. Memang perusahaan biasanya telah . perlu adanya strategi khusus yang harus dilaksanakan supaya perusahaan tidak sampai mengalami kebangkrutan. Berbagai hal dapat dialami saat perusahaan mengalami krisis. maka dapat menimbulkan ancaman bagi kelangsungan perusahaan. setiap perusahaan tersebut pasti mempunyai tujuan dan cita-cita yang berbedabeda. keterbatasan biaya.

sedangkan saat perusahaan mengalami krisis. Selain itu memang rasio-rasio tersebut berhubungan dengan rasio likuiditas tetapi rasio likuiditas hanya mencerminkan kondisi normal perusahaan. Rumusan Masalah 1. tetapi apabila kondisi perusahaan tersebut sedang krisis. Bagaimana melakukan analisis rasio keuangan pada saat perusahaan mengalami krisis ? . perusahaan harus memperhatikan akun-akun aktiva lancar. rasio persediaan dan siklus operasi. Apa pentingnya melakukan analisis rasio keuangan di dalam perusahaan ? 2. Di sini perlu adanya analisis rasio keuangan dalam menghadapi masa-masa krisis perusahaan tersebut seperti rasio piutang. apa yang harus dilakukan supaya perusahaan dapat terus beroperasi. Tentunya dalam menganalisis rasio-rasio tersebut akan sangat berbeda saat perusahaan berada dalam kondisi normal.membuat analisis keuangannya pada saat kondisinya normal.